harga asuransi kendaraan

Harga Asuransi Kendaraan dengan Premi Murah Agar Tidak Salah Pilih

Ada banyak sekali jenis asuransi mobil yang tentunya membuat kamu menjadi hidup lebih tenang dan aman dikarenakan kendaraan semakin terlindungi serta terawat. Tetapi, dari banyaknya jenis tersebut, tentu saja pelanggan lebih memilih harga asuransi kendaraan dengan premi yang murah. Nah, untuk bisa mewujudkannya, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

harga asuransi kendaraan
Harga asuransi kendaraan

Tips Memilih Harga Asuransi Kendaraan dengan Premi Murah

1. Memilih Perusahaan Terpercaya

Sekarang ini, telah banyak opsi perusahaan asuransi yang tentu saja memiliki keunggulan dan membuat kamu lebih mudah memilih harga asuransi kendaraan yang preminya murah. Tetapi harga murah tak berarti kamu tak memperhatikan tentang kredibilitas perusahaan itu. Untuk itu, penting sekali pilih perusahaan asuransi yang reputasinya baik.

Kamu dapat mengecek langsung dengan datang ke perusahaan asuransi ataupun survey melalui internet. Kamu dapat mengecek bagaimana perusahaan itu menyelesaikan pengajuan klaim asuransi mobil kepada pemegang polis. Ketahui pula berapa lama waktu yang diperlukan saat hendak mengajukan klaim.

2. Menyesuaikan Kemampuan dan Kebutuhan

Tips pilih harga asuransi kendaraan murah selanjutnya yakni harus menyesuaikan kebutuhan secara finansial. Ada 2 kategori opsi asuransi, yakni TLO (Total Loss Only) dan all risk. Kedua jenis asuransi tersebut menawarkan kelebihannya masing-masing yang dapat kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Inilah 14 Cara Mendapat Uang Dengan Menonton Iklan, Apa Saja?

Asuransi all risk biaya preminya jauh lebih mahal dikarenakan mencakup keseluruhan perlindungan mobil, baik kerusakan ringan maupun berat. Asuransi tersebut pun kurang pas bagi kamu yang tak kerap menggunakan mobil setiap hari, khususnya bagi orang yang beli mobil baru.

Asuransi berjenis TLO walau perlindungannya hanya kepada kendaraan yang rusaknya di atas 75 persen, preminya terbilang jauh lebih terjangkau. Tetapi, perlu diketahui pula pertimbangan pemilihan dari produk asuransi ini berdasarkan dengan keadaan mesin mobil, fisiknya, hingga usianya.

harga asuransi kendaraan
Harga asuransi kendaraan

3. Mencermati Produk Asuransi

Kamu perlu betul-betul mencermati produk asuransi supaya mampu mendapatkan harga asuransi kendaraan premi terjangkau. Walau telah pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, perlu dicermati lagi dengan detail. Pahamilah seluk beluk dari polis asuransi yang akan dipilih serta manfaat yang diberikan maupun mengenai fungsinya.

Jangan hanya tergiur oleh penawaran polis dengan harga murah, namun tak memberi banyak manfaat bagi kamu. Biasanya, semakin tinggi premi yang dibayarkan, maka fasilitas yang kamu peroleh pun akan semakin banyak. Hal itu pun berlaku apabila dibalik.

Namun, terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang memberi penawaran berupa harga premi terjangkau, namun di sisi lain kamu dapat memperoleh banyak manfaat. Oleh sebab itu, alangkah baiknya melakukan perbandingan diantara perusahaan asuransi kendaraan yang satu dengan yang lainnya untuk memperoleh yang terbaik.

4. Mempertimbangkan Rekomendasi Dealer

Bila masih ragu dalam memilih terkait harga asuransi kendaraan dengan premi murah, maka kamu dapat mempertimbangkan rekomendasi dari dealer. Pasalnya dealer merupakan tempat yang pas untuk pilih perusahaan asuransi yang kredibel ketika kamu beli mobil, baik kondisi bekas atau baru.

Dari dealer, kamu akan semakin mudah dalam melakukan filter ketika cari perusahaan asuransi yang terbaik tanpa perlu takut kedepannya merasa rugi. Dealer yang menjadi tempat kamu beli mobil pastinya tak akan merekomendasikan asuransi yang berasal dari perusahaan abal-abal. Dealer telah pasti professional serta tak ingin pelanggannya kecewa.

Baca Juga :  Mengapa Anda Butuh Water Purifier?

5. Memiliki Bengkel Rekanan yang Banyak

Walau cari harga asuransi kendaraan yang terjangkau, perlu kamu perhatikan juga mengenai apakah perusahaan asuransi tersebut mempunyai rekanan bengkel dengan jaringan di banyak tempat atau tidak. Saat perusahaan asuransi memiliki banyak bengkel rekanan yang tersebar di berbagai tempat, sebetulnya dapat dijadikan tolok ukur kalau perusahaan itu memang professional.

Jaringan bengkel rekanan pun akan mempengaruhi proses klaim asuransi kamu ketika terjadi kecelakaaan ataupun kerusakan mobil. Jika ada opsi bengkel rekanan dengan jangkauan wilayah yang cukup dekat dengan rumah kamu, tentu saja jauh lebih baik dikarenakan memudahkan sekali bila kamu hendak mengklaim asuransi ketika mobil mengalami kendala.

harga asuransi kendaraan
Harga asuransi kendaraan

6. Memperhatikan Kontrak Kerja Sama

Tips selanjutnya ketika kamu ingin menemukan harga asuransi kendaraan premi murah adalah dengan memperhatikan kontrak kerja sama. Berbagai istilah yang terdapat dalam dunia asuransi memanglah tak mudah untuk dipahami. Namun, kamu harus mengetahui sejumlah istilah dasar supaya paham isi dari kontrak kerja sama perusahaan asuransi.

Perhatikan juga mengenai polis asuransi kendaraan yang kamu terima. Selain itu, jangan lupa untuk cek secara detail tentang apa sajakah jenis kerusakan ataupun kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

7. Mempelajari Penawaran Polis  dengan Seksama

Kamu memiliki kewajiban untuk selalu mempelajari dengan rinci seluruh jenis pilihan asuransi yang memang diminati. Lalu, pilihlah jenis polis yang memang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Jangan lupa pula untuk mencermati dengan detail tentang jenis polis asuransi mobil yang murah itu berdasarkan pada fungsi dan manfaat yang betul-betul diinginkan.

Untuk itu, kamu jangan mudah untuk menyetujui suatu penawaran tanpa berpikir panjang. Bisa saja nantinya akan datang penawaran lainnya yang tentu saja lebih tepat untuk kendaraan mobil yang kamu miliki. 

Baca Juga :  Asuransi Mobil All Risk, Apa Saja yang Ditanggung?
harga asuransi kendaraan
Harga asuransi kendaraan

Tanya Jawab Seputar Harga Asuransi Kendaraan

Berapa persen biaya asuransi mobil?

Persentase besaran preminya yaitu berkisar antara 1,05%-4,20%, tergantung dari harga mobil di pasaran dan wilayah domisili nasabah.

Berapa biaya asuransi all risk?

Premi asuransi all risk bisa berkisar hingga 3,5% dari harga kendaraan pertahunnya. Pembayaran asuransi mobil all risk ini biasanya dilakukan setahun sekali, dengan melihat harga beli dari mobil tersebut.

Berapa persen biaya asuransi All risk mobil?

Di mana, biaya asuransi mobil All Risk per tahun akan didasarkan pada ketentuan tarif nasional yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Persentase besaran preminya yaitu berkisar antara 1,05%-4,20%, tergantung dari harga mobil di pasaran dan wilayah domisili nasabah.

Apa asuransi mobil terbaik?

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2022
1. Asuransi Sinar Mas Mobil
2. Asuransi Astra Garda Oto
3. ACA Asuransi Mobil
4. Zurich Autocillin
5. Asuransi AXA Mandiri
6. Asuransi Rama
7. Asuransi Simas Insurtech
8. Asuransi Tokio Marine

Apa itu premi asuransi mobil?

Premi, sejumlah uang yang harus dibayarkan sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi kepada perusahaan asuransi. Rider, manfaat tambahan atau perluasan manfaat yang ada di luar polis dasar.

Apa Beda asuransi All risk dan TLO?

Asuransi TLO adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75 persen. Sementara pengertian asuransi all risk adalah asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil akibat kerusakan kecil ataupun kerusakan besar.

Bagaimana cara menghitung premi asuransi yang tepat?

Rumus menghitung premi asuransi jiwa adalah Jumlah Premi: Tarif Premi x Jumlah Pertanggungan.

Penutup

Nah, demikian beberapa tips yang bisa kamu coba apabila hendak memilih harga asuransi kendaraan yang preminya bersahabat di kantong. Sekarang ini kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk memudahkan pencarian perusahaan asuransi yang sesuai dengan keinginan. Tentu saja jika pencarian dilakukan secara online akan terasa lebih efektif.