kirim uang lewat indomaret

Mudah dan Murah Kirim Uang Lewat Indomaret

Berkirim uang merupakan hal yang sangat biasa dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari semua orang. Untuk yang tidak punya rekening bank, kamu bisa kirim uang lewat Indomaret. Indomaret merupakan pilihan yang tepat karena menyediakan layanan ini dengan mudah, cepat dan murah.

Bagi yang memiliki rekening bank, kegiatan ini bisa dilakukan dari mana saja melalui aplikasi mobile banking. Untuk itu kamu harus memiliki rekening di bank tersebut. Ada biaya yang dikenakan untuk mengirim atau transfer uang ke rekening bank lain. Selain biaya transfer, menabung di bank dikenakan administrasi dan pajak.

Ditambah lagi, ada saldo tersembunyi yang harus diendapkan agar rekeningmu tetap aktif walau tidak ada transaksi kredit. Selain bank, transfer uang juga dimudahkan dengan maraknya perusahaan fintech dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Playstore. Tetapi aplikasi itu harus diunduh dan butuh ruang penyimpanan di ponselmu.

Selain itu, kamu tetap harus mengirimkan dananya baik melalui rekening bankmu maupun gerai-gerai yang melayani pembayaran online. Masih ribet, kan? Nah, kamu mau tahu bagaimana kirim uang lewat Indomaret?

kirim uang lewat indomaret
Kirim uang lewat indomaret

Kirim Uang Lewat Indomaret, Transfer Bebas Ribet

Indomaret merupakan perusahaan ritel besar yang tokonya ada dimana-mana. Perusahaan itu juga menjawab kemajuan zaman dengan memenuhi berbagai kebutuhan konsumennya. Tidak hanya menyediakan barang kebutuhan sehari-hari tetapi juga berbagai macam layanan pembayaran tersedia di toko-tokonya.

Baca Juga :  Mengapa Anda Butuh Water Purifier?

Saat ini, di Indomaret juga tersedia layanan transfer dana. Dengan layanan ini, kamu bisa kirim uang lewat Indomaret bebas ribet. Kamu tidak perlu pergi terlalu jauh dari rumah karena tokonya ada dimana-mana.

Tentu saja ini sangat memudahkan konsumen. Tanpa harus memiliki rekening berarti tanpa biaya administrasi dan dana kita bebas dari pajak. Pajak yang dikenakan setiap transaksi dibayar oleh Indomaret. Selain itu, kamu tidak perlu keluar ongkos lebih banyak dan caranya pun sangat mudah seperti yang akan dibahas di bawah ini.

kirim uang lewat indomaret
Kirim uang lewat indomaret

Langkah-langkah Kirim Uang lewat Indomaret

Sebelum pergi ke gerai terdekat, kamu harus menyiapkan jumlah uang yang ingin kamu kirim beserta biaya transfernya. Setelah itu, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti jika ingin kirim uang lewat Indomaret.

  • Bukti identitas diri pengirim

Kamu harus menyiapkan bukti identitas diri seperti KTP atau SIM sebelum pergi ke toko Indomaret terdekat.

  • Bukti identitas penerima dana

Selain identitas pengirim, identitas penerima dana juga harus diserahkan kepada kasir. Identitas penerima yang dibutuhkan adalah nama dan nomor yang bisa dihubungi.

  • Langsung menuju kasir

Setelah itu, kunjungi toko Indomaret terdekat dan langsung saja menuju kasir. Sampaikan maksud kamu kepada kasir dan serahkan identitas diri sebagai pengirim dana. Jangan lupa untuk menyampaikan data diri penerima seperti nama dan nomor yang bisa dihubungi.

  • Serahkan sejumlah yang ingin ditransfer

Kasir akan menginput transaksimu dan menyampaikan jumlah dana ditambah biaya transfer yang dikenakan sebesar Rp. 6.500. Setelah kamu menyerahkan uang yang akan ditransfer berikut biaya transfernya, kasir akan memproses transaksimu.

  • Transaksi diproses

Dalam waktu singkat, transaksi diproses dan kamu akan mendapatkan kode MTCN melalui SMS Dompetku

Baca Juga :  Cocok Buat Anak Desain! Inilah Tips dan Contoh Resume Desainer Baju
  • Simpan kode MTCN dan bukti transfer

Kamu harus menyimpan SMS kode MTCN tersebut dan menyampaikannya kepada penerima dana. Selain itu, kamu harus menyimpan bukti transfer berupa struk yang diberikan oleh kasir sampai transaksi dinyatakan selesai oleh penerima dana.

Sampai di sini, kamu tinggal menunggu kabar dari penerima untuk mengambil uang yang kamu kirim.

kirim uang lewat indomaret
Kirim uang lewat indomaret

Langkah-langkah Mengambil Uang

Setelah menerima kode MTCN dari kamu, penerima akan mengunjungi toko Indomaret terdekat untuk mengambil dana yang kamu kirim. Langkah-langkah yang harus dilakukan penerima adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bukti identitas diri seperti KTP atau SIM sebelum pergi ke toko Indomaret terdekat
  2. Kunjungi bagian kasir
  3. Sampaikan maksud kepada kasir dan serahkan kode MTCN yang sudah dikirim.
  4. Kasir akan menginput kode yang disampaikan penerima
  5. Transaksi diproses.
  6. Kasir menyerahkan uang sejumlah yang kamu kirim tanpa dipotong biaya lagi.

Sampai di sini, kamu sudah selesai berkirim uang lewat Indomaret.

Perhatian Saat Kirim Uang Lewat Indomaret

Langkah-langkah untuk kirim uang lewat Indomaret di atas sangat mudah dan cepat, bukan? Akan tetapi, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Kode MTCN yang dikirim lewat SMS berlaku sebagai kode yang akan digunakan penerima untuk mengambil dana yang sudah kamu kirim. Kode ini berlaku selama sebulan setelah diterbitkan. Selain itu, kasir juga akan memberikan struk sebagai bukti transfer yang sudah kamu lakukan saat kirim uang lewat Indomaret.

Untuk itu, kode itu tidak boleh hilang dan harus tetap kamu simpan sampai transaksi dinyatakan selesai dengan diterimanya uang oleh penerima. Akan tetapi jika terlanjur hilang, kamu harus menghubungi Customer Service TrueMoney di nomor 08041000100.

Baca Juga :  Cara Menabung Dengan Cepat dan Aman Agar Tujuan Finansial Tercapai

Jangan lupa, kamu perlu menyiapkan kartu identitas dan bukti pengiriman berupa struk yang kamu terima ketika kamu bertransaksi.

kirim uang lewat indomaret
Kirim uang lewat indomaret

Tanya Jawab Seputar Kirim Uang Lewat Indomaret

Berapa biaya Kirim uang Lewat Indomaret?

Selain syarat tersebut, Anda juga harus menyiapkan biaya admin. Besaran biaya admin kirim uang lewat Indomaret adalah Rp 6.500. Setiap kirim transfer uang lewat Indomaret sebesar Rp 50.000, pengirim perlu menyiapkan Rp 56.500 termasuk biaya admin.

Transfer uang bisa lewat apa saja?

Cara Transfer Uang Beda Bank tanpa ATM
1. Teller bank. Teller adalah petugas bank yang melayani nasabah langsung di kantor bank.
2. Internet banking
3. SMS banking
4. E-wallet
5. Aplikasi transfer dana
6. Gerai retail
7. Kantor pos
8. Platform manajemen pengeluaran

Jika kita tidak punya ATM Apakah bisa transfer uang?

Jadi, Anda bisa mengirim uang ke rekening orang lain tanpa perlu menggunakan ATM. Caranya adalah sebagai berikut. Kunjungi lokasi agen terdekat. Lengkapi formulir pengiriman uang meliputi informasi rekening bank penerima. Berikan formulir yang telah diisi kepada agen beserta uang dan biaya transfer secara tunai.

Apakah bisa transfer lewat kasir Indomaret?

Kirim uang lewat Indomaret bisa dilakukan kapan saja lewat kasir. Proses kirim uang lewat Indomaret mudah tanpa formulir. Proses sangat cepat bisa langsung diambil penerima. Biaya kirim uang relatif murah.

Apakah LinkAja bisa diambil di Indomaret?

Akan tetapi sebagai pengguna seharusnya juga mengimbangi dengan penggunaan uang cash karena tidak semua hal bisa dilakukan pembayaran menggunakan uang non tunai. Namun untuk pengambilan uang tunai yang ada di saldo aplikasi LinkAja tetap bisa dilakukan kan salah satunya di minimarket Indomaret.

Penutup

Maraknya perusahaan fintech memudahkan proses berkirim uang dengan menyediakan berbagai aplikasi. Tetapi kelemahan semua aplikasi itu ialah perlunya penyediaan dana setelah transaksi pengiriman selesai.

Ini dilakukan dengan menghubungkan rekening bankmu atau mengirimnya lewat gerai yang melayani pembayaran online. Untuk kamu yang tidak ingin repot lagi, kirim uang lewat Indomaret menjadi pilihan tepat saat kamu harus berkirim uang.