Aplikasi Koperasi Serba Usaha

Inilah Dia 7 Aplikasi Koperasi Serba Usaha Dengan Excel Gratis Dan Mudah Kamu Pakai !

Ada banyak badan usaha yang memiliki peran sebagai salah satu tombak perubahan ekonomi masyarakat, salah satunya yaitu adalah koperasi melalui aplikasi koperasi serba usaha. Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki anggota perorangan ataupun ramai alias kelompok yang tujuannya adalah menyejahterakan anggotanya akan tetapi haruslah sesuai dengan prinsip ekonomi rakyat tadi. Nah tentunya koperasi sangat memiliki peran sebagai ujung tombak ekonomi masyarakat, koperasipun memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi nasional. Nah jika salah satu diantara kamu yang memiliki badan usaha koperasi, aplikasi koperasi serba usaha ini sangat cocok membantu kinerja koperasimu.

Ekonomi pada saat sekarang sangat penting, banyak kegiatan yang mandek ataupun mati karena disebabkan oleh pengaruh wabah pandemi virus corona ini sebut saja seperti pendidikan, sosial dan salah satu yang paling berdampak pengaruhnya adalah merosotnya ekonomi dunia termasuk Indonesia. Bagaimana tidak, ekonomi yang menjadi bagian penting didalam kehidupan ini harus mandek atau turun karena pandemi ini, sehingga banyak sekali menyebabkan orang-orang yang terdampak mulai dari kena PHK, bangkrutnya usaha sehingga berdampak turunnya daya beli serta penurunan ekonomi khususnya diIndonesia. Nah itu sebabnya Ekonomi harus terus digalangkan agar bisa berjalan normal lagi sehingga mengatasi merosotnya ekonomi.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Trader Terpercaya dan Aman Digunakan Trading

Macam-Macam Aplikasi Koperasi Serba Usaha

Berikut simak, 7 aplikasi koperasi serba usaha dengan excel yang dapat kamu gunakan didalam koperasimu :

1. Aplikasi Koperasi Serba Usaha Pertama Yaitu, Softkop

Nah aplikasi koperasi serba usaha yang menggunakan format excel pertama ini adalah softkop, aplikasi ini sangat cocok dan sangat mudah kamu gunakan baik didalam komputer ataupun laptopmu. Software aplikasi yang juga aplikasi koperasi simpan pinjam ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu dalam melakukan pembukuan koperasimu dan juga bisa membantu dirimu membantu mengelola manajemen koperasi. Selain mudah di download dan diaplikasikan, aplikasi ini memiliki size yang ringan serta tidak membebani kinerja komputermu.

Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

2. Aplikasi Koperasiku

Aplikasi koperasiku ini merupakan aplikasi koperasi serba usaha yang dapat membantu menjalankan koperasimu khususnya simpan pinjam ataupun serba usaha. Aplikasi yang juga merupakan produk local alias buatan programmer Indonesia ini merupakan salah satu aplikasi koperasi yang sangat banyak dipakai oleh banyak koperasi di Indonesia. Dengan fitur pembukuan yang formatnya sangat mudah dan nyaman, aplikasi ini juga bisa kamu pakai dan download dengan cara gratis. Software aplikasi ini bisa langsung kamu gunakan dilaptopmu dengan gratis tidak ada bayaran sedikitpun.

Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

3. Aplikasi KSP Versi 1.2

Aplikasi koperasi serba usaha yang memiliki format excel dan tentunya gratis berikutnya yaitu KSP Versi 1.2. KSP sebelumnya hadir pada versi 1.1 akan tetapi diupgrade dengan fitur-fitur baru seperti pembukuan akuntasi dalam format excel serta fitur lainnya. Akan tetapi kekurangan dari aplikasi ini adalah dimana sering kali banyak upgrade yang dilakukan oleh pengembang sehingga kamu harus melakukan upgrade terus menerus versi terbarunya.

Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

4. Aplikasi Koperasi Accurate Accounting Software 5

Software aplikasi koperasi serba usaha selanjutnya yang dapat kamu gunakan dan jalankan untuk membangun dan membantu kinerja koperasimu adalah Accurate Accounting Software 5. Dimana software ini memiliki fitur kegiatan koperasi seperti modul penjualan, modul pembelian, persediaan, kas bank, serta kas besar. Fitur ini semua sangat mudah dilakukan oleh kamu meskipun user tidak memahami dan mengerti mengenai penjurnalan, pembukuan ataupun akuntasi lainnya.

Baca Juga :  Daftar Rekomendasi Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta Yang Menguntungkan
Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

5. Aplikasi Koperasi Smartcoop

Software aplikasi yang membantu kinerjamu berikutnya adalah aplikasi Smartcoop, aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang cukup lengkap. Sebut saja mulai dari Fitur data master, Fitur aplikasi pengelolaan simpanan anggota, aplikasi pengelolaan pinjaman anggota, pembukuan, laporan keuangan, serta fitur login anggota koperasi. Tentunya fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup lengkap dan komplit yang dapat membantu kinerja koperasimu.

Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

6. Aplikasi Simpan Pinjaman Koperasi Level Sederhana Format Excel

Aplikasi yang memiliki format excel dan sederhana dilakukan ini bisa menjadi alternative pilihanmu dalam mengelola kinerja koperasimu baik akuntasi dalam format excel. Aplikasi ini juga tentunya sangat mudah diakses dan gratis tentunya. Akan tetapi kamu harus menggunakan excel terbaru untuk mengakses aplikasi ini. Adapun kekurangan aplikasi ini ialah karena hanya berformat excel maka fitur-fiturnya sangat sederhana sekali tidak seperti aplikasi yang saya sebutkan diatas.

7. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Vol. 4.0

Aplikasi koperasi yang terakhir yang dapat kamu gunakan secara full version ini, adalah software aplikasi koperasi simpan pinjam vol.4.0. Kelebihan fitur aplikasi ini adalah dapat mencatat transaksi pinjaman dan angsuran, terdapat fitur akuntansi seperti laporan laba rugi, dan neraca pada koperasi, dapat mencatat tabungan, deposito ataupun pembagian SHU. Fitur software ini cukup lengkap sehingga bisa menjadi salah satu software pilihanmu.

Aplikasi Koperasi Serba Usaha
Aplikasi koperasi serba usaha

Tanya Jawab Seputar Koperasi Serba Usaha

Apa saja contoh koperasi Serba Usaha?

Contoh Koperasi Serba Usaha (KSU)
1. Koperasi Karyawan. Sesuai namanya, membentuk koperasi karyawan hanya bisa dilakukan di suatu perusahaan
2. Koperasi Sekolah. Saat ini sudah banyak yang mendirikan koperasi sekolah mulai dari pedesaan hingga perkotaan
3. Koperasi Simpan Pinjam
4. Unit Pertokoan

Baca Juga :  Berbagai Macam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Apa yang dimaksud dengan koperasi Serba Usaha?

Koperasi serba usaha adalah koperasi yang kegiatan usahanya di berbagai segi ekonomi yang tidak hanya berfungsi pada satu badan usaha saja tapi banyak usaha atau fungsi dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Apakah koperasi termasuk jenis usaha?

Jenis-jenis Usaha Koperasi – usaha koperasi atau yang dikenal dengan usaha organisasi ekonomi yang biasa dioperasikan dengan tujuan untuk kepentingan bersama.

Apa beda KSU dan KSP?

KSP adalah koperasi yang memiliki usaha tunggal yaitu menampung simpanan anggota dan melayani peminjaman. Sedangkan KSU adalah koperasi yang bidang usahanya bermacam-macam. Misalnya, unit usaha simpan pinjam, unit pertokoan untuk melayani kebutuhan sehari-hari anggota juga masyarakat, unit produksi, unit wartel.

Apa saja jenis jenis koperasi dan sebutkan bentuk bentuk koperasi di Indonesia?

Macam-macam Koperasi
1. Koperasi Simpan Pinjam
2. Koperasi Produksi
3. Koperasi Serba Usaha
4. Koperasi Jasa
Jenis koperasi ini berfokus pada pelayanan jasa kepada anggota dan masyarakat.Umumnya koperasi jasa menyediakan beberapa pelayanan, seperti jasa asuransi dan jasa angkutan
5. Koperasi Konsumsi

Apa yang dimaksud dengan koperasi konsumen?

Koperasi Konsumen menyelenggarakan kegiatan usaha pelayanan di bidang penyediaan barang kebutuhan Anggota dan non-Anggota. Koperasi konsumen berperan dalam mempertinggi daya beli sehingga pendapatan riil anggota meningkat.

Apa yang dimaksud dengan koperasi umum?

Secara umum, koperasi dapat diartikan sebagai badan usaha yang dimiliki serta dikelola para anggotanya. Secara umum, koperasi adalah usaha bersama guna memperbaiki atau meningkatkan kehidupan atau taraf ekonomi berlandaskan asas tolong menolong.

Penutup

Nah itulah 7 jenis aplikasi koperasi gratisan alias aplikasi koperasi serba usaha yang dapat kamu gunakan dalam membantu kinerja manajemen koperasimu. Tentunya masih banyak rekomendasi aplikasi yang lainnya. Aplikasi tersebut dapat sangat berguna dan membantu kinerja koperasi. Semuanya dapat kamu pilih dan gunakan tergantung keinginanmu terhadap fitur-fitur software tersebut. Semoga artikel seputar kerja ini bermanfaat!