usaha kecil dan menengah

Contoh Ide Usaha Kecil dan Menengah yang Patut Dicoba

UMKM termasuk ke dalam salah satu roda yang menggerakkan perekonomian Indonesia, dan kontribusi mereka pun sangat besar. Siapapun bisa mendirikan UMKM sebab ada begitu banyak hal yang bisa dijadikan sebagai ide untuk memulai usaha. Berikut ini adalah beberapa ide usaha kecil dan menengah yang bisa kamu coba.

10 Ide Memulai Usaha Kecil dan Menengah yang Praktis

1. MUA

Ide pertama yang bisa diketahui untuk memulai usaha kecil dan menengahadalah dengan menjadi seorang MUA. MUA merupakan sebuah profesi yang berasal dari kalimat make up artist, yang mana profesi tersebut memiliki arti bahwa mereka akan merias orang lain sehingga penampilan kliennya menjadi lebih menarik.

Pada masa kini, banyak orang yang membutuhkan jasa MUA untuk berbagai kegiatan seperti wisuda, pernikahan, reunian, ataupun hanya sekadar menghadiri pengajian saja. Apabila kamu yakin bahwa sudah menguasai skill untuk merias orang lain, maka tidak ada salahnya untuk memulai usaha ini. Selain itu, kamu juga bisa melatih skill make up dengan menonton video di media sosial.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

2. Fashion

Ide usaha kecil dan menengah yang selanjutnya bisa dilakukan adalah usaha yang berhubungan dengan fashion atau pakaian. Sekarang, terlebih untuk generasi muda, mereka membutuhkan pakaian yang mampu membuat mereka tampil dengan lebih keren dan menarik meskipun pakaian yang digunakan termasuk sederhana.

Kamu bisa mencoba untuk membuat pakaian yang sedang trendy pada saat ini, atau mencari tahu model pakaian apa yang sering diincar oleh banyak orang. Menjadi seorang reseller pakaian juga menjadi opsi yang tidak buruk, sebab kamu hanya perlu menjual pakaian tersebut kepada orang lain tanpa harus dipusingkan oleh stok pakaian yang bisa disiapkan oleh pihak lainnya.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menghitung Persentase Kepemilikan Saham dengan Benar
usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

3. Perlengkapan Bayi

Menjual perlengkapan bayi juga menjadi salah satu usaha kecil dan menengah yang sekarang ini sedang marak dilakukan oleh masyarakat. Tingkat kelahiran bayi yang meningkat pada masa pandemi tentunya menjadi kesempatan emas bagi kita semua untuk membantu pasangan orang tua yang ada untuk memenuhi kebutuhan buah hati mereka.

Mulai dari botol minum bayi, mainan bayi, popok, dan berbagai perlengkapan lainnya yang pastinya wajib untuk dimiliki. Saat ini permintaan untuk popok bayi juga semakin meningkat, karena itu alangkah lebih baik jika kamu membantu berbagai orang tua dalam meringankan beban mereka dengan membuka usaha yang mampu membantu perlengkapan bayi.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

4. Jasa Edit Video dan Foto

Bisnis yang berhubungan dengan internet juga bisa dijadikan sebagai ide usaha kecil dan menengah yang pastinya sangat populer. Bagaimana tidak, kini mayoritas masyarakat di seluruh dunia sudah familiar dengan dunia sosial media dan mereka pastinya tertarik untuk membuat video atau foto yang menarik untuk dipamerkan pada banyak orang.

Apabila kamu memiliki keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengedit, maka percaya dirilah dan gunakan keterampilan tersebut untuk membuka usaha yang mampu membawa keuntungan. Baik itu video untuk pernikahan, ulang tahun, ataupun kegiatan lainnya, pasti gaji yang kemungkinan diterima dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

5. Buka Usaha Kuliner

Usaha kecil dan menengah yang paling populer dan dilakukan oleh banyak orang di masyarakat adalah membuka usaha kuliner. Makanan memang menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia, sehingga usaha kuliner kemungkinan besar pasti akan laris karena banyak orang yang tertarik mengkonsumsi kuliner yang lezat.

Baca Juga :  Bingung Cara Bikin Surat Izin Usaha? Berikut Langkah-Langkahnya

Beberapa tips agar usaha kuliner yang kamu dirikan bisa maju dan populer adalah usaha tersebut harus didirikan pada lokasi yang strategis dan bisa ditempuh dengan mudah oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan promo makan gratis ketika sedang ingin melakukan grand opening agar banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi usaha kuliner tersebut.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

6. Bisnis Hadiah Kado

Saat teman atau orang yang paling kita cintai berulang tahun, kita semua tentunya memiliki niat untuk membuat mereka merasa bahagia dengan memberi mereka hadiah. Karena itulah, membuka bisnis hadiah kado juga bisa menjadi usaha kecil dan menengah yang memiliki tingkat kesuksesan cukup tinggi terlebih jika hadiah yang dipamerkan termasuk keren.

Hadiah atau kado yang seringkali diminati oleh banyak orang adalah hadiah yang dibungkus dalam bentuk menarik, sehingga pastikan kamu memang menjualnya dalam kondisi yang tepat. Kamu juga bisa mempopulerkan toko hadiah tersebut kepada generasi muda yang ada di sosial media dengan menerapkan iklan agar mereka menggunakan jasa hadiah kado tersebut.

7. Usaha Otomotif

Usaha otomotif juga termasuk ke dalam usaha kecil dan menengah yang terkenal. Hal tersebut terbukti dari jumlah kendaraan di Indonesia yang semakin membludak setiap tahunnya, dan kemungkinan besar mereka pasti akan mengalami masalah tertentu dalam mesin kendaraan tersebut.

Karena itu, kamu bisa mencoba memulai usaha otomotif agar bisa membantu mereka yang berada dalam kesulitan karena ada masalah pada kendaraan. Jika tidak memiliki bakat dalam dunia otomotif, kamu bisa mencoba mempekerjakan orang lain yang memang ahli dalam bidang mesin kendaraan sehingga masalah bisa teratasi.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

8. Jasa Kebersihan

Siapa bilang jasa kebersihan termasuk jasa yang kurang diminati? Meskipun berhubungan erat dengan kotoran yang menempel pada lingkungan, akan tetapi jasa kebersihan ini memiliki jasa yang besar untuk membuat lingkungan menjadi bersih dari ancaman kuman dan bakteri yang berbahaya.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Peluang Usaha Modal 200 Ribu

Kamu dapat mencoba untuk memulai jasa kebersihan sambil menawarkan kelebihan apa saja yang bisa diraih oleh calon konsumen. Terlebih, kini sudah ada begitu banyak perusahaan yang berusaha mencari jasa kebersihan yang mampu membantu gedung mereka menjadi bersih dan bebas dari kotoran.

9. Usaha Agribisnis

Karena berhubungan dengan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat umum, usaha agribisnis dapat menjadi usaha yang memiliki peluang besar. Kebanyakan pelaku usaha agribisnis pada saat ini memang masih didominasi oleh orang tua, akan tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan bagi generasi muda untuk melakukan hal yang sama.

10. Usaha Skincare

Usaha kecil dan menengahterakhir yang bisa diterapkan adalah usaha yang berkaitan dengan produk kecantikan kulit atau skincare. Meskipun seringkali diincar oleh perempuan, namun banyak juga laki-laki yang berusaha untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar untuk dipandang.

Kamu dapat menjual produk yang memang selama ini sudah terkenal ataupun membuat skincare secara alami. Manfaatkanlah bahan alami yang memang aman untuk digunakan sehingga calon pengguna tetap berada dalam kondisi aman.

usaha kecil dan menengah
Usaha kecil dan menengah

Itulah berbagai usaha kecil dan menengah yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan modal terlalu besar. Usaha tersebut meskipun terdengar sepele namun membutuhkan keterampilan dan skill yang tinggi, sehingga pastikan bahwa kamu memang sudah menguasai berbagai macam hal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.