polis asuransi mobil

Cara Kerja Polis Asuransi Mobil Yang Banyak Memberikan Keuntungan Bagi Masyarakat

Polis Asuransi Mobil merupakan bentuk keamanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi bagi pemilik kendaraan dari segala macam klaim kerusakan. Dan juga untuk kehilangan yang disebabkan oleh kendaraan tersebut saat digunakan di jalan. Tetapi bagaimana ya cara kerja polis asuransi mobil?

Cara kerja polis asuransi mobil bekerja antara lain pada saat nasabah membayar premi kepada sebuah perusahaan asuransi. Dimana premi tersebut bersama dengan premi pemegang polis yang lain akan masuk ke dalam penghimpunan dana besar yang dibentuk oleh pihak asuransi. Selanjutnya maka perusahaan asuransi akan mengelola dana ini, dan uang dari dana tersebut akan digunakan untuk memberi kompensasi pemegang polis yang sedang mengalami musibah kecelakaan.

Dengan adanya polis asuransi mobil ini maka memberikan kenyamanan bagi para pengguna. Terutama yang memiliki kendaraan roda dua kapasitas mewah. Anda penasaran bagaimana cara kerjanya?

polis asuransi mobil
Polis asuransi mobil

Bagaimana Cara Kerja Polis Asuransi Mobil?

Pentingnya memiliki polis asuransi mobil kendaraan adalah dapat memberikan perlindungan apabila terjadi resiko. Walaupun sebagian dari masyarakat meyakini risiko dapat dihindari dengan mengemudi secara hati-hati. Namun bisa dilihat jika angka kecelakaan di Jakarta khususnya masih sangat tinggi dengan rata-rata 27 kasus kecelakaan lalu lintas per harinya.

Banyak masyarakat yang mengabaikan potensi biaya kerusakan yang dapat dibebankan pada mereka. Juga mengabaikan peran dan cara kerja asuransi mobil untuk melindungi mereka terhadap kejadian yang tidak menguntungkan ini. Memiliki jaminan asuransi mobil tentu saja dapat membantu meringankan beban finansial.

Baca Juga :  Manfaat Asuransi Kendaraan Online Untuk Proteksi Terbaik Kendaraan Anda

Pasalnya berkaitan dengan kecelakaan atau kehilangan kendaraan anda. Lebih penting lagi, jika asuransi ini dapat mencegah seseorang menjadi korban pengemudi yang membahayakan. Maka dari itu, nasabah perlu mengetahui alur dan cara kerja asuransi mobil serta cara mengklaimnya. Apabila mobil hilang dicuri oleh maling, maka nasabah perlu melakukan prosedur klaim yang benar agar pengajuan klaim tidak ditolak oleh pihak asuransi.

polis asuransi mobil
Polis asuransi mobil

Langkah dan Cara Pengajuan Klaim Polis Asuransi Mobil

Pada saat anda akan melakukan pengakuan klaim, tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak sekali cara yang harus anda perhatikan berkaitan dengan pengajuan. Ingin tahu caranya? Ini dia.

1. Menghubungi Perusahaan Asuransi

Pada saat anda mulai menyadari terjadi pencurian ataupun kehilangan pada mobil, maka segeralah untuk menghubungi perusahaan asuransi. Dan sesegera mungkin membuat laporan lewat telepon ataupun email, tergantung pada ketersediaan layanan di asuransi yang bersangkutan. Agar lebih jelas, maka nasabah juga dapat mendatangi kantor perusahaan asuransi secara langsung untuk melaporkan kehilangan kepada agen.

Yang perlu disini anda pahami adalah ada batas waktu pelaporan kehilangan yang berbeda-beda tergantung kebijakan pada perusahaan asuransi. Ada yang memiliki batas waktu pelaporan dengan maksimal 72 jam setelah kejadian atau kurang lebih 3 hari setelah kejadian. Dan ada juga yang memberikan batas maksimal 120 jam atau 5 hari setelah kejadian.

2. Buat Berita Acara Kehilangan dari Pihak Kepolisian

Nasabah juga harus melaporkan kehilangan mobil tersebut ke pihak kepolisian bersamaan dengan laporan yang dilakukan kepada perusahaan asuransi. Perlu juga dibuat berita acara kehilangan dari kepolisian dengan segera lantaran batas waktu maksimal pelaporan ke kepolisian adalah 1×24 jam setelah kejadian. Setelah membuat berita acara kehilangan kendaraan bermotor, maka pihak kepolisian akan memblok seluruh dokumen yang terkait dengan kendaraan tersebut seperti STNK dan lainnya agar tidak ada penyalahgunaan kendaraan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Pokemon Go : Kisah dan Pelajaran 25 Tahun Jatuh Bangun

Selain itu, pihak kepolisian juga membutuhkan dua orang saksi untuk diperiksa sebelum menerbitkan surat kehilangan. Selanjutnya baru akan membuat laporan kemajuan dari kasus pencurian tersebut.

3. Perlu Adanya Surat Resmi dari Kepala Direktorat Reserse Dalam Penanganan

Surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse adalah salah satu dokumen persyaratan yang wajib ada untuk mengajukan klaim mobil hilang. Untuk membuat surat resmi ini, anda memerlukan persyaratan seperti halnya fotokopi KTP, fotokopi BPKB, fotokopi faktur pembelian kendaraan bermotor, fotokopi polis asuransi dan  fotokopi tanda laporan dari kepolisian. Tak lupa juga surat pengantar asli dari pihak asuransi, fotokopi dokumen tempat kejadian perkara, dan surat asli daftar pencarian barang.

polis asuransi mobil
Polis asuransi mobil

4. Dokumen Penting Untuk Pengajuan Klaim

Setelah prosedur sebagai persyaratan tersebut sudah lengkap, maka klaim asuransi mobil dapat diajukan kepada pihak asuransi dengan menyertakan dokumen persyaratan penting untuk mengajukan klaim. Siapkan polis asli, dokumen asli BPKB, STNK, dan faktur pembelian kendaraan dan Kunci kendaraan yang asli ataupun cadangan.

Jangan lupa untuk siapkan Fotokopi SIM pengemudi, Fotokopi KTP tertanggung sesuai nama yang tercantum dalam STNK dan Kuitansi bermaterai 3 lembar. Berkas resmi dari pihak Kepolisian yang meliput surat berita acara kehilangan kepolisian atau BAP, surat tanda pemblokiran dari Polda, dan surat keterangan resmi dari Kepala Direktorat Reserse.

Setelah dokumen-dokumen yang di minta tersebut selesai dan klaim kehilangan sudah diajukan ke pihak asuransi. Selanjutnya masuk pada proses pengklaiman dan pertanggungan asuransi biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sejak pengajuan klaim.

5. Perbedaan hitungan premi asuransi mobil

Polis Asuransi mobil disini terbagi ke dalam dua jenis. Yang pertama ada asuransi Total Loss Only (TLO) yang mencakup perlindungan untuk kehilangan kendaraan dan kerusakan kendaraan minimal 75 persen. Dan yang kedua asuransi all risk yang mencakup perlindungan untuk seluruh jenis risiko pada mobil.

Baca Juga :  Kuliah Dengan Beasiswa Double Degree Sudah Bukan Mimpi Lagi!

Biaya premi kedua jenis asuransi tersebut tentu saja sangatlah berbeda karena ada perbedaan cakupan jaminan. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih detail lagi, maka bisa mencari tahu biaya premi ya sobat!

polis asuransi mobil
Polis asuransi mobil

Tanya Jawab Seputar Polis Asuransi Mobil

Polis asuransi mobil itu apa?

Merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh AAUI yang digunakan di Indonesia dan dirancang untuk menutup pertanggungan gabungan yakni: Pertanggungan atas kendaraan bermotor itu sendiri. Pertanggungan tanggung jawab hukum (TJH) terhadap pihak ketiga.

Berapa lama polis asuransi mobil keluar?

Biasanya mereka hanya menyiapkan 1-2 kendaraan untuk setiap jenis mobil dari pelanggan mereka. Proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari, sementara jumlah klaim bisa saja setiap hari ada yang masuk jika nasabah perusahaan asuransi sudah banyak.

Apakah asuransi mobil bisa di refund?

Lalu apakah nasabah bisa mendapatkan refund premi asuransi mobil ketika polis dibatalkan? Jawabannya, bisa. Nasabah bisa mendapatkan refund dari sebagian premi yang sudah dibayarkan, namun jumlahnya bisa berbeda-beda. Penentu persentase refund bisa dari kebijakan perusahaan dan kapan pembatalan polis terjadi.

Apa saja yang tertuang dalam polis asuransi?

Isi polis asuransi
1. Hak pelajari polis. Perusahaan asuransi bakal memberikan kamu waktu buat mempelajari polis asuransi jiwa ataupun asuransi lainnya, yaitu 14 hari sejak tanggal terbitnya
2. Data pemegang polis dan tertanggung
3. Manfaat asuransi
4. Pengecualian
5. Ketentuan premi asuransi
6. Potongan biaya

Asuransi mobil yang bagus apa ya?

Mengansuransikan mobil membantu Anda meminimalisir pengeluaran pada mobil Anda saat terjadi kecelakaan. Adapun rekomendasi asuransi mobil terbaik yakni sebagai berikut.
1. Tugu Insirance
2. Asuransi Sinar Mas Mobil
3. Asuransi ACA
4. Adira Autocillin
5. Asuransi AXA Mandiri

Penutup

Untuk lama waktu proses pengajuan asuransi mobil, biasanya 7-14 hari kerja. Namun lama waktu tersebut juga ditentukan oleh berbagai faktor. Jika anda memberikan dokumen yang lengkap dan sesuai, bisa jadi proses pengajuan asuransi anda cepat. Kiranya seperti itu penjelasan tentang polis asuransi mobil. Semoga bermanfaat bagi anda semua!