aplikasi desain rumah pc

Daftar Aplikasi Desain Rumah PC Paling Direkomendasikan (2023)

Jika Anda ingin merancang rumah impian, maka mengenal aplikasi desain rumah PC adalah langkah awal yang sempurna. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda bisa mencoba membuat visual tentang bagaimana tempat tinggal yang ingin Anda miliki baik itu dilihat dari dalam atau pun dari luar. Apabila Anda ingin mengetahui apa saja aplikasi desain rumah PC yang terbaru dan paling direkomendasikan untuk dipakai, maka simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

aplikasi desain rumah pc
Aplikasi desain rumah PC

Aplikasi Desain Rumah PC

Kelebihan dari memakai aplikasi desain rumah PC yaitu setiap orang dapat mempelajari dan menggunakannya, bahkan meskipun Anda adalah seorang pemula sekalipun. Sebab, pada umumnya aplikasi desain rumah PC sangat mudah untuk dipakai dan proses penghitungannya pun dapat dilakukan secara otomatis. Langsung saja, inilah rekomendasi aplikasi desain terbaik untuk mendesain rumah impian Anda.

1. Softplan

Aplikasi desain rumah PC yang pertama adalah aplikasi Softplan. Aplikasi untuk mendesain rumah ini sering dipakai oleh para arsitek karena memiliki fitur yang lengkap, terlebih Softplan ini termasuk aplikasi berbasis informasi yang bisa mendokumentasikan proyek desain rumah yang sudah Anda kerjakan.

Anda dapat membuat desain rumah menggunakan Softplan dengan format 3D sehingga akan terlihat lebih nyata. Apabila hendak memakai Softplan, maka Anda harus berlangganan dengan aplikasi ini terlebih dahulu yang harganya sebesar $95 per bulannya.

Baca Juga :  Cara Menaikkan Limit Julo Dengan Mudah dan Cepat
aplikasi desain rumah pc

2. Microstation

Aplikasi desain rumah PC yang kedua adalah aplikasi Microstation yang memang sangat cocok bagi para desainer pemula karena fitur yang ada di dalamnya sangat mudah untuk digunakan. Meskipun aplikasi Microstation memang memiliki sisi kekurangan di bidang kompatibilitasnya, akan tetapi Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah untuk mendesain rumah karena Anda tidak perlu harus ke sekolah arsitek atau mempelajari teori yang rumit.

3. My Virtual Home

Aplikasi My Virtual Home adalah salah satu aplikasi desain rumah PC yang bisa diakses secara offline tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Selain gratis, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi My Virtual Home untuk membuat desain rumah yang diinginkan menjadi terlihat lebih nyata lagi. Anda dapat menambahkan tatanan eksterior, interior, dan juga berbagai macam furnitur menarik sehingga nantinya Anda bisa memperoleh hasil desain yang lebih detail lagi.

aplikasi desain rumah pc
Aplikasi desain rumah PC

4. Vectorworks Architecture

Apabila dibandingkan dengan aplikasi desain rumah PC yang lainnya, Vectorworks Architecture memang memiliki kesulitan yang lebih tinggi dan cukup rumit untuk dipakai. Akan tetapi, meskipun begitu ternyata aplikasi yang satu ini tetap bisa memberikan hasil desain rumah yang memiliki kualitas menawan dan sangat detail. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak arsitektur profesional yang memakai Vectorworks Architecture ketika melakukan pekerjaan mereka.

5. AutoCAD Architecture

Aplikasi yang bisa menjadi pilihan terbaik yang selanjutnya adalah aplikasi AutoCAD Architecture. Apabila Anda sudah sering berlalu-lalang di dunia desain arsitektur, maka mungkin sudah tidak terlalu asing dengan keberadaan aplikasi yang satu ini. Sebab, AutoCAD Architecture sudah sering dipakai untuk proses pembelajaran di dalam bidang teknologi modern. Sekarang, aplikasi ini pun dipakai untuk membantu para arsitek ketika mereka ingin merancang desain kantor, apartemen, atau pun rumah.

Baca Juga :  Cara Aktifkan GoPay Later: Cara Daftar, Menggunakan, dan Membayar Tagihannya
aplikasi desain rumah pc
Aplikasi desain rumah PC

6. Sketch Up Pro

Sketch Up Pro adalah aplikasi desain rumah yang bisa diakses melalui komputer dan bisa membantu untuk membuat desain rumah dalam bentuk 3D. Fitur utama yang dimiliki oleh aplikasi Sketch Up Pro adalah fitur Web-Based 3D Modelling. Fitur tersebut akan membantu Anda untuk membuat desain rumah 3D melalui browser yang bisa digunakan dengan bebas dari mana saja. Tidak hanya itu, namun ada pula fitur lainnya yang tidak kalah menarik yaitu fitur PreDesign yang sangat berguna ketika Anda membutuhkan rekomendasi mengenai penataan ruang yang berdasarkan cuaca dan tipe bangunan.

7. Chief Architect

Selanjutnya, ada aplikasi Chief Architect yang juga sering dipakai oleh para profesional dalam membuat desain bangunan. Meskipun banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mendesain bangunan dalam format 3D namun banyak pula yang memanfaatkannya ketika ingin membuat desain format 2D.

Keunggulan utama yang dimiliki oleh aplikasi Chief Architect yaitu adanya fitur otomatis yang akan membuat proses mendesain menjadi jauh lebih cepat lagi. Jika Anda tertarik untuk memakai aplikasi ini secara gratis, maka Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi Chief Architect versi trial terlebih dahulu.

8. Virtual Architect Ultimate Home Design

Aplikasi desain rumah PCterakhir yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah aplikasi Virtual Architect Ultimate Home Design. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mendapatkan referensi beberapa ide desain rumah ketika Anda merasa bingung dan ingin mencari bahan inspirasi yang menarik untuk membuat desain rumah menjadi lebih keren.

Hal yang membuat Virtual Architect Ultimate Home Design begitu digemari adalah karena aplikasi ini akan memberikan tutorial ketika Anda baru pertama kali mencoba aplikasi. Untuk itu, apabila Anda adalah mahasiswa baru yang belajar di bidang desain interior atau arsitek dan ingin mencoba menciptakan desain rumah, maka menggunakan aplikasi ini sangat cocok karena aplikasi ini mudah untuk dipelajari oleh para pemula.

Baca Juga :  7 Aplikasi Whatsapp Untuk Menyadap Pasangan Terbaik
aplikasi desain rumah pc
Aplikasi desain rumah PC

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Desain Rumah PC

Apa saja aplikasi arsitek?

5 Software Desain yang Banyak Digunakan untuk Arsitektur
1. ArchiCAD. Building Information Modelling (BIM) menciptakan software rancang bangun yang sangat efisien ini untuk Apple Macintosh pada tahun 1980an.
2. Chief Architect
3. Punch
4. AutoCAD Architecture
5. Vectorworks Architecture

Desain Grafis pakai aplikasi apa?

Aplikasi desain grafis di Android, cocok bagi pemula
1. Canva
2. PicsArt
3. Adobe Photoshop Express
4. Adobe Capture
5. Sketchbook
6. ibis Paint X
7. Vector Ink
8. Concepts

Bagaimana cara membuat denah rumah?

1. Kumpulkan Referensi Denah Rumah yang Anda Inginkan
2. Menentukan Model Rumah yang Anda Inginkan
3. Lakukan Riset Standar Kebutuhan Tiap Ruang
4. Menentukan Jumlah Ruangan
5. Mengukur Lahan dan Ruangan
6. Mengatur Zonasi atau Penempatan Ruangan
7. Membuat Sketsa Denah.
8. Memberikan Detail Penataan Perabot

Desain rumah Apa Saja?

1. Gaya Arsitektur Rumah Mediteranian
2. Gaya Arsitektur Rumah Kontemporer
3. Gaya Arsitektur Rumah “Mid Century”
4. Gaya Arsitektur Rumah American Craftsman
5. Gaya Arsitektur Rumah “The Colonial”
6. Gaya Arsitektur Rumah Victorian
7. Gaya Arsitektur Rumah “The Federal”
8. Gaya Arsitektur Rumah Minimalis

Langkah membuat denah rumah autocad?

Cara Pembuatan:
1. Bukalah program autocad
2. Aturlah terlebih dahulu ukuran yang akan digunakan misalkan meter
3. Buatlah area gambar sesuai dengan ukuran rumah yang dibuat (gunakan perintah limits)
4. Aturlah grid untuk membantu anda dalam menggambar
5. Buatlah garis double dengan menggunakan perintah Multiline

Penutup

Nah, itulah beberapa daftar aplikasi desain rumah PC yang paling direkomendasikan dan patut untuk dipakai oleh Anda. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, oleh karena itu alangkah lebih baik apabila Anda mencoba versi trial saja sebelum memutuskan untuk berlangganan dengan aplikasi tersebut.