surat pengunduran diri kerja pabrik

Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik: Fungsi, Cara Membuat, Struktur, Contohnya

Surat pengunduran diri kerja pabrik merupakan salah satu hal yang penting saat Anda memutuskan untuk resign dari pabrik, lembaga, atau perusahaan. Untuk menjaga profesionalitas, tentunya Anda ingin meninggalkan kesan positif pada perusahaan.

Memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, dan tentunya penuh pertimbangan. Apalagi, momen-momen menjelang resign seringkali cukup sensitif dan sedikit canggung.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri kerja pabrik ini harus disampaikan secara jelas, sopan, singkat, serta mudah dipahami. Surat pengunduran diri ini juga merupakan salah satu tanda penghormatan terakhir sebagai karyawan dan harus dibuat dengan baik dan benar.

surat pengunduran diri kerja pabrik
Surat pengunduran diri kerja pabrik

Fungsi Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Surat resign atau pengunduran diri merupakan surat resmi dan harus mengikuti format atau kaidah yang ada. Surat tersebut juga harus dibuat tanpa menyinggung atasan maupun instansi Anda bekerja. Berikut adalah beberapa fungsi surat pengunduran diri kerja pabrik.

  • Terlihat Lebih Profesional

Surat pengunduran ini adalah salah satu bentuk resign yang baik dan lebih terhormat. Hal ini dapat Anda ajukan sebelum keluar dari perusahaan atau sebagai sarana untuk berpamitan.

  • Memberi Jeda Perusahaan Mencari Pengganti

Surat pengunduran ini biasanya diajukan satu bulan sebelum Anda keluar dari tempat Anda bekerja. Hal ini agar perusahaan Anda memiliki waktu untuk melakukan perekrutan dan mencari pengganti posisi yang Anda tinggalkan.

Baca Juga :  Ini Dia Perbedaan Zoom dan Google Meet yang Mencolok
  • Pemutusan Hubungan Kerja

Saat Anda mengajukan surat pengunduran diri ini, maka perusahaan akan memproses pengunduran diri Anda. Hal ini juga akan berkaitan dengan data kepegawaian perusahaan, termasuk status Anda dan pemutusan hubungan kerja secara resmi.

  • Sebagai Kesan Baik Terakhir

Sebelum Anda benar-benar keluar dari perusahaan, maka Anda harus meninggalkan kesan profesional yang baik. Salah satunya adalah dengan membuat surat resign dengan alasan yang logis dan sopan, maka perusahaan akan menilai Anda sebagai orang yang bertanggung jawab.

surat pengunduran diri kerja pabrik
Surat pengunduran diri kerja pabrik

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari surat pengunduran diri, berikut ini adalah bagaimana cara menulis surat pengunduran diri kerja pabrik yang baik.

  • Tulislah surat dengan jelas beserta alasan logis dan kuat mengapa Anda resign. Yang perlu diingat, walaupun Anda resign karena kegagalan perusahaan Anda dalam memenuhi hak pegawainya, Anda tetap harus menuliskan surat tersebut dengan baik dan sopan.
  • Tulislah dengan kaidah atau format yang sesuai, yaitu pembuka isi surat, dan penutup.
  • Ajukan surat resign tersebut maksimal 30 hari sebelum Anda benar-benar mengundurkan diri sesuai yang tercantum pada UU No.13 Tahun Pasal 163 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  • Temui secara langsung atasan Anda untuk mengutarakan alasan pengunduran diri Anda dari perusahaan tersebut.

Struktur Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Surat pengunduran diri karyawan pabrik merupakan syarat administratif saat Anda ingin resign dari perusahaan. Surat pengunduran diri ini juga harus diberikan kepada atasan atau melalui manajer HRD.

Setiap perusahaan juga memiliki ketentuan masing-masing mengenai alur dan ketentuan pengajuan pengunduran diri sebagai pegawai. Namun secara umum, berikut adalah struktur surat pengunduran diri karyawan pabrik.

  1. Nama Kota dan Waktu Pembuatan Surat

Nama Kota dan tanggal pembuatan surat ini biasanya terletak pada pojok kanan atas dan dipisahkan menggunakan tanda koma. Berikut adalah contohnya: Jakarta, 20 Januari 2022

Baca Juga :  Panduan Cara Bikin Lowongan Kerja Yang Benar
  1. Subjek Surat

Subjek atau orang yang akan menerima surat ditulis pada bagian kiri dibawah nama kota dan waktu penulisan surat. Biasanya ditujukan kepada Direktur, HRD, atau manajer perusahaan. Berikut adalah contohnya:

Yth. HRD PT Purnama Sejahtera

Jalan Flamboyan No.115, Jakarta Selatan

  1. Salam pembuka

Semua jenis surat tentunya terdapat salam pembuka, termasuk juga surat pengunduran diri kerja pabrik yang merupakan tipe surat formal. Hal ini sebagai salah satu cara untuk tetap menghormati penerima surat. Berikut ini adalah beberapa contoh salam pembuka: Dengan hormat, Salam sejahtera, Assalamualaikum Wr. Wb.

  1. Isi Surat Pengunduran Diri

Saat Anda menuliskan surat pengunduran diri ini tentunya harus jelas, tidak bertele-tele, sopan, dan juga disertai dengan alasan yang logis mengapa Anda resign. Selain itu, bagian ini memang sedikit sensitif, maka dari itu hal ini juga sebagai bentuk profesionalitas Anda sebagai pegawai perusahaan tersebut.

  1. Salam Penutup

Pada akhir surat, sebelum salam penutup sertakan ucapan terima kasih dan permintaan maaf kepada perusahaan Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan harapan baik kedepannya mengenai hubungan Anda dan perusahaan tersebut. Selain itu, bubuhkan nama jelas dan tanda tangan beserta materai di pojok kanan bawah.

surat pengunduran diri kerja pabrik
Surat pengunduran diri kerja pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Setelah mengetahui bagaimana format umum surat pengunduran diri kerja pabrik, berikut ini adalah contoh suratnya yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Jakarta, 20 Januari 2022

Yth. PT Purnama Sejahtera

Jalan Flamboyan No.15, Tangerang Selatan

Dengan hormat,

Saya Rania Aryanti bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari posisi manajer Divisi Finance dari PT Purnama Sejahtera per tanggal 21 Januari 2022. Adapun alasan saya mengundurkan diri dari posisi tersebut karena ingin melanjutkan studi Magister di luar negeri. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama 2 tahun, dan saya juga mengucapkan mohon maaf apabila terdapat perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan pada saat bekerja di perusahaan ini.

Baca Juga :  Contoh Aptitude Test untuk Rekrutmen Karyawan ala KitaLulus.com

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari orang lain. Semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu HRD PT Purnama Sejahtera. Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rania Aryanti

Contoh lainnya:

surat pengunduran diri kerja pabrik
Contoh 1.1 Surat pengunduran diri kerja pabrik

atau

surat pengunduran diri kerja pabrik
Contoh 1.2 Surat pengunduran diri kerja pabrik

Tanya Jawab Seputar Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Bagaimana cara resign dari pabrik?

Cara Mengajukan Resign dengan Profesional
1. Putuskan waktu yang tepat untuk resign. Dalam mengajukan pengunduran diri, seorang pegawai juga perlu memilih kapan waktu yang tepat.
2. Beritahu alasan resign kepada atasan
3. Siapkan surat pengunduran diri
4. Pamit dengan rekan kerja dan atasan

Apa alasan resign yang baik?

Alasan resign yang baik
1. Lingkungan kerja kurang kondusif
2. Karier tak kunjung berkembang
3. Jenuh dengan pekerjaan sekarang
4. Dapat tawaran dari pekerjaan lain
5. Mencari tantangan baru
6. Melanjutkan pendidikan
7. Gaji tak sesuai
8. Alasan keluarga

Apakah surat pengunduran diri harus tulis tangan?

Surat pengunduran diri dibuat oleh seseorang yang ingin berhenti dari pekerjaannya. cara membuat surat pengunduran diri sebenarnya bebas namun sebaiknya tetap formal. Penulisan surat jenis ini umumnya diketik agar terlihat formal. Pihak perusahaan sendiri bisa menerima surat tersebut atau menolaknya.

Apakah resign harus 1 bulan?

Jika diterjemahkan secara secara harfiah, arti one month notice adalah pemberitahuan satu bulan. Pemberitahuan tersebut umumnya wajib dilakukan oleh karyawan yang akan mengajukan resign. Dengan kata lain, setiap karyawan yang akan mengundurkan diri harus memberitahu perusahaan 1 bulan sebelumnya.

Penutup

Demikian informasi mengenai surat pengunduran diri kerja pabrik: fungsi, cara membuat, struktur, contohnya. Semoga informasi tersebut dapat Anda jadikan referensi sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sekarang.