Usaha sampingan karyawan sibuk

Berbagai Macam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

66 views
Bagikan artikel ini

Sampai sekarang ini sendiri sebenarnya sudah begitu banyak pilihan usaha sampingan karyawan sibuk yang dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan. Usaha sampingan karyawan sibuk adalah sesuatu yang lumrah terjadi dan tidak ada larangan tersendiri dari perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja.

Biasanya, seorang karyawan penuh waktu yang masih merasa kurang dengan penghasilannya, pasti mereka akan mencoba mencari tahu mengenai usaha sampingan karyawan sibuk yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa modal yang terlalu banyak. Sebab, sesuai dengan namanya, usaha ini hanya bersifat sampingan.

Dengan memulai usaha sampingan, seorang karyawan penuh waktu bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan jumlah yang lumayan tanpa mengganggu pekerjaan utamanya. Maka dari itu, semakin ke sini semakin banyak karyawan yang memilih membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilannya.

Namun, sepertinya dari sekian banyak para karyawan yang belum berani untuk memulai usaha sampingan karyawan sibuk ini, mereka beranggapan bahwa untuk membuka usaha tertentu pastilah membutuhkan modal yang tidak sedikit alias banyak, padahal pemikiran seperti ini adalah salah. Mengapa bisa begitu? Karena saat ini dengan modal sedikit saja, sudah banyak ide usaha sampingan karyawan sibuk yang patut untuk dicoba. Jadi, lebih baik kuatkan tekad Anda terlebih dahulu jika ingin membuka usaha sampingan seperti ini.

Usaha sampingan karyawan sibuk
Usaha sampingan karyawan sibuk

Bacaa Juga : Berbagai Peluang Usaha Dagang Rumahan Ini Menarik Untuk Dicoba!

6 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Yang Cukup Menjanjikan

Usaha sampingan karyawan sibuk juga bisa Anda jadikan pilihan yang tepat untuk memikirkan nasib finansial masa depan Anda. Sebab, tentu tidak selamanya Anda akan menjadi karyawan penuh waktu di perusahaan dimana Anda bekerja sekarang. Namun, jika Anda sudah merintis usaha sejak dini, maka keuntungan dari usaha sampingan tersebut nantinya pasti akan bisa membantu finansial di masa depan Anda.

Tentu saja untuk menghasilkan keuntungan yang menggiurkan dari usaha sampingan seperti ini, Anda membutuhkan tekad yang kuat dan harus melakukannya dengan sangat telaten. Pasalnya, jika Anda melakukannya hanya untuk main-main, maka keuntungan yang akan didapatkannya pun kemungkinan besar tidak akan terlalu banyak. Padahal, jika kamu telaten ketika mengerjakannya, keuntungan yang akan didapatkan bisa mencapai hingga gaji bulanan Anda. Menarik bukan?

Nah, tidak perlu menunggu waktu lebih lama lagi, mari kita bahas 6 peluang usaha sampingan karyawan sibuk yang memiliki keuntungan cukup menjanjikan ini:

1. Berjualan atau bisnis online

Salah satu usaha sampingan paling mudah untuk dilakukan oleh karyawan sibuk adalah berjualan atau melakukan bisnis online. Apalagi, sekarang ini sudah semakin banyak platform-platform marketplace yang tersedia di Indonesia dengan metode penjualan yang sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, Anda hanya perlu memanfaatkan platform-platform marketplace sejenis ini untuk menjual produk secara online.

Karena sistem penjualan seperti ini adalah online, tentu Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja, sehingga kegiatan ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama yang sedang Anda geluti sekarang ini.

2. Jasa laundry

Sudah semakin banyak karyawan penuh waktu yang memilih membuka bisnis di bidang jasa laundry untuk menambah penghasilan utamanya. Untuk membuka bisnis di bidang jasa laundry, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak atau bahkan bisa dibilang cukup sedikit. Yang terpenting Anda harus bisa memilih lokasi usaha yang tepat, karena kunci sukses paling utama dari usaha jasa laundry adalah pemilihan lokasi usaha.

Lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha jasa laundry pada umumnya adalah di sekitar wilayah yang dekat dengan kampus atau kos-kosan. Sebab, biasanya para mahasiswa atau mahasiswi tidak akan sempat mencuci dan menyetrika  pakaiannya sehingga memilih untuk memakai jasa laundry.

3. Menjual makanan tertentu

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang dapat memasak makanan dengan rasa yang sangat patut dibanggakan, Anda bisa mencoba mengajak anggota keluarga Anda tersebut untuk melakukan bisnis makanan bersama. Dan jika anggota keluarga Anda tersebut menyetujui ajakan Anda, maka Anda bisa dengan segera membuka usaha makanan yang didukung dengan ciri khasnya sendiri.

Sebagai langkah awal untuk mempromosikan usaha Anda di bidang ini, Anda bisa mencoba menawarkannya ke teman-teman Anda di kantor, dan perhatikan dengan baik respon dari mereka. Selain itu Anda juga boleh mencoba menanyakan testimoni ke teman-teman Anda supaya masakan bisa lebih enak lagi atau sesuai dengan pasaran.

4. Berjualan pulsa, paket internet, dan token listrik

Meskipun sekarang ini semua orang sudah bisa membeli pulsa, paket internet, dan token listrik dengan mudah melalui internet, tapi tidak ada salahnya untuk membuka usaha di bidang ini. Sebab, tidak semua orang akan memiliki saldo di dompet digital­-nya untuk membeli pulsa secara online. Pasti akan ada waktu dimana mereka membutuhkan pulsa namun hanya uang tunai yang mereka miliki. Nah, di situasi seperti inilah keuntungan akan Anda dapatkan.

5. Jasa penerjemah

Semakin beragamnya film maupun drama dengan bahasa asing yang digemari oleh masyarakat Indonesia, maka profesi jasa penerjemah akan semakin dicari. Jika Anda menguasai bahasa asing tertentu, maka Anda bisa mencoba untuk menawarkan jasa penerjemah ini. Bahkan ada beberapa perusahaan yang memang mencari jasa penerjemah dan menawarkan gaji yang cukup tinggi. Jadi, usaha seperti ini bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan Anda.

6. Membuat blog

Blog sudah menjadi pilihan yang paling tepat untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama sejak beberapa tahun yang lalu. Anda bisa menciptakan blog yang menarik dengan membahas pembahasan yang berbeda dan memiliki peminat yang banyak. Untuk penghasilan dari kegiatan ini, biasanya akan Anda dapatkan dari iklan atau AdSense maupun penyedia iklan atau perusahaan yang ingin mengiklankan produknya di blog Anda. Namun, supaya mendapatkan keuntungan yang tinggi dari kegiatan ini, Anda wajib meningkatkan traffic blog Anda setiap harinya.

Usaha sampingan karyawan sibuk
Usaha sampingan karyawan sibuk

Baca Juga : Apa Saja Bisnis Toko Online yang Menjanjikan?

Manfaat Usaha Sampingan Bagi Seorang Karyawan

Tentu semua hal di dunia sudah pasti memiliki manfaatnya masing-masing, dan hal ini tidak terkecuali usaha sampingan yang biasa dilakukan oleh seorang karyawan penuh waktu. Berikut beberapa manfaat dari usaha sampingan yang dilakukan oleh seorang karyawan penuh waktu:

  • Meningkatkan soft skill dan hard skill
  • Menambah semangat kerja
  • Meningkatkan karir dan kualitas hidup
  • Melatih hidup mandiri
  • Melatih sikap kepemimpinan atau leadership
  • Meningkatkan keberanian individu manusia
  • Dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih produktif

Manfaat-manfaat ini sudah pasti bersifat positif bagi masa depan Anda, jadi sangat disayangkan jika Anda sia-siakan kesempatan mahal ini.

Nah, jadi apakah Anda jadi tertarik untuk membangun atau membuat usaha sampingan di sela-sela waktu sibuk Anda? Anda tidak perlu khawatir pekerjaan utama Anda jadi berantakan karena Anda sekarang jadi memiliki 2 pekerjaan, karena usaha-usaha yang telah kami sebutkan di atas sudah pasti tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Usaha sampingan karyawan sibuk
Usaha sampingan karyawan sibuk

Tanya Jawab Seputar Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Usaha apa yang bisa sambil kerja?

Berikut ide kerja sampingan dirumah yang menghasilkan uang
1. Jasa Laundry
2. Menjual pulsa elektrik
3. Menjual makanan untuk sarapan
4. Menjual foto di internet
5. Membuat blog
6. Membuat toko online
7. Jasa cuci motor
8. Jual beli motor bekas.

Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!

Berikut ide kerja sampingan dirumah yang menghasilkan uang
1. Usaha kuliner atau katering
2. Penulis lepas
3. Online shop reseller atau dropshipper
4. Berkebun tanaman hias
5. Jasa les privat
6. Jualan pulsa
7. Jasa laundry
8. Membuat kerajinan tangan

Apa saja jenis usaha sampingan?

Usaha Sampingan Online yang Menguntungkan
1. Mengikuti Program Afiliasi
2. Menjual Pakaian Bekas (Second Stuff) di Media Sosial
3. Menjual Kerajinan Tangan di Ecommerce
4. Menjual Produk Sendiri di Toko Online
5. Menjadi Dropshipper
6. Membuka Jastip (Jasa Titip)
7. Membuka Kursus Online
8. Membuka Jasa Pembuatan Website

Usaha sampingan karyawan sibuk
Usaha sampingan karyawan sibuk

Penutup

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai berbagai macam pilihan usaha sampingan karyawan sibuk, dan jika memang Anda berniat untuk membuka usaha sampingan, maka lebih baik Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan bukan hanya sekedar coba-coba saja.