Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal, Praktis dan Mudah

11 views
Bagikan artikel ini

Masa sekolah dan kuliah adalah saat-saat menyenangkan. Walaupun disibukkan dengan tugas-tugas sebagai pelajar, kamu tetap memiliki banyak waktu luang, ide cemerlang, jaringan pertemanan luas, dan energi luar biasa untuk mengerjakan banyak hal. Salah satunya adalah memulai bisnis online untuk pelajar tanpa modal. Sebagai pelajar tentu kamu belum memiliki penghasilan. Karena itulah bisnis online merupakan pilihan tepat. Selain bisa dimulai tanpa modal, waktu untuk menjalankan bisnis online sangat fleksibel sehingga tidak akan menganggu tugas utamamu yaitu belajar.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

Pilihan Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

Masih bingung dalam menentukan bisnis apa yang akan dijalankan? Berikut adalah beberapa bisnis online tanpa modal yang cocok bagi pelajar dan mahasiswa dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

1. Dropshipper

Di era serba digital seperti sekarang ini, dropship merupakan sebuah model bisnis online untuk pelajar tanpa modal yang sangat populer di berbagai kalangan termasuk anak muda. Dropshipper sering disebut juga sebagai reseller. Keduanya sama-sama menjual barang dari supplier ke pembeli. Baik dropshipper dan reseller berperan sebagai pihak ketiga yang menjembatani hubungan antara produsen atau supplier barang dengan konsumen atau pembeli.

Mereka bebas menentukan harga jual kepada pembeli. Selisih harga inilah yang menjadi keuntungan bagi dropshipper dan reseller.  Perbedaan di antara keduanya terletak pada mekanisme kerjanya. Reseller harus membeli dahulu produk dari supplier dan menjual serta mengirimkan sendiri pada pembeli. Sementara itu, dropshipper mempromosikan produk terlebih dahulu. Jika ada pesanan, baru kemudian diteruskan pada supplier dan supplier mengirimkan produk kepada konsumen atas nama dropshipper.

Ada beberapa ide bisnis dropship yang cukup menguntungkan. Beberapa di antaranya adalah kosmetik, asesoris gadget, produk bayi, perlengkapan rumah tangga, pakaian dan makanan sehat. Nah, untuk memulai bisnis, kamu perlu melakukan survei terhadap supplier. Memilih supplier yang tepat adalah salah satu kunci dari kesuksesan seorang dropshipper.

Pastikan produk yang dijual oleh supplier berkualitas, asli, dan harganya kompetitif. Jangan lupa cari tahu opsi pembayarannya dan ekspedisi yang digunakan. Kamu perlu mengetahui informasi tersebut secara rinci karena nantinya kamulah yang akan menjualnya ke pembeli. Jika perlu, lakukan uji coba pembelian ke supplier.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

2. YouTuber

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal yang berikutnya adalah menjadi Youtuber. Dengan hanya bermodalkan kuota internet dan gadget saja, kamu bisa mencoba peruntungan sebagai seorang YouTuber. Langkah awal menjadi YouTuber adalah menentukan konten untuk dibawakan di channel YouTube. Walaupun terdengar sepele, ternyata banyak YouTuber pemula yang bingung menentukan konten. Pilih konten yang kamu minati dan kuasai. Misalnya, kamu jago dalam hal menyanyi, maka konten cover lagu bisa menjadi pilihan tepat.

Konten menarik lainnya adalah tutorial make up, gaming, review produk, dan konten makanan. Langkah selanjutnya adalah membuat channel YouTube. Untuk menarik viewer dan subscriber, kamu harus sungguh-sungguh dalam membuat konten. Selain konten berkualitas dan menarik, kualitas video juga perlu diperhatikan. Teruslah belajar video editing. Jika perlu, sisihkan uang untuk membeli kebutuhan videografi dan editing.

Untuk menghasilkan uang dari YouTube, kamu wajib mendaftar di Google Adsense. Setelah terdaftar, kamu dapat memonetisasi video yang sudah diunggah. Tetapi ada syarat yang harus dipenuhi untuk memonetisasi video tersebut. Pertama, videomu harus sudah ditonton oleh pengunjung channel selama minimal 4000 jam. Selain itu,  kamu harus memiliki lebih dari 1000 subscribers.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

3. Blogger

Apakah kamu ingin menjadi blogger keren dan inspiratif seperti Raditya Dika atau Dani Rahmat? Caranya mudah. Pertama tentu kamu wajib memiliki sebuah blog. Sama seperti YouTuber, kamu harus menentukan konten dan konsep dari blogmu. Setelah itu, mulailah menciptakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Sumber pendapatan utama seorang blogger berasal dari iklan. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Google Adsense atau jaringan iklan lainnya.

Pengiklan akan tertarik dengan blogmu jika pengunjungnya banyak. Karena itulah, buatlah konten sebagus mungkin agar orang tertarik. Selain dari iklan, sumber pundi-pundi rupiah lainnya adalah melalui program afiliasi. Cara kerjanya adalah kamu membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di website lain. Bila pengunjungmu mengikuti tautan tersebut dan membeli produk yang diiklankan, kamu akan memperoleh komisi.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

4. Penerjemah

Profesi penerjemah cocok sekali bagi mahasiswa atau pelajar yang menguasai bahasa asing. Cukup bermodalkan kemampuan berbahasa asing, kamu sudah bisa memulai bisnis di bidang penerjemahan. Tetapi tidak semua orang yang bisa berbahasa asing mampu menjadi penerjemah. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menjadi penerjemah profesional. Kamu harus terus mengasah kemampuan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan penerjemahan dan bergabung di agensi penerjemah.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

Keuntungan Memulai Bisnis Sejak Dini

Siapa bilang bisnis baru bisa dimulai saat anak lulus sekolah atau kuliah? Orang tua boleh meminta anak untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Namun, akan lebih baik jika anak diajarkan untuk merintis bisnis sendiri sedari kecil. Tujuan mencari uang sejak masih sekolah bukan semata-mata untuk mendapat uang jajan tambahan atau menabung. Lebih daripada itu, memulai bisnis dari usia muda akan mempersiapkan kita untuk dunia kerja yang lebih menantang di masa depan.

Dengan berbisnis kita akan mendapat banyak pengalaman seperti memperluas relasi, mengatasi masalah dengan klien, mengatur keuangan, mengambil keputusan, dan pengalaman berharga lainnya. Hal-hal seperti inilah yang tidak didapatkan dari bangku sekolah. Padahal setelah lulus nanti, justru ketrampilan non-teknis tersebut sangat dibutuhkan lebih dari kemampuan akademis.

Kenapa Harus Bisnis Online?

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal ini cocok untuk dijalankan karena minim modal. Hanya dengan smartphone dan internet saya, bisnis online sudah siap dijalankan. Selain itu, bisnis online mudah dijalankan karena tidak perlu tempat, kantor, atau toko. Seorang pedagang online, misalnya, tidak perlu menyewa ruko untu menjual dagangannya karena pelanggan bisa langsung melihat display produk dari website atau social media. Begitu pula dengan blogger atau YouTuber. Mereka bisa membuat konten dari mana saja.

Yang paling penting adalah bisnis online tidak menyita banyak waktu dan tenaga sehingga tidak menganggu kegiatan sekolah. Dengan kata lain, kamu dapat menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk bekerja.

Walaupun terkesan mudah, menjalankan bisnis online untuk pelajar tanpa modal juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah persaingan ketat seiring dengan semakin luasnya pasar. Bisnis online akan sulit bertahan jika tidak tidak mampu bersaing dengan kompetitor. Kamu harus bisa memenangkan perhatian dan persepsi konsumen. Hal ini tidak mudah dilakukan, apalagi untuk pelajar yang waktunya harus terbagi antara berbisnis dan belajar sehingga tidak bisa maksimal dalam menjalankan bisnis.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Bisnis online untuk pelajar tanpa modal

Penutup

Tantangan lainnya adalah menghadapi konsumen yang rumit. Dalam berbisnis, kamu pasti akan menghadapi berbagai tipe konsumen mulai dari tipe banyak maunya hingga banyak bertanya. Sebagai penjual, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada semua pelanggan. Dengan membangun komunikasi yang baik dan efektif, menjalankan bisnis online untuk pelajar tanpa modal akan terasa mudah.