Hutang untuk modal usaha

Jangan Takut Memiliki Hutang untuk Modal Usaha, Ini Dia Tipsnya!

3 views
Bagikan artikel ini

Terkadang memiliki hutang untuk modal usaha menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memulai bisnis. Seperti yang sudah dilakukan banyak orang, hal itu memang merupakan hal yang sangat wajar. Dan saat usaha yang dijalankan mampu menghasilkan keuntungan yang besar, hutang pun dapat dibayarkan dengan tanpa adanya hambatan.

Seperti yang kita tahu, memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang tentu saja tidak sedikit. Faktanya, modal memang selalu menjadi kendala utama yang akan menghambat seseorang untuk mulai berbisnis. Saat menjadikan hutang untuk modal usaha menjadi satu-satunya cara yang dapat dilakukan, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat, tanggungan hutang yang harus dibayar pasti tidak akan membuat Anda rugi. Sebaliknya, saat Anda berhasil dengan bisnis yang dijalankan keuntungan besar pun akan Anda peroleh di kemudian hari.

Hutang untuk modal usaha
Hutang untuk modal usaha

Tips yang Harus Dilakukan Saat Memiliki Hutang Untuk Modal Usaha

Meski hutang untuk modal usaha sekilas menjadi hal yang tampak menakutkan, Anda pun tak perlu khawatir karena dengan perencanaan dan pengelolaan yang tepat keuntungan besar akan datang dan menutupi semua hutang yang ada. Dan inilah hal-hal yang harus dilakukan!

1. Membuat Rencana Bisnis

Berhutang untuk mendapatkan modal usaha merupakan suatu keputusan yang membutuhkan persiapan matang.  Dengan memiliki hutang, nantinya keuntungan dari hasil usaha harus disisihkan sebagian untuk melunasinya. Oleh karena itu, demi bisnis berjalan lancar seperti yang diharapkan Anda harus membuat suatu perencanaan.

Adapun dalam membuat rencana bisnis, harus mencakup hal-hal dasar seperti di bawah ini:

  • Membuat perhitungan keuangan dengan cermat
  • Catat kebutuhan dalam bisnis seperti misalnya peralatan produksi dan bahan baku
  • Tentukan tempat usaha
  • Tentukan target dan sasaran penjualan
  • Membuat merk usaha

Dengan membuat rencana bisnis yang matang, Anda akan lebih mudah menghitung besaran hutang untuk modal usaha yang  dibutuhkan. Anda akan mengetahui dengan tepat berapa banyak uang yang akan dipinjam .

2. Konsisten dengan Rencana Keuangan

Dalam membuat rencana bisnis, Anda pasti akan menghitung rencana keuangan secara detail. Sebaiknya realisasikan rencana keuangan yang sudah dibuat secara konsisten. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk melunasi hutang tanpa adanya pengeluaran biaya lain yang tak terduga.

Hutang untuk modal usaha
Hutang untuk modal usaha

3. Pilih Pinjaman yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Target

Dengan banyaknya penyedia produk pinjaman, Anda harus waspada dan berhati-hati dalam memilih. Pasalnya, belakangan ini banyak sekali produk pinjaman abal-abal yang justru menjebak para peminjamnya ke dalam masalah kerugian yang cukup serius. Misalnya, sebagai peminjam Anda akan dikenakan bunga dengan jumlah yang besar.

Maka carilah produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan target yang telah ditentukan. Dalam setiap produk pinjaman pasti ada bunga dan sistem pengembalian yang harus Anda pahami. Pastikan bahwa pinjaman yang Anda pilih tergolong produk aman yang penyedia pinjamannya sudah diawasi secara resmi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan tentunya tidak akan memberatkan Anda di kemudian hari.

4. Konsisten Membayar Cicilan Hutang dengan Tepat Waktu

Memiliki hutang untuk modal usaha mengharuskan Anda membayar cicilan pinjaman dengan waktu yang telah ditentukan. Pastikan usaha yang Anda jalankan dapat mencapai target sehingga Anda bisa selalu konsisten membayar cicilan pinjaman dengan tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dalam setiap produk pinjaman pasti selalu ada ketentuan dimana saat Anda telat membayar cicilan, maka akan dikenakan sanksi berupa denda.

Sanksi denda yang harus Anda bayar akan menambah budget pengeluaran yang seharusnya bisa Anda tabung. Secara tidak langsung, hal tersebut sungguh akan membuat Anda menjadi rugi.

5. Tabung atau Investasikan Hasil Keuntungan

Berapapun besarannya, setiap hasil usaha yang Anda dapatkan usahakan agar bisa Anda tabung atau bisa juga di investasikan. Dengan demikian hasil dari usaha tidak akan terpakai untuk hal yang tidak perlu. Dan nantinya hasil keuntungan tersebut bisa digunakan kembali untuk modal usaha yang lebih besar sehingga Anda tidak perlu memiliki hutang lagi.

Memutuskan memiliki hutang untuk modal usaha memang memerlukan perencanaan yang tepat dan tentu saja tidak semua orang berani untuk mengambil keputusan tersebut. Jika Anda merasa tidak yakin untuk meminjam uang sebagai modal usaha, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal tanpa harus berhutang. Dan ini dia caranya!

Hutang untuk modal usaha
Hutang untuk modal usaha

Cara Dapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

Mendapatkan modal usaha ternyata tidak selalu mengharuskan Anda meminjam uang, masih ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Dan diantaranya dengan cara berikut ini!

1. Menjual Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Setiap orang pasti memiliki barang yang sudah tidak terpakai, bahkan seringkali barang-barang tersebut justru menumpuk begitu lama di gudang. Daripada barang yang sudah tidak dipakai dibiarkan begitu saja, lebih baik Anda memanfaatkannya untuk modal usaha. Caranya Anda hanya perlu menjualnya kepada orang lain yang membutuhkan.

Selagi barang tersebut masih layak dan memiliki nilai jual, tidak ada salahnya untuk mencoba dan hasil penjualannya bisa Anda gunakan sebagai tambahan modal usaha.

2. Menggadaikan Barang Berharga

Memiliki hutang untuk modal usaha bukanlah satu-satunya cara yang dapat dilakukan. Alternatif lain, Anda bisa menggadaikan barang-barang berharga yang dimiliki. Kemudian jika usaha Anda nantinya berhasil memperoleh keuntungan, Anda pun bisa menebusnya kembali tanpa ada resiko dan kerugian.

Hutang untuk modal usaha
Hutang untuk modal usaha

3. Mencari Investor

Pilihan lainnya untuk mendapatkan modal usaha, Anda bisa mencari seorang investor yang mau bekerja sama menginvestasikan sejumlah dana pada bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa langsung menjalankan bisnis tanpa harus bingung mencari modal lagi. Dalam mencari investor tentu tidak mudah, Anda harus bisa membuat proposal yang menarik sehingga para investor pun bersedia untuk berinvestasi.

Dan itulah beberapa penjelasan tentang berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Terkadang untuk memulai sesuatu yang besar, kita memang harus berani untuk mengeluarkan keberanian yang besar. Begitu juga dengan berbisnis, jika tidak ada keberanian untuk memulai, tentu saja sampai kapan pun bisnis yang didambakan tidak akan pernah berjalan.

Jika berbagai cara sudah dilakukan, namun Anda tetap tidak memiliki modal maka tidak ada salahnya untuk tetap meminjam sejumlah uang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meminjam sejumlah uang merupakan hal yang wajar dan menjadi salah satu cara paling efektif untuk memulai suatu bisnis. Hanya saja Anda harus pastikan bahwa produk pinjaman yang dipilih tidak memiliki resiko yang tinggi dan tentunya terjamin keamanannya.

Hutang untuk modal usaha
Hutang untuk modal usaha

Penutup

Percayalah, memiliki hutang untuk modal usaha tidak akan berujung pada kerugian selagi Anda berhasil mengelola bisnis yang dijalankan dengan sebaik mungkin. Saat Anda mendapat keuntungan yang besar, hutang yang pada awalnya tampak menakutkan pun pada akhirnya akan lunas dan bisnis Anda bisa terus menghasilkan keuntungan yang besar.