pekerjaan di malam hari

Berikut 9 Daftar Pekerjaan di Malam Hari Untuk Sampingan

Mencari pekerjaan sampingan memang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menambah pengalaman. Pekerjaan di malam hari ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menambah penghasilan di sela-sela padatnya aktivitas. Suasana di malam hari yang tenang akan membuat kamu lebih fokus bekerja. Namun pekerja harus pintar membagi waktu jika ingin mencoba pekerjaan sampingan ini.

Berikut Daftar Pekerjaan di Malam Hari yang Dapat Dilakukan

1. Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki kemampuan desain yang bagus, maka dapat membuka jasa desain grafis. Waktu pengerjaannya yang fleksibel digolongkan menjadi pekerjaan di malam hari. Peluang bisnis ini dapat kamu lakukan dimana saja karena hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet. Pekerja dapat menuangkan bakat sekaligus mendapat sejumlah uang dari klien melalui editan yang dibuat. 

Jasa desain yang marak diincar oleh klien yaitu logo, poster, banner, kartu nama, maupun brosur. Kamu bisa mempercantik desain dengan menambahkan editan teks maupun gambar animasi. Sebagai seorang desainer kamu harus kreatif dalam membuat karya yang mampu memikat klien. Semakin unik desain yang dihasilkan maka semakin tinggi pula rate harga yang bisa kamu tawarkan.

pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

3. Blogger

Mengelola blog termasuk pekerjaan di malam hari yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang hobi menuangkan ide melalui tulisan blog. Tak hanya itu, menjadi seorang blogger tentu akan menghasilkan pendapatan secara online tergantung dari banyaknya pengunjung yang mampir ke blog tersebut. Melalui blog kamu bisa berbagi informasi atau berita yang menarik.

Baca Juga :  Cara Memulai Program Inovasi di Perusahaan

Jika blog dikelola dengan baik maka dapat mengundang banyak pembaca untuk melihat tulisan yang telah dibagikan. Pekerja diharapkan selalu up to date terhadap perkembangan isu yang sedang marak dibicarakan untuk dijadikan bahan tulisan. Selain itu kamu juga bisa menerbitkan konten berupa gambar maupun video untuk menunjang blog dan tentunya usahakan upload rutin setiap hari.

pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

3. Barista Kopi

Kalangan muda yang sedang kuliah banyak yang berkeinginan mencari pekerjaan sampingan. Menjadi barista bisa dijadikan pekerjaan di malam hari yang cocok untuk mengisi waktu luang. Selain mendapat upah, kamu akan mendapat pengalaman dan relasi teman. Biasanya pekerjaan ini dapat dilakukan secara part time atau paruh waktu, jadi tidak akan mengganggu aktivitas di siang hari.

Namun sebelum bekerja, tentunya kamu harus mempunyai skill membuat kopi dengan menggunakan alat-alat yang ada. Barista kopi memang sudah tidak asing lagi terdengar karena saat ini cafe atau kedai kopi sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Selain sebagai barista, jika kamu sudah mempunyai modal cukup maka dapat membuka kedai sendiri dengan bekal pengalaman yang sudah didapat.

pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

4. Customer Service

Beberapa perusahaan tidak selalu membutuhkan customer service untuk melayani di perusahaan saja. Tetapi juga ada yang membutuhkan pekerja untuk menjawab panggilan pelanggan pada malam hari. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan perusahaan kepada klien. Kamu dapat menggunakan laptop atau HP untuk menjadi customer service yang sistem kerjanya secara online.

Pekerjaan di malam hari ini menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapat penghasilan tambahan tanpa meninggalkan kesibukan saat siang hari. Apalagi biasanya beberapa perusahaan akan memberikan reward yang menarik jika pekerja melakukan tugasnya dengan baik. Maka dari itu diketahui sekarang pekerjaan sampingan ini mulai banyak diincar oleh kalangan muda maupun tua.

Baca Juga :  Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan
pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

5. Menjual Karya Foto

Salah satu pekerjaan di malam hari lainnya yang tidak kalah menarik yaitu menjual karya foto secara online. Melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan platform lainnya kamu bisa menuangkan hasil karya terbaik untuk diperjualbelikan. Hasil jepretan foto yang ditawarkan harus memiliki nilai keunikan yang tinggi dan berbeda dari fotografi lain untuk memikat hati para pembeli.

Kamu dapat menjualnya dengan tarif harga yang sesuai dengan tingkat keestetikan foto. Semakin bagus hasil potretnya maka semakin tinggi pula keinginan konsumen untuk membeli karya tersebut. Pekerjaan ini tentunya bisa dilakukan dimana saja karena tidak terikat kontrak oleh pihak manapun. Jadi kamu hanya perlu mengelola sendiri bisnis ini agar semakin berkembang dan banyak laku terjual.

6. Menjadi Pengajar Kursus

Kamu yang mempunyai keahlian dalam bidang mengajar maka bisa menuangkan bakat melalui pekerjaan menjadi pengajar les atau kursus. Baik itu membuka kursus di bidang akademik maupun non akademik akan menjadi incaran para siswa. Gaji yang didapatkan biasanya tergantung dari biaya pertemuan per 1 jam dan waktunya yang fleksibel dapat dilakukan pada saat malam hari.

Kursus bisa diberikan secara offline atau bertemu langsung dan secara online melalui media yang ada seperti zoom dan google meet. Tentunya hal ini akan memudahkan pekerja untuk memberikan materi kepada peserta didik. Tidak hanya itu, pekerjaan di malam hari ini juga akan menambah pengalaman karena kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru yang akan menambah wawasan.

pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

7. Berjualan di Marketplace

Bagi sebagian orang, berjualan online melalui marketplace atau media sosial menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Bahkan saat ini konsumen lebih suka berbelanja online karena dianggap mudah dan dapat menghemat biaya. Keuntungan lain yang bisa didapatkan jika berjualan online adalah kamu bisa menjangkau lebih banyak pembeli dari tiap daerah dan tidak perlu menyewa toko atau gudang.

Baca Juga :  Begini Contoh Membuat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

Kerja sampingan ini digolongkan menjadi pekerjaan di malam hari karena bisa dikerjakan secara fleksibel. Sebelum berjualan online, pastikan kamu sudah menguasai platform yang akan digunakan sebagai media menawarkan produk. Perhatikan stok barang agar tidak menghambat proses jual beli. Hal penting lainnya yaitu utamakan kepuasan pembeli dengan selalu memberikan pelayanan terbaik.

8. Penerjemah

Penerjemah adalah orang yang mampu menguasai beberapa bahasa asing untuk diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Pekerjaan ini sedang marak berkembang karena beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan klien luar negeri akan membutuhkan jasa penerjemah. Layanan penerjemah freelance dapat berupa translate berita, jurnal, dokumen kantor, maupun teks lainnya.

Sebagai seorang translator kamu harus banyak membaca buku atau referensi di internet untuk menambah wawasan pengetahuan. Kamu juga bisa belajar dari orang lain yang sudah mahir dalam menerjemahkan teks bahasa asing. Pekerjaan di malam hari tersebut dapat dilakukan dimana saja dengan waktu yang fleksibel karena terkadang perusahaan tidak memberikan deadline yang mepet.

pekerjaan di malam hari
Pekerjaan di malam hari

9. Memberi Feedback Website

Beberapa website baru membutuhkan banyak feedback agar ratenya bisa naik. Kamu bisa menekuni pekerjaan ini dengan bermodal laptop atau HP dan kuota internet. Bagi siapa saja yang memberikan feed maka akan diberi upah oleh pemilik website tersebut. Meskipun gajinya tidak terlalu besar, namun kamu bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Penutup

Itulah beberapa daftar pekerjaan di malam hari yang dapat kamu coba untuk mengisi waktu luang sekaligus mendapat penghasilan. Pekerjaan tersebut tentu akan menguras tenaga karena dilakukan saat malam hari. Namun bagi kamu yang ingin menambah pengalaman dan relasi bisa mencoba kerja sampingan ini. Hal yang terpenting kerjakan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal.

Baca Juga : 10 Pilihan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa