Usaha ukm yang menjanjikan

Berbagai Bidang Usaha UKM Yang Menjanjikan

90 views
Bagikan artikel ini

UKM atau singkatan dari Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain memerlukan modal yang tidak terlalu banyak dan resiko kerugian yang sangat kecil bisnis ini juga terbilang usaha UKM yang menjanjikan. Karena UKM memberikan dampak positif bagi perekonomian negara maka bisnis ini menjadi bisnis yang diperhatikan oleh pemerintah.

Tak hanya itu dengan bisnis UKM ternyata di klaim sebagai bisnis yang mampu memperbanyak atau memperluas lapangan kerja baru khususnya bagi masyarakat sekitar UKM tersebut. Meskipun bisnis UKM ini sudah sangat diminati tapi segelintir orang masih merasa bingung atau khawatir dalam memilih dan menjalankan usaha UKM ini. Hal ini dikarenakan mereka yang masih awam dengan dunia bisnis sehingga takut untuk melakukan pemasaran atau takut akan kegagalan.

Namun perlu anda ketahui bahwa dalam setiap usaha pasti selalu ada resiko adanya masalah baik itu dalam usaha kecil ataupun usaha besar. Untuk itu bagi anda yang ingin membangun sebuah usaha haruslah memiliki kepercayaan diri yang tinggi khususnya dalam menekuni bisnis UKM ini.

Usaha ukm yang menjanjikan
Usaha ukm yang menjanjikan

Bidang Usaha UKM Yang Menjanjikan Bagi Pemula

Dalam membangun sebuah usaha khususnya UKM memang harus memiliki kepercayaan diri yang besar, berani, dan mengenal serta mengetahui wawasan mengenai bisnis UKM. Yaitu bisnis UKM seperti apa yang cocok untuk anda jadikan sebagai usaha yang menjanjikan, yang bisa membawa keuntungan, serta tidak memiliki banyak resiko yang besar. Berikut ini beberapa bidang usaha UKM yang menjanjikan yang bisa menjadi pilihan anda dalam berbisnis:

1. Bidang Kuliner

Kuliner merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap manusia, sehingga pasti selalu paling di cari dan dinantikan keberadaannya. Membuka bisnis UKM di bidang kuliner merupakan jalan bisnis yang terbilang menjanjikan karena makanan selalu dibutuhkan oleh semua orang. Yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis UKM kuliner adalah trend dan rasa.

Rasa merupakan hal paling utama dalam bisnis ini, karena semakin unik dan enak rasa yang disajikan, maka produk kuliner yang anda ciptakan juga akan semakin dicari dan diminati. Setelah itu baru perhatikan pelayanan, kemasan produk, dan kalau bisa adakan promosi agar bisnis yang anda bangun bisa untung banyak.

Bisnis kuliner bisa menjadi usaha UKM yang menjanjikan karena sebagian besar beberapa kuliner legendaris masih bisa bertahan hingga saat ini. Hal itulah mengapa untuk membangun bisnis kuliner harus terlebih dahulu mempersiapkan cita rasa masakan yang khas, enak, dan kuat sehingga berpeluang untuk mendapatkan pelanggan.

Untuk proses distribusinya pun tidak harus memiliki tempat strategis tapi juga bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan sosial media lainnya. Hal ini sangat efektif bagi para pengusaha kuliner karena mereka bisa mempromosikan bisnisnya secara mudah tanpa harus mengeluarkan uang pembayaran.

Usaha ukm yang menjanjikan
Bisnis ukm yang menjanjikan

2. Bidang Fashion

Bisnis Fashion memang selalu menjadi salah satu bisnis yang selalu berkembang baik dan merupakan produk UKM terlaris, hal ini karena fashion merupakan salah satu kebutuhan yang tidak terikat oleh waktu. Untuk proses distribusinya pun bisa dipasarkan secara online seperti lewat media sosial atau marketplace dan sejenisnya. Yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis ini adalah trend fashion itu sendiri karena fashion selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Selain itu juga anda harus mengetahui target pasar yang akan dituju, apakah untuk bayi, anak-anak, remaja, atau wanita dan pria dewasa. Sehingga anda harus fokus pada satu tujuan itu. Hal inilah mengapa bisnis dalam bidang fashion menjadikan usaha UKM yang menjanjikan.

Usaha ukm yang menjanjikan
Usaha ukm yang menjanjikan

3. Bidang Produk Kerajinan Tangan

Memanfaatkan kekayaan alam di sekitar kita menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik sebagai produk usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya selain bermanfaat produk kerajinan sangatlah ekonomis sehingga anda bisa mengolah bahan baku yang sudah tersedia menjadi satu produk yang menarik unik dan kreatif dan bisa menjadi produk jual yang baik. Tak hanya itu keuntungan besar juga akan menjadi potensi dari usaha kecil dan menengah ini.

Dengan memanfaatkan toko online atau media sosial untuk melakukan pemasaran, sehingga akan lebih banyak masyarakat yang bisa melihat produk anda serta keuntungan yang didapat pun akan semakin besar. Itulah mengapa bisnis pada bidang kerajinan tangan merupakan salah satu usaha UKM yang menjanjikan. Contoh kerajinan yang bisa anda jadikan sebagai referensi seperti tas dari anyaman bambu, sarung, kain, jepit rambut, gantungan kunci dan kerajinan tangan lainnya.

Usaha ukm yang menjanjikan
Usaha ukm yang menjanjikan

4. Bidang Otomotif

Bisnis bidang otomotif menjadi salah satu bisnis UKM yang harus dipertimbangkan karena bidang otomotif semakin berkembang dari hari ke hari. Setiap tahun pembelian mobil dan motor semakin meningkat, sehingga dapat dilihat dari sering terjadinya kemacetan di kota-kota besar.

Jika anda menekuni bidang ini maka akan mendatangkan beragam prospek usaha UKM yang menjanjikan sehingga anda bisa mengambil peluang dari bisnis ini. Contoh bisnis pada bidang otomotif diantaranya seperti jasa cuci kendaraan, rental mobil, membuat bengkel mobil dan motor, atau jual spare part.

Sebelum melakukan bisnis di bidang otomotif ini sebaiknya anda harus mempersiapkan modal dan keahlian yang tepat. Selain itu juga lakukan survey mengenai kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat terkait seputar dunia otomotif. Dalam hal ini jika anda benar-benar menekuni bisnis di bidang otomotif sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda maka bisnis ini akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan perlahan tapi pasti.

Usaha ukm yang menjanjikan
Usaha ukm yang menjanjikan

5. Bidang Pengantar Atau Kurir

Sebelum munculnya bisnis online, bisnis pengantaran atau kurir selalu dipandang sebelah mata karena tidak terlalu dibutuhkannya oleh masyarakat. Tapi setelah semakin banyaknya bisnis online, bisnis kurir pun semakin berkembang dengan baik. Jenis kurir sendiri memiliki beberapa jenis antara lain kurir antar pulau dan kurir antar luar negeri. Tak hanya itu ada juga kurir untuk khusus dalam kota dimana hanya melayani pengantaran barang, dokumen, atau makanan dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Salah satu layanan yang memfasilitasi kurir dalam kota adalah gojek. Para pelaku bisnis online pasti akan menyambut dengan baik bisnis seperti ini. Karena mereka sering membutuhkan jasa antar dengan pelayanan yang cepat agar memenuhi kebutuhan pelanggan yang biasanya selalu ingin serba cepat, sehingga pelanggan bisa puas dengan pelayanan mereka.

Untuk memulai bisnis kurir ini pun anda tidak perlu memiliki modal yang cukup besar, anda mungkin hanya perlu motor bekas yang bisa dipakai untuk membantu bisnis kurir anda. Maka bisnis bidang pengantaran atau kurir ini memang menjadi usaha UKM yang menjanjikan bagi anda yang memiliki modal cukup.

Usaha ukm yang menjanjikan
Usaha ukm yang menjanjikan

Penutup

Sebenarnya yang penting dalam memulai bisnis UKM adalah anda harus memiliki strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan secara praktis, akurat, cepat dan terpercaya. Hal ini yaitu untuk mendukung pengelolaan keuangan secara praktis dan efisien. Dari kelima bidang usaha di atas merupakan usaha UKM yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai inspirasi bisnis UKM pilihan anda, atau mungkin bisa juga memilih bisnis UKM yang menjanjikan lain yang menurut anda bisa lebih menjanjikan sebagai pengusaha UKM.

Baca Juga : Berbagai Peluang Usaha Dagang Rumahan Ini Menarik Untuk Dicoba!