cara investasi emas di dana

Cara Investasi Emas di DANA yang Aman dan Mudah

Investasi emas adalah tindakan membeli emas dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup populer di kalangan investor, karena dianggap sebagai aset yang relatif stabil dan aman. Emas juga merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup likuid, sehingga dapat dijual kembali dengan mudah di pasar. Dengan mengetahui cara investasi emas di DANA, Anda dapat memulai investasi Anda dengan mudah dan aman sehingga tujuan finansial Anda dapat tercapai.

Ada beberapa cara untuk berinvestasi emas, seperti membeli emas fisik seperti koin atau batangan, membeli kontrak berjangka emas di bursa berjangka, atau membeli unit reksadana emas. Investasi emas juga bisa dilakukan dengan cara membeli saham perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan emas. Simak penjelasan mengenai cara investasi emas di DANA dan hal-hal penting mengenai investasi emas berikut ini.

cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA

Tujuan Investasi Emas

Investasi emas biasanya dianggap sebagai bentuk diversifikasi portofolio, yaitu cara untuk mengelola risiko dengan memperluas jenis aset yang dimiliki. Namun, seperti halnya dengan bentuk investasi lainnya, investasi emas juga memiliki risiko yang harus dipertimbangkan, seperti fluktuasi harga emas di pasar, risiko kehilangan fisik emas, dan risiko penipuan atau kecurangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, penting untuk memahami tujuan investasi, batasan risiko yang dapat ditanggung, dan cara mengelola investasi emas dengan baik.

Dalam cara investasi emas di DANA, tujuan investasi emas bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan masing-masing investor. Berikut ini beberapa tujuan umum investasi emas:

Diversifikasi portofolio

Emas dianggap sebagai aset yang relatif stabil dan tidak terkait dengan nilai mata uang atau instrumen keuangan lainnya. Oleh karena itu, emas bisa menjadi pilihan yang baik untuk diversifikasi portofolio, yaitu cara untuk mengelola risiko dengan memperluas jenis aset yang dimiliki.

Baca Juga :  Cara Investasi Properti Modal Kecil dengan Mudah

Hedge terhadap inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum di masyarakat. Emas dianggap sebagai aset yang relatif tidak terpengaruh oleh inflasi, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk melindungi nilai dana yang Anda miliki.

Sarana lindung nilai

Emas juga bisa dijadikan sebagai sarana lindung nilai terhadap risiko pasar yang tidak pasti, seperti perubahan politik, perang, atau krisis finansial.

Keuntungan finansial

Tujuan utama investasi emas adalah untuk menghasilkan keuntungan finansial di masa yang akan datang. Investasi emas bisa menjadi pilihan yang menguntungkan jika harga emas di pasar naik, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, penting untuk memahami tujuan investasi yang Anda inginkan dan mempertimbangkan apakah investasi emas sesuai dengan tujuan tersebut. Jangan lupa juga untuk memperhatikan risiko yang mungkin terjadi dan cara mengelola investasi emas dengan baik. Dengan mengetahui cara investasi emas di DANA, Anda dapat memulai investasi emas Anda dengan aman dan mudah.

cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA

Cara Investasi Emas di DANA

DANA adalah sebuah aplikasi keuangan yang menyediakan layanan pembayaran, transfer, dan investasi online. Aplikasi DANA tersedia di smartphone dan dapat diunduh melalui App Store atau Google Play Store.

cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA

Dengan mengetahui cara investasi emas di DANA, Anda dapat memulai investasi Anda. Untuk menggunakan layanan DANA, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan memverifikasi akun Anda. Setelah terdaftar, Anda bisa mengisi saldo di aplikasi DANA dengan cara top-up melalui transfer bank atau menggunakan kartu kredit. Setelah saldo terisi, Anda bisa melakukan transaksi atau investasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memulai cara investasi emas di DANA, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi DANA di smartphone Anda. Aplikasi DANA tersedia di App Store dan Google Play Store.
  2. Buka aplikasi DANA dan lakukan pendaftaran. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon dan email, serta mengisi informasi lain yang diperlukan. Pastikan untuk mengisi dengan benar agar proses pendaftaran berjalan lancar.
  3. Setelah terdaftar, masuk ke aplikasi DANA dan pilih menu “Top Up”. Pilih metode top-up yang Anda inginkan, misalnya melalui transfer bank atau menggunakan kartu kredit.
  4. Setelah saldo terisi di aplikasi DANA, pilih menu “Investasi” dan pilih “Emas”. Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah uang yang ingin Anda investasikan ke emas. Pastikan untuk memperhatikan batas minimal dan maksimal investasi yang ditetapkan oleh DANA.
  5. Setelah memasukkan jumlah yang diinginkan, klik tombol “Beli”. Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon atau email Anda. Masukkan kode tersebut dan klik tombol “Konfirmasi”.
  6. Setelah proses pembelian selesai, Anda akan menerima notifikasi bahwa investasi emas Anda telah berhasil. Anda bisa memantau perkembangan investasi emas Anda melalui menu “Portofolio” di aplikasi DANA.
Baca Juga :  Pentingnya Laporan Aset Perusahaan dan Cara Membuatnya
cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA
cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA

Selain melalui aplikasi DANA, Anda juga bisa membeli emas secara online melalui berbagai platform investasi emas, atau melalui toko emas atau perusahaan investasi emas yang terpercaya. Pastikan untuk memperhatikan reputasi dan track record perusahaan tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Keuntungan Investasi Emas di DANA

Dengan menggunakan DANA dan mengetahui cara investasi emas di DANA, Anda dapat melakukan berbagai transaksi keuangan secara online, seperti top-up saldo, membayar tagihan, atau bertransaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan DANA. Aplikasi DANA juga menyediakan layanan investasi, seperti reksadana, deposito, dan emas. Tentunya DANA juga direkomendasikan untuk melakukan investasi emas dengan mengetahui cara investasi emas di DANA. Berikut ini beberapa keuntungan mengetahui cara investasi emas di DANA:

  • Mudah dan cepat: Anda bisa melakukan investasi emas di DANA secara online, hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet. Proses pembelian emas juga cepat dan mudah, hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana dan mengetahui cara investasi emas di DANA.
  • Aksesibilitas: Anda bisa melakukan investasi emas di DANA kapan saja dan di mana saja, asalkan terdapat koneksi internet. Dengan cara investasi emas di DANA, akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi atau memantau perkembangan investasi emas secara real-time.
  • Pilihan investasi yang lebih banyak: DANA menyediakan beragam pilihan investasi, seperti reksadana, deposito, dan emas. Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan batasan risiko yang Anda miliki.
  • Fitur-fitur yang bermanfaat: DANA menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat bagi investor, seperti sistem pemantauan portofolio, laporan keuangan yang terintegrasi, dan layanan customer service yang responsif.
  • Keuntungan finansial: Investasi emas di DANA bisa memberikan keuntungan finansial bagi Anda jika harga emas di pasar naik. Dengan mengetahui cara investasi emas di DANA, investasi emas di DANA bisa menjadi pilihan yang menguntungkan jika Anda memiliki tujuan investasi yang sesuai dengan risiko yang dapat ditanggung.
Baca Juga :  Cara Jual Emas Antam Tanpa Ribet, Pasti Untung!
cara investasi emas di dana
Cara investasi emas di DANA

Tanya Jawab Seputar Cara Investasi Emas di DANA

Apakah bisa investasi emas di DANA?

Selain sebagai dompet digital atau e-wallet, aplikasi DANA dapat dijadikan sebagai platform untuk investasi emas secara digital. Investasi logam mulia tidak pernah kehilangan peminat, sebab nilainya cenderung stabil dan cocok digunakan sebagai tabungan jangka panjang.

Berapa minimal investasi emas di DANA?

Saat ini berinvestasi jenis emas dapat semakin mudah dilakukan hanya melalui aplikasi DANA dengan fitur eMAS. Mengutip dari laman dana.id, lewat fitur hasil kerja sama dengan Pluang, kini masyarakat bisa mulai nabung emas di mana pun dan kapan pun dengan modal Rp9.000 saja.

Berapa keuntungan dari investasi emas?

Melihat hal ini, investor logam mulia dapat memperoleh keuntungan investasi emas dalam setahun hingga 11,77% dalam setahun terakhir. Pada tanggal 24 Maret 2021, harga emas antam menunjukkan harga Rp921.000,00 ribu per gram. Tanggal 9 Maret 2022, aset logam mulia ini tembus ke harga Rp1.036.000,00 per gram.

Apakah pembelian emas di DANA aman?

Investasi emas melalui DANA eMAS dijamin aman. Sebab, DANA bekerja sama dengan Pluang yang berada di bawah PT PG Berjangka sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sedangkan emas kita disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Apa itu emas di DANA?

Melalui fitur DANA eMAS, masyarakat bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau seharga kurang dari Rp10.000 tanpa ada biaya tambahan. Dengan berinvestasi emas lewat DANA eMAS, masyarakat tidak perlu kesusahan. Cukup hanya dari rumah dan lewat dompet digital DANA yang terpasang di smartphone.

Penutup

Namun, seperti halnya dengan bentuk investasi lainnya, investasi emas di DANA juga memiliki risiko yang harus dipertimbangkan, seperti fluktuasi harga emas di pasar, risiko kehilangan fisik emas, dan risiko penipuan atau kecurangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas di DANA, penting untuk memahami cara investasi emas di DANA ini sehingga Anda dapat mengetahui tujuan investasi, batasan risiko yang dapat ditanggung, dan cara mengelola investasi emas dengan baik. Semoga bermanfaat!