psikologi trading

Psikologi Trading: Definisi, Cara Mengatur, Aspek, dan Tips Pengelolaannya

Saat bermain trading atau saham sebaiknya kenali dahulu istilah psikologi trading. Sebuah istilah yang banyak diabaikan oleh banyak orang. Padahal, sangat penting sekali dalam memutuskan sesuatu saat bermain trading.

Jadi, selain menyusun sebuah rencana untuk bermain trading dengan benar. Kenali juga psikologi bermain yang benar agar dapat mengambil keputusan yang benar juga. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut tentang sebuah psikologi trading.

psikologi trading
Psikologi trading

Definisi Psikologi Trading

Apakah pernah mendengar kata psikologi trading saat bermain sebuah saham? Istilah tersebut sebaiknya harus dipelajari sebuah memutuskan untuk bermain. Karena, sangat berpengaruh besar terhadap permainan trading ke depannya.

Untuk psikologi dalam trading sendiri yaitu sebuah kondisi pemain saat bermain trading. Jadi, mental pemain saat melakukan trading sangat berpengaruh untuk permainan yang dilakukannya.

Bahkan, lebih berpengaruh dibandingkan dengan strategi dan pengelolaan keuangan. Pemain yang tidak bisa mengatur emosi saat melakukan permainan tersebut. Kemungkinan besar akan mengalami kegagalan yang lebih banyak.

Jadi, saat bermain sebaiknya atur dahulu emosi dan juga mental. Supaya, dapat mengambil keputusan yang benar dan juga tidak ceroboh. Sehingga, untuk ke depannya bisa menguntungkan dan memperkecil kegagalan.

Baca Juga :  3 Poin Penting Menyusun Proposal Usaha Roti Bakar
psikologi trading
Psikologi trading

Cara Mengatur Psikologi Trading

Ada pun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur psikologi trading saat akan bermain. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Selalu Kontrol Emosi

Pada cara yang pertama adalah dengan selalu mengontrol emosi. Usahakan untuk bisa membedakan hal yang bisa dikontrol dan juga yang tidak bisa. Selalu amati pergerakan pasar yang sedang terjadi.

Apabila keadaan sedang menurun, maka kontrol emosi untuk tidak melakukan permainan sebentar saja. Namun, sebaliknya bila pasar sedang naik maka pemain bisa melanjutkan permainan trading tersebut.

2. Jangan Mengikuti Trader Lain

Cara mengatur psikologi trading yang selanjutnya yaitu jangan pernah mengikuti strategi pemain lain. Mental atau psikologi setiap pemain tentunya berbeda dan sudah pasti harus menggunakan cara yang berbeda juga.

Apabila banyak pemain yang membeli saham saat harga sedang turun. Maka, sebaiknya hindari untuk melakukan hal yang sama. Amati dahulu apakah saham tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

3. Tidak Perlu Melawan Sebuah Tren

Untuk cara selanjutnya adalah tidak perlu melawan tren yang sedang terjadi. Karena, hal tersebut bisa menyebabkan kerugian pada si pemain itu sendiri. Sebaiknya, ikuti saja arus yang sedang terjadi.

Jika senang melakukan investasi untuk jangka yang lama. Maka, bisa mengikuti tren yang sedang berlaku. Tetapi, bila hanya mempunyai modal yang sedikit saja maka jangan pernah mengikuti tren saat itu.

psikologi trading
Psikologi trading

Aspek Psikologi Trading Yang Sering Terjadi

Terdapat beberapa aspek psikologi trading yang sering dilakukan oleh para pemain. Apa saja aspek tersebut? Inilah penjelasan lengkapnya:

1. Aspek Harapan

Untuk aspek psikologi trading yang pertama yaitu ada sebuah harapan. Saat bermain sebuah trading, pemain akan mempunyai sebuah harapan. Tentunya harapan bisa mengambil keuntungan dari permainan tersebut.

Baca Juga :  Bisa Dicoba, Inilah 5 Ide Bisnis Usaha Modal 10 Juta Paling Recommended!

Dari adanya harapan tersebut bisa membuat mental seseorang turun. Karena, seperti diketahui bersama pergerakan trading tidak selalu di atas. Sehingga, saat di bawah bisa membuat mental pemain menjadi turun.

2. Aspek Panik

Pada aspek selanjutnya adalah menjadi panik. Biasanya hal ini terjadi bagi para pemain baru pada dunia trading. Banyak yang tidak menyangka akan terjadi beberapa hal di luar rencana.

Setelah muncul keadaan yang tidak diinginkan. Pemain akan menjadi panik dan muncul aspek psikologi trading yang satu ini. Keadaan yang satu ini dapat membuat pemain menjadi salah dalam mengambil keputusan.

3. Aspek Depresi

Dalam aspek psikologi trading berikutnya adalah depresi. Banyak sekali pemain yang akhirnya depresi setelah bermain trading. Hal ini karena banyak pemain yang belum siap dalam mengalami kegagalan.

Aspek ini sangat berhubungan erat sekali dengan aspek harapan. Setelah muncul harapan yang tinggi dan hasil akhirnya tidak sesuai dengan harapan. Akhirnya, mental pemain akan semakin menurun dan depresi.

Tips Menjaga Psikologi Trading

Untuk dapat menjaga psikologi trading saat sedang bermain sebuah trading. Gunakan beberapa tips di bawah ini:

1. Gunakan Prinsip Maksimum Stop Loss

Pada tips pertama adalah dengan menggunakan prinsip maksimum stop loss. Banyak sekali pemain yang sudah loss, namun masih melanjutkan permainan yang ada. Sehingga, kerugian yang diperoleh bertambah banyak.

Jika sudah mengalami beberapa kali loss. Maka, sebaiknya langsung hentikan permainan pada hari tersebut. Jangan lanjutkan permainan dan gunakan maksimal loss sesuai dengan keinginan pemain.

2. Gunakan Uang Dingin

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan uang dingin. Jangan pernah menggunakan uang yang digunakan untuk kebutuhan utama. Sudah pasti hal tersebut akan menjadi beban untuk setiap pemain.

Baca Juga :  Catat! Ini 4 Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Jadi, apabila mempunyai uang yang sedikit berlebihan. Maka, dapat digunakan untuk melakukan investasi tersebut. Sehingga, bila rugi pun mental pemain masih akan tetap aman dan tidak mengalami kerugian yang banyak.

3. Melakukan Evaluasi

Hal yang paling jarang dilakukan pemain yaitu melakukan evaluasi. Padahal, sangat penting sekali dan bisa menjadi pelajaran untuk ke depannya. Jadi, sebaiknya lakukan evaluasi permainan mulai dari sekarang.

Apabila sudah pernah mengalami loss, maka evaluasi hal yang membuat hal tersebut terjadi. Sehingga, tidak diulangi lagi untuk ke depannya dan pemain tidak akan mengalami kerugian juga.

psikologi trading
Psikologi trading

Tanya Jawab Seputar Psikologi Trading

Apa itu psikologi trading?

Psikologi dalam trading adalah studi tentang bagaimana emosi dan psikologi seseorang mempengaruhi keputusan trading di pasar keuangan.

Mengapa psikologi trading penting dalam dunia trading?

Psikologi dalam trading penting karena dapat mempengaruhi keputusan trading seseorang. Dengan memiliki kendali emosional yang baik, seorang trader dapat membuat keputusan trading yang lebih rasional dan konsisten.

Apa saja emosi yang seringkali mempengaruhi trader?

Beberapa emosi yang sering mempengaruhi trader antara lain keserakahan (greed), ketakutan (fear), euforia, dan kekecewaan.

Bagaimana cara mengatasi emosi negatif dalam trading?

Salah satu cara mengatasi emosi negatif dalam trading adalah dengan meningkatkan kesadaran diri dan memahami sumber emosi tersebut. Latihan disiplin trading, pengelolaan risiko yang baik, dan pendidikan psikologi dalam trading dapat membantu mengendalikan emosi negatif.

Apakah semua trader harus memahami psikologi trading?

Ya, semua trader, baik pemula maupun yang berpengalaman, sebaiknya memahami psikologi trading. Memahami psikologi dalam trading akan membantu mereka mengambil keputusan trading yang lebih baik dan meningkatkan konsistensi dalam jangka panjang.

Demikian penjelasan tentang psikologi trading yang jarang diketahui pemain. Saat akan melakukan permainan trading, sebaiknya pelajari dahulu hal di atas. Supaya, mental tetap aman saat bermain saham dan sejenisnya.