Tips jaga kesehatan saat pandemi

Agar Tidak Tertular Virus, Begini Tips Jaga Kesehatan Saat Pandemi

4 views
Bagikan artikel ini

Sudah lebih dari setahun virus corona/covid-19 menyerang dunia. Berawal dari Wuhan, China kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Virus ini sangat berbahaya bahkan hingga merenggut nyawa. Banyak sekali manusia yang meninggal akibat terserang virus ini. Virus mematikan ini dapat menyebar melalui benda-benda yang terkontaminasi virus. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Berikut tips jaga kesehatan saat pandemi.

Beberapa Tips Jaga Kesehatan Saat Pandemi

1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Hal utama yang harus Anda penuhi untuk menjaga kesehatan tubuh dimulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi yang dimaksud adalah 4 sehat 5 sempurna yang sesuai dengan saran para ahli gizi karena asupan protein, vitamin, mineral, lemak, dan karbohidrat yang bermanfaat untuk tubuh pasti terpenuhi.

4 sehat 5 sempurna berupa karbohidrat yang didapat dari kentang, ubi atau nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Laukpauk berupa daging, ikan, dan ayam sebagai protein hewani dan sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, dan lain sebagainya sebagai protein nabati. Vitamin diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, apel, pisang, dan lain-lain. Kemudian susu yang mengandung nutrisi. 

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

2. Selalu memakai masker

Karena virus dapat menular melalui percikan air liur seseorang saat berbicara atau melalui percikan yang keluar saat seseorang batuk maupun bersin, maka tips jaga kesehatan saat pandemi diwajibkan memakai masker dimanapun berada. Masker berguna untuk mencegah percikan-percikan tersebut.

Masker yang efektif menangkal virus adalah masker 3 ply karena mempunyai 3 lapisan pelindung. Masker 3 ply biasanya digunakan sekali buang, yang mana setelah digunakan seharian, masker harus dibuang dan harus ganti dengan masker yang baru.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

3. Rajin mencuci tangan dengan sabun

Ketika sering menyentuh benda-benda di tempat umum, Anda harus rajin mencuci tangan dengan sabun. Saat pandemi, di setiap sudut tempat umum biasanya disediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya. Sabun yang digunakan biasanya sabun yang mengandung bahan-bahan tertentu yang ampuh untuk membasmi virus. Tingkat keefektifannya pun tinggi.

Cara yang tepat saat mencuci tangan sebagai tips jaga kesehatan saat pandemi yaitu dengan membasahi telapak tangan pada air mengalir. Setelah itu, telapak tangan diberi sabun dan gosokkan ke punggung tangan, telapak tangan, dan sela-sela jari selama minimal 20 detik. Jika sudah, bilaslah dengan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih. Lalu keringkan.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

4. Selalu membawa hand sanitizer saat bepergian

Hand sanitizer bisa digunakan sebagai pengganti cuci tangan apabila Anda tidak menemukan tempat cuci tangan saat bepergian. Hand sanitizer sangat praktis dan bisa Anda bawa di dalam tas. Saat ini ada banyak sekali produk hand sanitizer dari berbagai merk yang sesuai dengan rekomendasi WHO dan termasuk tips jaga kesehatan saat pandemi.

WHO memberikan rekomendasi produk hand sanitizer yang memiliki kandungan alcohol minimal 60%. 60% atau lebih kandungan alcohol yang terkandung dalam hand sanitizer efektif membunuh virus berukuran besar yaitu 400-500 mikrometer. Apabila kandungan alkohol kurang dari 60%, maka hanya bisa membunuh bakteri berukuran kecil yaitu 0,5-5 mikrometer.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

5. Tidak menyentuh wajah dengan tangan ‘kotor’

Hal ini biasanya tidak disadari karena menyentuh wajah sering terjadi secara reflek. Tips jaga kesehatan saat pandemi adalah menyentuh wajah sangat dilarang karena tangan yang masih ‘kotor’ mengandung banyak virus setelah berkegiatan di luar rumah. Tangan yang ‘kotor’ maksudnya adalah belum menggunakan hand sanitizer maupun cuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.

Penularan virus sangat mudah terjadi jika tangan Anda menyentuh wajah dengan kondisi yang masih ‘kotor’. Oleh karena itu, apabila belum menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, sebisa mungkin hindarilah menyentuh wajah, baik menyentuh mata hidung, dan mulut karena penularan virus corona bisa masuk melalui tiga titik tersebut.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

6. Tidak menggunakan transportasi umum

Ketika akan bepergian, tips jaga kesehatan saat pandemi adalah lebih baik menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum. Transportasi umum bisa menjadi sumber penularan virus corona karena berbagai kalangan manusia dari daerah yang berbeda-beda berkumpul menjadi satu di transportasi umum tersebut.

Anda tidak tahu apakah di dalam transportasi umum tersebut ada orang-orang yang membawa virus corona atau tidak. Transportasi umum kerap menjadi momok dalam penularan virus corona karena tempat duduk yang ada di dalam transportasi umum digunakan oleh beberapa orang yang berbeda-beda. Sehingga lebih baik gunakanlah kendaraan pribadi saat bepergian.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

7. Membawa peralatan makan sendiri dari rumah

Saat bepergian, tips jaga kesehatan saat pandemi yaitu lebih baik membawa peralatan makan seperti sendok dan garpu sendiri dari rumah. Namun pastikan peralatan makan Anda sudah dicuci bersih dengan sabun. Peralatan makan di tempat makan umum kurang bisa dipercaya kebersihannya, karena virus corona dapat bertahan lumayan lama di permukaan logam.

Terkadang peralatan makan di tempat makan umum hanya dicuci dengan sabun yang sedikit atau bahkan dicuci hanya menggunakan air mengalir saja, sehingga membawa peralatan makan sendiri bisa mencegah penularan virus corona. Sesampai di rumah, cucilah peralatan makan Anda yang telah digunakan dengan menggunakan air mengalir yang bersih dan sabun.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

8. Social distancing dengan orang lain

Tips jaga kesehatan saat pandemi berupa social distancing yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Jarak minimal 1 meter dimaksudkan supaya Anda tidak terkena percikan air liur yang keluar dari mulut orang lain yang sedang berbicara. Ketika Anda merasa sedang tidak sehat, lebih baik di rumah saja agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

Apabila memang terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa untuk social distancing dengan orang lain. Hindari tempat-tempat yang membuat kerumunan karena di tempat-tempat tersebut Anda akan berdesakan dengan orang lain sehingga penyebaran virus corona akan semakin luas dan akan merugikan diri Anda sendiri.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

9. Menutup mulut saat bersin

Hal ini membantu menyelamatkan orang lain karena dengan tips jaga kesehatan saat pandemi dengan menutup mulut saat bersin akan meminimalisir atas semakin merebaknya penularan virus corona. Sangat mudah dilakukan namun efek yang ditimbulkan begitu menguntungkan. Ketika bersin, Anda bisa menutup mulut dengan tissue/tangan.

Jika menutup mulut menggunakan tangan, setelahnya Anda harus langsung mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer supaya virus yang ada di tangan Anda bisa langsung mati seketika. Jika menutup mulut menggunakan tissue, setelahnya tissue tersebut harus langsung Anda buang di tempat sampah yang tertutup supaya virus tidak menyebar.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

10. Rajin berolahraga

Berolahraga dengan rajin dan teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan membuat Anda selalu sehat saat pandemi. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda lakukan disesuaikan dengan minat. Jenis olahraga seperti bersepeda, jogging, hingga senam maupun yoga bisa membuat daya tahan tubuh Anda meningkat.

Orang yang tidak pernah olahraga akan lebih mudah terserang penyakit dibandingkan mereka yang rajin berolahraga. Bahkan, orang yang rajin berolahraga akan terbentuk imunitas dalam tubuhnya karena sering bergerak dan mengeluarkan keringat daripada orang yang tidak pernah berolahraga. Sehingga, tips jaga kesehatan saat pandemi ini begitu bermanfaat.

Tips jaga kesehatan saat pandemi
Tips jaga kesehatan saat pandemi

Penutup

Sekian tips jaga kesehatan di masa Pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 ini memang besar pengaruhnya bagi keseharian Anda. Meskipun berangsur-angsur pulih dengan diterapkannya new normal, Anda tetap harus mematuhi protokol dan menjaga kesehatan. Semoga anda sehat selalu, dijauhkan dari corona, dan selalu stay safe dimasa pandemi ini.