Usaha sampingan online tanpa modal

Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

66 views
Bagikan artikel ini

Walaupun sudah punya pekerjaan tetap, mempunyai usaha sampingan online tanpa modal tidak ada salahnya apalagi jika Anda masih mempunyai banyak waktu luang. Ada banyak usaha sampingan online tanpa modal yang cocok bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Dengan usaha sampingan, Anda dapat memiliki tambahan penghasilan untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari dan tabungan masa depan. Anda tidak perlu khawatir akan keterbatasan modal karena banyak bisnis online yang tidak membutuhkan modal.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

Macam-Macam Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Ingin menjalankan usaha sampingan online tanpa modal namun bingung menentukan bisnis apa yang cocok? Berikut ini adalah beberapa usaha sampingan prospektif bagi pemula. Tidak perlu modal uang untuk memulai usaha sampingan ini. Yang perlu Anda persiapkan adalah tekad kuat dan keseriusan.

1. Jasa titip pembelian barang

Salah satu usaha sampingan online tanpa modal yang menjanjikan adalah jasa titip beli (jastip). Usaha jastip cukup menjanjikan mengingat semakin banyak toko dan penjual menjual dagangan mereka secara online. Tidak semua calon pembeli terbiasa dengan mekanisme jual beli online. Beberapa dari mereka menganggap sistem jual beli online cukup merepotkan. Karena itulah mereka menggunakan jastip. Konsumen cukup mengirim pesan berisi informasi barang yang akan dibeli. Selanjutnya pihak jastip akan menyelesaikan proses pembelian dan mengirimkan barang pada pembeli.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

2. Jasa pengetikan

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, pasti banyak orang yang membutuhkan jasa pengetikan. Sebenarnya mengetik merupakan hal mudah namun banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Pengguna jasa akan mengirimkan dokumen yang akan diketik pada Anda. Kemudian, Anda akan mengerjakannya dalam waktu yang sudah ditentukan lalu mengirim kembali pada pemesan.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

3. Jasa pembuatan website dan desain

Bagi Anda yang ahli membuat website atau desain logo, Anda dapat mencoba peruntungan dalam bidang ini. Usaha dalam bidang desain sangat prospektif. Saat ini semua perusahaan di hampir semua bidang pasti membutuhkan jasa desain grafis. Dalam sebuah perusahaan, desain memegang peranan penting untuk menciptakan branding, memperkuat pesan, dan meningkatkan penjualan.

Untuk memulai usaha sampingan online tanpa modal dalam bidang desain, Anda hanya perlu mengumpulkan portfolio dan mempromosikan diri Anda. Di awal mungkin memang sulit untuk mendapat pelanggan apalagi jika ini kali pertama Anda menawarkan jasa. Anda dapat mencoba bergabung dengan website freelance terlebih dahulu. Biasanya orang-orang yang membutuhkan jasa desain akan langsung mencari jasa dari situs freelance sehingga peluang Anda untuk bertemu klien lebih besar.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

4. Bisnis makanan online

Usaha di bidang kuliner tidak akan pernah mati.  Manusia tidak akan bisa lepas dari makanan karena makanan merupakan kebutuhan dasar. Selain itu, bisnis di bidang kuliner semakin berkembang karena semakin mewabahnya food blogging atau foodies. Fenomena ini menjadi angin segar bagi pelaku bisnis makanan. Seiring dengan kecanggihan teknologi saat ini, bisnis makanan online pun semakin marak.

Berbeda dengan membuka toko makanan atau restoran yang membutuhkan banyak modal untuk sewa tempat dan bahan baku, usaha makanan online tidak membutuhkan banyak modal, apalagi jika Anda sudah mempunyai peralatan masak di rumah. Yang perlu dilakukan adalah membuat sampel makanan untuk promosi online melalui sosial media.

Selanjutnya, tinggal tunggu pesanan saja. Anda hanya membuat makanan saat ada pemesan. Ini artinya Anda tidak perlu khawatir akan ada makanan basi atau terbuang karena tidak laku. Jenis makanan yang cocok untuk usaha ini antara lain kue ulang tahun, snack atau camilan kering, pudding, salad, makanan beku, dan masih banyak lagi. Untuk pengirimannya, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi atau mengantar sendiri ke alamat pemesan.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

5. Dropshipper

Sejak bisnis berjualan online marak beberapa tahun terakhir ini, bisnis dropship juga mulai populer. Banyak orang menganggap dropshipper sama dengan reseller. Keduanya sebenarnya berbeda. Reseller memerlukan modal untuk membeli barang dari supplier, sementara dropshipper tidak perlu membeli barang dari produsen. Mereka hanya cukup mempromosikan barang dan menunggu order dari pembeli. Saat ada orang yang memesan, dropshipper memberitahu supplier dan supplier mengemas serta mengirimkan barang pada pemesan.

Dengan sistem tersebut, dropshipper cocok bagi siapapun yang ingin memulai usaha sampingan online tanpa modal. Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu khawatir barang tidak laku karena Anda hanya perlu memberi barang dari produsen saat ada pemesan saja.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

Tips Sukses Bisnis Online

1. Membuat target

Berkarir dalam bidang apa saja, termasuk usaha sampingan, penting untuk membuat target kerja. Hanya karena usaha sampingan, bukan berarti Anda menganggapnya hanya untuk iseng atau mengisi waktu luang saja. Dengan membuat target, Anda akan selalu merasa termotivasi dan berkomitmen untuk mencapainya. Selain itu dengan adanya target, usaha sampingan akan terus berjalan. Karena itulah, penting untuk membuat target kerja serealistis mungkin.

Target dapat dibuat dalam jangka pendek dan jangka panjang. Jika target tidak terpenuhi, biasakan untuk membuat evaluasi. Dari evaluasi tersebut, penyebab kegagalan tercapainya suatu target bisa diketahui. Dari situ, Anda bisa mencari cara untuk memperbaikinya.

2. Disiplin dalam bekerja

Banyak orang menganggap usaha sampingan online tanpa modal mudah dilakukan sehingga mereka cenderung tidak disiplin. Akibatnya, bisnis gagal dan merugi. Walaupun dilakukan online, kedisiplinan harus selalu diperhatikan. Sikap disiplin dalam bekerja secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas.

Kedisiplinan dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti menjadwalkan waktu untuk bekerja. Seperti ketika melakukan pekerjaan utama, pekerjaan sampingan pun harus terjadwal secara teratur. Dengan begitu, usaha sampingan online Anda dapat berjalan dengan baik. Pelanggan juga tidak akan kecewa karena tetap dilayani dengan baik walaupun pada waktu-waktu tertentu saja.

3. Jaga kepercayaan pelanggan

Menjaga kepercayaan pelanggan merupakan salah satu hal tersulit dalam menjalankan usaha sampingan online tanpa modal. Baik dalam bisnis offline maupun online, pelanggan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Di mana-mana, pelanggan adalah raja. Tanpa pelanggan, dari mana Anda akan mendapat keuntungan?

Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan memberikan deskripsi barang dan jasa sesuai dengan kenyataannya. Salah satu kekurangan bisnis online adalah calon pembeli tidak dapat secara langsung melihat atau mencoba barang akan dibeli. Mereka sepenuhnya bergantung pada deskripsi produk dan review dari pembeli lainnya.

Jika barang yang telah dibeli ternyata berbeda dengan deskripsi yang ditulis oleh penjual, tentu mereka akan kecewa dan tidak akan membeli lagi. Karena itulah, pastikan keaslian barang, kualitas, bahan, warna, ukuran, dan informasi lainnya sesuai dengan kenyataan. Tidak masalah jika Anda menjual barang KW asal informasi tersebut jelas tertulis dalam deskripsi produk.

Usaha sampingan online tanpa modal
Usaha sampingan online tanpa modal

Penutup

Selain memastikan kondisi barang sesuai dengan aslinya, pelayanan yang diberikan harus maksimal. Semua pembeli pasti menyukai penjual yang ramah dan cepat tanggap. Dengan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, mereka akan setia. Intinya adalah usaha sampingan online tanpa modal akan sukses jika Anda serius dalam mengerjakannya.