Promosi jualan makanan online

Strategi Promosi Jualan Makanan Online yang Efektif dan Efisien

62 views
Bagikan artikel ini

Promosi jualan makanan online membutuhkan strategi tertentu, sebab kini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Di samping itu dalam promosi jualan makanan online, selera yang dimiliki konsumen juga sangat berfluktuatif. Ketika Anda melakukan promosi dengan strategi yang tepat, maka dapat menjaring lebih banyak konsumen. Selanjutnya makanan yang dijual secara online akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak.

Promosi jualan makanan online
Promosi jualan makanan online

Inilah Strategi Promosi Jualan Makanan Online

1. Membuat Slogan yang Kreatif, Menarik, dan Selalu Diingat

Promosi jualan makanan online dapat dilakukan dengan membuat slogan tertentu. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, karena untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, perlu melakukan sesuatu yang unik dan akan selalu diingat oleh masyarakat luas. Lihat saja beberapa slogan yang telah lama hidup hingga sekarang. Anda bisa mengambil inspirasi dari sana.

Dengan adanya slogan khusus, maka saat Anda akan melakukan promosi di media sosial akan menjadi lebih mudah dan pastinya masyarakat akan mengingatnya dengan mudah. Nantinya ketika slogan tersebut telah dikenal oleh banyak orang, maka dapat membuat jualan makanan online Anda semakin terkenal.

2. Memberikan Reward kepada Konsumen yang Loyal

Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal atau setia bukanlah perkara yang mudah. Dengan demikian, saat telah berhasil menjaring konsumen yang menyukai makanan yang telah Anda perjualbelikan, tak perlu ragu memberikan reward tertentu yang dianggap sesuai.

Promosi jualan makanan online yang satu ini akan membuat siapapun yang telah membeli makanan tertentu, akan kembali melakukan transaksi pembelian. Tidak berhenti di situ, bahkan Anda akan mendapatkan keuntungan yang lain, yakni dengan dipromosikan produk tersebut kepada orang-orang yang dikenal oleh konsumen.

Hal tersebut tentunya membawa keuntungan yang cukup besar bagi keberlangsungan usaha ke depannya. Dalam hal ini yang merasa diuntungkan tidak hanya pelanggan, melainkan Anda sebagai penjual juga tak kalah untung. Namun demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan bagaimana perhitungan profit yang akan diperoleh, jangan sampai malah menderita kerugian.

Promosi jualan makanan online
Promosi jualan makanan online

3. Membuat Desain Kemasan yang Menarik

Tak bisa dipungkiri, kemasan merupakan bentuk perwajahan yang akan pertama kali dilihat oleh para calon pembeli. Sebagian besar dari mereka akan tertarik untuk membelinya ketika desain dari kemasan tersebut tampak menarik. Dengan demikian, jangan sampai Anda mengabaikan bentuk dan desain kemasan dari makanan yang dijual secara online.

Jangan sampai jika pelanggan tidak tertarik dengan produk Anda yang ternyata rasanya sangat enak namun tidak dibarengi dengan teknik pengemasan yang tepat, alhasil produk Anda menjadi kurang diperhatikan oleh para calon pembeli. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemasan juga berpengaruh terhadap promosi jualan makanan online.

Salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam hal ini adalah dengan menyesuaikan desain kemasan produk dengan sasaran konsumen yang ingin dicapai. Misalnya saja jika sasarannya anak muda, maka Anda bisa menggunakan kombinasi warna kemasan yang cerah dengan desain modern yang telah disesuaikan dengan selera anak muda.

4. Pasanglah Foto yang Mampu Menghipnotis

Salah satu bentuk promosi jualan makanan online yang cukup penting yakni pemasangan foto yang eye catching di media sosial maupun toko online yang Anda miliki. Sebab, dengan sistem transaksi secara online, pihak pembeli hanya dapat melihat gambarnya saja tidak bisa memegangnya secara langsung ataupun mencicipinya.

Oleh karena itu, ketika seorang calon pembeli merasa tertarik dengan promosi jualan makanan online Anda dalam bentuk foto produk yang menarik, maka akan memutuskan untuk melakukan transaksi. Apalagi jika foto tersebut juga dilengkapi dengan tagline dan copywriting yang menarik, tentunya akan dapat menjaring konsumen dengan jumlah yang lebih banyak.

Sangat disayangkan jika produk yang dijual merupakan makanan dengan rasa yang enak dan kualitas yang cukup bagus namun tidak divisualisasikan dengan baik. Alhasil tidak akan menarik perhatian calon pembeli. Apabila Anda tidak bisa membuat foto yang menarik, maka dapat menggunakan jasa ataupun meminta tolong rekan yang ahli dalam bidang tersebut.

Promosi jualan makanan online
Promosi jualan makanan online

5. Membuat Website Perusahaan

Perlu Anda pahami, ternyata website juga memiliki peran yang cukup krusial dalam strategi promosi jualan makanan online. Sebab, website dalam hal ini ibarat sebuah rumah, sedangkan media sosial merupakan sarana untuk melakukan promosi. Sehingga, Anda bisa mengisi sejumlah informasi yang terkait dengan produk yang dijual secara lengkap.

Hal tersebut merupakan pendukung yang cukup berperan aktif untuk menarik konsumen. Sebab website juga dapat ikut andil dalam mempengaruhi pelanggan untuk percaya pada usaha yang Anda jalankan. Ketika website yang Anda miliki baik, maka pelanggan akan melihat bahwa bisnis yang dijalankan merupakan usaha yang sudah profesional.

Apabila demikian, tentu akan semakin banyak orang yang menaruh kepercayaan pada bisnis yang Anda miliki. Oleh sebab itu, kepemilikan website atas sebuah bisnis tidak dapat diabaikan begitu saja.

6. Menggunakan Jasa Endorse

Kini sudah cukup banyak orang yang menggunakan jasa endorse sebagai bentuk promosi jualan makanan online. Hal ini juga telah terbukti ampuh untuk meningkatkan omzet penjualan dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa menggunakan jasa ini dengan meminta kepada pihak-pihak yang memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap masyarakat luas, misalnya selebgram.

Misalnya ketika Anda akan mempromosikan kue kering, maka Anda bisa mencari selebgram ataupun artis yang memang memiliki banyak pengikut dan memiliki pengaruh yang cukup kuat, terlebih jika mereka sudah sering mengendors beberapa produk yang sejenis. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh testimony yang bisa disebarluaskan.

Promosi jualan makanan online
Promosi jualan makanan online

7. Membuat Give Away

Give away juga menjadi salah satu cara promosi jualan makanan online yang sudah cukup banyak dilakukan oleh para pebisnis kuliner. Di sini para pelaku usaha dapat memberikan sejumlah produk kepada khalayak umum yang memenuhi persyaratan tertentu, misalnya telah melakukan promosi atas produksi tersebut kepada sejumlah orang.

Dengan cara ini tentunya akan memberikan kesempatan produk makanan Anda untuk dikenal lebih luas. Bahkan di sini Anda juga bisa memperoleh sejumlah data dari para calon pelanggan. Dengan data tersebut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi jualan makanan online.

8. Merekrut Reseller

Promosi jualan makanan online bisa juga dilakukan dengan merekrut beberapa reseller. Dengan demikian, mereka juga akan melakukan promosi yang nantinya dapat meningkatkan omzet penjualan produk yang ada.

Dalam hal ini, Anda bisa mencapai pangsa pasar yang lebih luas ketika Anda membuka perekrutan reseller dari berbagai daerah di Indonesia. Cara ini termasuk langkah yang cukup menguntungkan baik bagi pelaku usaha maupun reseller.

Promosi jualan makanan online
Promosi jualan makanan online

Penutup

Itulah beberapa strategi promosi jualan makanan online yang bisa Anda lakukan. Berbagai macam strategi tersebut perlu untuk Anda lakukan supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan. Di samping itu, jangkauan pasar dari usaha yang dijalankan juga dapat semakin meluas, dan pada akhirnya akan berdampak pada hasil keuntungan yang lebih besar.