split payment tokopedia

Ini Dia Cara Dan Manfaat Fitur Split Payment Tokopedia!

Tokopedia kini mengembangkan fitur split payment Tokopedia yang memungkinkan pembeli bisa membagi metode pembayaran. Hal ini membuat pengguna bisa membagi pembayaran antara uang tunai atau cash dan digital.

Pembayaran digital Tokopedia bisa dilakukan menggunakan saldo Tokopedia, kartu kredit, dan beberapa e-wallet tertentu. Dengan begitu, pengguna bisa lebih fleksibel memilih metode payment atau pembayaran ketika melakukan transaksi.

split payment tokopedia
Split payment tokopedia

Cara Menggunakan Fitur Split Payment Tokopedia!

Ketika ingin melakukan transaksi atau pembayaran di Tokopedia dengan metode split payment, ada beberapa langkah yang harus Anda pahami. 

1. Pilih Produk dan Checkout

Langkah pertama sama dengan cara membeli barang pada umumnya, yaitu memilih produk yang ingin dibeli di Tokopedia terlebih dahulu. Setelah memilih barang yang cocok, lalu masukkan barang ke keranjang belanja di Tokopedia.

Setelah itu, Anda lanjut ke proses pembayaran atau checkout, dan disini harus mengecek lagi apakah barang dan kuantitas sudah sesuai. Pastikan juga alamat pengiriman sudah benar, dan cantumkan kontak Anda.

Baca Juga :  Macam-Macam Aplikasi Kamera Lucu yang Lagi Trend

2. Pilih Metode Pembayaran atau Payment

Setelah itu, lanjut ke metode pembayaran untuk melanjutkan transaksi pembelian produk. Pada langkah inilah split payment Tokopedia bisa dilakukan. Hal ini bisa dilakukan jika saldo uang digital Anda tidak cukup dan ingin split dengan cash.

3. Cara Split Payment Tokopedia

Pada bagian metode pembayaran terdapat opsi fitur split payment yang bisa Anda gunakan. Opsi ini akan secara otomatis membagi pembayaran Anda menjadi beberapa kali sehingga bisa menggunakan metode yang berbeda.

Misalkan harga produk yang Anda beli Rp200.000, kemudian saldo digital Anda hanya Rp100.000, maka dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa membaginya menjadi 2, sehingga yang Rp100.000 bisa Anda bayar secara tunai atau cash.

4. Verifikasi dan Konfirmasi Pembayaran

Setelah memilih fitur untuk split payment Tokopedia, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi pembayaran untuk menyelesaikan proses payment. Pada langkah ini, pastikan pembayaran sudah dilakukan dengan benar dan lakukan konfirmasi.

Setelah itu, klik “Konfirmasi Pembayaran” untuk menyelesaikan proses pembayaran dengan metode tersebut. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman konfirmasi pembayaran yang menunjukkan rincian pembayaran dari transaksi tersebut.

Setelah itu, Anda akan melihat rincian pesanan Anda, dan bisa melacak status pesanan Anda. Setelah itu, tunggu produk tersebut dikirim dan siapkan uang tunai atau cash untuk melengkapi pembayaran saat paket datang.

split payment tokopedia
Split payment tokopedia

Manfaat Split Payment Tokopedia Bagi Pembeli

Fitur split payment ini memiliki banyak manfaat baik untuk pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari adanya split payment Tokopedia.

1. Pembayaran Menjadi Lebih Fleksibel

Dengan adanya fitur split payment tersebut, maka pembeli atau pelanggan akan lebih fleksibel menentukan metode pembayaran. Pengguna Tokopedia bisa menggunakan berbagai macam metode payment sesuai dengan preferensinya.

Baca Juga :  Aplikasi Bansos, Inovasi Ciptaan Kemensos Berikan Kemudahan

Anda bisa memanfaatkan saldo Tokopedia, kartu kredit, atau e-wallet untuk melakukan split payment Tokopedia maupun pembayaran penuh. Dengan begitu, Anda bisa tidak akan terkendala metode pembayaran saat akan melakukan transaksi.

2. Mempermudah Pengelolaan Budget Belanja

Jika Anda menggunakan fitur split payment ini, maka anggaran atau budget belanja Anda akan lebih mudah dikelola. Hal ini karena Anda bisa membagi pembayaran secara khusus untuk produk-produk tertentu dari Tokopedia.

Karena biasanya, orang cenderung terus mengisi saldo Tokopedia untuk membeli sesuatu. Namun dengan adanya split payment Tokopedia ini, tidak perlu mengisi saldo berlebih dan bisa menggunakan metode pembayaran yang terpisah.

3. Bisa Mendapatkan Diskon dan Promo

Jika Anda terbiasa menggunakan Tokopedia untuk belanja, Anda pasti sudah paham jika ada banyak promo dan diskon yang kerap ditawarkan. Dengan adanya fitur ini, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan diskon tersebut.

Misalnya untuk mendapatkan diskon khusus pembayaran saldo Tokopedia, maka Anda bisa menggunakan saldo yang ada di Tokopedia tersebut. Kemudian sebagiannya bisa Anda bayar secara tunai maupun melalui metode payment yang lain.

4. Preferensi Pengguna Terpenuhi

Masing-masing pengguna Tokopedia pasti memiliki preferensi metode pembayaran sesuai dengan kebutuhannya. Karena ada yang terbiasa menggunakan e-wallet, tunai, transfer, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Apalagi setelah adanya fitur split payment Tokopedia ini, Anda semakin dimudahkan untuk memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

split payment tokopedia
Split payment tokopedia

Manfaat Fitur Split payment Tokopedia Bagi Penjual

Manfaat fitur split payment ini tidak hanya dirasakan oleh pembeli, tetapi juga oleh penjual. Berikut ini ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh pihak penjual di Tokopedia.

1. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Jika suatu toko online menyediakan layanan split payment Tokopedia ini, maka pembeli akan merasa lebih nyaman untuk memilih metode pembayarannya. Dengan begitu, akan meningkatkan minat pembeli juga untuk membeli produk di toko tersebut.

Baca Juga :  Apk Play Play Penghasil Uang Tanpa Deposit dan Cara Menggunakannya

Secara logis, pembeli akan memilih toko yang tidak menyulitkan mereka ketika ingin berbelanja. Maka dengan memberikan pilihan fitur ini, maka pembeli semakin senang berbelanja di toko Anda. 

2. Menambah Reseller atau Distributor

Selain memberikan dampak pada penjual sebagai supplier, fitur split payment Tokopedia ini akan meningkatkan minat reseller dan distributor untuk menjadikan toko Anda sebagai suppliernya.

Hal tersebut karena para reseller dan distributor juga akan dimudahkan dengan adanya metode pembayaran split payment Tokopedia yang lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan preferensi mereka.

3. Mendukung Bisnis Online Semakin Berkembang

Dengan dikembangkannya fitur menarik yang memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi ini, maka bisnis online juga akan mengalami peningkatan. Hal ini membuka peluang-peluang bisnis yang lebih berkembang di Indonesia.

split payment tokopedia
Split payment tokopedia

Tanya Jawab Seputar Split payment Tokopedia

Apa itu pembayaran split payment di Tokopedia

Split payment di Tokopedia adalah fitur yang memungkinkan pembeli untuk membagi total biaya pembelian menjadi beberapa bagian, sehingga pembeli dapat melakukan pembayaran secara bersamaan dengan teman atau menggunakan beberapa metode pembayaran yang berbeda.

Bagaimana cara menggunakan split payment di Tokopedia?

Untuk menggunakan split payment di Tokopedia, pilih opsi “split payment” saat checkout. Kemudian, pilih metode pembayaran dan tentukan jumlah pembayaran yang akan dibagikan. Undang teman Anda untuk melakukan pembayaran mereka masing-masing.

Apakah semua produk di Tokopedia mendukung split payment?

Tidak semua produk di Tokopedia mendukung split payment. Beberapa penjual dan produk mungkin tidak memungkinkan opsi ini. Pastikan untuk memeriksa ketentuan split payment pada halaman produk atau hubungi penjual untuk informasi lebih lanjut.

Bisakah saya mengajukan pembatalan atau pengembalian dengan split payment?

Ya, Anda dapat mengajukan pembatalan atau pengembalian dengan split payment. Namun, prosesnya akan melibatkan penjual dan perusahaan pemrosesan split payment. Harap dicatat bahwa kebijakan pembatalan dan pengembalian dapat bervariasi antara penjual.

Apakah ada biaya tambahan yang terkait dengan penggunaan split payment Tokopedia?

Tokopedia biasanya tidak mengenakan biaya tambahan untuk penggunaan split payment. Namun, pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan, serta biaya yang mungkin dikenakan oleh perusahaan pemrosesan pembayaran yang digunakan untuk pembayaran terpisah Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda pernah menggunakan fitur split payment Tokopedia? Cara penggunaannya cukup mudah dan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba!