Usaha dagang rumahan

Berbagai Peluang Usaha Dagang Rumahan Ini Menarik Untuk Dicoba!

80 views
Bagikan artikel ini

Bagi setiap orang pasti ingin memiliki kegiatan usaha yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah seperti bekerja kantoran. Usaha dagang rumahan dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri. Belum dimulainya suatu usaha bisa jadi karena Anda belum menemukan ide usaha rumahan apa yang tepat dan sesuai untuk Anda jadikan bisnis.

Meskipun disebut usaha dagang rumahan, banyak sekali bukti bahwa usaha rumahan dapat menjadi besar dan sukses jika dikembangkan dengan baik. Apalagi dengan teknologi yang sekarang semakin maju, Anda dapat memanfaatkan internet dalam memasarkan usaha atau mencari usaha rumahan.

Terdapat berbagai macam ide usaha rumahan yang bisa Anda lakukan dan tidak memerlukan modal yang besar. Lakukanlah penelitian dalam mencari usaha yang tepat dan sesuai dengan minat Anda agar usaha dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama.

Inilah Berbagai Rekomendasi Usaha Dagang Rumahan

Berikut ini beberapa rekomendasi peluang usaha yang menjadi ide dagang rumahan dan bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan modal besar, berikut penjelasannya.

1. Usaha Jual Pulsa dan Paket Internet

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang yang membutuhkan pulsa dan paket internet untuk menunjang kebutuhannya di bidang teknologi. Melihat hal tersebut, dapat Anda jadikan peluang usaha untuk membuka bisnis jual pulsa dan paket internet. Untuk membuka usaha ini, Anda cukup menyediakan etalase kecil serta spanduk yang sederhana agar orang-orang dapat mengetahui Anda menjual pulsa serta paket internet.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan jual pulsa

2. Membuka Usaha Snack

Untuk membuka usaha makanan ringan di rumah sangatlah mudah. Jenis usaha ini merupakan dagangan rumahan yang laris setiap waktu. Anda bisa memulai dengan melakukan riset makanan ringan apa yang sedang disukai banyak orang lalu kemas snack tersebut dengan kemasan yang unik dan kekinian. Contoh snack yang bisa dijadikan usaha yaitu keripik, donat dan kerupuk.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan snack

3. Menjadi Dropshipper

Jika tidak memiliki banyak modal untuk membuka usaha dagang rumahan, Anda bisa menjadi dropshipper. Usaha ini hanya memerlukan akses internet dan kemampuan menjual yang baik, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. Carilah supplier yang terpercaya dan sudah memiliki nama yang baik, sehingga usaha Anda akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Usaha dagang rumahan
Dropshipper

4. Usaha Potong Rambut atau Salon

Anda bisa membuka usaha potong rambut atau salon, apabila Anda mempunyai keahlian lebih dalam memotong rambut. Siapkan peralatan yang sesuai untuk memotong rambut dan lakukan promosi yang menarik di awal pembukaan, agar orang-orang tertarik untuk datang ke usaha potong rambut Anda.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan barbershop

5. Usaha Air Minum Isi Ulang

Salah satu kebutuhan masyarakat umum adalah air minum. Hal tersebut membuat peluang usaha di bidang air minum sangat menjanjikan. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan padat penduduk, kebutuhan akan air minum tentunya sangatlah tinggi.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan isi ulang air minum

6. Usaha Jasa Cuci Kendaraan Bermotor

Saat ini semakin banyak pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. Dalam perawatannya para pengguna kendaraan akan mencuci kendaraannya agar kebersihannya selalu terjaga. Anda dapat membuka usaha cuci kendaraan di halaman rumah, apalagi jika rumah Anda terletak di lokasi yang strategis, seperti di pinggir jalan. Anda dapat memulai usaha ini dengan usaha cuci kendaraan roda dua.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan jasa cuci kendaraan

7. Usaha Katering Harian

Kesibukan yang dimiliki oleh orang-orang membuat mereka jarang membuat sendiri makanan untuk dikonsumsi. Usaha catering harian adalah salah satu ide usaha dagang rumahan yang bisa Anda lakukan. Buatlah menu-menu yang menarik dan berbeda tiap harinya agar orang tetap setia untuk berlangganan di usaha catering Anda.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan katering

8. Usaha Jahit dan Permak Pakaian

Jika Anda mempunyai keterampilan dalam menjahit, maka Anda dapat membuka usaha jahit dan service pakaian dari rumah. Saat ini masih banyak orang yang membutuhkan jasa jahit dan permak pakaian, sehingga jika Anda membuka usaha ini di rumah akan sangat menguntungkan Anda. Bisnis ini merupakan inspirasi dagang rumahan yang patut dicoba.

Usaha dagang rumahan
Usaha Jahit dan Permak Pakaian

9. Usaha Service Perabotan Elektronik

Setiap orang pasti memiliki berbagai macam perabotan elektronik di rumahnya. Hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha dagang rumahan apalagi jika Anda memiliki kemampuan mereparasi atau memperbaiki perabotan elektronik. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari usaha ini.

Usaha dagang rumahan
Usaha service perabotan elektronik

10. Usaha Laundry Kiloan

Bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan atau urusan pribadi lainnya, kegiatan mencuci pakaian seringkali mereka lupakan karena tidak adanya waktu luang. Hal tersebut membuat peluang usaha jasa cuci pakaian atau laundry terbuka lebar. Anda bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis Anda dan bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu mencuci pakaian hingga disetrika dengan rapi.

Usaha dagang rumahan
Usaha Laundry Kiloan

11. Usaha Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Jika Anda menyukai hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, tidak ada salahnya untuk membuka jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan di rumah Anda. Bisnis ini sangat menjanjikan mengingat saat ini banyak sekali orang yang mempunyai hewan peliharaan, namun sering berpergian keluar rumah atau bahkan kota sehingga akan meninggalkan hewan peliharaannya di rumah.

Usaha dagang rumahan
Usaha Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

12. Usaha Fotografi

Salah satu usaha dagang rumahan yang membuka peluang yang besar adalah fotografi. Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang fotografi, bisnis ini sangatlah cocok untuk Anda. Anda dapat memulai bisnis ini dengan menjadikan rumah sebagai studio foto mini.

Usaha dagang rumahan
Usaha Fotografi

13. Usaha Jasa Ketik

Usaha jasa ketik sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kawasan sekolah, perkuliahan hingga perkantoran. Usaha ini sangat diminati oleh banyak orang karena kebutuhan mereka terhadap tugas-tugas yang sedang mereka kerjakan. Anda dapat menjadikan rumah Anda sebagai tempat usaha.

Usaha dagang rumahan
Usaha Jasa Ketik

14. Usaha Membuat Tanaman Artifisial

Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi dalam membuat sebuah karya seni, usaha dagang rumahan yang satu ini bisa Anda coba. Salah satu karya seni yang bisa dibuat adalah tanaman artifisial. Bisnis ini sangat menjanjikan mengingat ada banyak acara yang membutuhkan tanaman artifisial, apalagi di area perkotaan yang sering mengadakan acara.

Usaha dagang rumahan
Usaha Membuat Tanaman Artifisial

15. Menjadi Editor dan Proofreader

Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan menjadi editor dan proofreading. Kedua pekerjaan tersebut bisa Anda lakukan dari rumah karena saat ini sistem semakin canggih, sehingga Anda dapat berhubungan dengan klien tanpa harus bertemu secara langsung.

Usaha dagang rumahan
Menjadi Editor dan Proofreader

16. Menjadi Guru Privat

Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang baik dan kesabaran dalam mengajar, bisnis yang satu ini cocok untuk jadikan usaha di rumah. Anda bisa menjadi guru privat anak sekolah sesuai pelajaran yang Anda kuasai, seperti matematika, bahasa asing dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikan rumah sebagai tempat untuk mengajar anak-anak.

Usaha dagang rumahan
Menjadi Guru Privat

Pilih Usaha Yang Sesuai Dengan Minat dan Menguntungkan

Dalam menjalankan sebuah usaha, pilihlah usaha yang Anda minati dan kuasai. Selain itu perhatikan juga pasar yang Anda targeti sehingga usaha tidak akan berhenti di tengah jalan. Lalu perhatikan juga potensi keuntungan dari bisnis yang akan Anda tekuni.

Usaha dagang rumahan
Usaha dagang rumahan

Penutup

Demikianlah artikel rekomendasi usaha yang dapat dilakukan di rumah. Usaha dagang rumahan umumnya tidak memerlukan modal yang besar, cukup pilih usaha apa yang ada kuasai dan pasarnya bagus.

Baca Juga : Inilah Tips Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha