cara cek saldo e-money di hp tanpa nfc

Cara Cek Saldo E-money di Hp Tanpa NFC Dengan Mudah dan Cepat!

E-money atau uang elektronik adalah uang yang tersimpan di dalam sistem perbankan, dan digunakan untuk melakukan berbagai transaksi elektronik. Kini tidak perlu ribet, cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC sudah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sebelum digunakan, e-money harus diisi saldonya terlebih dahulu untuk memastikan apakah saldonya cukup untuk melakukan transaksi atau tidak. Salah satu cara untuk mengecek saldo e-money adalah menggunakan NFC atau Near Field Communication, yaitu jenis komunikasi medan dekat.

Teknologi NFC kini bisa digunakan di smartphone kelas menengah maupun flagship, kartu pembayaran, dan juga smartband. Nah, kini Anda juga bisa menggunakan NFC untuk mengecek saldo e-money dengan mudah.

cara cek saldo e-money di hp tanpa nfc
Cara cek saldo e-money di HP tanpa NFC

Begini Cara Cek Saldo E-money di Hp Tanpa NFC, Pasti Berhasil!

NFC memang hanya bekerja pada tipe smartphone tertentu, pada beberapa jenis Hp tidak bisa berfungsi. Oleh karena itu, jika Hp yang Anda gunakan tidak memiliki fitur NFC, maka harus menggunakan cara lain untuk bisa mengecek saldo e-money menggunakan Hp.

Cara ini memang masih terbatas pada jenis rekening tertentu saja, yaitu rekening Mandiri. Untuk jenis rekening lainnya memang bisa mengecek saldo e-money, namun tidak bisa jika menggunakan Hp.

Baca Juga :  Cocok Buat Anak Desain! Inilah Tips dan Contoh Resume Desainer Baju

Namun jika Anda menggunakan rekening Mandiri, tidak perlu khawatir karena sudah tersedia fitur Mandiri e-money yang bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo e money Anda dengan mudah tanpa NFC. Yuk, ikuti caranya berikut ini!

1. Mandiri E-money

Rekening Mandiri kini masih menjadi satu-satunya rekening yang memiliki layanan pengecekan saldo uang elektronik menggunakan Hp yang tidak memiliki fitur NFC sekalipun.

Selama Hp Anda terhubung dengan internet atau memiliki sinyal yang baik, maka pengecekan bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC dengan mudah.

  • Buka halaman Internet Banking Mandiri melalui link ib.mandiri.co.id, selanjutnya masuk ke akun rekening Mandiri Anda.
  • Selanjutnya, klik menu “Uang Elektronik” atau “E-money” kemudian pilih “Mandiri e-money” untuk mengecek saldo e money Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih menu “Saldo”, kemudian ketikan 16 digit angka yang ada pada kartu fisik Mandiri e-money yang Anda miliki.
  • Setelah klik “Kirim”, Anda tunggu sebentar selama proses berlangsung. Jika sudah selesai, maka saldo kartu e-money Anda akan muncul.

Itulah cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Mandiri e-money. Untuk jenis rekening lainnya, memang belum tersedia fitur pengecekan tanpa NFC, namun Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengecek saldonya.

cara cek saldo e-money di hp tanpa nfc
Cara cek saldo e-money di HP tanpa NFC

2. Flazz BCA

Selain rekening Mandiri, Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo uang elektronik menggunakan Flazz BCA. Meskipun tidak sama dengan cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC karena memerlukan mesin ATM, namun caranya juga cukup mudah untuk dilakukan.

  • Anda hanya perlu datang ke mesin ATM BCA terdekat, kemudian masukkan kartu Flazz BCA yang Anda miliki pada slot di mesin ATM tersebut.
  • Selanjutnya, mesin ATM akan memproses kartu yang Anda masukkan dan menampilkan saldo kartu Flazz BCA milik Anda. Jika sudah selesai melihat saldo uang elektronik Anda, klik pilihan “Selesai”.
  • Terakhir, setelah mengecek saldo, jangan lupa cabut kartu e-money Flazz BCA dari mesin ATM, jika tidak dicabut, kartu akan tertelan mesin ATM.
Baca Juga :  Cara Take Over Pinjaman Bank BRI

Meskipun berbeda dengan cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC, namun Anda hanya perlu mendatangi mesin ATM terdekat dan melakukan cara di atas dengan cepat dan mudah.

3. Tapcash BNI

Belum bisa digunakan pada Hp tanpa NFC, cara mengecek saldo e-money di BNI hampir sama dengan cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFCyang dilakukan pada rekening BCA. Anda bisa menggunakan mesin EDC maupun ATM untuk mengecek saldonya.

  • Kunjungi ATM BNI terdekat, untuk melakukan pengecekan saldo e-money.
  • Selanjutnya tekan tombol hijau pada mesin ATM yang bertuliskan “Enter” atau “Accept”.
  • Selanjutnya, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, bisa memilih Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, selanjutnya tekan “Enter”.
  • Setelah itu, letakkan kartu Tapcash BNI pada mesin reader yang ada di mesin ATM BNI yang memiliki stiker khusus Tapcash BNI.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, kemudian akan tampil saldo Tapcash BNI yang menjadi uang elektronik Anda.

Itulah cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC yang bisa dilakukan menggunakan Tapcash BNI, cukup mudah bukan? Hanya perlu menemukan mesin ATM, kemudian saldo e-money Anda akan tampil.

4. Brizzi BRI

Jika Anda menggunakan BRI, Anda bisa memanfaatkan layanan Brizzi BRI untuk mengecek saldo e-money Anda tanpa menggunakan NFC, cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC di BRI bisa dilakukan dengan mencari ATM BRI terdekat, lalu lakukan langkah ini:

  • Masukkan kartu debit Brizzi BRI ke dalam mesin ATM BRI.
  • Kemudian pilih menu “Lainnya”, lalu pilih “Info Saldo Brizzi”.
  • Kemudian tempelkan kartu Brizzi BRI yang Anda miliki pada reader di mesin ATM. Tunggu beberapa saat hingga mesin selesai memproses, kemudian akan tampil saldo e-money Anda.
Baca Juga :  Kenali Istilah Asuransi Berikut Pada Kehidupan Anda

Nah, itulah cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC yang bisa dilakukan menggunakan Brizzi BRI, cukup mudah dan simple bukan?

cara cek saldo e-money di hp tanpa nfc
Cara cek saldo e-money di HP tanpa NFC

Tanya Jawab Seputar Cara Cek Saldo E-money di Hp Tanpa NFC

Apakah bisa cek saldo e-money tanpa NFC?

Cek Saldo Melalui ATM

Cara cek e-money tanpa NFC melalui ATM yang memiliki logo khusus e-money. Anda harus mendatangi langsung ATM Bank e-money untuk melihat saldonya.

Apakah bisa cek saldo e-money di HP?

Namun, salah satu kekurangan dari e-money maupun e-toll adalah pengguna sulit untuk mengecek saldo didalamnya. Hal tersebut tidak menjadi halangan karena para pengguna kini bisa melakukan pengecekan saldo melalui ponsel yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Cek e-money pakai aplikasi apa?

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi cek saldo e-money yang bisa kamu miliki gratis di ponselmu.
1. Saldoku
2. E-Chis
3. BNI TapCash Go
4. BRI Mobile
5. BCA Mobile
6. Livin’by Mandiri
7. Tokopedia

Apakah bisa melacak e-money?

Pada kenyataannya, e-money dengan nilai top up maksimal Rp 1 juta tak masuk inventori bank, sebagai salah satu lembaga yang mengeluarkan produk ini. Artinya, pencuri atau pengguna nakal kartu e-money juga tak bisa dilacak.

Apakah NFC bisa update saldo?

Kamu bisa perbarui saldo uang elektronik kamu di HP yang dilengkapi fitur NFC, ATM bank dari kartu uang elektronik kamu, atau minimarket terdekat.

Kenapa tidak bisa cek saldo e-money?

Kebanyakan orang tidak tepat menempelkannya atau tidak menunggu sampai saldo terdeteksi. Biasanya bagian NFC terletak di dekat kamera belakang dan durasi NFC mendeteksi E-Money mulai dari 2-5 detik.

cara cek saldo e-money di hp tanpa nfc
Cara cek saldo e-money di HP tanpa NFC

Penutup

Cara mengecek saldo e-money ternyata bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik menggunakan NFC maupun tanpa NFC. Cara cek saldo e-money di Hp Tanpa NFC bisa dilakukan di berbagai rekening bank di Indonesia.