Persyaratan buat lamaran kerja

Persyaratan Buat Lamaran Kerja yang Sering Dibutuhkan

23 views
Bagikan artikel ini

Melamar pekerjaan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Anda harus memenuhi dan melengkapi persyaratan buat lamaran kerja agar lebih dilirik oleh HRD. Sudah menjadi rahasia umum jika sebuah perusahaan memberikan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi agar lolos ke tahap selanjutnya. Lalu persyaratan lamaran kerja apa saja yang harus dilengkapi? Berikut penjelasannya.

Persyaratan buat lamaran kerja
Persyaratan buat lamaran kerja

Persyaratan Buat Lamaran Kerja yang Harus Dipenuhi

1. Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran adalah dokumen yang harus Anda lampirkan jika melamar sebuah pekerjaan. Jelaskan maksud dan tujuan Anda melamar dan tulis posisi yang ingin diisi sesuai dengan iklan lowongan. Selain itu, jelaskan secara singkat mengenai diri Anda agar menarik minat perusahaan.

Persyaratan buat lamaran kerja ini bisa dilampirkan dengan ditulis tangan atau diketik dengan komputer. Anda dapat menyesuaikan surat lamaran tersebut dengan permintaan perusahaan. Akan lebih baik jika surat lamaran diketik karena format dan tulisannya lebih rapi.

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

CV atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu persyaratan buat lamaran kerja yang wajib disertakan. Sesuai dengan namanya, daftar riwayat hidup ini harus diisi dengan sesuai mulai dari data diri, riwayat pendidikan, keahlian yang dikuasai hingga riwayat pekerjaan.

Semakin menarik isi daftar riwayat hidup maka akan semakin besar peluang untuk dilirik HRD. Cantumkan keahlian atau kemampuan yang Anda bisa baik itu softskill maupun hardskill. Misalnya suka bertemu orang baru, pandai public speaking atau menyukai pekerjaan luar lapangan. Sedangkan hardskill berhubungan dengan kompetensi seperti bisa mengoperasikan komputer.

Jika Anda pernah memenangkan lomba atau meraih prestasi yang membanggakan bisa dicantumkan pada CV. Biasanya semakin banyak pencapaian atau keahlian, HRD semakin tertarik.

Persyaratan buat lamaran kerja
Persyaratan buat lamaran kerja

3. Ijazah Pendidikan Terakhir dan Transkrip Nilai

Sebagai bukti bahwa informasi pendidikan yang Anda cantumkan pada CV benar-benar valid, sertakan pula ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai. Selain sebagai bukti. Ijazah tersebut juga berperan sebagai tolak ukur kemampuan bekerja.

Ijazah dan transkrip merupakan persyaratan buat lamaran kerja yang penting disertakan. Karena kedua dokumen tersebut sangat penting dan resmi, para pelamar pekerjaan dan perusahaan meminta lembar yang sudah dilegalisir dan difotokopi sehingga dokumen yang asli tetap aman. Namun, tak jarang beberapa perusahaan meminta dokumen asli sebagai salah satu syaratnya.

4. Identitas Diri atau KTP

Untuk melengkapi identitas yang sudah dituliskan sebelumnya, Anda juga perlu melampirkan bukti identitas diri yaitu KTP. Seakan bukan hal baru lagi bahwa KTP perlu dimasukkan sebagai dokumen penting ketika melamar kerja karena dalam kartu tersebut tercantum informasi tentang diri sendiri.

Sebenarnya KTP adalah dokumen pendukung yang tidak semua persyaratan buat lamaran kerja membutuhkannya karena ia dibutuhkan sebagai dokumen ketika interview. Sama seperti dokumen lainnya, Anda tak perlu menyerahkan KTP asli cukup fotokopinya saja yang penting informasi di dalamnya sama dengan CV.

5. SKCK

SKCK lebih dikenal dengan surat tanda berkelakuan baik oleh masyarakat. Kepanjangan dari SKCK ini sebenarnya yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang di dalamnya berisi informasi bahwa Anda tidak pernah melakukan kejahatan dan memiliki perilaku baik.

SKCK digunakan oleh perusahaan untuk menilai perilaku Anda sehingga penting untuk melampirkan fotokopi SKCK. Untuk mendapatkan surat ini Anda bisa mengurusnya di kantor polisi baik Polres maupun Polsek sesuai dengan tempat domisili. Perlu diketahui bahwa SKCK ini hanya berlaku sampai 6 bulan sehingga jika masa berlaku habis harus memperbaharuinya.

Persyaratan buat lamaran kerja
Persyaratan buat lamaran kerja

6. Pas Foto

Persyaratan buat lamaran kerja yang patut dilampirkan berikutnya yaitu pas foto. Usahakan menggunakan pas foto terbaru sehingga perusahaan dapat mengenali atau mengetahui wajah Anda dengan baik. Kriteria pas foto setiap perusahaan berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.

Ketentuan yang dimaksud di atas biasanya berupa latar belakang foto, ukuran cetak, hingga ketentuan dalam berpakaian. Saat berfoto sebaiknya gunakan pakaian yang rapi atau formal agar Anda tampak lebih profesional.

7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Saat melamar pekerjaan Anda harus turut menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Surat tersebut sangat penting karena menyatakan bahwa apakah Anda memiliki riwayat penyakit kronis ataupun tidak. Jika dalam kondisi yang baik-baik saja maka Anda siap untuk kerja di perusahaan tersebut.

Untuk mendapatkan satu persyaratan buat lamaran kerja ini tidak harus membuat janji dengan dokter ternama di rumah sakit besar. Cukup dengan datang ke klinik atau puskesmas terdekat dan lakukan beberapa pemeriksaan dan tes kesehatan. Surat keterangan sehat ini bisa diurus dalam sehari jadi Anda tak perlu menunggunya berhari-hari.

8. Surat Pengalaman Kerja

Apabila Anda pernah kerja sebelumnya, bisa melampirkan surat pengalaman kerja ketika melamar pekerjaan. Kebanyakan perusahaan lebih menyukai pelamar yang sudah mempunyai pengalaman karena sudah mempunyai bekal.

Adanya surat tersebut cukup berpengaruh karena bisa menjadi bahan pertimbangan HRD sebagaimana isi dari surat tersebut. Meskipun surat tersebut bukanlah persyaratan buat lamaran kerja yang utama namun tidak ada salahnya untuk menyerahkannya sebagai dokumen pendukung untuk mendukung proses seleksi.

Persyaratan buat lamaran kerja
Persyaratan buat lamaran kerja

9. Kartu AK-1 atau Kartu Kuning

Dokumen yang bisa Anda serahkan sebagai berkas lamaran kerja yaitu fotokopi kartu AK-1 atau lebih dikenal dengan kartu kuning. Dokumen ini wajib dilampirkan terutama jika Anda melamar di instansi milik pemerintah. Ia menjadi salah satu syarat penting karena menjadi penentu kualitas pekerja dan diterbitkan langsung oleh Disnaker atau Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Seperti sebutannya, kartu ini berwarna kuning sebanyak 2 halaman. Pada halaman pertama terdapat nomor seri pencari kerja, NIK, foto, tanda tangan serta kolom wajib lapor. Sedangkan halaman berikutnya berupa data diri singkat serta tanda tangan dari Disnaker Kota/Kabupaten.

Untuk mendapatkan kartu kuning ini Anda dapat mengurusnya di kantor Disnaker Kota/Kabupaten sesuai dengan wilayah domisili. Pembuatan kartu tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis serta d tak membutuhkan waktu yang lama karena dapat diurus dalam waktu 15 menit saja.

10. Sertifikat Pendukung

Persyaratan buat lamaran kerja terakhir yang dapat Anda lampirkan yaitu sertifikat yang dimiliki. Sertifikat tersebut sebagai dokumen yang mendukung berkas-berkas lainnya. Ada banyak jenis sertifikat yang dapat Anda serahkan mulai dari sertifikat kejuaraan atau sertifikat keahlian.

Pada dasarnya, semakin banyak sertifikat akan semakin menarik dan peluang terbuka makin lebar. Sertifikat yang umum diminta oleh setiap perusahaan yaitu sertifikat bahasa seperti TOEFL atau TOEIC. Namun, jika Anda memiliki sertifikat lain baik seminar atau pelatihan dapat dilampirkan asal relevan dengan posisi yang dilamar.

Persyaratan buat lamaran kerja
Persyaratan buat lamaran kerja

Penutup

Itulah macam-macam persyaratan buat lamaran kerja yang biasanya harus dilampirkan. Siapkan dokumen-dokumen tersebut agar lamaran kerja Anda bisa tembus dan berhasil mengisi posisi yang diinginkan. Bila perlu cek kembali kelengkapan dokumen agar tidak ada yang tertinggal.