cara membuat nota

Inilah Cara Membuat Nota Di Word

Nota berfungsi sebagai bukti dalam kegiatan jual beli. Biasanya orang lebih memilih membeli nota kosong di toko-toko alat tulis daripada membuatnya sendiri. Tapi bagi kamu yang tahu cara membuat nota di word, mungkin akan lebih memilih untuk membuatnya. Cara membuat nota di word sebenarnya sangat mudah tapi entah mengapa mayoritas lebih suka membeli yang sudah jadi.

Meskipun tidak semua orang memiliki kebiasaan untuk meminta nota, tapi sebagai seseorang yang bergelut di dunia bisnis maka sebaiknya tetap memberikan nota. Jika kamu juga berfikiran bahwa nota adalah sesuatu yang tidak penting. Sebaiknya kamu segera menambah pengetahuan dan pemahamanmu akan pentingnya nota dalam dunia bisnis dan cara membuat nota di word.

cara membuat nota
Cara membuat nota

Manfaat Nota

Pahamilah bahwa hidup ini keras. Bagi orang yang hidupnya selalu dalam hal-hal positf dan penuh kelembutan mungkin tidak akan terbayang tentang kejamnya kehidupan. Memiliki fikiran yang positif itu baik, tapi jangan sampai menjadi positif toxic. Sesekali kamu perlu tahu bahwa kehati-hatian itu perlu dilakukan. Hal ini bukan bertujuan untuk menciptakan prasangka buruk atau mengeruhkan suasana.

Terlalu pentingnya cara membuat nota di word, sampai ada unit usaha yang sangat berhati-hati ketika memberikannya. Bahkan dia tidak mau memberikan nota kosong. Meskipun pada umumnya orang-orang terbiasa meminta dan memberikan nota kosong untuk me mark-up harganya. Tapi sebaiknya kamu tidak melakukan hal itu. Kebiasaan-kebiasaan yang bisa jadi dianggap sepele ini nantinya akan membentuk kepribadianmu dan orang disekitarmu

Baca Juga :  7 Cara Mengecek Ranking Website dengan Tools

Selain itu, nota juga akan menjadi bukti kuat untuk setiap transaksi yang dilakukan pada unit usahamu. Jika kamu mempunyai toko online, maka sebaiknya kamu tahu cara membuat nota olshop di word untuk mempermudah pencatatan usahamu. Pembuatan nota dengan ms word sudah sangat familiar di dunia olshop. Apalagi Microsoft word merupakan program andalan sejuta umat untuk menyelesaikan urusan bisnis. Seperti yang diketahui bahwa dengan ms word lah biasanya seseorang membuat laporan-laporannya.

Cara membuat nota di word bisa memberikan manfaat tersendiri bagi orang-orang tertentu. Karena walaupun sudah banyak cara lain yang ditawarkan untuk membuat nota, tapi dengan ms word pekerjaan akan lebih cepat selesai. Nota ini akan lebih cepat selesai dibuat karena si pembuatnya sudah familiar dengan ms word. Sehingga waktu dan hasilnya akan lebih maksimal dibandingkan dengan aplikasi lain yang tidak ia kenal. Ketika tahu cara membuat nota di word, maka kamu akan mengetahui perihal apa saja yang perlu dicantumkan di dalamnya.

Bagian-Bagian Nota

Sebelum mempraktekan cara membuat nota di word, kamu harus tahu bagian-bagian nota. Didalam nota sebaiknya kamu mencantumkan beberapa hal ini.

  1. Identitas toko online yang bisa berupa informasil alamat, nama, dan logo toko tersebut
  2. Nomor urut untuk mengidentifikasi banyaknya jenis pembelian
  3. Kolom jumlah untuk menjelasskan jumlah barang yang dibeli
  4. Kolom keterangan untuk menjabarkan nama barang dan atau jasa yang dijual
  5. Kolom harga untuk menuliskan harga barang dan atau jasa
  6. Space untuk TTD sebagai bukti sah transaksi jual beli yang dilakukan
cara membuat nota
Bagian-bagian nota

Membuat Nota Di Word

Seperti yang telah disampaikan bahwa cara membuat nota di word sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya :

Baca Juga :  VPS Centos dan Potensi Keuntungan yang Bisa Diperoleh
  1. Jalankan program ms word di perangkatmu
  2. Buatlah baris dan kolom dengan mengikuti langkah berikut yatu klik insert – table – insert table- masukkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan lalu ok.
  3. Settinglah lebar dan tinggi kolom sesuai kebutuhan secara manual yaitu dengan melakukan drag pada garis yang ingin di atur ulang.
cara membuat nota
Cara membuat nota di word

Langkah langkah pembuatan nota

Berikut beberapa langkah mudah untuk membuat nota di Microsoft Excel:

  1. Isi Kolom Kode Barang
  2. Isi Kolom Nama Barang
  3. Isi Kolom Jumlah Barang
  4. Isi Harga Satuan
  5. Isi Kolom Total Harga
  6. IsiGrand Total
  7. Isi Jumlah Diskon (Jika Tersedia)
  8. Isi Grand Total-Diskon

Isikanlah hal-hal yang dibahas dalam bagian-bagian nota ke dalam cara membuat nota di word. Setelah semua dilakukan sesuai arahan di atas berarti kamu telah sukses menyelesaikan cara membuat nota di word dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk cara membuat struk belanja dengan word. Karena pada dasarnya nota dan struk sama-sama alat yang berfungsi sebagai bukti transaksi jual beli. Hanya saja cara membuat struk belanja dengan word akan memintanya untuk menyembunyikan garis-garis pada table sehingga tampilannya bisa sama seperti struk belanja pada umumnya.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Nota

Apa artinya nota kosong?

Pengertian Nota Kosong

Nota kosong bisa diartikan sebagai dokumen fisik yang dipakai untuk mencatat transaksi. Orang-orang yang bekerja di dunia digital biasanya memakai nota dalam bentuk soft copy. Nota yang masih kosong ini juga bisa disamakan dengan kwitansi, bon, atau struk.

Langkah langkah membuat nota debit?

Bagaimana Cara Membuat Nota Debit?
Kepada Yth: alamat si penjual barang.
Nomor Nota: nomor urut Nota.
Tanggal: Tanggal pembuatan Nota Debet.
No. Dokumen: nomor dokumen yang barangnya ingin dikembalikan atau dipotong harganya.
Tgl. Dokumen: tanggal transaksi pembelian barang.
No. : nomor urut barang yang dikembalikan.

Baca Juga :  Cara Menarik Perhatian Pelanggan Dengan Sebuah Ledakan

Mengapa pembeli mengirimkan nota debit kepada penjual?

Nota debit bertindak sebagai dokumen permintaan resmi dari pembeli kepada penjual untuk meminta dibuatkan nota kredit. Dokumen nota debet berfungsi sebagai bukti kalau pembelian benar-benar terjadi dan sah, sehingga si pembeli bisa mengajukan pengembalian barang atau retur barang yang salah kirim.

Apa yang dimaksud dengan nota?

Nota merupakan bukti suatu transaksi pembelian atau penjualan barang yang dilakukan secara tunai. Biasanya, nota dibuat sebanyak dua rangkap. Salinan lembar pertama diserahkan kepada pembeli, sedangkan lembaran kedua disimpan penjual untuk arsip atau bahan pencatatan pada laporan keuangan perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan nota kredit?

Nota kredit digunakan saat terjadi kesalahan dalam proses pembuatan faktur. Menurut situs Kemendikbud, nota kredit adalah surat bukti terjadinya pengurangan piutang usaha karena ada pengembalian barang yang dibuat oleh penjual. Lembar yang asli diberikan kepada pembeli sedangakan salinannya disimpan oleh penjual.

Apa fungsi nota kredit?

Nota kredit dibuat dan ditandatangani penjual dan berguna bagi penjual untuk mengurangi piutang usaha yang akan ditagihkan kepada pembeli. Sama seperti nota debit, nota kredit biasanya minimal dua rangkap. Lembar pertama (dokumen asli ) diberikan kepada pembeli, sementara lembar lainnya disimpan penjual.

Apa yang dimaksud dengan nota penjualan?

Nota penjualan adalah dokumen tertulis yang dapat digunakan dalam urusan segala macam bentuk transaksi pembelian maupun penjualan di sebuah kegiatan perdagangan.

Apa perbedaan faktur dan nota?

Faktur adalah sebuah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran. Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli.

cara membuat nota
Cara membuat nota

Penutup

Itulah hal-hal penting yang harus kamu ketahui dalam cara membuat nota di word. Dengan adanya pencatatan nota tersebut, kita dapat lebih mudah untuk membuat pencatatan secara detail yang berhubungan dengan laporan penjualan. Sehingga suat saat kita memiliki berkas atau histori pencatan nota penjualan yang berguna untuk usaha kita. Semoga artikel ini bermanfaat ya.