Cara biar percaya diri

Inilah 10 Cara Biar Percaya Diri Meningkat bagi Karyawan

34 views
Bagikan artikel ini

Inferior atau rasa kurang percaya diri pasti pernah dialami oleh semua orang. Setiap dari kita pastinya memiliki satu hal dimana kita merasa kurang percaya diri disana. Seperti contohnya merasa kurang percaya diri saat bertemu orang baru, saat melakukan presentasi, saat bertemu atasan dan lain-lain. Rasa percaya diri bisa menghinggap siapa saja, terutama seorang karyawan di suatu perusahaan. Nyatanya perasaan kurang percaya diri seringkali menjadi penyebab karir Anda di dunia kerja terhambat. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara biar percaya diri agar karir Anda berjalan lancar.

Cara biar percaya diri
Cara biar percaya diri

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Lalu bagaimanakah cara biar percaya diri? Berikut ini akan diulas cara-caranya pada Anda agar bisa menjadi lebih percaya diri di tempat kerja.

1. Jadilah pribadi yang positif

Daripada sekedar meratapi kekurangan yang ada pada diri, sebaiknya Anda lebih berfokus pada minat serta bakat Anda. Selalu tetap berusaha untuk terus mencari solusi dan jangan hanya terus-terusan menyalahkan diri Anda sendiri. Jadilah seseorang yang selalu ceria dimana pun Anda berada, terlebih di tempat Anda sedang bekerja. Walaupun hal itu cukup sulit untuk dilakukan. Namun, tetaplah berusaha menemukan sisi positif dari setiap kondisi maupun situasi. Itu adalah salah satu cara biar percaya diri.

Buang sikap negatif yang selama ini bercokol di kepala Anda. Jauhi perilaku ataupun orang yang membuat hari-hari Anda jadi kurang bahagia dan semakin menyalahkan diri sendiri. Usahakan untuk selalu senyum. Saat Anda sedang berkomunikasi sambil lalu Anda juga tersenyum dengan ekspresi wajah dan nada suara tepat, itu akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, Anda juga akan memancarkan kesan orang yang friendly, optimis, sabar serta bijak.

2. Terimalah kekurangan yang ada pada diri

Setiap manusia pastinya juga memiliki kekurangan masing-masing. Parahnya beberapa orang menganggap kekurangan yang ada pada dirinya membuatnya merasa seperti pecundang. Pikirkan segala aspek dari diri Anda yang Anda anggap kurang menyenangkan tersebut. Gunakan itu sebagai remainder untuk terus mengasah diri dan menjadi pribadi yang istimewa.

Cara biar percaya diri
Cara biar percaya diri

3. Lakukan evaluasi atas pencapaian Anda

Keraguan yang sering muncul pada diri sendiri akan menimbulkan emosi negatif seperti misalnya: rasa takut dan panik. Maka untuk menghindari hal itu, pikirkan setiap kesuksesan yang pernah Anda raih, supaya emosi itu tidak mengendalikan Anda. Catatlah di atas selembar kertas tentang semua kesuksesan Anda, baik itu yang kecil maupun besar yang pernah Anda raih selama ini, karena itu cara biar percaya diri Anda meningkat.

4. Tingkatkan keterampilan Anda

Cara biar percaya diri selanjutnya yaitu dengan meningkatkan keterampilan Anda. Anda akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri jika Anda tidak pernah berhenti untuk terus belajar. Ikutilah seminar-seminar yang diadakan oleh ahli di bidang yang Anda kuasai atau tekuni tersebut untuk semakin memperkaya wawasan Anda serta untuk mendapat informasi terbaru yang bermanfaat. Dengan menghadiri setiap acara bisnis, selain Anda akan mendapat kawan baru, Anda juga akan bisa bergabung di perusahaan ataupun komunitas yang baru. Rencanakan untuk mengikuti kursus daring supaya keterampilan dan kemampuan Anda semakin meningkat. Contohnya: Mengikuti kursus bahasa asing, kursus pemograman komputer dan lain sebagainya.

5. Perbaiki kekurangan Anda

Daripada Anda hanya terus memikirkan kelemahan pada diri Anda, sebaiknya pikirkan bagaimana cara biar percaya diri dengan mengatasi kelemahan tersebut agar Anda merasa jadi lebih percaya diri. Contohnya, Anda sadar bahwa Anda kurang dalam hal penguasaan bahasa asing Jadi sebaiknya Anda ikuti kelas singkat mengenai belajar asing dengan cepat, dengan begitu Anda tidak akan lagi merasa rendah diri di tempat kerja karena kurang pintar berbahasa asing.

6. Gunakan power Anda

Cara biar percaya diri selanjutnya yaitu dengan mendayagunakan atau memanfaatkan kekuatan yang Anda miliki. Cara tersebut mampu menjadikan Anda lebih percaya diri dan merasa diri berarti. Asahlah terus kemampuan yang Anda punya saat ini. Sebagai contohnya jika Anda seorang karyawan di suatu perusahaan, dan Andae miliki kemampuan untuk mendesain web. Maka tawarkan hal itu pada perusahaan tempat Anda bekerja, tak masalah sekalipun itu melenceng dari profesi Anda di perusahaan tersebut, siapa tahu perusahaan memang membutuhkan web yang harus diperbarui.

7. Hargai kritik dari orang lain

Jangan pernah takut ataupun malu untuk dikritik oleh orang lain saat Anda tengah melakukan sesuatu. Perlu diingat bahwasannya umpan balik yang bersifat konstruktif dapat menjadikan Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Oleh karena itu terimalah setiap kritikan yang orang atau atasan Anda berikan. Lalu dari kritikan tersebut, perbaikilah mana yang memang perlu diperbaiki. Namun jika kritikan hanya bersifat untuk menjatuhkan Anda, maka abaikan saja hal itu.

Cara biar percaya diri
Cara biar percaya diri

8. Katakan apa yang Anda ingin

Cara biar percaya diri selanjutnya yaitu jangan takut untuk meminta apa yang Anda inginkan. Tetapi perlu diingat agar Anda tetap meminta dengan cara yang ramah serta sopan. Permintaan itu ada kemungkinan untuk dikabulkan. Apa yang Anda inginkan tidak akan terwujud jika Anda takut untuk mengkomunikasikannya.

9. Terimalah tantangan baru

Cara biar percaya diri berikutnya yang bisa Anda terapkan yaitu terimalah setiap tantangan baru. Bersikaplah seperti orang yang sedang percaya diri, tetapi bedakan antara percaya diri dengan sombong itu tidaklah sama. Percayalah bahwa diri Anda saat ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan tugas ataupun tantangan baru yang diberikan oleh atasan dengan baik. Jangan terlalu mudah menyerah, apalagi jika Anda menyerah sebelum berperang, itu akan membuat Anda semakin tidak percaya akan potensi terpendam pada diri Anda.

Yakinkan pada diri sendiri bahwa apapun jenis tantangan itu, Anda akan mampu melewatinya. Fokuslah pada segala sesuatu yang yang bisa menjadi penyelesaian bagi pekerjaan Anda, daripada Anda hanya menghabiskan waktu hanya untuk mendiskusikan masalah. Tanamkan sikap optimis serta semangat kerja, dengan begitu akan meningkatkan kerpercayaan diri Anda di setiap ada tantangan yang perlu dihadapi.

10. Patuhi Aturan Perusahaan

Patuhi setiap peraturan yang berlaku di perusahaan tempat Anda bekerja. Itu adalah cara biar percaya diri yang terakhir yang bisa Anda terapkan. Dengan mengikuti aturan yang berlaku di perusahaan Anda akan merasa menjadi seorang karyawan yang disiplin, giat serta bertanggung jawab. Hal ini otomatis nantinya akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada diri Anda. Tidak hanya dengan mengikuti setiap aturan, Anda juga perlu aktif ikut dalam setiap kegiatan seperti misalnya bansos maupun seminar yang diadakan oleh perusahaan.

Cara biar percaya diri
Cara biar percaya diri

Penutup

Banyak perusahaan yang peduli akan kekompakan atau tim work dari para karyawannya. Untuk semakin meningkatkan itu, biasanya perusahaan aktif mengadakan kegiatan di luar jam kantor. Jadi jangan lewatkan kesempatan itu, karena dengan semakin sering Anda mengikuti kegiatan tersebut, maka relasi Anda di kantor juga akan semakin luas.