manfaat percetakan

Inilah 7 Manfaat Percetakan Digital Bagi Para Pengusaha yang Tak Banyak Orang Tahu

Di tengah perkembangan teknologi printing yang sudah semakin maju seperti sekarang ini, ternyata masih ada sebagian orang yang belum tahu mengenai apa saja manfaat percetakan digital bagi para pengusaha. Jika Anda termasuk salah satunya, maka perlu menyimak informasi mengenai sejumlah manfaat penting percetakan digital bagi para pelaku usaha di artikel berikut ini.

manfaat percetakan
Manfaat percetakan

Apa Saja Manfaat Percetakan Digital Bagi Para Pelaku Usaha di Pasaran?

Percetakan digital atau sering dikenal dengan istilah digital printing, umumnya merupakan sebuah metode percetakan secara modern yang menggunakan teknik digital sebagai media transfer antara materi ke media percetakan. Atau dengan kata lain, digital printing sendiri dikenal sebagai proses cetak gambar yang sudah didesain sedemikian rupa untuk diubah ke media fisik. Berkaitan dengan manfaat percetakan digital sendiri, banyak dari jasa layanan digital printing yang biasanya menggunakan printer laser ataupun printer inkjet lantaran hasil cetak gambar lebih cepat.

Adapun beberapa produk yang sudah menggunakan teknik digital printing sendiri, yakni seperti cetak kalender, kartu nama, brosur, banner, id card, flyer, buku spiral dan lain sebagainya. Sehingga, tidak mengherankan jika saat ini banyak sekali para pelaku usaha yang tertarik menggunakan metode digital printing dalam menciptakan produk-produk percetakan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga :  Cara Menabung Di ATM Mandiri Yang Harus Anda Ketahui!

Terlepas dari hal tersebut, Anda sendiri pastinya penasaran bukan mengenai manfaat percetakan digital tersebut? Karena itulah, di bawah ini ada beberapa manfaat penting dari percetakan digital bagi para pelaku usaha yang bisa Anda ketahui dan pahami.

1. Manfaat Percetakan Digital Menawarkan Banyak Pilihan Warna

Perlu Anda ketahui, bahwa salah satu manfaat percetakan digital yang banyak ditawarkan oleh jasa layanan di pasaran, yakni umumnya hadir dengan menawarkan banyak sekali pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan para pengusaha. Tentu saja, hal ini mengartikan bahwa warna apapun pada hasil cetakan bisa diwujudkan dengan menggunakan percetakan digital satu ini. Sehingga jika Anda nantinya ingin mencetak beberapa produk digital printing, maka bisa menyesuaikan dengan pilihan warna yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. 

2. Harga Digital Jauh Lebih Murah

Manfaat percetakan digital yang bisa Anda ketahui selanjutnya, yakni hadir dengan menawarkan harga yang jauh lebih murah bagi para pelaku usaha. Sebab berapapun jumlah lembaran / produk digital yang ingin dicetak dalam bentuk media fisik, harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan percetakan biasa atau konvensional. Dengan adanya percetakan digital yang ditawarkan satu ini, tentunya akan menjadi angin segar bagi para pelaku usaha lantaran bisa menghemat biaya produksi, bukan?

3. Memiliki Tingkat Ketajaman dan Kejernihan Gambar yang Tinggi

Jika dilihat dari kualitas cetakan digital printing sendiri, tentu saja memiliki hasil cetakan yang jauh lebih tajam tanpa adanya bayangan di setiap huruf dan juga gambar yang dihasilkan. Bahkan bisa Anda lihat nantinya, bahwa pada hasil cetak gambarnya akan terlihat lebih jernih meskipun diperbesar dalam ukuran berapa saja, tidak akan terlihat samar atau buram. Bahkan keuntungan dan manfaat percetakan digital sendiri, juga dikatakan akan sangat berdampak positif bagi perusahaan, sehingga akan memberikan kepuasan bagi para konsumen yang menggunakan jasa tersebut.

Baca Juga :  Mengungkap Kerugian Menggunakan Kredivo Yang Perlu Diketahui

4. Menawarkan Manfaat Percetakan Digital yang Lebih Ramah Lingkungan

Banyaknya pengusaha yang memilih menggunakan digital printing, yakni karena manfaat percetakan satu ini jauh lebih ramah lingkungan, dengan pengoperasian mesin percetakan yang digunakan tidak banyak memakai tinta, kertas dan bahan print lain. Ini tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan percetakan dengan mesin konvensional, yang mana ketika terjadi kesalahan akan banyak membuang tinta dan kertas. Bisa Anda bayangkan bukan, berapa banyak kira-kira limbah kertas dan tinta yang akan terbuang sia-sia yang dapat menjadikan penggunaannya kurang ramah terhadap lingkungan.

5. Desain Percetakan Digital Bisa Diubah Sesuai Keinginan

Jauh berbeda dengan percetakan dengan menggunakan mesin konvensional yang memanfaatkan sistem plat, manfaat percetakan digital biasanya memiliki desain yang bisa diubah dengan mudah sesuai keinginan penggunanya. Dalam hal ini, Anda nantinya bisa melakukan perubahan pada perangkat PC / komputer dalam waktu singkat dengan proses pencetakan yang bisa dilakukan dengan lebih cepat. Apabila menggunakan mesin percetakan biasa, biasanya Anda akan kesulitan dalam melakukan perubahan desain pada sebuah plat yang sudah disiapkan, sehingga hal ini akan lebih boros dalam pengeluaran perusahaan.

manfaat percetakan
Manfaat percetakan

6. Hasil Cetakan Sama Persis dan Konsisten Sebagai Manfaat Percetakan Digital

Mampu menawarkan warna, gambar dan hasil cetak yang tetap konsisten dan sama persis, menjadi manfaat percetakan digital yang banyak dipertimbangkan bagi para pelaku usaha. Jauh berbeda dengan menggunakan mesin biasa, yang mana akan ada perbedaan warna antara cetakan pertama dengan cetakan yang terakhir lantaran volume tinta di dalam tabung tidak sama. Adanya perbedaan warna yang dihasilkan satu ini, tentunya akan sangat mempengaruhi tampilan tulisan, khususnya gambar yang memang menjadi fokus utama dari hasil cetakan tersebut nantinya.

Baca Juga :  Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk Yang Wajib Kamu Ketahui

7. Proses Percetakan Digital Jauh Lebih Cepat

Adapun manfaat percetakan digital lain yang akan Anda peroleh jika menggunakan digital printing, yakni memiliki proses pencetakan gambar yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mesin konvensional biasa. Hal ini dikarenakan, disini Anda hanya perlu memberikan desain cetakan yang nantinya akan ditransfer ke dalam perangkat PC / komputer yang sudah dihubungkan dengan mesin print dan kemudian dicetak. Sehingga berapapun jumlah gambar yang ingin dicetak menggunakan digital printing, maka akan dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pencetakan nantinya.

Setelah melihat banyaknya manfaat percetakan digital bagi para pengusaha di atas, apakah Anda masih ragu menggunakan sistem digital printing satu ini? Sebab tidak hanya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus dan unggulan, digital printing juga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pencetakan gambar yang diinginkan nantinya.