potongan tokopedia seller

Kenali Informasi Potongan Tokopedia Seller Untuk Setiap Transaksi Penjualan Berikut Ini!

Umumnya, tak sedikit orang yang mengaku penasaran dan ingin tahu mengenai berapa kisaran potongan potongan Tokopedia Seller untuk setiap transaksi penjualan. Hal ini penting dilakukan apalagi bagi Anda yang mungkin ada rencana untuk memulai bisnis online dengan memanfaatkan situs e-commerce Tokopedia tersebut. Dengan mengetahui kisaran potongan Tokopedia bagi para penjual ini, maka Anda nantinya akan lebih mudah dalam mengatur bisnis online setiap saat.

Sedikit informasi, potongan Tokopedia bagi para seller ini umumnya ditentukan berdasarkan persentase dari nilai transaksi penjualan. Oleh sebab itulah, tidak heran jika potongan Tokopedia bisa saja berbeda untuk masing-masing penjualan maupun transaksinya. Nah, agar supaya Anda tidak semakin penasaran terkait hal ini, maka bisa menyimak informasi lengkapnya di artikel berikut.

potongan tokopedia seller
Potongan tokopedia seller

Sekilas Tentang Tokopedia Seller

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai berapa kira-kira kisaran potongan Tokopedia Seller, ada baiknya untuk Anda mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu Tokopedia Seller. Dalam hal ini, Tokopedia Seller dijelaskan sebagai salah satu aplikasi khusus bagi para seller atau penjual di Tokopedia dalam versi mobile (Android). Dengan menggunakan layanan aplikasi khusus Tokopedia Seller ini, maka penjual dapat dengan mudah untuk mengatur jalannya bisnis online setiap saat tanpa terkendala hal apapun.

Baca Juga :  Aplikasi Mirip Tiktok yang Menghasilkan Uang dengan Cepat

Sebagai aplikasi legal / resmi, Tokopedia Seller ini bisa dengan mudah diunduh secara gratis bagi para pengguna, khususnya yang berjualan produk / barang di Tokopedia lewat Google Play Store. Adapun bagi pengguna baru seperti Anda yang ingin membuka toko online di Tokopedia Seller, maka diharuskan untuk membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Sehingga, Anda nantinya akan lebih mudah untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam berbisnis online di Tokopedia.

Bisa dikatakan, bahwa aplikasi Tokopedia Seller dengan potongan Tokopedia Seller tertentu dinilai cukup user friendly. Hal ini dikarenakan, aplikasi tersebut memuat banyak sekali fitur dan tampilannya juga terbilang sederhana. Sehingga, tidak mengherankan jika penggunaan aplikasi Tokopedia Seller ini dapat membuat pengguna bisa lebih fokus ke menu penjualan produk dan dapat mengoptimalkan pengelolaan toko cukup dengan satu aplikasi saja.

potongan tokopedia seller
Potongan tokopedia seller

Apa Saja Kelebihan Tokopedia Seller?

Terlepas dari potongan Tokopedia Seller yang dikenakan bagi para penjual yang akan kita bahas di pembahasan nanti, Anda perlu tahu bahwa aplikasi Tokopedia Seller sendiri ternyata menawarkan banyak sekali kelebihan bagi pengguna. Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi Tokopedia Seller bagi pengguna antara lain sebagai berikut.

1. Hadir dengan Menawarkan Tampilan Lengkap

Kelebihan utama yang ditawarkan aplikasi Tokopedia Seller terlepas dari potongan Tokopedia Seller yang dikenakan yakni menawarkan tampilan yang jelas dan lengkap bagi pengguna. Dalam hal ini, pengguna akan dapat melihat informasi penting dalam satu halaman antara lain status pesanan (nama pembeli & nomor invoice), keterangan pre-order & batas waktu pre-order, rangkuman produk yang dibeli sampai dengan tujuan & jasa pengiriman yang digunakan.

2. Adanya Filter Pemesanan

Selanjutnya, aplikasi Tokopedia Seller juga biasanya akan memberikan yang namanya filter pemesanan untuk bisa melihat sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya fitur pada aplikasi ini, maka Anda nantinya bisa mengurutkan informasi berdasarkan kebutuhan. Seperti misalnya untuk mengetahui informasi transaksi terbaru ataupun sebaliknya.

Baca Juga :  Apk Play Play Penghasil Uang Tanpa Deposit dan Cara Menggunakannya

3.    Terdapat Fitur Cetak Resi Sekaligus

Meskipun ada potongan Tokopedia Seller bagi penjual, akan tetapi aplikasi tersebut juga turut memberikan kelebihan bagi para pengguna yakni dengan adanya fitur cetak resi sekaligus. Meski demikian, untuk proses mencetak resi pesanan pembeli ini ada baiknya Anda menggunakan perangkat printer WiFi Inkjet Printer agar bisa langsung mencetak resi toko.

4. Dapat Memudahkan Penjual Menerima Banyak Pesanan Sekaligus

Pada saat penjual mendapatkan banyak pesanan masuk, maka nantinya tidak perlu lagi meng-klik pesanan satu per satu. Hal ini lantaran dengan menggunakan aplikasi Tokopedia Seller, Anda nantinya sudah bisa menerima banyak pesanan dari para pembeli dengan hanya melakukan sekali klik saja.

5. Memudahkan Mengecek Pesanan yang Belum Dibayar

Tak sedikit penjual di Tokopedia yang seringkali penasaran mengenai barang apa saja yang sudah masuk ke keranjang pembeli, akan tetapi belum merek bayarkan. Nah, melalui aplikasi Tokopedia Seller dengan besaran potongan Tokopedia Seller tertentu ini, Anda nantinya bisa melihat daftar belanjaan dari toko Anda yang sudah di check out oleh pembeli namun belum mereka bayarkan. Sehingga hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan penghitungan stok barang dan memperkirakan kapan akan melakukan produksi lagi.

potongan tokopedia seller
Potongan tokopedia seller

Berapa Kisaran Potongan Tokopedia Seller dalam Setiap Transaksi Penjualan?

Menurut laman resmi Tokopedia, mengenai biaya admin atau potongan Tokopedia Seller untuk status Power Merchant yakni sebesar 3 persen dari harga produk yang terjual. Sedangkan untuk seller Tokopedia yang masuk kategori Grup A dengan status Power Merchant Pro ditetapkan sebesar 3 persen dari nilai jual barang. Hal ini diketahui berlaku sejak 14 Juli 2021 lalu.

Selanjutnya, untuk potongan seller Tokopedia dengan status keanggotaan Regular Merchant dan kategori yang sama yakni Grup A hanya akan dikenakan sebesar 2,5 persen dari harga produk yang terjual. Di samping itu, pihak Tokopedia juga turut membebaskan biaya layanan untuk penjualan dengan status Regular Merchant untuk 100 transaksi pertama alias gratis.

Baca Juga :  Fitur Menarik Pada Neo Plus Apk, Aplikasi Penghasil Uang Terbaru

Adanya potongan Tokopedia Seller ini sendiri sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) di dalamnya. Bahkan untuk fee Tokopedia Seller ini juga sudah dipotong secara otomatis dari pendapatan penjualan.

potongan tokopedia seller
Potongan tokopedia seller

Tanya Jawab Seputar Potongan Tokopedia Seller

Berapa persen potongan berjualan di Tokopedia?

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, biaya admin Tokopedia seller untuk status Power Merchant adalah sebesar 3 persen dari harga produk yang terjual. Untuk potongan seller Tokopedia yang masuk kategori Grup A dengan status Power Merchant Pro, ditetapkan sebesar 3 persen dari nilai jual barang.

Berapa pajak penjualan di Tokopedia?

Tokopedia punya informasi penting, nih. Tarif PPN resmi menjadi 11% per 1 April 2022, sejalan dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Apakah buka toko di Tokopedia kena pajak?

Tarif pajak jualan di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan E-commerce lainnya sebenarnya sama persis, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam dasar hukum pajak E-commerce di zatas, dengan detail: Omzet Bruto < atau sama dengan Rp4,8 miliar/ tahun, maka dikenakan tarif PPh Final 0,5% dengan maksimal PPh Rp2 juta/bulan.

Kenapa ada biaya transaksi di Tokopedia?

Tokopedia sudah memberlakukan kebijakan ini pada 3 Agustus 2022 lalu. Ada biaya tambahan berupa biaya aplikasi sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi produk fisik maupun aplikasi. Pihak Tokopedia menyebutkan biaya ini demi meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.

Total Potongan diskon Tokopedia siapa yang tanggung?

Potongan harga atau diskon yang diberikan oleh Penjual kepada Pembeli akan ditanggung oleh Penjual yang bersangkutan. Tokopedia tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang mungkin timbul akibat pemberian potongan harga atau diskon tersebut.

Penutup

Dengan melihat informasi mengenai pengertian, kelebihan dan juga kisaran potongan Tokopedia Seller di atas, Anda tentunya sudah paham mengenai aplikasi tersebut, bukan? Semoga bermanfaat!