istilah asuransi

Kenali Istilah Asuransi Berikut Pada Kehidupan Anda

Sekarang ini, perlu kiranya untuk anda memahami pengertian asuransi, manfaat, dan jenisnya. Karena bagi sebagian orang, asuransi masih dipandang sebelah mata dan enggan untuk bergabung lantaran tidak mengetahui manfaat yang akan di dapatkan. Padahal manfaatnya sangat besar bagi kehidupan mendatang dan anak – anak kita kelak.

Terlebih lagi jika anda mengetahui istilah asuransi ini berada pada bidang apa saja. Agar anda dapat menggunakannya sesuai dengan yang anda butuhkan disini. Ditambah lagi dengan biaya kehidupan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Baik itu dari kenaikan biaya rumah sakit, pendidikan, dan lain sebagainya. Tetapi, dengan adanya jasa asuransi maka beban tersebut bisa berkurang. Hal itu karena manfaat dan fungsinya memang sebagai perlindungan terhadap segala risiko yang bisa saja terjadi.

istilah asuransi
Istilah asuransi

Kiranya Apa Istilah Asuransi Ini Penting Untuk Masa Depan

Pahami Istilah Asuransi

Istilah asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian antara tertanggung dan penanggung. Tertanggung nantinya anda disini harus membayar iuran kepada penanggung. Tujuannya disini hanyalah untuk memperoleh ganti rugi atas risiko finansial yang mungkin saja terjadi.

Penanggung tersebut merupakan perusahaan penyedia jasa asuransi. Sedangkan, tertanggung yaitu para nasabah atau pemilik asuransi yang bekerjasama dengan penyedia jasa layanan asuransi. Didalamnya terdapat 3 unsur utama, seperti halnya polis, premi, dan klaim asuransi.

Baca Juga :  Daftar Asuransi Kendaraan Mobil Terbaik di Indonesia dan Rekomendasinya

Apa itu polis?

Dalam istilah asuransi, polis sendiri merupakan sebuah dokumen yang menyatakan perjanjian antara kedua pihak. Dimana di dalamnya berisi manfaat, jumlah premi, risiko, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk premi sendiri yaitu iuran yang harus nasabah bayar dengan jangka waktu sesuai kesepakatan. Klaim ini merupakan bentuk pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi saat terjadi risiko.

Ketentuan risiko apa saja yang dapat ditanggung telah tertulis dalam polis itu sendiri. Jadi, jika ada musibah yang mencakup dalam perjanjian, maka dapat mengandalkan asuransi untuk meringankan beban.

istilah asuransi
Istilah asuransi

Manfaat Asuransi

Anda perlu mengetahui apa saja manfaat asuransi secara umum. Dengan begitu, maka anda akan lebih mengenal lebih jauh istilah asuransi dan betapa menguntungkannya hal ini terhadap diri sendiri.

1. Sebagai Tabungan dan Investasi

Jika anda telah mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi, maka di akhir kontrak akan memperoleh jaminan pengembalian investasi. Selain daripada itu, jasa ini juga menawarkan fleksibilitas atau kelonggaran dalam memilih jangka pertanggungan. Pada umumnya, banyak sekali pilihan sekitar 5, 7, hingga 10 tahun.

Besar preminya juga termasuk premi tunggal. Dimana nominalnya disini relatif terjangkau dan anda juga berkesempatan untuk mendapatkan bebas biaya administrasi.

2. Memberikan Ketenangan

Jasa Asuransi ini juga menawarkan perlindungan terhadap resiko yang terjadi di kemudian hari. Hal ini dapat mendatangkan rasa tenang, lantaran tidak perlu khawatir lagi jika sesuatu tidak terduga terjadi. Meskipun penanganan kerugiannya telah berdasarkan jenis asuransi yang anda pilih. Akan tetapi, setidaknya semua itu dapat menanggung sebagian dari beban biaya yang ditangguhkan.

3. Membantu Mengatur Keuangan dengan Lebih Baik

Pembayaran premi dengan rutin secara tidak langsung sudah dapat mengajarkan kita semua cara mengelola keuangan. Caranya yaitu dengan menyisihkan sebagian dari pemasukan yang ada. Orang yang tidak mampu disini akan menabung tentu akan sangat merasakan hal ini. Karena, pengeluaran uang bukan hanya untuk sesuatu yang bersifat sementara saja. Namun juga sebagai penunjang kehidupan masa depan.

Baca Juga :  Memilih Asuransi Kendaraan Sinarmas

4. Meminimalisir Kerugian

Dengan memiliki jasa asuransi, maka anda dapat meminimalisir biaya kerugian jika mengalami kejadian tidak terduga. Jadi, bisa di bilang kebutuhan akan tetap terpenuhi secara stabil. Karena, sebagian biaya sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi untuk mengganti kerugian yang anda alami. Jika tidak ada jasa asuransi, dapat saja akan kebingungan untuk memperoleh tanggungan dari mana yang akan di gunakan.

istilah asuransi
Istilah asuransi

Cara Kerja Asuransi

Dalam istilah asuransi, selalu terdapat risiko dalam kehidupan masyarakat seperti halnya kebakaran, pencurian atau gempa bumi. Banyak orang yang berharap untuk menghindari kerugian keuangan dengan mendapatkan ganti atas milik pribadi yang hilang atau rusak. Asuransi menjadi salah satu cara untuk melindungi keuangan pribadi dari beban yang tidak semestinya.

Asuransi merupakan sebuah bentuk manajemen risiko di mana risiko ditransfer ke perusahaan asuransi sebagai pertukaran atas pembayaran premi yang telah kita jalani sebelumnya. Ketika Anda membeli asuransi, maka seseorang mendapat polis asuransi yang merupakan kontrak yang mengikat secara hukum.

Polis inilah yang akan menjelaskan secara rinci semua hak, tanggung jawab dan kewajiban tertanggung atau nasabah dan perusahaan asuransi. Saat seseorang menderita kerugian cukup besar yang tercakup dalam polis, dia dapat mengajukan klaim. Klaim sendiri adalah bentuk laporan lengkap dari apa yang hilang atau rusak beserta nilainya. Jumlah uang yang akan diganti atau uang pertanggungan berdasarkan pada jumlah yang terdapat dalam polis.

Pada saat individu atau perusahaan membeli polis asuransi, semua uang dari premi kemudian digabungkan menjadi apa yang disebut kolam asuransi atau insurance pool. Perusahaan asuransi sendiri telah menggunakan statistik untuk memprediksi berapa persen orang atau bisnis yang diasuransikan akan benar-benar menderita kerugian dan mengajukan klaim.

Baca Juga :  Macam-Macam Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Yang Bisa Jadi Pilihan

Statistik ini dapat membantu menentukan jumlah premi. Faktor-faktor lain yang ada pada istilah asuransi seperti nilai kredit dan klaim sebelumnya juga dipertimbangkan. Pasalnya sebagian besar orang yang diasuransikan tidak mengalami kerugian atau hanya mengalami kerugian kecil. Maka jelas pihak perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan yang memungkinkan mereka terus beroperasi dan membayar klaim besar sesekali.

istilah asuransi
Istilah asuransi

Tanya Jawab Seputar Istilah Asuransi

Apa itu amount payable dalam asuransi?

Jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi kalau terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.

Apa arti dari asuransi?

Menurut KUHD pasal 246 disebutkan bahwa asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan.

Apa itu tertanggung dalam asuransi?

Tertanggung: Pihak yang menghadapi risiko sebagaimana diatur dalam perjanjian Asuransi atau perjanjian reasuransi.

Siapa penanggung dan tertanggung dalam asuransi?

Tertanggung: Orang yang atas dirinya diadakan pertanggungan asuransi dan yang namanya tercantum dalam Data Polis. Penanggung: Pihak yang memberikan jasa dalam penanggulangan resiko kepada seseorang yang diasuransikan. Dalam hal ini yang disebut penanggung adalah perusahaan asuransi yang mengeluarkan polis.

Apa yang dimaksud dengan beban polis?

Beban polis asuransi adalah sejumlah dana yang akan dibayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulannya (premi).

Apa itu periode polis?

Periode (dua tahun) dimana Penanggung berhak mempertanyakan atau menyelidiki kebenaran informasi/data yang diberikan Tertanggung atau Pemegang Polis dalam surat aplikasi untuk menentukan keputusan selanjutnya atas kontrak polis tersebut.

Apa itu asuransi dan fungsinya?

Asuransi merupakan bentuk upaya penanggulangan resiko yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang dengan nominal biaya cukup besar. Oleh sebab itu, kamu butuh pertanggungan untuk menjamin sesuatu yang bernilai. Tujuannya adalah agar kamu bisa mendapatkan langkah preventif jika nantinya terjadi sesuatu.

Penutup

Istilah asuransi sendiri tidak hanya ada pada asuransi kesehatan dan jiwa saja. Melainkan juga ada kaitannya dengan properti dan juga kendaraan yang anda miliki. Semoga bermanfaat!