aplikasi bansos

Aplikasi Bansos, Inovasi Ciptaan Kemensos Berikan Kemudahan

Aplikasi bansos merupakan salah satu inovasi terbaru yang dikembangkan oleh Kemensos atau Kementerian Sosial dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial agar dapat melakukan pengecekan data bansos.

aplikasi bansos
Aplikasi bansos

Aplikasi Bansos, Bagaimana Cara Daftarnya?

Bansos atau Bantuan Sosial merupakan bantuan berupa dana yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdata menjadi PKH atau Program Keluarga Harapan. Program ini dikhususkan bagi wanita hamil dan anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Bantuan ini dilakukan oleh pemerintah dengan harapan agar bisa memberantas kemiskinan yang ada di Indonesia. Nantinya, masyarakat Indonesia yang terdaftar menjadi PKH akan mendapatkan bantuan dana serta diberikan kebutuhan hidup yang layak oleh pemerintah.

Perlu diingat bahwa kasus kemiskinan yang ada di Indonesia masih belum dapat terpecahkan secara sempurna. Dengan adanya ketidaksetaraan ekonomi tersebut, masih terdapat masyarakat dari keluarga tidak mampu yang tidak mendapat kehidupan yang layak, seperti tidak mendapat gizi yang baik, kasus penyakit serius, tidak diberikan pendidikan yang setara dan lain-lain.

Dengan adanya permasalahan tersebut, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan dengan adanya penyaluran bantuan sosial bagi keluarga miskin agar bisa mendapatkan fasilitas kebutuhan hidup yang setara dengan masyarakat lainnya.

Kendala yang sering kali terjadi adalah pemerataan bansos yang kurang maksimal, seperti adanya daerah-daerah tertentu yang tidak mendapatkan bansos padahal sudah terdaftar menjadi PKH yang berhak mendapatkan bantuan sosial.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Mendaftar Dana Bansos , Cara Cek Daftar Penerima Bansos, Serta Cara Resmi Mendaftarnya

Maka dari itu, Kementerian Sosial mengembangkan inovasi terbarunya dengan menciptakan aplikasi bansos yang bernama Aplikasi Cek Bansos. Aplikasi Cek Bansos ini berguna bagi Anda untuk dapat melakukan pengecekan apakah data diri Anda sudah masuk sebagai penerima bansos atau belum.

Sebelum melakukan pengecekan data penerima bansos, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi calon penerima bansos.

Berikut ini dua cara mendaftar sebagai calon penerima bansos PKH bagi keluarga yang kurang mampu secara langsung maupun melalui aplikasi bansos.

aplikasi bansos
Aplikasi bansos

Pendaftaran calon penerima bansos secara langsung

1. Karakteristik keluarga pendaftar

Apabila Anda memiliki teman, kerabat atau orang terdekat yang Anda kenal dan ingin mendaftar sebagai penerima bansos, pastikan bahwa keluarga tersebut berasal dari keluarga miskin atau keluarga rentan miskin.

Dalam artian, bukan hanya keluarga miskin saja yang dapat mendaftar namun keluarga yang terancam kemiskinan pun diperkenankan untuk mendaftar sebagai penerima bansos.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu pergi ke kantor desa terdekat sesuai domisili tempat tinggal Anda untuk melakukan pendaftaran sebagai penerima bansos PKH. Pastikan untuk melengkapi setiap persyaratan yang ada dengan benar agar proses pendaftaran dapat dilakukan dengan cepat.

2. Keluarga pendaftar merupakan anggota KPM PKH

Pastikan bahwa keluarga yang akan didaftarkan sebagai penerima bansos merupakan anggota KPM PKH. Hal ini bertujuan agar bantuan dana yang diberikan dapat disalurkan kepada keluarga yang benar-benar layak untuk menerimanya.

Dengan adanya persyaratan ini, diharapkan penyaluran bansos yang dilakukan dapat tersalurkan secara merata dan tepat sasaran.

3. Memiliki usaha sendiri

Bagi calon penerima bansos, diwajibkan untuk memiliki usaha, apa pun jenis usahanya. Jadi, pastikan sebelum mendaftarkan diri, calon penerima bansos wajib setidaknya memiliki satu usaha sendiri yang telah berdiri. Contohnya, seperti usaha warung, penjahit, pedagang dan usaha-usaha lainnya.

Selain dengan beberapa cara di atas, calon penerima bansos juga dapat menggunakan aplikasi bansos yaitu aplikasi Cek Bansos yang dirilis oleh Kemensos guna mempermudah proses pendaftaran yang dilakukan.

Baca Juga :  Aplikasi Spy Kamera Jarak Jauh yang Viral

Pendaftaran calon penerima bansos melalui aplikasi bansos

Cara mengecek dan mendaftar bantuan sosial melalui aplikasi bansos :

  • Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store terlebih dahulu untuk dapat mengaksesnya. Setelah itu, bukalah aplikasi tersebut.
  • Lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukkan nomor KK serta KTP Anda.
  • Apabila proses registrasi telah berhasil, silakan akses menu utama aplikasi Cek Bansos.
  • Anda akan melihat menu Daftar Usulan. Klik menu tersebut dan pilih Tambah Usulan.
  • Nantinya, data-data yang sudah Anda masukkan pada saat proses pendaftaran di awal berupa data KK dan KTP akan secara otomatis disesuaikan dengan data milik Disdukcapil.
  • Jika, layar pada aplikasi Cek Bansos Anda telah menampilkan nama, NIK serta status wilayah Dukcapil berarti data Anda dinyatakan telah sesuai dan Anda bisa langsung memilih salah satu program bansos sesuai keinginan.

Selanjutnya, untuk dapat melakukan pemeriksaan terhadap pengajuan bantuan sosial milik Anda melalui aplikasi bansos, silakan ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini.

aplikasi bansos
Aplikasi bansos

Melakukan Pemeriksaan Bansos di Aplikasi Cek Bansos Terbaru Rilisan Kemensos

Melakukan pengecekan terhadap pengajuan sebagai penerima bansos yang telah Anda lakukan sebelumnya, kini dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Download aplikasi Cek Bansos di perangkat Anda dan lakukanlah registrasi dengan memasukkan data KK, KTP serta NIK milik Anda.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan foto selfie bersama KTP pada saat registrasi untuk verifikasi.
  • Selanjutnya, sistem akan secara otomatis mengirimkan kode OTP melalui email yang Anda daftarkan sebelumnya.
  • Bukalah email Anda dan lakukan verifikasi data.
  • Apabila verifikasi data telah sukses dilakukan, Anda akan secara otomatis masuk ke halaman menu utama aplikasi Cek Bansos tersebut.
  • Bukalah menu Cek Bansos dan masukkan data yang diperlukan.
  • Secara otomatis, Anda akan diarahkan ke hasil pencarian yang memperlihatkan apakah Anda termasuk penerima bansos atau tidak.

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Bansos

Bagaimana cara daftar Aplikasi Cek Bansos?

Cara daftar bansos 2022 pakai handphone
1. Unduh aplikasi “Aplikasi Cek Bansos” yang resmi dengan developer atau pembuatnya adalah Kementerian Sosial Republik Indonesia;
2. Pilih “Buat Akun Baru” dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, dan data sesuai KTP.

Baca Juga :  Macam-Macam Aplikasi Kamera Lucu yang Lagi Trend

Apa link cek Bansos?

Klik Link cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos BPNT, BST, PKH, hingga PBI. Pada dasarnya, cara cek penerima BPNT dan PKH memiliki mekanisme yang sama yakni melalui cekbansos.kemensos.go.id. /Tangkap layar/cekbansos.kemensos.go.id.

Gimana cara cek Bansos lewat KTP?

Cara cek penerima bansos 2022 pakai nama KTP
1. Buka link situs cekbansos. kemensos.go.id melalui browser.
2. Pilih wilayah administrasi sesuai KTP (Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa).
3. Masukkan nama lengkap sesuai KTP yang ingin dicari sebagai penerima bansos 2022.

Bagaimana cara mendaftar Bansos secara online?

Cara daftar bansos online 2022
1. Unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos melalui Play Store di handphone (HP)
2. Klik ‘Buat Akun Baru’ untuk registrasi akun
3. Isi data diri pengusul yang ingin mendapatkan bansos 2022 dengan mengisi NIK KTP, nomor KK, dan lainnya.

Bagaimana cara daftar bansos 2022?

Cara daftar di aplikasi bansos PKH online 2022 lewat handphone
1. Unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos lewat Play Store di handphone (HP).
2. Klik ‘Buat Akun Baru’ untuk registrasi akun pendaftaran bansos.
3. Isi data diri pengusul bansos PKH 2022 dengan mengisi NIK KTP, nomor KK, dan seterusnya.

Bagaimana Cara cek nama penerima BPNT?

Cara cek nama penerima bansos BPNT 2022 secara online dilakukan dengan mengakses situs cekbansos. kemensos.go.id. Lewat cekbansos. kemensos.go.id, Anda dapat cek nama penerima bansos BPNT 2022 untuk mengetahui terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan.

Cara melihat apakah kita dapat Bansos?

Untuk link cek nama penerima bansos 2022 yaitu di cekbansos. kemensos.go.id, sedangkan aplikasi yang digunakan adalah Aplikasi Cek Bansos. Kedua cara cek nama penerima bansos 2022 ini bisa dilakukan apabila masyarakat telah mendaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan digolongkan sebagai KPM PKH dan BPNT.

Penutup

Itulah beberapa cara melakukan pendaftaran dan pengecekan apakah Anda termasuk penerima bansos atau tidak secara online melalui aplikasi bansos.