aplikasi yang mendukung QRIS

10 Aplikasi yang Mendukung QRIS di Indonesia

Aplikasi yang mendukung QRIS menjadi semakin populer di Indonesia, khususnya karena QRIS merupakan cara pembayaran yang praktis dan aman. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standar nasional untuk pembayaran non-tunai yang menggunakan QR Code. QRIS memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran hanya dengan meng-scan kode QR yang tertera pada mesin kasir atau e-commerce.

Kepopuleran pembayaran QRIS juga didukung oleh banyaknya aplikasi pembayaran yang telah mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut membuat penggunaannya semakin mudah dan dapat digunakan di berbagai merchant offline dan online.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 aplikasi yang mendukung QRIS, cara menggunakan aplikasi tersebut, serta keuntungan menggunakan pembayaran QRIS. Semoga blog post ini dapat memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda untuk memahami lebih dalam tentang pembayaran QRIS dan aplikasi pembayaran yang mendukungnya.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

Mengenal QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar nasional untuk pembayaran non-tunai yang menggunakan QR Code. QR Code merupakan bentuk barcode dua dimensi yang memiliki informasi terkait transaksi, seperti jumlah pembayaran dan nomor rekening yang akan dituju. QRIS sendiri dibuat oleh Bank Indonesia sebagai upaya untuk menyederhanakan transaksi non-tunai di Indonesia.

Cara kerja QRIS sangat mudah dan sederhana. Konsumen cukup melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode QR yang tertera pada mesin kasir atau toko online. Setelah itu, konsumen akan diminta memasukkan jumlah pembayaran dan memverifikasi transaksi menggunakan PIN atau sidik jari. Selanjutnya, uang akan dipotong dari saldo atau rekening konsumen dan langsung diterima oleh penjual.

Kelebihan dari aplikasi yang mendukung QRIS adalah mudahnya penggunaannya dan dapat digunakan oleh semua orang, tidak hanya oleh mereka yang memiliki akun di bank tertentu. Selain itu, pembayaran menggunakan QRIS juga dianggap lebih aman dan terjamin keamanannya, karena tidak memerlukan interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Dengan QRIS, pembayaran menjadi lebih efisien dan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

10 Aplikasi yang Mendukung QRIS

Pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) semakin populer di Indonesia. QRIS menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan transaksi non-tunai, karena cukup melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode QR yang tertera pada mesin kasir atau toko online. Selain itu, pembayaran QRIS juga dianggap lebih aman dan terjamin keamanannya, karena tidak memerlukan interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Berikut adalah 10 aplikasi yang mendukung QRIS di Indonesia:

Baca Juga :  Cara Menaikkan Limit Julo Dengan Mudah dan Cepat

1. GoPay

GoPay adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Gojek. Selain bisa digunakan untuk pembayaran transportasi dan layanan Gojek, GoPay juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

2. OVO

OVO adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Lippo Group. Selain bisa digunakan untuk pembayaran tagihan, transfer uang, dan layanan Lippo Group, OVO juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

3. DANA

DANA adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Ant Group. Selain bisa digunakan untuk pembayaran tagihan, transfer uang, dan layanan Ant Group, DANA juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

4. LinkAja

LinkAja adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh beberapa bank BUMN, seperti BRI, Mandiri, dan BNI. Selain bisa digunakan untuk pembayaran tagihan, transfer uang, dan layanan bank, LinkAja juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

5. ShopeePay

ShopeePay adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Shopee. Selain bisa digunakan untuk pembayaran belanja di Shopee, ShopeePay juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

6. Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk belanja online, Tokopedia juga memiliki fitur pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline.

7. GrabPay

GrabPay adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Grab. Selain bisa digunakan untuk pembayaran transportasi dan layanan Grab, GrabPay juga mendukung pembayaran QRIS di merchant offline dan online.

8. BCA mobile

BCA mobile adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh Bank BCA. Selain bisa digunakan untuk transfer uang dan layanan bank, BCA mobile juga mendukung pembayaran QRIS di merchant offline dan online.

9. Mandiri mobile

Mandiri mobile adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Selain bisa digunakan untuk transfer uang dan layanan bank, Mandiri mobile juga mendukung pembayaran QRIS di merchant offline dan online.

10. Jenius

Jenius adalah aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh Bank BTPN. Selain bisa digunakan untuk pembayaran tagihan, transfer uang, dan layanan bank, Jenius juga mendukung pembayaran aplikasi yang mendukung QRIS di merchant offline dan online.

Dengan banyaknya aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS ini, semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran non-tunai di berbagai merchant offline dan online.

Baca Juga :  Ingin Mendapatkan Penghasilan? Gunakanlah Aplikasi Buddy Penghasil Uang Ini!
aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

Cara Menggunakan Aplikasi Pembayaran QRIS

Untuk menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Download dan install aplikasi yang mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, dan lain sebagainya.
  • Buka aplikasi tersebut dan daftarkan diri sebagai pengguna dengan mengisi informasi yang diperlukan, seperti nama, nomor telepon, dan email.
  • Tambahkan saldo ke dalam aplikasi pembayaran tersebut menggunakan transfer bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lain yang tersedia.
  • Pilih opsi pembayaran QRIS saat bertransaksi di merchant offline atau online.
  • Pindai kode QR yang tertera pada mesin kasir atau toko online menggunakan kamera smartphone.
  • Masukkan jumlah pembayaran yang akan dilakukan dan verifikasi transaksi menggunakan PIN atau sidik jari.
  • Uang akan dipotong dari saldo atau rekening Anda dan langsung diterima oleh penjual.
  • Pastikan untuk selalu memastikan bahwa merchant yang digunakan mendukung pembayaran QRIS. Selain itu, perhatikan juga jumlah pembayaran yang diminta dan pastikan untuk memverifikasi transaksi sebelum melakukan pembayaran.

Dengan cara yang mudah dan sederhana, pengguna aplikasi pembayaran QRIS dapat melakukan transaksi non-tunai dengan cepat dan aman di berbagai merchant offline dan online.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembayaran QRIS

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS, di antaranya:

  • Mudah digunakan: Aplikasi pembayaran QRIS mudah digunakan dan tidak memerlukan proses yang rumit. Pengguna hanya perlu memindai kode QR untuk melakukan pembayaran.
  • Cepat dan efisien: Pembayaran menggunakan QRIS dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Transaksi pembayaran akan langsung terverifikasi dan uang akan dipotong dari saldo atau rekening pengguna secara otomatis.
  • Aman dan terpercaya: Pembayaran menggunakan QRIS terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan teknologi enkripsi yang mencegah pencurian data dan kebocoran informasi pribadi pengguna.
  • Bebas biaya transaksi: Beberapa aplikasi pembayaran QRIS menawarkan biaya transaksi yang lebih murah atau bahkan gratis dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.
  • Tersedia di berbagai merchant: Aplikasi pembayaran QRIS dapat digunakan di berbagai merchant offline dan online, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran di tempat yang berbeda.
  • Kemudahan dalam memantau transaksi: Pengguna dapat dengan mudah memantau transaksi pembayaran yang telah dilakukan melalui riwayat transaksi di dalam aplikasi.
  • Promosi dan diskon: Beberapa aplikasi pembayaran QRIS menawarkan promosi dan diskon menarik untuk pengguna setiap kali melakukan transaksi.

Dengan menggunakan aplikasi pembayaran QRIS, pengguna dapat menikmati berbagai keuntungan, mulai dari kemudahan, keamanan, efisiensi, hingga promosi dan diskon yang menarik. Oleh karena itu, tidak heran jika metode pembayaran ini semakin populer dan banyak digunakan di masyarakat.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

Bayar Pakai QRIS Gimana?

Untuk melakukan pembayaran menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS, pengguna perlu menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan ShopeePay. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran dengan QRIS:

Baca Juga :  Hindari Penipuan, Begini Cara Pilih Aplikasi Penghasil Uang Resmi dari Pemerintah
  • Buka aplikasi pembayaran dan pilih menu pembayaran atau scan QR.
  • Pindai kode QR yang tersedia di merchant menggunakan kamera ponsel atau aplikasi pembayaran.
  • Verifikasi transaksi yang muncul di layar ponsel dan pastikan jumlah pembayaran sudah sesuai dengan yang seharusnya.
  • Konfirmasi pembayaran dan tunggu hingga transaksi selesai diproses.
  • Transaksi pembayaran akan langsung terverifikasi dan uang akan dipotong dari saldo atau rekening pengguna secara otomatis.
  • Pengguna dapat melihat riwayat transaksi di dalam aplikasi untuk memantau pembayaran yang telah dilakukan.

Perlu diingat bahwa tidak semua merchant mendukung pembayaran menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran, pastikan merchant yang akan digunakan mendukung pembayaran QRIS dan memastikan kode QR yang akan dipindai benar-benar berasal dari merchant tersebut.

Selain itu, pengguna juga perlu memperhatikan keamanan saat melakukan pembayaran dengan QRIS. Pastikan bahwa koneksi internet aman dan jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi, seperti nomor rekening dan password aplikasi pembayaran.

Dengan memahami cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS, pengguna dapat memanfaatkan metode pembayaran ini dengan mudah dan efisien dalam berbagai transaksi.

aplikasi yang mendukung QRIS
Aplikasi yang mendukung QRIS

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Yang Mendukung QRIS

Apa itu QRIS dan bagaimana cara kerjanya?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standar nasional untuk pembayaran non-tunai yang menggunakan QR Code. Cara kerjanya adalah dengan melakukan pembayaran hanya dengan meng-scan kode QR yang tertera pada mesin kasir atau e-commerce.

Apa saja keuntungan menggunakan QRIS untuk pembayaran?

Beberapa keuntungan menggunakan QRIS adalah praktis dan efisien, aman dan terjamin keamanannya, serta mengurangi risiko penyebaran virus.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS?

Cara menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS adalah dengan melakukan registrasi akun, top up saldo, dan melakukan pembayaran dengan QRIS di merchant offline atau online yang telah mendukung pembayaran QRIS.

Apa saja aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS di Indonesia?

Beberapa aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS di Indonesia antara lain GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, Tokopedia, GrabPay, BCA mobile, Mandiri mobile, dan Jenius.

Apa saja merchant offline yang telah mendukung pembayaran QRIS?

Beberapa merchant offline yang telah mendukung pembayaran QRIS antara lain restoran, warung, minimarket, dan toko online.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti saat ini, penggunaan QRIS semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan keuntungan yang ditawarkan oleh metode pembayaran ini, seperti kemudahan, kecepatan, keamanan, dan efisiensi dalam melakukan transaksi pembayaran.

Beberapa aplikasi yang mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan ShopeePay, dapat digunakan di berbagai merchant offline dan online, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi di tempat yang berbeda. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati berbagai promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh aplikasi pembayaran QRIS.

Namun, perlu diingat bahwa pengguna harus selalu memperhatikan keamanan dan menjaga kerahasiaan informasi pribadi mereka saat menggunakan aplikasi pembayaran QRIS. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa merchant yang digunakan mendukung pembayaran QRIS dan selalu memverifikasi transaksi sebelum melakukan pembayaran.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi pembayaran QRIS dapat menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin melakukan transaksi pembayaran secara mudah, cepat, dan aman di berbagai merchant offline dan online.