Peluang usaha jasa ekspedisi

Seperti Inilah Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

42 views
Bagikan artikel ini

Ekspedisi merupakan jasa yang melayani pengiriman barang dan dokumen penting ke tempat tujuan. Peluang usaha jasa ekspedisi saat ini sangat tinggi, hal itu karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk mengirimkan barang-barang mereka.

Hal itu membuat orang berlomba dalam menjalani peluang usaha jasa ekspedisi. Akhirnya usaha ini semakin bertambah di lingkungan masyarakat. Meski tidak begitu sulit, tetapi diperlukan kemampuan, kesabaran, ketelatenan yang tinggi saat mengelolanya.

Mulailah dengan membuat usaha ekspedisi kecil-kecilan. Jika anda memiliki pola pikir positif dan berani, lambat laun bisnis anda ini akan semakin berkembang dan bisa bertahan di tengah maraknya perusahaan jasa ekspedisi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca uraian mengenai jasa ekspedisi di bawah ini.

Peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Mengenali Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

Jenis layanan ekspedisi

Jasa layanan ekspedisi dapat dibagi berdasarkan lokasi pelayanan atau kecepatan pengiriman barang. Berikut ini merupakan jenis layanan dalam pengiriman barang:

  • Layanan lokal: layanan ini berfokus di kota atau lokasi tertentu. Jika memilih satu wilayah, layanan yang diberikan oleh kurir lebih cepat dan andal.
  • Pengiriman berdasarkan waktu: Apabila anda menginginkan kurir yang tepat waktu, pilihlah opsi pengiriman cepat atau hari berikutnya. Dengan begitu, calon konsumen yang ingin barangnya cepat sampai di tujuan, akan lebih puas dengan layanan anda. Jenis pengiriman ini sangat tepat untuk mengirim dokumen legal di bidang hukum, kedokteran, dan layanan keuangan.
  • Pengiriman internasional  Jenis pengiriman ini tergantung pada sumber daya yang dimiliki, persyaratan pengiriman, perjalanan pesawat, dan bea cukai internasional.
Peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Tipe pengiriman barang

1. Full Truck Load (FTL)

Pengiriman barang untuk bentuk jasa ini yaitu dengan menyewa mobil truk secara penuh. Jenis truk yang dipakai tergantung dari volume dan berat barang yang dikirim.

2. Less Than Truck Load (LTL)

Jasa pengiriman barang ini  menyewa hanya sebagian truk saja. Maka dari itu, beberapa perusahaan jasa memanfaatkan peluang ini dengan mengumpulkan barang-barang dari pengirim terlebih dahulu, hingga telah memenuhi kapasitas truk. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan harga efisien, dan penyedia jasa juga dapat keuntungan yang maksimal.

3. Pengiriman via laut

Ada dua pilihan cara mengirimkan barang melalui laut, yaitu menggunakan kontainer untuk barang yang besar dan berat, dan kapal feri untuk barang yang lebih kecil. Terdapat dua istilah dalam pengiriman barang menggunakan kontainer, yaitu full charter load yang menggunakan kontainer hingga penuh dan less than container load yang menggunakan sebagian dari kapasitas container.

4. Pengiriman via udara

tampaknya barang sampai ke tempat tujuan jadi lebih cepat jika mengirimnya via udara. Maka dari itu, harganya lebih tinggi daripada dikirim melalui jalur laut dan darat. Pengiriman melalui udara, dapat mengirimkan barang antar pulau bahkan keluar negeri.

5. Pengiriman via darat

Selain melalui udara, melewati jalur darat juga pilihan yang tepat jika barang ingin cepat sampai. Begitu pula dengan harganya yang juga tinggi. Barang yang dikirim melalui darat ini, biasanya ukurannya tidak terlalu besar dan ringan.

Peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Tips Dalam Membuka Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

1. Menentukan struktur hukum usaha

Langkah pertama untuk membuka peluang usaha jasa ekspedisi adalah menentukan hukum struktur usaha. Anda harus menentukan peraturan hukum apa yang berlaku pada perusahaan anda. Posisi hukum perusahaan dapat berpengaruh terhadap kebijakan ketenagakerjaan, pembagian aset, hingga pembayaran pajak. Pilihan yang bisa anda pilih meliputi kepemilikan tunggal, kemitraan umum, dan perseroan terbatas.

Jangan lupa juga untuk meminta izin buka usaha pada di lokasi perusahaan anda. Apabila anda belum memahami tentang bisnis ini, anda bisa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi yang sudah ada.

2. Menentukan spesialisasi layanan peluang bisnis jasa pengiriman barang

Untuk memulai bisnis ini, anda perlu meneliti dan mempersempit pilihan layanan ke suatu area. Jika anda baru pertama kali memulai usaha ini, mulailah dengan memilih layanan lokal. Berikut ini adalah pelayanan yang bisa anda tawarkan ke konsumen :

  • Pengiriman di hari yang sama
  • Pengiriman hari berikutnya
  • Pengiriman palet volume tinggi
  • Pengiriman internasional
  • Pengiriman paket komersial
  • Pengiriman bagasi

3. Menyiapkan modal buka usaha ekspedisi

Apabila telah menentukan jenis layanan yang ditawarkan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan modal. Jumlah modal yang diperlukan, dibuat sesuai dengan skala usaha dan spesialisasi usaha ekspedisi yang anda buat. Jika menerima pengiriman barang ke luar pulau atau ke luar negeri, maka modal yang diperlukan akan lebih besar.

4. Memilih asuransi yang terpercaya

Memiliki asuransi merupakan hal yang penting dalam sebuah peluang usaha jasa ekspedisi. Asuransi ini bertujuan untuk melindungi aset-aset dalam perusahaan, seperti pengemudi atau karyawan, kendaraan, kargo dan barang yang dikirim, serta peralatan yang digunakan dalam transportasi.

Selain melindungi aset berharga, dengan adanya asuransi juga dapat menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap jasa perusahaan and jika terjadi kecelakaan.

5. Menyiapkan tenaga kerja

Tenaga kerja merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan jasa pengiriman. Semakin besar usaha ekspedisi, maka mempersiapkan tenaga kerja akan semakin kompleks. Jika  ingin lebih mudah, anda bisa bergabung dengan agen jasa pengiriman yang telah berpengalaman. Tidak hanya itu, agen tersebut telah memiliki sistem yang langsung jadi. Dengan demikian, anda hanya menjalani sistem tersebut.

6. Menetapkan struktur harga peluang bisnis ekspedisi

Untuk menentukan tarif peluang usaha jasa ekspedisi , anda perlu mempertimbangkan semuanya secara rinci, mulai dari biaya operasi, premi asuransi, biaya bahan bakar, hingga biaya pengiriman. Faktor-faktor tersebut sangat berkontribusi terhadap keuntungan yang akan anda dapatkan. Selain itu, perhatikan juga tarif biaya yang perusahaan lain gunakan.

Jika struktur harga yang anda miliki sudah tepat, tunjukkanlah kepada konsumen secara jelas dan transparan. Bila menggunakan sistem faktur, pastikan para konsumen anda mengetahui berapa banyak yang harus mereka bayar pada tanggal jatuh tempo.

7. Mempersiapkan fasilitas dan kebutuhan lainnya

Dengan adanya alat transportasi yang memadai, akan memastikan barang yang dikirim akan tiba dengan aman sampai tempat yang dituju. Biaya untuk membeli peralatan itu bisa berupa investasi pribadi, bantuan dari luar, atau bisa dengan mengajukan pinjaman usaha kecil.

Berikut adalah daftar fasilitas yang wajib anda beli:

  • Kendaraan, seperti mobil dan truk
  • Trailer untuk barang yang besar
  • Peralatan kantor
  • Alat untuk mengemas barang
  • Perangkat pelindung untuk mengangkut barang
  • Hand pallet
  • Teknologi untuk menjalankan usaha

8. Melakukan promosi peluang usaha jasa pengiriman

Melakukan promosi merupakan hal yang cukup penting, ketika membuka peluang usaha jasa ekspedisi. Dengan mempromosikan usaha anda, orang-orang akan mengetahui dan bahkan tertarik dengan bisnis anda. Dengan begitu usaha anda ini akan berjalan dengan lancar. Promosi yang dilakukan bisa dengan memasang iklan di internet, TV,  koran, surat kabar, buku telepon, dan media lainnya.

Peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Tanya Jawab Seputar Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

Apa yang dimaksud dengan jasa ekspedisi?

Jasa ekspedisi adalah pengiriman barang atau pengangkutan barang. Semakin berat barang dan jarak lokasi tujuan semakin jauh maka harga pengiriman barang juga akan semakin mahal.

Ekspedisi apa saja?

1. POS Indonesia
2. JNE
3. J&T Express
4. TIKI
5. Wahana
6. Indah Cargo
7. Pandu logistik
8. Go-Kilat

Produk apa yang dihasilkan dari peluang usaha jasa ekspedisi?

1.Elektronik. Produk-produk Elektronik seperti televisi, handphone, laptop, kulkas dan lainnya, Produk elektronik dapat dikirim melalui jasa ekspedisi.
2. Farmasi
3. Apparel
4. Food and Beverages
5. Kosmetik
6. Otomotif

Berapa lama pengiriman via cargo?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang? Layanan pengiriman kami membutuhkan waktu 1 hari untuk kota besar (2 hari untuk wilayah timur ) dan untuk kota kecil membutuhkan waktu maksimal 2-3 hari.

Tuliskan apa saja benda yang tidak diijinkan untuk dikirim melalui jasa pengiriman?

Produk yang Tidak Bisa Dikirim Jasa Ekspedisi
1. Barang yang berbahaya: masuk ke dalam kategori ini adalah benda-benda yang mudah terbakar, korosi, mudah meledak, dan produk yang membahayakan bagi pengirim maupun penerima atau orang lain.
2. Benda-benda biologis
3. Radioaktif

Peluang usaha jasa ekspedisi
Peluang usaha jasa ekspedisi

Penutup

Demikianlah ulasan dan analisa mengenai jasa pengiriman barang yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk anda lakukan. Walaupun menjanjikan, tetapi anda tetap harus konsisten menjalankannya. Lantas apakah anda tertarik membuka peluang usaha jasa ekspedisi ini?

Baca Juga : Berbagai Bidang Usaha UKM Yang Menjanjikan