syarat pinjaman kur bri

Butuh Dana? Begini Syarat Pinjaman KUR BRI Untuk Kembangkan Usaha

Keberadaan sistem peminjaman KUR BRI bertujuan untuk mendukung perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Bagi para pemilik UMKM, memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya, dengan melengkapi syarat pinjaman KUR BRI.

Sistem ini disebut juga intermediasi perbankan, yang merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan lembaga keuangan, dalam hal ini adalah Bank BRI. BRI memberikan dana pinjaman sebagai intermediasi unit ekonomi bagi usaha mikro, seperti UMKM.

KUR merupakan singkatan dari Kredit Modal Kerja dan atau Kredit Investasi. KUR BRI menjadi kredit usaha dengan batas kredit hingga 500 juta rupiah, yang diberikan kepada pelaku usaha mikro, usaha kecil, serta bisnis yang dijalankan oleh koperasi dengan jaminan dari Perusahaan Penjamin.

syarat pinjaman kur bri
Syarat pinjaman kur BRI

Kenali Jenis-Jenis dan Syarat Pinjaman KUR BRI!

KUR BRI memang diperuntukkan sebagai dana pinjaman kepada para pelaku usaha di Indonesia. Namun untuk mendapatkan dana tersebut, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan pinjaman kepada BRI.

Karena KUR BRI memiliki beberapa jenis, maka syarat pinjaman KUR BRI juga berbeda-beda pada masing-masing jenisnya. Oleh karena itu, sebelum membahas persyaratan untuk pinjaman KUR BRI, maka penting untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya.

Baca Juga :  Begini Cara Membeli Saham IPO, Tak Perlu Bingung Lagi

1. KUR Mikro Bank BRI

Untuk jenis yang pertama ini adalah kredit modal kerja dan atau investasi yang dilakukan dengan plafon atau batas dana pinjaman mencapai 50 juta rupiah, setiap debitur, dengan memenuhi syarat pinjaman KUR BRI.

2. KUR Kecil Bank BRI

Selanjutnya adalah KUR Kecil yang merupakan kredit modal kerja dan atau investasi, yang diberikan kepada para debitur yang memiliki usaha produktif. Serta dinilai layak dengan plafon atau batas dana pinjaman lebih dari 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah per debitur.

3. KUR TKI Bank BRI

Sesuai dengan namanya, KUR jenis ini diberikan sebagai dana untuk membiayai keberangkatan calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia), ke negara penempatan. Plafon atau batas dana pinjaman untuk jenis KUR ini adalah 25 juta rupiah.

syarat pinjaman kur bri
Syarat pinjaman kur BRI

Syarat Pinjaman KUR BRI

Setelah memahami jenis-jenis KUR BRI, maka akan lebih mudah memahami perbedaan dari masing-masing syarat pinjaman KUR BRI. Melansir dari situs resmi Bank BRI, berikut adalah rincian persyaratannya:

1. KUR Mikro Bank BRI

Untuk bisa mengajukan pinjaman dana pada kategori atau jenis KUR ini, berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan:

  • Seorang individu (perorangan) yang sudah memiliki usaha produktif yang sudah berjalan dan layak untuk dikembangkan.
  • Sudah menjalankan usaha atau bisnis tersebut secara aktif dan produktif minimal selama 6 bulan lamanya.
  • Peminjaman tidak sedang menerima kredit dari perbankan lainnya (bank lain selain BRI).
  • Kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit merupakan pengecualian, artinya diperbolehkan meminjam KUR BRI.
  • Melengkapi syarat pinjaman KUR BRI jenis Mikro dalam bentuk administrasi yaitu, kartu identitas atau KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Izin Usaha.
  • Dana maksimum yang boleh dipinjam mencapai 50 juta rupiah per debitur.
  • Berlaku untuk jenis pinjaman KMK (masa pinjaman 3 tahun), serta KI (masa pinjaman 5 tahun).
  • Adanya suku bunga aktif sebesar 6% setiap tahunnya.
Baca Juga :  Strategi Promosi Jualan Makanan Online yang Efektif dan Efisien

2. KUR Kecil Bank BRI

Selanjutnya adalah syarat pinjaman KUR BRI untuk jenis KUR Kecil, berikut adalah syarat yang harus dipenuhi:

  • Peminjam sudah memiliki usaha yang aktif, produktif, dan layak diberikan bantuan untuk pengembangannya.
  • Peminjam tidak sedang memiliki pinjaman atau kredit dari bank selain BRI. Namun untuk kredit konsumtif, seperti KPR, KKB, dan kartu kredit masih memenuhi syarat karena bukan untuk keperluan usaha.
  • Usaha yang dilakukan sudah aktif minimal selama enam bulan lamanya.
  • Usaha tersebut juga sudah harus memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang memiliki fungsi sama dengan IUMK tersebut.
  • Nominal pinjaman 50 juta rupiah hingga 500 juta rupiah.
  • Jenis pinjaman yang diperbolehkan adalah KMK (maksimal peminjaman 4 tahun) dan KI (dengan masa peminjaman maksimal 5 tahun), dan bunga 6% per tahun.
syarat pinjaman kur bri
Syarat pinjaman kur BRI

3. KUR TKI Bank BRI

Selanjutnya adalah syarat pinjaman KUR BRI untuk jenis TKI, yang tujuannya untuk biaya pemberangkatan TKI, berikut adalah persyaratannya:

  • Peminjam adalah individu atau perorangan yang merupakan calon TKI yang akan berangkat untuk mulai bekerja di luar negeri.
  • Peminjam harus memenuhi syarat pinjaman KUR BRI jenis TKI berupa administrasi berikut ini, KTP, Surat Perjanjian dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan kerja, Passport, Visa dan berkas persyaratan lainnya.
  • Maksimum dana yang dipinjam untuk jenis KUR ini adalah 25 juta rupiah (sudah ditetapkan secara resmi oleh pemerintah).
  • Diberlakukan suku bunga aktif sebesar 6% per tahunnya, dan bebas biaya administrasi dan provinsi.
  • Untuk masa peminjaman maksimum adalah 3 tahun atau berdasarkan pada kontrak kerja dari TKI tersebut.
  • Negara tujuan yang menjadi syarat pinjaman KUR BRI jenis TKI yaitu, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei Darussalam, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.
Baca Juga :  Berbagai Peluang Usaha Dagang Rumahan Ini Menarik Untuk Dicoba!

Proses peminjaman dan pengajuan bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika offline, Anda bisa langsung datang ke kantor atau cabang BRI terdekat. Sedangkan untuk sistem pengajuan online, Anda bisa masuk ke web KUR BRI, kemudian ikuti langkah-langkahnya.

syarat pinjaman kur bri
Syarat pinjaman kur BRI

Tanya Jawab Seputar Syarat Pinjaman KUR BRI

Apakah pinjaman KUR BRI pakai jaminan?

Lewat program KUR Mikro, KUR BRI menawarkan pinjaman modal tanpa jaminan hingga Rp 50 juta bagi para pelaku usaha UMKM dengan usaha yang produktif.

Pinjaman KUR BRI maksimal berapa?

Plafon pinjaman KUR BRI Rp 50.000.000 – Rp 500.000.000. Terdapat 2 jenis pinjaman yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal masa pinjam 4 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimal masa pinjam 5 tahun.

Berapa lama proses pencairan dana KUR BRI?

Jika berbicara mengenai lama pencairan pinjaman KUR BRI setelah kegiatan survey dilakukan. Estimasi yang dijanjikan oleh pihak bank sendiri mulai dari 7 hari sampai 14 hari setelah melakukan survey.

Kenapa pengajuan kur saya di tolak?

KUR BRI bisa ditolak karena jumlah pinjaman yang kamu ajukan melebihi batas dari jaminan. Sehingga untuk solusinya yaitu mengajukan pinjaman yang sesuai kebutuhan yang tidak terlalu besar namun mencukupi.

Siapa saja yang boleh pinjam KUR?

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan pembiayaan, bisa mengajukan kredit usaha rakyat (KUR).

Pinjaman 50 Juta BRI cicilan berapa?

Berdasarkan tabel tersebut, ada gambaran berapa angsuran KUR BRI tanpa jaminan Rp 50 juta. Pelaku usaha yang mendapat KUR BRI tanpa jaminan Rp 50 juta bisa membayar angsuran mulai dari Rp 966 ribu hingga Rp 4,3 juta per bulan, tergantung tenor.

Penutup

Demikian adalah pengertian, jenis-jenis, dan syarat pinjaman KUR BRI yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan pinjaman dana usaha dari BRI. Jika Anda mengalami kesulitan, bisa juga datang ke kantor cabang Bank BRI terlebih dahulu untuk konsultasi atau semacamnya. Semoga bermanfaat!