cara mengambil uang di atm

Cara Mengambil Uang Di ATM, Lebih Praktis dan Aman

Sebagai salah satu pengguna jasa bank, alangkah lebih baik jika kita tau cara mengambil uang di ATM. Hal ini karena ATM menawarkan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi berupa tarik tunai, tanpa harus mendatangi bank nya langsung. Maka dari itu, tentunya penting bagi kita untuk mengetahui cara mengambil uang di ATM, agar kita juga dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan di era modern ini.

cara mengambil uang di atm
Cara mengambil uang di atm

Pentingnya Mengetahui Cara Mengambil Uang di ATM

Anjungan Tunai Mandiri atau yang disingkat dengan ATM sudah tersebar ke hampir setiap daerah. Penting untuk kita mengetahui cara memanfaatkannya terutama untuk mengambil uang, karena dengan adanya ATM yang buka selama  24 jam kita dapat bertransaksi kapanpun kita mau.

Hal tersebut tentu berbeda jika kita datang ke bank, karena seperti yang kita tahu bahwa bank sendiri mempunyai jam operasional. Selain itu, mengambil uang di ATM juga lebih cepat dan praktis dari pada harus menunggu antrian untuk ke teller bank dengan membawa kelengkapan buku tabungan.

Baca Juga :  Over Limit Kartu Kredit BCA: Cara Mengecek dan Menghindarinya

Dengan mengetahui cara mengambil uang di ATM urusanmu akan lebih mudah, apalagi jika dalam keadaan mendesak. Untuk itu langsung saja kita bahas pada penjelasan berikut ini.

cara mengambil uang di atm
Cara mengambil uang di atm

Cara Mengambil Uang Di ATM Menggunakan Kartu Debit

Ketika kita telah resmi menjadi nasabah dari sebuah bank, biasanya kita akan diberikan fasilitas berupa kartu debit atau yang biasa disebut dengan kartu ATM. Kartu ini memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung pada bank yang mengeluarkan dan pilihan tabungan yang kita gunakan.

Perbedaan kartu debit yang dimiliki oleh setiap nasabah perlu diketahui karena beberapa kartu debit umumnya mempunyai  limit yang berbeda. Misalnya seperti pada kartu debit bank BCA dan bank Mandiri yang menggunakan istilah Silver, Gold, serta Platinum sebagai pembeda limit kartu.

Besaran limit ini tentu berbeda pada setiap bank. Namun meski demikian, kamu tetap dapat menarik uang dari mesin ATM selama tidak melebihi limit. Bagi yang belum tau cara mengambil uang di ATM, artikel ini akan berguna dan dapat kamu jadikan acuan.

Adapun tata cara mengambil uang di ATM tergolong cukup mudah. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Datangi mesin ATM

Kamu bisa mendatangi mesin ATM terdekat sesuai dengan bank pencetak kartu debit yang kamu miliki. Jika kamu bertransaksi menggunakan mesin ATM yang tidak sama dengan bank tersebut, maka kemungkinan kamu akan dikenakan biaya admin yang diambil dari saldo rekening.

2. Masukkan kartu debit ke mesin ATM

Jika kamu telah berhadapan dengan mesin ATM, kamu bisa langsung memasukkan kartu dengan posisi chip berada di atas. Serta jangan lupa untuk memposisikan bagian kartu yang terdapat chip ke bagian dalam mesin terlebih dulu.

Baca Juga :  10 Makanan untuk Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi

Jika posisi kartu yang kamu masukkan salah, maka kartu akan kembali keluar. Saat hal itu terjadi kamu harus memperbaiki posisi masuk kartu dengan benar.

3. Pilih bahasa yang digunakan

Saat kartu debit telah berhasil dimasukkan, biasanya yang pertama muncul di layar adalah pilihan opsi bahasa yang akan digunakan. Kamu dapat memilih antara bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

4. Masukkan pin

Selanjutnya akan terdapat perintah untuk memasukkan pin kartu debit yang berisi enam digit angka. Pada tahap ini, pastikan pin yang kamu masukkan benar. Jika pin 3 kali salah, maka kartu akan terblokir dan kamu harus mengurusnya ke bank asal.

Untuk menjaga keamanan, pastikan tidak ada orang lain yang melihat digit angka pin yang kamu masukkan.

5. Pilih menu tarik tunai

Jika kamu berhasil memasukkan pin kartu, maka layar akan menampilkan beberapa opsi transaksi yang bisa dilakukan. Kamu dapat memilih opsi tarik tunai.

6. Tentukan jumlah uang yang akan diambil

Setelah menekan opsi tarik tunai, kamu akan diberikan pilihan nominal tunai yang bisa ditarik. Namun jika nominal yang kamu inginkan tidak ada di layar, kamu bisa menekan opsi “Tarik dengan jumlah lain”. Kemudian kamu bisa menekan nominal yang ingin kamu ambil.

7. Ambil uang yang keluar dari mesin

Segera ambil uang yang telah keluar dari mesin ATM untuk mencegah uang tersebut kembali masuk ke dalam mesin.

8. Keluarkan dan ambil kembali kartu debit dari dalam mesin ATM

Untuk mengeluarkan kartu, kamu perlu memilih opsi “Tidak” ketika layar menampilkan opsi transaksi lain. Selanjutnya kartu debit akan keluar dari mesin, dan kamu harus segera mengambilnya untuk menghindari kartu tertelan.

Baca Juga :  Peran Penting Penerjemah Tersumpah Dalam Legalisasi Dokumen
cara mengambil uang di atm
Cara mengambil uang di atm

Tips dan Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman

Seperti yang kita tau, saat ini kejahatan telah marak terjadi. Oleh karena itu saat kamu telah mengetahui cara mengambil uang di ATM dengan benar, alangkah lebih baik jika kamu juga tetap berhati-hati dengan situasi.

Berikut kita akan bahas bagaimana tips dan cara mengambil uang di ATM dengan aman dan benar:

  • Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat aman. Akan lebih baik jika berada pada satu lokasi dengan bank.
  • Jangan biarkan orang lain ikut melihat saat kamu memasukkan pin
  • Jika terdapat masalah dengan kartu dan mesin, usahakan langsung meminta bantuan pihak bank
  • Periksa kembali ATM ketika akan pergi. Jangan sampai kartu atau barang berharga lainnya tertinggal
cara mengambil uang di atm
Cara mengambil uang di atm

Tanya Jawab Seputar Cara Mengambil Uang Di ATM

Kartu ATM menghadap kemana?

Cara pertama yaitu, pastikan posisi kartu ATM saat dimasukkan benar, yaitu posisi garis hitam ada di bawah dan berada di samping kanan, Lihat bagian atas, logo Bank harus berada di posisi depan.

Apa beda nya rekening dan ATM?

Nomor rekening ini digunakan untuk melakukan setor angsuran, sedangkan kartu ATM tidak dapat digunakan untuk menyetor angsuran. Nomor rekening ada pada buku tabungan, sedangkan nomor kartu ATM terdapat pada kartu ATM.

Berapa batas ngambil uang di ATM?

Nominal paling banyak Rp15 juta per hari untuk setiap kartu ATM. Di masa PPKM Darurat, batas maksimal penarikan uang tunai tersebut dinaikkan oleh Bank Indonesia (BI). Batas maksimal tarik tunai naik menjadi Rp20 juta per rekening per hari. Khusus untuk kartu ATM teknologi chip.

ATM gunanya untuk apa?

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine. Mesin ini sering Anda kunjungi untuk melakukan transaksi perbankan secara mandiri, mulai dari transfer hingga tarik tunai. ATM hadir sebagai fasilitas yang disediakan bank untuk memudahkan transaksi setiap nasabah.

Apakah kartu ATM harus ada tanda tangan?

Sebenarnya, baik ditandatangani atau tidak, kartu ATM tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kartu tersebut tetap bisa digunakan transaksi di ATM dan EDC. Intinya, bila dibandingkan dengan yang ditandatangani tidak ada bedanya sama sekali.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara mengambil uang di ATM dengan lebih praktis dan aman. Semoga bermanfaat!