aplikasi absensi online

Ini dia, 5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik untuk WFH!

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, memaksa banyak perusahaan untuk merubah sistem kerja yang mereka miliki.

Banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja Full Remote (WFH) maupun Hybrid (WFO dan WFH).

Namun tentunya dalam menerapkan hal tersebut, perusahaan juga perlu untuk memiliki teknologi atau alat yang dapat mendukung sistem tersebut. Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan dalam menunjang hal tersebut, yaitu dengan menggunakan aplikasi absensi online.

Agar memudahkan Anda dalam memilih aplikasi absensi terbaik yang dapat menunjang sistem kerja perusahaan, terutama dalam melakukan WFH, Berikut ini adalah 5 rekomendasi yang bisa Anda jadikan referensi. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

aplikasi absensi online
Aplikasi absensi online

Kelebihan Aplikasi Absensi Online

Sebelum melangkah lebih jauh. Penting untuk memahami manfaat atau kelebihan yang didapatkan, dengan menggunakan sistem aplikasi absensi online untuk menunjang aktivitas karyawan dan perusahaan.

Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1.   Akses Mudah

Kelebihan yang pertama yaitu aksesnya yang terbilang cukup mudah. Melalui aplikasi absensi online, Anda dapat melakukan absensi dimanapun Anda berada.

Selain itu, Anda juga hanya perlu mengakses aplikasi tersebut melalui smartphone yang Anda miliki. Cara ini tentunya sangat mudah untuk dipahami dan dilakukan, bahkan oleh orang-orang yang ‘gaptek’ sekalipun.

2.   Terintegrasi dengan Banyak Sistem

Kelebihan selanjutnya yaitu aplikasi absensi online dinilai lebih efektif dan juga efisien. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuannya untuk terintegrasi dengan berbagai macam sistem.

Baca Juga :  Panduan Cara Bikin Lowongan Kerja Yang Benar

Saat ini, aplikasi absensi sudah banyak terhubung dengan sistem-sistem lainnya, seperti jadwal kerja, pengajuan cuti, lembur, izin, perhitungan payroll, dan sejenisnya.

3.   Sulit untuk Dicurangi

Kelebihan yang ketiga yaitu sistem lebih sulit untuk dimanipulasi maupun dicurangi. Umumnya aplikasi absensi yang ada saat ini menggunakan sistem fingerprint maupun face id dalam melakukan absensinya.

Dengan kedua fitur di atas, pastinya ‘oknum’ karyawan yang hendak melakukan kecurangan atau manipulasi, tentunya akan berpikir dua kali sebelum melakukannya.

4.   Sistem Keamanan yang Baik

Aplikasi absensi online yang tersebar saat ini, umumnya sudah terintegrasi dengan sistem cloud.

Sistem cloud sendiri merupakan sebuah gudang penyimpanan yang ada di dalam internet atau secara online. Sistem penyimpanan cloud dinilai lebih aman dibandingkan dengan penyimpanan konvensional.

Selain karena susah untuk dibobol, sistem cloud juga memiliki fitur backup, agar data-data karyawan yang ada tidak dapat hilang dengan mudah.

5.   Biaya Lebih Murah

Sistem absensi yang lama, pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya pengadaan barang, hingga pada biaya maintenance yang berguna untuk memelihara mesin absensi.

Namun, hal-hal di atas tidak berlaku bagi aplikasi absensi online. Sistem yang ada pada absensi ini, tidak memerlukan sebuah mesin maupun biaya maintenance, sebab semuanya dilakukan secara online melalui sebuah software.

Perusahaan hanya perlu menginstall aplikasi tersebut pada smartphone masing-masing karyawan. Tanpa perlu mengeluarkan biaya-biaya lain yang begitu besar.

aplikasi absensi online
Aplikasi absensi online

5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

Absensi adalah kegiatan yang penting di dalam sebuah perusahaan. Melalui absensi, perusahaan dapat melihat riwayat kehadiran dari setiap karyawannya. Riwayat kehadiran tersebut, akan dijadikan patokan penggajian di setiap akhir bulannya.

Baca Juga :  Cara Menjawab Interview Kerja Bahasa Inggris Pada Saat Wawancara

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih aplikasi absensi yang tepat dan optimal. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

1.   LinovHR

LinovHR adalah satu satu aplikasi absensi online terbaik yang ada di Indonesia. Menawarkan beragam fitur yang dapat memudahkan karyawan dalam melakukan absensi, seperti fitur absensi dengan sidik jari (fingerprint) maupun melalui pengenalan wajah (face recognition).

Selain itu, aplikasi absensi online LinovHR juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam sistem penting, seperti penggajian atau payroll, pengajuan cuti, reimbursement, hingga jadwal kerja karyawan.

Hal ini tentunya akan menguntungkan perusahaan yang menggunakannya, sebab dengan satu aplikasi, bisa menjadi beragam solusi.

2.   Time Clock Wizard

Aplikasi selanjutnya yaitu aplikasi yang berasal dari Amerika yang bernama Time Clock Wizard.

Fitur yang ditawarkan oleh TCW terbilang cukup lengkap, mulai dari penggantian jadwal kerja, jam kerja, hingga fitur penggajian.

3.   CKZ Time Clock

Masih berasal dari negara yang sama, CKZ Time Clock menawarkan beragam fitur yang cukup menarik, seperti employee management, customer support, task management, scheduling, dan fitur lainnya.

Anda bisa mencoba aplikasi ini melalui free trial dan jika ingin menggunakannya lebih dalam, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 500 USD.

4.   PHP Timeclock

Aplikasi selanjutnya yaitu PHP Timeclock yang memiliki UI atau tampilan antaramuka yang cukup sederhana.

Meskipun begitu, fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap dan multifungsi. Selain, fitur-fitur umum, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang cukup unik, seperti melacak waktu kerja, istirahat, dan liburan para karyawannya.

  1. TimeTrex

Rekomendasi aplikasi absensi online yang terakhir yaitu TimeTrex. Fitur utama dari aplikasi satu ini yaitu modul yang dikhususkan untuk penjadwalan kerja, penggajian, perhitungan pajak, hingga data absensi dari setiap karyawannya.

Baca Juga :  Cara Memakai Google Classroom Lengkap Untuk Guru Dan Siswa

Meski begitu, potensi maksimal yang dimiliki oleh aplikasi ini akan maksimal, jika Anda menggunakannya di desktop atau Personal Computer (PC).

Itulah pembahasan mengenai 5 rekomendasi aplikasi absensi terbaik yang sangat berguna untuk sistem kerja WFH maupun hybrid.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak bingung lagi dalam menentukan aplikasi absensi mana yang cocok untuk bisnis Anda.