Usaha sampingan karyawan pabrik

9 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Untuk Menambah Pendapatan

158 views
Bagikan artikel ini

Gaji yang didapat dari menjadi karyawan di suatu perkantoran atau pabrik, terkadang tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apabila anda ingin mendapatkan pemasukan lebih, mengapa tidak membuka usaha sampingan karyawan pabrik? Pastinya dengan membuka usaha sampingan, pekerjaan utama anda dijamin tidak akan terganggu.

Jangan khawatir untuk modal awalnya, karena usaha sampingan karyawan pabrik ini tidak memerlukan modal yang besar, bahkan ada yang tidak perlu modal sama sekali.

Usaha sampingan karyawan pabrik
Usaha sampingan karyawan pabrik

Jenis Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Beserta Keuntungannya

Daripada bingung ingin membuat usaha apa, di bawah ini adalah rekomendasi usaha sampingan yang bisa anda jalani. Yuk simak penjelasannya!

9 Jenis usaha sampingan karyawan pabrik

1. Menjual pakaian

Carilah usaha sampingan yang cocok dengan pekerjaan utama. Misalnya jika anda bekerja di perusahaan yang membuat pakaian, maka juallah pakaian. Berjualan pakaian merupakan jenis usaha yang mudah dilakukan oleh siapapun dan menawarkan peluang yang cukup menjanjikan.

Oleh karena itu, tawarkan produk yang dijual kepada keluarga atau teman terdekat dahulu. Apabila banyak yang tertarik, anda bisa mempromosikan barang-barang ke pasar yang lebih luas lagi.

Usaha sampingan karyawan pabrik
Usaha sampingan karyawan pabrik

2. Menjual pulsa

Pulsa dan paket data merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh setiap orang di masa ini. Dengan adanya pulsa, orang-orang bisa berkomunikasi jarak jauh bahkan bisa mengakses internet. Untuk menjalani usaha ini, anda bisa menjualnya di kantor.

Tidak perlu modal besar untuk memulai usaha ini, anda hanya perlu memiliki ponsel saja.  Sedangkan untuk mendapatkan pulsanya, belilah di tempat yang menyediakan pulsa untuk semua operator.

3. Menjual makanan

Apabila anda ahli dalam membuat makanan, manfaatkanlah keahlian anda ini menjadi usaha sampingan anda. Anda bisa memilih jenis makanan apa saja, seperti untuk makan siang, sarapan, bahkan cemilan untuk karyawan yang lainnya. Selain untuk menguntungkan diri sendiri, anda juga bisa membantu karyawan lain yang sedang malas untuk jajan di kantin.

4. Menjual desain

Jika anda bekerja di perusahaan desain atau memiliki skill desain yang hebat, cobalah menghasilkan uang tambahan dari skill yang anda miliki. Caranya yaitu dengan memperlihatkan portofolio yang telah anda buat ke teman-teman atau mempromosikannya melalui media sosial.

Apabila anda ingin menjualnya secara online, tidak diperlukan modal besar. Anda hanya perlu koneksi internet dan perangkat desain pada komputer.

5. Membuat blog

Menulis blog merupakan salah satu usaha sampingan karyawan pabrik yang tidak memerlukan modal yang banyak. Tulislah apa yang ada di dalam pikiran anda. Tulisan tersebut bisa mengenai keuangan, resep makanan, penilaian sebuah produk, puisi, cerpen, lifestyle, dan sebagainya. Pastikan tulisan yang anda berkualitas ya, supaya pembaca tertarik dengan tulisanmu. Belilah hosting dan domain untuk blog yang akan anda buat. Jika tidak ingin membeli blog, anda bisa membuat blog gratis, seperti Blogspot.com.

Usaha sampingan karyawan pabrik
Usaha sampingan karyawan pabrik

6. Membuka usaha waralaba

Usaha waralaba merupakan salah bisnis yang bisa dianggap stabil. Apabila anda memiliki modal yang cukup, cobalah membuka bisnis ini. Jangan khawatir tidak akan terurus, karena anda bisa menyerahkannya ke orang yang anda percaya. Dengan begitu, anda tetap bisa bekerja di kantor.

Saat ini sudah banyak bisnis waralaba yang bisa kita temui, mulai dari jasa, makanan, minuman, dan jenis jualan lainnya. Peminatnya juga lumayan banyak lho, tertarik untuk menjalankannya?

7. Menjual tanaman hias

Salah satu usaha karyawan pabrik yang menguntungkan lainnya adalah dengan menjual tanaman hias. Saat ini tanaman hias memiliki banyak peminatnya, sehingga cukup menjanjikan untuk anda jalani.

Supaya tidak mengalami kerugian, hitunglah dengan tepat apa saja yang diperlukan dalam menjalani bisnis ini. Selain itu, pastikan anda mengenali jenis tanaman apa saja yang bisa dijual dan tanaman yang tidak bisa dijual.

8. Menjadi fotografer lepas

Menjadi fotografer lepas juga menjadi peluang usaha sampingan karyawan pabrik. Apalagi jika sudah banyak orang yang memuji hasil foto anda. Tidak hanya menjadi fotografer lepas, anda juga bisa menawarkan jasa sebagai fotografer produk atau pre-wedding. Bila ingin menjalani usaha ini, mulailah dengan menjual dan mempromosikan hasil foto di situs penjualan foto atau media sosial. Bagikan foto-foto terbaik yang telah anda buat, agar calon pelanggan tertarik bekerja sama dengan anda.

Jika ada yang tertarik, mintalah terlebih dahulu uang mukanya untuk menyewa alat-alat keperluan foto. Jadi, anda tidak perlu menyiapkan modal banyak. Paling penting anda harus memahami teknik-teknik dalam fotografi.

Supaya ilmu dan relasi anda semakin berkembang, anda bisa masuk ke komunitas khusus blogger. Dengan bergabung di komunitas, tulisan-tulisanmu semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan anda bisa menjadi penulis freelance untuk suatu brand atau perusahaan. Sangat menarik bukan?

9. Membuka usaha fotokopi dan printing

Jika anda tinggal atau bekerja di dekat area kampus, sekolah, atau perkantoran, bukalah usaha fotokopi dan printing. Selain melayani jasa mencetak dan menggandakan dokumen, anda juga bisa menambahkan jasa penjilidan buku, dan menjual peralatan kantor lainnya.

Untuk fasilitasnya, anda hanya perlu memiliki kertas dari berbagai ukuran, komputer, alat scanning, dan printer yang terdapat fitur untuk memfotokopi. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk modal awalnya.

Keuntungan dalam menjalankan usaha sampingan karyawan pabrik

Jangan menganggap remeh usaha sampingan yang untuk para karyawan. Sebab dengan usaha sampingan ini, anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Mungkin usaha ini anda bisa menjadi pebisnis yang sukses, sehingga anda tidak lagi menjadi karyawan. Berikut ini adalah keuntungannya:

Memberikan pendapatan tambahan dan tabungan masa depan

Selain gaji yang diperoleh sebagai karyawan, anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari bisnis yang sedang dijalani. Dengan begitu, biaya untuk keperluan sehari-hari anda semakin terpenuhi. Mungkin saja pemasukan dari bisnis sampingan ini lebih besar dari gaji utama anda.

Selain itu, bisa menjadi tabungan masa depan, jika perusahaan yang anda tempati akan tutup atau mengadakan PHK. Dengan begitu, anda tidak perlu kesusahan lagi setelah kehilangan pekerjaan utama.

Meningkatkan kemampuan diri

Bekerja sebagai karyawan, tentunya membuat anda bosan dengan segala aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya pulang pagi hingga sore bahkan hingga malam, yang membuat anda menjadi lelah. Dengan begitu kemampuan dalam diri anda tidak berkembang.

Jika menjalani bisnis sampingan, anda bisa menyalurkan hobi dan minat anda, sehingga kemampuan pada diri anda semakin meningkat. Selain itu, anda bisa menjadi pribadi yang lebih positif. Tentunya anda tidak perlu lagi kelelahan akibat pulang hingga larut malam

Usaha sampingan karyawan pabrik
Usaha sampingan karyawan pabrik

Memiliki relasi dan komunikasi yang baik

Anda bisa mendapatkan lebih banyak relasi jika membuka usaha sampingan karyawan pabrik. Ditambah lagi saat ini informasi sudah sangat mudah diakses, maka peluang yang akan anda dapatkan terbuka lebar. Dengan banyaknya relasi yang dimiliki, pastinya akan membuat anda menjadi pengusaha yang sukses dan besar.

Tanya Jawab Seputar Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Usaha sampingan apa yang cocok untuk karyawan?

1. Berjualan Secara Online
2. Membuka Jasa Laundry
3. Menjual Aneka Kue
4. Kuliner Jalanan
5. Jual Pulsa dan Kuota Internet
6. Menjual Foto di Internet
7. Jasa Penerjemah
8. Agen Asuransi

Usaha apa yang mudah dilakukan?

Inilah beberapa peluang usaha rumahan yang tidak lekang oleh waktu
1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet
2. Berjualan Camilan/Makanan
3. Membuka Jasa Laundry Kiloan
4. Membuka Jasa Penjahit Pakaian
5. Membuka Jasa Tempat Cuci Motor
6. Membuka Rental Play Station
7. Membuka Jasa Foto dan Video

Bisnis apa yang bagus untuk pemula?

Berikut adalah bisnis pemula yang paling diminati tanpa modal besar:
1. Laundry kiloan
2. Cuci motor atau mobil
3. Desain grafis
4. Jualan pulsa elektrik
5. Membuat kue

Modal 3 juta bisa usaha apa di kampung?

Rekomendasi Usaha Modal 3 Juta
1. Bisnis Thrift
2. Bisnis Makanan Unik yang Belum Ada di Sekitar Kamu
3. Membuka Usaha Minuman Kekinian
4. Menjadi Dropshipper
5. Usaha Tanaman
6. Berjualan Hijab
7. Jual Kaos Polos
8. Berjualan Atasan Wanita

Usaha sampingan karyawan pabrik
Usaha sampingan karyawan pabrik

Penutup

Demikianlah rekomendasi jenis usaha sampingan beserta keuntungannya. Tentukanlah usaha yang sesuai dengan diri anda. Selain uang, dengan membuka usaha sampingan karyawan pabrik, anda juga bisa mengeksplor kemampuan diri dan menambah banyak relasi.

Baca Juga : Jenis-jenis Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan