ciri ciri peluang usaha yang baik

Ingin Memulai Bisnis? Perhatikan Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Baik Berikut Ini

Pada saat ingin memulai bisnis atau membuka usaha, seseorang pastinya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri ciri peluang usaha yang baik. Karena semakin baik  peluang usaha yang didapatkan, semakin besar pula kesempatan usaha tersebut untuk berkembang.

Pada saat ingin memulai usaha, seseorang juga harus mempunyai persiapan yang matang, tidak bisa hanya sekedar mengeluarkan sejumlah modal saja, akan tetapi berbagai hal juga harus dipikirkan secara matang, salah satunya adalah ciri ciri peluang usaha yang baik tadi.

Dengan mengetahui berbagai ciri ciri peluang usaha yang baik tersebut akan membantu para pelaku usaha untuk menganalisis apakah ide bisnis yang dimulai tersebut mempunyai potensi berkembang atau tidak, serta menguntungkan atau tidak.

ciri ciri peluang usaha yang baik
Ciri ciri peluang usaha yang baik

Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri peluang usaha yang baik yang sangat penting untuk dipertimbangkan pada saat memulai bisnis.

1. Mempunyai nilai jual yang tinggi

Ciri ciri peluang usaha yang baik yang pertama adalah produk yang dipasarkan mempunyai nilai jual yang tinggi, oleh sebab itu pada saat Anda mempunyai ide bisnis hal pertama yang harus Anda cermati adalah nilai jual nya yang tinggi atau tidak. Pasalnya tidak semua gagasan usaha dan bisnis mempunyai nilai jual yang baik sehingga tidak layak untuk diwujudkan sebagai bisnis.

Baca Juga :  Syarat Memperoleh Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Nilai jual suatu produk sangat erat kaitannya dengan pasar, produk yang dijual dengan harga baik sesuai dengan kualitas jauh lebih mudah bersaing dengan produk lain apalagi produk tersebut mempunyai  keunikan tersendiri. Selain mempunyai nilai jual yang tinggi, Anda juga harus menciptakan produk yang bisa unggul dibandingkan dengan strategi lainnya.

2. Bukan usaha musiman

Ciri ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah bukan usaha musiman. Usaha musiman seperti produk makanan dan minuman memang tampak menggiurkan terlebih lagi produk tersebut sedang trend. Setiap  tahunnya pasti kita dihadapkan dengan berbagai tren, bahkan tren-tren tersebut dapat berganti hanya dalam waktu yang singkat saja, salah satunya yaitu produk makanan, minuman, fashion dan lain sebagainya. Akan tetapi produk usaha musiman tersebut hanya berlaku beberapa waktu saja dan tidak bertahan lama. Para konsumen akan meninggalkan produk usaha musiman jika mereka telah menemukan produk terbaru. Hal ini tentunya membuat usaha yang Anda jalankan berpotensi mengalami kerugian bahkan dalam waktu dekat sekalipun.

Usaha musiman memang bisa dibilang sangat ramai dan bisa meraup keuntungan dalam waktu yang singkat saja, akan tetapi hanya dalam hitungan waktu yang singkat usaha musiman tersebut akan menjadi sangat sepi karena orang lain akan berpindah ke produk musiman lainnya. selain itu usaha musiman juga bisa dibilang merupakan usaha dengan persaingan yang tinggi sehingga pengelolaan bisnisnya akan cukup sulit.

3. Dapat bertahan lama

Ciri ciri peluang usaha yang baik  selanjutnya adalah  dapat bertahan lama di pasar, baik itu produk ataupun lama usaha yang akan dijalankan. Pada umumnya lama usaha bertahan juga dipengaruhi oleh strategi yang dijalankan oleh pelaku usaha tersebut. Untuk membuat usaha dapat bertahan lama, seorang pelaku usaha perlu melakukan riset terlebih dahulu.  Hal ini dilakukan untuk mengukur tingginya minat pasar terhadap ketahanan produk yang akan dijual.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Cara Jualan Online Shop untuk Pemula agar Sukses

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis yang baik bukan hanya mendatangkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat, melainkan bisnis yang stabil serta juga dapat bertahan  di tengah persaingan ketat. Jika ingin produk yang dijual dapat bertahan lama, sangat penting untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Artinya barang atau jasa tersebut terus dibutuhkan masyarakat kapanpun.

ciri ciri peluang usaha yang baik
Ciri ciri peluang usaha yang baik

4. Produk mudah di dapatkan

Produk yang mudah didapatkan memang lebih beresiko memiliki daya saing yang ketat dibandingkan dengan produk yang sulit didapatkan. Akan tetapi jika seseorang ingin menjalankan sebuah usaha, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memastikan ketersediaan produknya aman.  Hal ini berlaku untuk semua produk yang didapatkan dari supplier ataupun produk buatan sendiri. Jangan sampai proses produksi samapi terkendala akibat  bahan-bahan yang sangat sulit untuk didapatkan. Oleh sebab itu perlu memastikan bahan atau produk tersedia kapanpun.

Beberapa pelaku usaha  memilih menjual produk atau jasa yang tidak umum hanya karena ingin terlihat berbeda dari yang lain, namun mereka melupakan satu hal yaitu ketersediaan barang yang cukup sulit di dapatkan. Akibatnya apalabila suatu saat konsumen menginginkan barang dengan kuantitas yang tinggi, para pelaku usaha tidak dapat menyediakannya secepat mungkin.

5. Mudah beradaptasi

Mudah beradaptasi juga merupakan salah satu dari banyaknya ciri ciri peluang usaha yang baik. Kemampuan beradaptasi tersebut sangat penting dan harus dipertimbangjan sejak awal. Pada saat menjalankan usaha ada banyak hal tidak terduga yang bisa saja terjadi, seperti harga yang tiba-tiba berubah. Bahkan persaingan antar pengusaha juga sangat perlu diantisipasi dan dipersiapkan penanganannya sejak awal.

6. Tidak meniru usaha orang lain

Tidak meniru usaha orang lain maksudnya adalah usaha yang dilakukan orisinil atau asli dan tidak menjiplak hasil atau ide orang lain, apalagi usaha yang dijalankan tersebut berdekatan dengan usaha sebelumnya.  Selain menarik minat konsumen, usaha yang dibuat dengan keunikan tersendiri pastinya mempunyai nilai yang berbeda sebagai pembeda dengan yang lain.  Tidak meniru usaha orang lain juga akan membuat pelaku usaha memiliki daya saing yang lebih kecil dengan usaha lain disekitarnya. Selain itu hal ini juga  membuat usaha yang dijalankan lebih mudah untuk diingat para konsumen.

Baca Juga :  Ini Dia Tips Buka Usaha Kelontong Modal Kecil
ciri ciri peluang usaha yang baik
Ciri ciri peluang usaha yang baik

Tanya Jawab Seputar Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Apa saja yang menjadi ciri peluang usaha yang baik?

Peluang usaha yang baik adalah yang layak untuk dijalankan. Yang dimaksud layak adalah usaha dapat memberikan keuntungan, memiliki nilai kerugian yang kecil, memiliki tujuan yang terukur, dan memiliki produk yang baik.

Bagaimana ciri-ciri peluang usaha yang potensial dan peluang usaha yang baik?

8 Ciri Peluang Usaha Yang Baik dan Potensial
1. Memiliki Nilai Jual Tinggi
2. Sesuai Permintaan Masyarakat
3. Faktor Risiko Kecil
4. Jenis Usaha Bersifat Evergreen
5. Bertahan Lama
6. Ketersediaan Produk Mudah
7. Memiliki Kelayakan usaha
8. Selalu Mengembangkan Usaha Bisnis Dengan Kreativitas

Apa yang dimaksud dengan peluang usaha yang potensial?

Peluang usaha potensial merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan mempunyai masa depan yang cukup cerah, salah satu contoh peluang usaha potensial adalah usaha yang belum pernah ada sebelumnya, namun produk yang ditawarkan diminati banyak orang.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan peluang usaha?

Peluang usaha terdiri dari dua kata, peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya yang dimiliki. Sederhananya, peluang usaha adalah suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan.

Penutup

Demikian penjelasan kami mengenai ciri ciri peluang usaha yang baik yang dapat Anda ketahui. Setelah mengetahui apa saja yang bisa mendukung usaha Anda yang dapat Anda terapkan tersebut, dapat membantu Anda untuk membangun fondasi yang kuat untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!