cara mengetahui emas asli atau palsu

Harus Tau! Begini Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu

Emas merupakan salah satu barang berharga yang memiliki nilai investasi. Namun sebelum kamu melangkah untuk berinvestasi dengan emas, ada baiknya jika kamu memiliki pengetahuan tentang cara mengetahui emas asli atau palsu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian ketika pembelian ataupun saat ingin berinvestasi emas.

cara mengetahui emas asli atau palsu
Cara mengetahui emas asli atau palsu

Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu

Dengan nilai jualnya yang stabil dan cenderung naik, banyak orang mencoba memalsukan emas. Pemalsuan ini biasanya dilakukan dengan mencampur emas dengan logam lain seperti besi, perak, ataupun tembaga.

Agar kamu terhindar dari emas palsu, sebaiknya simak terlebih dulu penjelasan tentang cara mengetahui emas asli atau palsu di bawah ini.

1. Kenali emas berdasarkan fisiknya

Jika kamu membeli emas batangan biasanya pada bagian fisiknya terdapat logo atau cap yang menandakan kadar karat emas. Satuan karat yang digunakan untuk menunjukkan kadar emas tersebut adalah satuan fineness. Besaran karat bisa 10K, 18K, ataupun 24K.

2. Cobalah untuk menggosok emas

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang kedua bisa dilakukan dengan menggosok emas menggunakan tangan. Emas asli jika digosok tidak akan berubah ataupun memudar. Namun jika warna emas menjadi tidak rata setelah kamu menggosokkannya dengan tangan, maka dapat dipastikan jika emas tersebut adalah palsu

Baca Juga :  Server VPS Bandwidth Unlimited, Solusi Mengembangkan Website Sesuai Kebutuhan Anda

3. Coba untuk menggigit emas

Menggigit emas merupakan salah satu cara mengetahui emas asli atau palsu yang paling sederhana. Kamu dapat dengan mudah mencoba untuk menggigit emas yang ingin kamu ketahui keasliannya.

Emas asli jika digigit akan berbekas. Hal ini karena pada dasarnya emas merupakan logam mulia yang mempunyai sifat lunak. Sehingga semakin tinggi kadar karat pada emas, akan semakin lunak emas tersebut.

Berbeda ketika kamu menggigit emas yang sudah bercampur logam lain. Emas tersebut akan terasa lebih keras. Contohnya seperti perhiasan yang sudah diolah dan kadang dicampur dengan logam lain.

cara mengetahui emas asli atau palsu
Cara mengetahui emas asli atau palsu

4. Dekatkan emas dengan magnet

Perlu kamu ketahui meski emas termasuk golongan logam, namun emas merupakan logam yang memiliki sifat non magnetis. Jadi ketika kamu mendekatkannya dengan magnet, emas murni tidak akan menempel.

Hal yang harus diperhatikan, bahwa sifat non magnetis hanya dimiliki oleh logam mulia. Jika kamu mencoba mendekatkan magnet dengan perhiasan, kamu bisa saja mendapati bahwa emas akan menempel. Seperti yang telah dijelaskan di atas jika beberapa perhiasan telah dicampuri logam lain saat proses pengolahannya.

5. Goreskan emas dengan kertas atau keramik

Selanjutnya, cara mengetahui emas asli atau palsu dapat dilakukan dengan menggoreskan emas di atas kertas ataupun keramik. Logam mulia asli tidak akan meninggalkan bekas goresan.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan hati-hati karena dapat beresiko merusak logam mulia itu sendiri.

6. Uji emas dengan meneteskan asam nitrat

Cairan asam nitrat yang diteteskan pada logam emas asli tidak akan membuat warnanya berubah. Namun jika warnanya berubah menandakan bahwa emas tersebut tidaklah asli.

Baca Juga :  Info Beasiswa Teknik Korea, Ini Syarat Dan Cara Pendaftarannya

Seperti jika cairan berubah warna menjadi putih susu, maka emas telah tercampur dengan logam perak. Ketika warna berubah menjadi kuning, artinya itu bukanlah emas asli, namun telah dicampur dengan logam kuningan. Jika cairan berubah menjadi hijau, maka emas telah tercampur besi.

Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan meneteskan asam nitrat pada logam emas memerlukan kehati-hatian yang ekstra. Karena asam nitrat sendiri merupakan senyawa kimia berbahaya untuk tubuh. Kamu harus menggunakan pelindung diri jika ingin melakukan uji ini.

7. Uji emas dengan suara

Cobalah untuk mengetukkan ataupun menjatuhkan emas pada benda logam. Emas asli jika beradu dengan logam lain pada umumnya akan mengeluarkan suara dengan nada yang tinggi dan cukup panjang. Kamu dapat mendengarkannya dengan seksama.

8. Datanglah ke toko emas terdekat

Terakhir, cara mengetahui emas asli atau palsu bisa kamu lakukan dengan mendatangi toko emas terdekat. Kamu bisa meminta mereka untuk mengecek keaslian emas yang kamu punya, karena tentunya mereka lebih ahli.

cara mengetahui emas asli atau palsu
Cara mengetahui emas asli atau palsu

Tips saat membeli emas

Setelah membahas cara mengetahui emas asli atau palsu, ada baiknya jika kamu juga mengetahui tips saat akan membeli emas.

  • Belilah emas di tempat yang terpercaya

Terdapat banyak sekali tempat yang menjual emas, baik secara online maupun offline. Untuk itu sebelum membeli, alangkah lebih baik jika kamu melakukan survey tempat jual emas yang terpercaya.

  • Ketahui harga emas

Hal ini cukup penting karena harga emas cenderung naik turun. Kamu dapat mengecek harga di beberapa toko atau situs, jika kamu membelinya secara online.

  • Cek kondisi fisik emas

Perhatikan terlebih dulu apakah kondisi emas masih bagus atau ada cacat dan goresan. Selain itu fisik emas juga dapat dilihat dari warnanya. Jika kamu membeli perhiasan emas maka biasanya terdapat perbedaan warna seperti gold dan rose gold.

  • Simpan nota pembelian emas
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan Dan Manfaatnya

Jika kamu membeli perhiasan emas, jangan lupa untuk menyimpan nota pembelian. Karena jika sampai nota hilang maka emas tersebut akan mengalami penurunan harga yang cukup membuat kamu rugi.

Setelah membaca artikel ini tentunya kamu sudah paham cara mengetahui emas asli atau palsu. Untuk itu, jangan sampai kamu tertipu dengan emas palsu hanya karena tergiur dengan harga yang lebih murah. Pastikan untuk selalu teliti dan hati-hati karena emas merupakan benda berharga yang diminati banyak orang.

cara mengetahui emas asli atau palsu
Cara mengetahui emas asli atau palsu

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu

Apa ciri-ciri dari emas?

Ciri-ciri Emas Asli
1. Memiliki Warna Mengkilap
2. Tidak Berubah Warna
3. Mudah Dibentuk
4. Bersifat Non Magnetis
5. Tidak Mudah Rusak
6. Memiliki Bunyi Nyaring
7. Ada Cap atau Sertifikat
8. Emas Batangan

Bagaimana bunyi emas asli?

Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan, emas imitasi atau logam lain suaranya akan jauh lebih pendek.

Apakah emas asli bisa nempel magnet?

Emas adalah logam yang memiliki sifat non magnetis. Jadi jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik.

Emas asli berwarna apa?

Biasanya, yang asli memiliki warna kuning mengkilap dan berkilau. Hal ini berbeda dengan emas palsu yang terbuat dari kuningan sehingga warnanya lebih kusam dan gelap. Ketika ditetesi asam, emas asli tidak akan bereaksi apa-apa, sedangkan untuk yang palsu biasanya mengeluarkan gelembung-gelembung kecil.

Apakah emas asli selalu ada kodenya?

Pada dasarnya setiap emas memiliki kadar dan kode yang berbeda-beda. Secara umum, kode emas akan ditentukan berdasarkan persentase kadar keaslian emas tersebut.

Apakah emas asli ada baunya?

Perhiasan atau emas Asli, tidak akan mengeluarkan aroma amis seperti yang berada pada besi atau tembaga. Walau sering dipakai, terkena air atau bahkan direndam air dalam kurun waktu yang lama maka tidak akan terjadi apapun selama emas yang dilakukan pengujian tersebut adalah asli.

Penutup

Semoga artikel tentang cara mengetahui emas asli atau palsu ini dapat bermanfaat buat kamu.