butuh modal usaha tanpa jaminan

Butuh Modal Usaha Tanpa Jaminan? Temukan Solusi Terbaiknya Disini!

Umumnya, seorang pelaku usaha yang baru saja membangun bisnisnya atau pun sebuah perusahaan yang masih berskala kecil, akan butuh modal usaha tanpa jaminan. Mungkin bagi sebagian orang yang awam dengan dunia fintech dan bisnis akan merasa hal ini tidak masuk akal. Namun, kenyataannya di dunia fintech dan bisnis istilah modal usaha tanpa jaminan sudah banyak diketahui oleh orang-orang yang ada di dalam dunia ini.

Pinjaman modal usaha seperti ini akan menjadi jalan bagi para pelaku usaha untuk merintis maupun melakukan perkembangan bisnis yang sedang mereka jalankan. Dengan begitu, mereka sudah tidak perlu lagi mencemaskan tentang keuangan bisnisnya, karena mereka bisa mengandalkan pinjaman modal usaha yang menerapkan kebijakan tanpa jaminan ini.

Ketika bisnis bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi, hal ini tentu sudah menjadi impian dari para pelaku usaha yang ada di dunia ini. Kendati demikian, tidak semua orang akan memiliki modal awal yang mumpuni, sehingga biasanya mereka akan mencoba mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha yang mengalami kekurangan dalam modal usahanya dan butuh modal usaha tanpa jaminan adalah dengan mencari investor yang siap menanamkan modalnya ke perusahaan yang mengajukan permintaan tersebut. Dengan begitu, bukan menjadi tugas Anda lagi untuk mempersiapkan modal dalam perkembangan bisnis.

butuh modal usaha tanpa jaminan
Butuh modal usaha tanpa jaminan

Solusi terbaik ketika butuh modal usaha tanpa jaminan

Untuk mencari seorang atau organisasi investor guna menanamkan modal ke perusahaan Anda, hal ini bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu meyakinkan pihak investor dengan menyampaikan segala perencanaan bisnis Anda untuk masa depan, memperlihatkan laporan keuangan usaha yang telah Anda jalankan (bagi sebuah usaha yang sudah mendapatkan penghasilan), hingga menyampaikan visi dan misi perusahaan yang diterapkan.

Baca Juga :  Inilah Tips Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha

Umumnya, proses meyakinkan pihak investor ini akan dilakukan melalui presentasi atau pembuatan proposal. Ketika Anda memilih cara pembuatan proposal, Anda harus tahu bahwa proposal tersebut harus meliputi berbagai macam kepentingan bisnis, supaya pihak investor dapat mengenali sisi lain dari perusahaan Anda yang tidak bisa dilihat dari kacamata orang awam.

Nantinya, setelah Anda berhasil mendapatkan hati investor dan bisnis Anda sudah mendapatkan modal dari pihak investor tersebut, Anda bisa mencari tahu apakah pihak investor tersebut juga menawarkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa memilih salah satu dari jenis pinjaman modal usaha yang ada di bawah ini, karena beberapa penyedia modal usaha ini sering dipilih oleh para pelaku usaha yang sedang butuh modal usaha tanpa jaminan, antara lainnya adalah:

1. Pinjaman dari pemerintah

Solusi terbaik bagi para pelaku usaha yang sedang butuh modal usaha tanpa jaminan yang pertama adalah dengan memilih dan menggunakan pinjaman yang diberikan oleh pemerintah. Ya, pemerintah dengan sengaja menyediakan jenis pinjaman ini untuk membantu para UKM di Indonesia, dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis yang sedang mereka jalankan.

Pemerintah dengan sengaja meluncurkan beberapa jenis pinjaman modal usaha yang dilakukan secara bersama-sama dengan lembaga keuangan, baik yang bersifat swasta maupun milik pemerintah itu sendiri. Program pinjaman dari pemerintah yang sering dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang butuh modal usaha tanpa jaminan ini, bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk bisa bergabung sebagai penerima pinjaman dari pemerintah yang satu ini, Anda harus sudah memiliki bisnis yang sedang berjalan. Jadi, untuk Anda yang baru saja terjun ke dunia bisnis dan sedang mencari bantuan pinjaman modal awal, kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkan jenis pinjaman ini.

2. Pinjaman modal usaha KTA

Pinjaman modal usaha KTA memang sudah sangat populer di kalangan pelaku usaha Indonesia. Kepanjangan dari KTA itu sendiri adalah Kredit Tanpa Agunan, sehingga sudah pasti jenis pinjaman ini akan membantu orang-orang yang sedang butuh modal usaha tanpa jaminan. Bahkan, jenis pinjaman ini juga menawarkan pelayanan menariknya, yaitu pinjaman tanpa harus memiliki aset untuk dijadikan sebagai jaminan.

Baca Juga :  Syarat Memperoleh Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Selain itu, keunggulan dari jenis pinjaman ini tidak berhenti sampai di situ saja, karena KTA juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk bisa mendapatkan pinjaman dana hingga berjumlah Rp. 300.000.000,00. Namun, perlu Anda ketahui bahwa besaran plafon ini umumnya akan didasari dengan kemampuan pihak peminjam dalam menyesuaikan persyaratan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia modal.

Sedangkan untuk kekurangan dari jenis pinjaman ini terletak pada salah satu persyaratannya, yaitu seorang pelaku usaha yang mengajukan pinjaman ini harus memiliki kartu kredit dengan kredibilitas yang baik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dan dengan suku bunga yang tergolong rendah.

butuh modal usaha tanpa jaminan
Butuh modal usaha tanpa jaminan

3. Pinjaman dari perusahaan fintech

Karena pada dasarnya pinjaman modal usaha seperti ini akan sangat berkaitan dengan dunia bisnis dan fintech, jadi tidak mengherankan jika perusahaan fintech umumnya juga akan menyediakan jenis pinjaman yang seperti ini. Sudah ada banyak pelaku usaha yang sedang butuh modal usaha tanpa jaminan yang memilih solusi ini. Sebab, umumnya sebuah perusahaan fintechakan memberikan banyak penawaran menarik yang sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis tertentu.

Salah satu jenis pinjaman unggulan yang ditawarkan oleh perusahaan fintech profesional adalah pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini. Bahkan, seorang pelaku usaha juga bisa mengajukan diri dengan cara online, sehingga mereka bisa lebih praktis dalam melakukannya, dan hal ini membuatnya bisa menghemat waktu dan juga tenaga.

4. Pinjaman yang tersedia di situs jual beli

Pinjaman sejenis ini juga sering kali ditemukan di situs jual beli atau biasa juga disebut dengan marketplace. Sudah ada banyak merek marketplace yang menawarkan jenis pinjaman seperti ini, dengan tujuan membantu para pelaku usaha yang sedang butuh modal usaha tanpa jaminan. Bahkan, untuk mengajukan jenis pinjaman ini pun, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Pasalnya, pihak marketplace akan menggunakan data penjual yang tersimpan di datanya, sehingga Anda sudah tidak perlu lagi memberikan beberapa dokumen usaha yang diperlukan.

Namun, karena biasanya jenis pinjaman ini hanya bisa diterima oleh pihak penjual dari marketplace tersebut, jadi jika Anda masih belum membuka toko online di marketplace tersebut, Anda harus membukanya terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga masih perlu menunggu sampai bisnis Anda tersebut mulai menunjukkan angka penjualan yang cukup banyak.

Baca Juga :  Inilah Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal Yang Menguntungkan
butuh modal usaha tanpa jaminan
Butuh modal usaha tanpa jaminan

Tanya Jawab Seputar Modal Usaha Tanpa Jaminan

Bisakah pinjam KUR tanpa jaminan?

Pemerintah sudah memperpanjang plafon kredit KUR BRI tanpa jaminan atau agunan. KUR BRI tanpa agunan maksimal yakni sebesar Rp 50 juta untuk sekali pinjaman. Para UMKM bisa mengajukan pinjaman BRI KUR tanpa agunan via layanan digital atau bisa diajukan secara online (KUR BRI online).

Dimana bisa pinjam modal usaha?

Ingin membuka usaha tapi terkendala dana? Butuh modal usaha tanpa jaminan? Kamu masih bisa meminjam dana ke sejumlah instansi untuk mengembangkan usaha kamu. Yuk cek 5 tempat pinjaman modal usaha yang bisa kamu coba datangi!

Tempat Pinjaman Modal Usaha
1. KTA di Bank
2. Koperasi
3. Pegadaian
4. Pinjaman Online
5. Meminjam ke Teman atau Kerabat

Bagaimana cara mencari modal usaha tanpa hutang?

Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank
1. Gadaikan Barang-barang mu
2. Datang ke Seminar untuk mendapatkan Investor
3. Kunjungi dan Gunakan Situs Crowdfunding
4. Berhemat dan Gunakan Uang Tabungan
5. Jual Barang Tidak Terpakai
6. Manfaatkan Pinjaman Online
7. Buat Usaha bersama Teman

Apa syarat pinjam dana kur?

Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Bisakah pinjam uang di bank untuk modal usaha?

Pinjaman modal usaha dari bank

Termasuk untuk mengajukan pinjaman uang ketika butuh modal usaha tanpa jaminan. Salah satu produk pinjaman bank yang dapat dijadikan modal usaha, adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sesuai namanya, pengajuan KTA tidak perlu jaminan atau agunan. Ada KTA yang mensyaratkan calon debiturnya punya kartu kredit, ada juga yang tidak.

butuh modal usaha tanpa jaminan
Butuh modal usaha tanpa jaminan

Kesimpulan

Pada dasarnya, ketika sebuah perusahaan butuh modal usaha tanpa jaminan yang aman, sebagai pelaku usaha dari bisnis tersebut Anda harus mencoba mencari solusi terbaik untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dikarenakan modal usaha sangatlah berkaitan erat dengan perkembangan bisnis yang Anda jalankan, jadi sudah pasti Anda harus bisa menemukan caranya yang tepat. Apalagi, jika Anda melihat laporan keuangan bisnis Anda datanya menunjukkan angka penurunan. Tentu Anda harus segera mencari pinjaman modal yang tanpa jaminan.