Usaha makanan online yang menguntungkan

Mengintip Beragam Usaha Makanan Online Yang Menguntungkan

109 views
Bagikan artikel ini

Apakah anda ingin membangun sebuah usaha kuliner, tapi tak punya ide usaha makanan apa yang menguntungkan? Tak perlu khawatir, sebab melalui artikel ini kami akan memberikan ide usaha makanan online yang menguntungkan bagi kalian.

Sekarang ini bisnis kuliner semakin menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya bisnis kuliner terbilang cukup menguntungkan. Alasannya adalah karena makanan menjadi kebutuhan dasar bagi manusia. Bahkan saat ini berburu makanan menjadi salah satu hobby yang banyak diminati oleh masyarakat.

Untuk memulai sebuah usaha kuliner juga tak perlu membutuhkan modal yang besar. Proses menjalankan bisnisnya pun tak begitu sulit, siapa saja bisa melakukannya. Maka tak heran jika bisnis kuliner banyak dipilih oleh para pebisnis pemula.

Nah, bagi anda yang ingin memulai bisnis makanan berikut ini kami telah merangkum beragam ide menarik yang bisa dipertimbangkan. Let’s, check this out!

Usaha Makanan Online Yang Menguntungkan

1. Seblak

Seblak saat ini bukan menjadi kuliner yang asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Maka tak heran jika seblak menjadi ide jualan makanan online yang menarik dan patut anda coba.

Makanan ini berasal dari daerah Parahyangan, Bandung. Seblak merupakan makanan dengan bahan dasar krupuk yang direndam dalam air hangat hingga lembek. Setelah itu seblak diolah menjadi makanan yang lezat, yang dicampur dengan aneka bumbu serta beragam topping menarik seperti sosis, telur, bakso, ayam, macaroni dan sebagainya.

Seblak menjadi salah satu makanan favorit generasi millennial saat ini. Apalagi seblak hadir dengan konsep yang kekinian yang dimix dengan aneka topping modern seperti keju mozzarella, daging sapi, dan lain-lain. Tingkat kepedasan seblak juga hadir dengan berbagai pilihan. Saat ini banyak cara jualan seblak online yang efektif dan praktis yaitu dengan menggunakan online delivery.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

2. Bakso

Bakso menjadi makanan yang tak pernah tergantikan popularitasnya. Berbagai kalangan dari muda sampai tua gemar mencicipi makanan yang satu ini. Oleh sebab itu bakso menjadi usaha makanan online yang menguntungkan yang tak pernah lekang oleh waktu.

Supaya menu bakso terlihat unik serta lain dari biasanya, anda bisa melakukan variasi menu bakso yang lebih menarik. Anda bisa membuat terobosan terbaru, seperti membuat menu bakso yang dilengkapi dengan topping daging cincang, ceker ataupun yang lainnya.

Selain itu anda juga bisa membuat variasi bakso untuk jualan bakso online seperti bakso keju, bakso mercon, bakso isi daging cincang, bakso isi telur, bakso ikan, bakso udang atau bahkan bakso cumi.

Beragam variasi menu bakso yang unik tersebut akan membuat orang ingin kembali. Tak hanya itu, anda juga harus meracik kuah yang lezat serta sambal yang mantap. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu resep bakso yang pas di lidah serta digemari berbagai kalangan.  

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

3. Frozen food

Daya tahan sebuah produk menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam menjalani bisnis kuliner secara online. Apalagi ditambah jika anda harus melayani pengiriman antar kota bahkan hingga antar provinsi. Nah, jarak pengiriman yang jauh tentu akan membutuhkan waktu sampai berhari-hari.

Hal tersebut menjadi salah satu hambatan yang kerap membuat produk makanan tak bisa dikirim. Namun, anda tak perlu khawatir sebab melalui teknik penyimpanan dan pengiriman yang baik semua bisa teratasi dengan mudah. Frozen food sangat cocok sebagai usaha makanan online yang menguntungkan bagi anda.

Frozen food merupakan beragam olahan makanan yang dikemas secara beku jadi akan lebih awet berhari-hari, asalkan makanan tersebut disimpan pada tempat yang tepat. Contoh daging sapi, daging ayam, beragam olahan ikan seperti tempura, nugget, bakso, dan sebagainya yang merupakan ide makanan untuk jualan online .

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

4. Aneka Lauk Olahan Kering

Ide usaha makanan online yang menguntungkan berikutnya adalah aneka lauk olahan kering, seperti sambal teri, dendeng, abon, sambal cumi, dan beragam olahan lauk kering lainnya. Makanan tersebut apabila dikemas dengan baik maka akan lebih bertahan lama, sehingga dapat dikirim ke antar kota.

Salah satu kelebihan dari ide usaha ini adalah berupa makanan siap santap, dimana hal itu sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern saat ini. Anda bisa mengemas produk secara apik agar tampak menarik. Anda juga harus memiliki ciri khas produk agar beda dari yang lainnya. Aneka lauk olahan kering ini juga termasuk bisnis makanan online rumahan yang banyak ditemui.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

5. Cemilan atau Snack

Anda merasa tak punya bakat untuk mengolah makanan berat? Tenang, karena masih ada ide usaha makanan online yang menguntungkan lain yang bisa anda pertimbangkan yaitu usaha cemilan atau snack. Seiring berjalannya waktu cemilan juga terdapat beragam jenis variannya. Cemilan atau snack juga termasuk jualan online makanan yang laris .

Beragam jenis cemilan kekinian bisa anda temui di pasaran. Snack untuk jualan online misalnya seperti basreng, macaroni bantat, martabak, pisang nugget, cilok, cimol, cireng, dan lain-lain yang termasuk makanan ringan untuk jualan online . Bermula dari cemilan pinggiran, apabila dikemas secara unik dan apik maka akan menarik minat para konsumen.

Bahkan hal itu dapat meningkatkan daya jual produk tersebut hingga berlipat-lipat. Oleh sebab itu, pengemasan menjadi factor yang sangat penting untuk suatu produk. Cara pengemasan yang inovatif akan menambah nilai jual tersendiri.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

6. Catering makanan sehat

Sekarang ini banyak masyarakat di perkotaan yang mulai menjalani gaya hidup sehat. Anda bisa mengambil peluang tersebut sebagai usaha makanan online yang menguntungkan. Sebagai contoh anda bisa menyediakan layanan kuliner sehat diet karbo, atau diet mayo, dan beragam cemilan khusus vegetarian sampai organic yang lain.

Tak perlu khawatir dengan harga jualnya yang cenderung lebih tinggi, sebab kuliner sehat ini biasanya akan memiliki pangsa pasar khusus. Sehingga konsumen akan rela merogoh kocek agak dalam, asalkan mereka dapat hidup sehat.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

7. Catering bento

Bento merupakan salah satu makanan yang sedang hits saat ini. Seperti namanya jika catering bento adalah bentuk pengemasan makanan ala Jepang. Sasaran konsumen dari produk makanan bento ini biasanya adalah anak-anak. Hal itu bertujuan supaya anak-anak mudah makan, karena biasanya mereka pilih-pilih soal makanan.

Oleh sebab itu catering bento hadir dengan beragam makanan yang dibentuk secara unik, seperti tokoh kartun atau beragam bentuk lucu lainnya sehingga akan menarik untuk anak-anak. Semakin kreatif anda dalam mengemas serta memajang foto lewat media social tentu hal ini akan menjadi peluang usaha makanan online yang menguntungkan.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

8. Aneka kue kering atau cookies

Cookies atau kue kering merupakan salah satu olahan makanan yang bisa bertahan lama. Di pasaran pun sekarang ada beragam jenisnya seperti nastar, putri salju, lidah kucing, egg roll, kastengel, dan beragam kue kering lainnya yang tak kalah lezat.

Pada moment-moment khusus seperti menjelang hari raya Idul Fitri atau Natal biasanya para penjual kue kering akan meraup untung besar-besaran dan dapat menjadi jualan makanan online paling laris. Nah, supaya produk anda bisa bersaing di pasaran, maka anda perlu mengemas produk secara menarik.

Usaha makanan online yang menguntungkan
Usaha makanan online yang menguntungkan

Penutup

Oke, itulah beragam usaha makanan online yang menguntungkan yang bisa anda pertimbangkan. Jangan lupa lakukan riset pasar kecil-kecilan terlebih dahulu agar anda dapat memilih produk yang tepat. Terimakasih dan tetap semangat ya!

Baca Juga : 11 Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba