Pendanaan modal usaha

Inilah Tips Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha

62 views
Bagikan artikel ini

Hal penting apabila akan mendirikan atau melakukan usaha yakni menyiapkan pendanaan modal. Kebanyakan orang masih kebingungan untuk mendapatkan pendanaan modal, meskipun konsep usaha sudah dirancang. Padahal, terdapat berbagai cara yang bisa menjadi pilihan agar bisa mendapatkan modal usaha. Mari kita simak berbagai tips untuk mendapatkan pendanaan modal usaha.

Pendanaan modal usaha
Pendanaan modal usaha

Berikut Ini Berbagai Cara Mendapatkan Pendanaan Modal Usaha

1. Menggadaikan Barang Berharga

Mendapatkan modal usaha bisa dilakukan dengan cara menggadaikan barang berharga yang dimiliki seperti emas, kendaraan, barang elektronik, dan lain-lain. Namun, modal yang didapat dari pegadaian biasanya tidak terlalu besar. Anda juga sudah harus siap untuk menanggung segala resiko yang mungkin terjadi. Hal tersebut karena ada jangka waktu untuk melunasi modal yang sudah dipakai.

Jika sudah tenggat waktu dan tidak kunjung dilunasi, maka barang yang Anda gadaikan akan hilang. Pastinya tidak ingin sampai kehilangan barang berharga yang dimiliki. Oleh karena itu, sebelum memilih cara yang satu ini, Anda harus memikirkan dengan matang-matang.

2. Meminjam Modal Usaha ke Bank

Sebagian besar bank di Indonesia menawarkan program peminjaman modal untuk orang yang menjalankan atau merintis usaha. Cara mendapatkan pendanaan modal usaha dengan meminjam ke bank telah dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut karena proses peminjaman tergolong mudah serta waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Proses pembayarannya pun tidak dalam satu waktu langsung lunas.

Melainkan bisa dicicil sebulan sekali dalam tempo beberapa tahun sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Namun, tidak semua orang diperbolehkan melakukan pinjaman di bank. Hanya orang-orang yang sudah terverifikasi yang diperbolehkan melakukan pinjaman modal usaha ke bank.

Pendanaan modal usaha
Pendanaan modal usaha

3. Menjual Aset Berharga

Cara selanjutnya untuk memperoleh pendanaan modal usaha adalah menjual aset berharga milik Anda. Cara tersebut sangat efektif karena tidak perlu melakukan proses yang ribet maupun memakan waktu yang lama. Selain itu, dengan menjual asset, Anda dapat memperoleh modal tanpa harus memiliki jaminan. Aset yang dimaksud bisa berupa kendaraan pribadi, perhiasan, tanah, rumah, perabotan dan barang-barang berharga lainnya.

Walaupun terlihat mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjual asset untuk mendapatkan modal usaha. Pertama, pertimbangkan dulu mengenai keuntungan dan kerugian apabila menjual aset yang dimiliki. Lalu, bandingkan pula dengan peluang atau potensi usaha yang bisa didapatkan nantinya setelah menjual aset.

4. Meminjam Modal Kepada Keluarga / Orang Terdekat

Orang tua maupun sahabat terdekat juga bisa dimintai tolong untuk meminjamkan uang yang akan dibuat sebagai modal untuk usaha Anda. Supaya orang terkedat merasa aman dan tidak khawatir untuk meminjamkan modal, jelaskan secara rinci mengenai rancangan bisnis Anda. Selain itu, jelaskan pula periode waktu meminjam uang dan mengembalikannya.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati walaupun cara tersebut tergolong sederhana dan santai. Maka, jangan sampai menganggap enteng pinjaman tersebut. Hal itu supaya nantinya bisa merenggangkan hubungan Anda dengan orang terdekat yang dipinjami modal usaha. Oleh karena itu, lunasi modal yang dipinjam sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan.

5. Memakai Tabungan Pribadi

Supaya usaha yang telah dirancang bisa segera terlaksana, mendapatkan pendanaan modal usaha dengan memakai tabungan sendiri merupakan cara yang tepat. Anda tidak harus susah-susah menemui pihak lain agar memperoleh modal usaha. Oleh sebab itu, seseorang sudah harus mempunyai tabungan milik pribadi yang diiisi minimal sebulan sekali.

Tabungan tersebut nantinya bisa digunakan untuk kepentingan tak terduga, dana darurat, maupun urusan lainnya. Urusan tersebut salah satunya untuk memperoleh modal untuk merintis suatu usaha. Kalkulasikan pula potensi keuntungan usaha yang akan diperoleh dengan uang tabungan pribadi yang digunakan.

Pendanaan modal usaha
Pendanaan modal usaha

6. Investasi

Apabila Anda memilih cara investasi untuk mendapatkan pendanaan modal usaha, maka lakukan jauh hari sebelumnya. Itu karena cara mendapatkan modal dengan investasi tidak bisa dilakukan secara cepat. Selain itu, investasi merupakan suatu cara yang dilakukan di masa sekarang untuk memperoleh keuntungan pada masa depan.

Dalam jangka atau periode waktu yang dilalui itulah nantinya nilai uang yang diinvestasikan akan bertambah. Jadi, semakin lama periodenya maka akan semakin besar jumlah yang bisa diperoleh nantinya. Namun, segala resiko yang tidak diinginkan seperti kerugian mungkin saja bisa terjadi.

7. Mendapat Modal Dari Konsumen

Beberapa usaha bisa dilakukan dengan cara mendapatkan pendanaan modal usaha dari pelanggan atau konsumen. Misalnya saja seperti usaha penyablonan dan catering yang mana pelanggan biasanya melakukan pembayaran di awal. Sehingga, uang tersebut bisa dijadikan modal dasar untuk para pemilik usaha.

Jumlah uang yang dibayarkan diawal oleh konsumen dapat Anda tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan usaha. Baik itu uang muka, setengah harga, maupun dibayar secara penuh. Nantinya, keuntungan yang Anda peroleh dari usaha tersebut dapat dijadikan sebagai modal tambahan guna mengembangkan bisnis.

8. Mengikuti Program Dari Pemerintah

Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program yang diberikan pemerintah untuk mendapatkan pendanaan modal usaha. Informasi mengenai program dari pemerintah yang berkonsentrasi dalam mengembangkan usaha untuk rakyat bisa dicek pada media sosial. Peran pemerintah tersebut nyatanya memiliki dampak yang positif untuk kemajuan usaha masyarakat Indonesia.

Bukan hanya modal saja yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti program tersebut. Namun, juga akan mendapatkan pelatihan untuk menjalankan usaha secara efektif. Sehingga, cara ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki modal untuk merintis usaha.

9. Mencari Rekan Usaha

Mencari pendanaan modal usaha sendirian tak jarang terasa sangat berat, dengan begitu Anda membutuhkan seorang rekan usaha untuk membantu. Dengan adanya rekan usaha, modal yang bisa diperoleh akan jauh lebih besar. Cara ini dilakukan dengan mengajak teman maupun orang lain yang bisa Anda percaya serta memiliki tujuan yang sama.

Setelah menemukan rekan bisnis yang tepat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Misalnya saja seperti pembagian keuntungan, goals yang ingin dicapai, strategi bisnis, dan hal penting lainnya secara rinci. Selain modal usaha yang didapat, Anda juga dapat saling bertukar ide bersama rekan untuk memajukan usaha.

10. P2P Lending

P2P lending atau Peer-to-Peer Lending merupakan cara yang digemari oleh masyarakat perkotaan. Pihak Fintech Company, yang menyediakan pinjaman memperbolehkan Anda dapat melakukan peminjaman tanpa tatap muka secara langsung atau online.

Fintech Company sendiri adalah wadah untuk para pemilik modal dan seseorang bisa memakai dana tersebut untuk usaha. Besar pinjaman bervariatif dan resiko apabila telat membayar pun cukup besar. Sebelum memutuskan cara ini untuk mendapatkan pendanaan modal usaha, perhatikan dahulu apakah platform P2P Lending sudah diverifikasi pemerintah atau belum.

Pendanaan modal usaha
Pendanaan modal usaha

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa tips untuk memperoleh pendanaan modal usaha seperti yang telah dijelaskan diatas. Cara manapun yang akan dipilih, perhatikan segala keuntungan maupun resiko yang akan dihadapi.