cara aktifkan gopay later

Cara Aktifkan GoPay Later: Cara Daftar, Menggunakan, dan Membayar Tagihannya

Cara aktifkan GoPay Later tidaklah sulit, Anda dapat mengetahui langkah-langkahnya melalui aplikasi Gojek dan sudah disediakan. Namun, jika belum terlalu jelas, Anda bisa menyimak artikel ini dan mengikuti beberapa langkah atau cara mengaktifkan GoPay Later, bagaimana menggunakannya, dan juga membayar tagihannya.

GoPay Later merupakan salah satu metode pembayaran PayLater melalui layanan Gojek, di mana Anda bisa memesan berbagai layanannya dan cukup membayarnya satu kali saat akhir bulan. Fitur GoPay Later ini merupakan hasil kerja sama antara Gojek dan Findaya, dan sudah terdaftar dan diawasi oleh pihak OJK.

Cara mengaktifkannya pun mudah sebagai salah satu opsi metode pembayaran. Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya? Berikut ini adalah cara aktifkan GoPay Later.

cara aktifkan gopay later
Cara aktifkan gopay later

Cara Aktifkan GoPay Later

Untuk mendapatkan fitur GoPay Later ini, Anda tentunya harus sering bertransaksi menggunakan GoPay saat menggunakan layanan Gojek atau saat membayar merchant lainnya. Untuk aplikasi Gojek Anda yang sudah ada layanan GoPay Later, maka Anda bisa mengikuti cara aktifkan GoPay Later berikut agar bisa menggunakannya untuk bertransaksi.

  • Bukalah aplikasi Gojek, lalu klik menu “GoPay Later” yang ada di antara menu GoPay.
  • Kemudian klik menu “Allow” lalu bacalah beberapa syarat dan ketentuannya.
  • Jika Anda setuju, lalu lanjutkan klik menu “Daftar Sekarang”.
  • Isilah data diri yang diminta dengan benar, seperti meng-upload foto e-KTP dan juga melakukan selfie dengan memegang e-KTP.
  • Setelah mengisi data diri dengan benar, tunggulah beberapa waktu hingga proses verifikasi data selesai.
  • Lalu, lakukan tanda tangan digital, dan GoPay Later Anda siap untuk digunakan.
Baca Juga :  Fitur Aplikasi YouTube Vanced Tanpa Iklan dan Terbaru 2023

Itulah cara aktifkan GoPay Later, mudah sekali bukan? Anda hanya perlu menyediakan e-KTP saja dan mengikuti langkah-langkahnya melalui aplikasi Gojek.

cara aktifkan gopay later
Cara aktifkan gopay later

Cara Menggunakan GoPay Later

Setelah mengetahui cara aktifkan GoPay Later, berikut ini adalah cara menggunakannya melalui aplikasi GoPay Later ataupun melalui aplikasi lainnya yang menjadi partner.

Berikut ini adalah cara menggunakan GoPayLater secara langsung melalui aplikasi Gojek.

  • Setelah Anda memilih layanan Gojek yang akan Anda gunakan, pada metode pembayaran pilihlah GoPay Later sebagai metode pembayaran yang akan anda gunakan.
  • Lalu, pada tampilan konfirmasi persetujuan yang akan muncul pilihlah “Saya setuju pakai GoPay Later”.
  • Lalu, masukkan PIN Gojek Anda untuk melanjutkan transaksinya.

Sedangkan, jika Anda menggunakannya untuk bertransaksi menggunakan aplikasi partner lain, berikut adalah cara menggunakannya.

  • Lakukan transaksi terlebih dahulu, setelah itu pilihlah metode pembayaran menggunakan GoPay.
  • Setelah memilih GoPay, akan muncul dua opsi metode pembayaran. Pilihlah menggunakan GoPay Later.
  • Sebelumnya pastikan rincian transaksi sudah benar. Lalu klik “Bayar”.
  • Masukkan PIN Gojek Anda.
  • Transaksi Anda sudah selesai.
cara aktifkan gopay later
Cara aktifkan gopay later

Cara Membayar Tagihan GoPay Later

Setelah mengetahui cara aktifkan GoPay later dan menggunakannya, lalu bagaimana cara membayar tagihannya? Berikut ini adalah cara membayar tagihan GoPay Later yang harus Anda ketahui.

  • Klik “Bayar” untuk Masuk ke menu daftar transaksi GoPay Layer yang telah Anda lakukan.
  • Lalu, klik menu “Bayar Tagihan” saat Anda ingin menyelesaikan pembayaran.
  • Kemudian, masukkan PIN Gojek Anda.
  • Setelahnya, transaksi pembayaran tagihan Anda telah selesai.

Jika Anda menggunakan GoPay Later ini, maka setiap awal bulan Anda mendapatkan notifikasi pemberitahuan hingga tagihan dibayarkan hingga lunas. Selain itu, Anda akan diberi jangka waktu pembayaran hingga tanggal 5 pada awal bulan sampai jam 23:59:29 WIB. Jika Anda telat membayarnya, maka akan dikenakan denda harian sebesar Rp2.000.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Mendaftar Dana Bansos , Cara Cek Daftar Penerima Bansos, Serta Cara Resmi Mendaftarnya

Kelebihan GoPay Later

Cara aktifkan GoPay Later memang mudah, lalu apa saja kelebihan dari PayLater? Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Bunya Relatif Rendah

Paylater Gojek memiliki bunga yang relatif rendah yaitu 0% dan dikenakan biaya langganan sebesar Rp12.500. Walaupun Anda melakukan transaksi mencapai limit hingga dua kali lebih besar, namun biaya langganannya tetap.

  • Fitur Grace Periode

Fiture Grace periode merupakan salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh semua Paylater. Fitur ini memberikan Anda pertimbangan dan masa tenggang untuk meyakinkan bahwa Anda harus membayar tagihan. Selain itu, juga untuk menghindarkan Anda dari denda dan mengantisipasi hal tidak terduga pada awal bulan.

  • Terdapat Pilihan Limit

Walaupun user tidak bisa meningkatkan limit PayLater, namun pada saat awal proses atau melakukan cara aktifkan Gopay Later ini Anda dapat menentukan limit. Jadi, sebagai user, Anda bisa memperkirakan sendiri, berapa limit yang ideal untuk Anda.

cara aktifkan gopay later
Cara aktifkan gopay later

Kekurangan Gopay Later

Selain kelebihan, GoPay Later juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui.

  • Tidak Dapat Digunakan Semua Orang

Tidak semua orang bisa mendapatkan penawaran untuk menggunakan GoPay Later ini. Hanya orang-orang yang menerima undangan saja, yang bisa melanjutkan ke proses cara aktifkan GoPay Later.

  • Rata-rata Limit

Walaupun user bisa memilih limit yang ditawarkan, namun pilihan limit yang dapat dipertimbangkan hanyalah Rp500.000. Namun, hal ini memungkinkan jika limit tersebut bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

  • Potensi Denda yang Tinggi

Walaupun bunga yang ditawarkan 0% namun denda yang dikenakan jika telat membayarnya adalah Rp2.000/hari. Nominal ini memang tidak terlalu besar jika Anda melakukan transaksi sebesar Rp250.000, dan nilai bunganya sama dengan 0,8% sama dengan PayLater lainnya.

Baca Juga :  6 Pilihan Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Terbaik dan Terpercaya di Android
  • Pelunasan Tidak Bisa Dicicil

Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah, tagihan PayLater Gojek ini tidak bisa dilunasi dengan cara dicicil. Jadi, setiap bulan Anda harus membayarnya secara penuh sesuai dengan nominal transaksi yang Anda lakukan.

cara aktifkan gopay later
Cara aktifkan gopay later

Tanya Jawab Seputar Cara Aktifkan GoPay Later

Gimana cara pakai GoPayLater?

Cara Pakai GoPayLater
1. Aktivasi GoPayLater. Klik ‘GoPayLater’ di menu GoPay, lalu tekan tombol ‘Aktifkan’ dan ikuti petunjuknya.
2. Pilih GoPayLater sebagai metode pembayaran. Pesen layanan Gojek yang kamu mau.
3. Cek riwayat transaksi GoPayLater
4. Lakukan pembayaran GoPayLater di akhir bulan

Kenapa tidak ada PayLater di Gojek?

Penyebab Gopay Paylater Tidak Muncul

Apabila akun go-jek anda masih baru, maka jangan berharap ada fitur paylater. Fitur paylater ini hanya diberikan untuk para pengguna yang memang sudah memiliki dan menggunakan akun go-jek dalam jangka waktu tertentu.

Apakah ada GoPay PayLater?

Gopay paylater Cicil merupakan salah satu fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Gojek sebagai metode pembayaran terbaru dengan menawarkan skema pembayaran bisa dicicil mulai dari 2 bulan hingga 12 bulan.

Berapa lama GoPay PayLater di acc?

Proses verifikasi aplikasi Anda hanya membutuhkan waktu paling lama 1×24 jam. Selama proses verifikasi, kami akan memeriksa semua data yang Anda masukkan.

Berapa limit GoPay PayLater?

Paylater merupakan layanan yang otomatis tersedia bagi pengguna Gopay, jadi bukan mendaftar. Kalau sudah aktif, akan terlihat limit Paylater setiap pengguna, biasanya Rp500.000 per bulan.

Berapa biaya bulanan GoPayLater?

Berapa biaya penggunaan GoPayLater Cicil? Kamu tidak perlu membayar biaya admin ataupun biaya langganan. Kamu hanya perlu membayar biaya cicilan berdasarkan tenor yang kamu pilih, yang besarannya adalah 2.75%.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara aktifkan GoPay Later: cara aktifkan, menggunakan, membayar tagihannya, kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini dapat menjadi salah satu referensi Anda sebelum menggunakan GoPay Later.