aplikasi kompres video

Rekomendasi 5 Aplikasi Kompres Video Untuk Smartphone Android

Kamu senang membuat video dan mengunggahnya di akun media sosialmu? Kamu pasti tidak asing dengan aplikasi kompres video. Aplikasi ini memang menjadi alat yang sangat dibutuhkan karena terbatasnya ukuran file video yang dapat diunggah ke media sosial. Video merupakan sarana komunikasi yang efektif untuk menyampaikan gagasan pemilik akun di media sosial.

Para pengusaha menggunakannya sebagai sarana pemasaran. Sementara pengguna media sosial menggunakannya untuk mengekspresikan diri dan berbagi ide kepada orang-orang yang melihatnya.

aplikasi kompres video
Aplikasi kompres video

Memperkecil Ukuran File dengan Aplikasi kompres video

Kekurangan yang ditakutkan jika ukuran file ditekan (dikompresi) dengan Aplikasi kompres video adalah berkurangnya kualitas video yang dibuat. Sekarang kamu tidak perlu kuatir ini terjadi pada videomu. Aplikasi-aplikasi yang dibahas di bawah ini bisa mengkompresi video kamu dengan mempertahankan kualitasnya.

1. Video Converter Android (VidCon)

Aplikasi kompres video ini dikembangkan oleh Roman10 yang dirilis pada 17 Desember 2011 serta diperbarui pada 1 Maret 2016.  Untuk meng-install aplikasi ini, kamu membutuhkan Android versi 2.3. Aplikasi ini telah diunduh 10 juta kali dengan rating 3,3/5 bintang. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini adalah:

  • menampilkan informasi video dan audio
  • memindai perangkat untuk mencari video yang tersedia untuk dikonversi
  • mengekstrak bagian video dengan menentukan waktu mulai dan tamat
  • mengkonversi format mp4 dan lainnya menjadi mp3 atau aac.
Baca Juga :  Ini Dia Cara Dan Manfaat Fitur Split Payment Tokopedia!

Dengan demikian, kamu bisa memutar video menggunakan pemutar dalam sistem. Kekurangan aplikasi ini adalah banyaknya bug, sering crash saat digunakan, dan kompresi video yang kurang maksimal.

aplikasi kompres video
Aplikasi kompres video

2. Video Converter, Compressor

Invers.AI merilis aplikasi kompres video ini pada 18 Maret 2019. Instalasi dapat dilakukan pada Android versi 5. Dengan jumlah 10 juta kali unduhan pengguna memberi rating 4,7/5 bintang. Format video yang didukung misalnya MP4, MKV, AVI, 3GP, MOV, MTS, MPEG, MPG, WMV, dan lain sebagainya. Kelebihan lainnya adalah mengubah arsip video ke dalam format audio seperti MP3, AAC, AC3, OGG, M4A, dll. Fitur-fitur lainnya adalah:

  • Memangkas atau memotong arsip audio dan video juga menggabungkan audio dan video
  • Mengubah dan mengkompres video ke berbagai format video dan audio
  • Mengubah resolusi mulai dari 4K sampai 240P atau resolusi lainnya
  • Mengubah kecepatan frame sesuai dengan yang kamu inginkan
  • Memilih trek subtitle (takarir) yang ada pada video atau mengunggah takarir format subrip, mov_text, srt, webvtt, vtt.
  • Memilih trek audio yang ada pada video atau menambahkan trek audio eksternal dengan format mp3, aac, m4a, dan wav, dll.

Aplikasi ini dapat mengkompresi video berformat MP4 berukuran besar menjadi video dengan format yang sama tetapi ukurannya lebih kecil. Sayangnya, masih ada kelemahan dalam aplikasi ini, yaitu bug pada audionya.

3. Video Converter, Compressor

Kamu bisa menggunakan aplikasi kompres video dari Goseet ini untuk memangkas, menggabungkan, memilih frame, efek video, mengekstrak audio (mengkonversi menjadi MP3) dan mengkompresi lalu mengubah menjadi MP4. Kamu juga bisa membagikan video buatanmu dengan teman-temanmu secara langsung dalam aplikasi. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah:

  • Video trimmer: memangkas klip-klip video langsung di gawai kamu
  • Menggabungkan klip-klip video menjadi 1
  • Mengubah arsip video menjadi audio MP3
  • Merotasi video baik tanpa encoding atau dengan encoding dengan kecepatan dan hasil yang berbeda
  • Menyimpan potongan gambar dari video
  • Berbagi klip video
  • Memutar klip video
  • Mengubah nama klip video
  • Menghapus klip video, dll.
Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Untuk Membantu Mengatur Keuangan Anda

Aplikasi kompres video ini menawarkan penggunaan Efek seperti B/W, Negate, Vintage, Vignette, Blur, Sharpen, Edge detect, dll., dengan fitur transcoding mengubah ukuran dan mengkonversi video menjadi format MP4 dan menambah soundtrack untuk video kamu.

Kelemahan ketika menggunakannya adalah sering terjadi crash sehingga kamu kembali ke layar beranda ponsel dan banyaknya iklan.

4. aKingi Total Video Converter

Aplikasi kompres video berikutnya digunakan untuk mengkonversi dan mengkompres video menjadi format yang berbeda dengan ukuran lebih kecil. Penggunaannya pun mudah, kamu tinggal memilih file video yang ingin kamu ubah, lalu memilih format hasil yang kamu inginkan.

Kelebihan yang diberikan aplikasi ini adalah kamu bisa mengatur nama file hasil konversi atau mengubah codec atau bitrate audio/video kamu dan mengatur informasi metada seperti judul atau penulis atau bahkan memotong arsip multimedia kamu dan memutarnya pada perangkat Android.

Aplikasi kompres video ini mendukung format 3gp, aac, ac3, flac, mp2, mp3, mp4, mpg, mkv, mov, ogg, wav, wma, dan wmv. Dengan ukuran file unduhan 36 MB, aplikasi ini mengharuskan Android dengan versi 4.2 ke atas. Tetapi kelemahan pada aplikasi ini adalah tidak dapat mengubah file video menjadi audio, banyaknya iklan dan sering terjadi crash saat mengkonversi video.

aplikasi kompres video
Aplikasi kompres video

5. Video MP3 Converter

Video MP3 Converter yang dikembangkan oleh FunDevs LLC bisa mengubah, memotong, mengubah ukuran dan membuat ringtone dengan cepat dan mudah serta mendukung beragam format media seperti MP4, 3GP, WEBM, WMV, FLV untuk video dan formt MP3, AAC dan OGG untuk file audio.

Kelebihan dalam aplikasi kompres video ini adalah mudah digunakan dengan waktu yang cepat untuk mengkonversi. Kekurangan yang ada sudah jelas pilihan format yang dapat dikonversi yang terbatas. Selain itu banyak bug ketika sedang dilakukan konversi sehingga terjadi error pada aplikasi ini.

Baca Juga :  Aplikasi My Pertamina : Cara Daftar, Cara Transaksi, dan Manfaatnya
aplikasi kompres video
Aplikasi kompres video

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Kompres Video

Bagaimana Cara Kompres video Tanpa Mengurangi Kualitas?

VidCompact
1. Buka aplikasi VidCompact.
2. Pilih menu Trim & Compress, kemudian pilih video yang ingin Anda kecilkan ukurannya.
3. Selanjutnya pilih juga resolusi video sesuai keperluan. Umumnya mulai dari 240p sampai 480p.
4. Klik Compress Video lalu klik Save to Galery untuk menyimpannya.

Kenapa harus kompres video?

Kompresi video dibutuhkan untuk koding data video secara efisien dalam format file video dan streaming format video.

Berapa kompresi video WA?

Namun, WhatsApp memberikan batasan untuk mengirim file maksimal 16MB. Serta memperkecil (kompres) foto dan video menjadi resolusi yang lebih kecil, misal foto berukuran 2,4MB akan diperkecil menjadi 240KB. Foto dan video ini dikompres oleh WhatsApp secara otomatis.

Bagaimana cara mengkompres video secara online?

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Kunjungi situs Aconvert.com.
2. Klik Browse untuk membuka file video yang akan di-convert.
3. Pilih video yang akan kamu kompres.
4. Kemudian atur ukuran video, bitrate, dan sebagainya.
5. Klik Convert Now untuk memulai proses dan tunggu sampai selesai.
6. Terakhir klik Save untuk mengunduh video.

Bagaimana cara mengkompres video di Capcut?

Untuk Android:
1. Setelah Anda membuka Capcut, ketuk proyek Anda.
2. Klik pada tab Kualitas .
3. Atur resolusi dengan bantuan mixer.
4. Sekarang pilih kecepatan bingkai.
5. Sempurna! Sekarang Anda tahu cara mengontrol ukuran video di Capcut.

Apa perbedaan kompres dan resize?

Resize adalah ketika kamu ingin mengecilkan atau membesarkan ukuran gambar, yang biasanya dinyatakan dalam pixel atau bisa pula dengan cm. Sedangkan kompres adalah proses mengecilkan ukuran foto menjadi kecil tanpa harus mengecilkan ukuran atau size foto.

Penutup

Jika kamu tertarik mengunduh salah satu dari aplikasi kompres video ini, kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store. Jangan lupa pastikan spesifikasi Android kamu memenuhi syarat dan siapkan ruang penyimpanan internal yang memadai pada gawai kamu, ya.