Cara pemasaran produk makanan

Ingin Usaha Kuliner? Inilah Cara Pemasaran Produk Makanan yang Ampuh

82 views
Bagikan artikel ini

Dalam berwirausaha, pemasaran menjadi aspek yang penting agar produk yang dihasilkan bisa dijangkau oleh lebih banyak orang. Inilah proses yang menentukan jumlah konsumen yang nantinya tertarik sehingga mau untuk membeli produk yang dijual. Sekarang ini, makanan menjadi objek yang menarik untuk memulai usaha. Cara pemasaran produk makanan yang lebih mudah menjadi alasan mengapa jenis usaha tersebut ramai dilakukan oleh orang-orang.

Cara pemasaran produk makanan
Cara pemasaran produk makanan

Cara Pemasaran Produk Makanan yang Bisa Digunakan

1. Menciptakan brand yang mudah dikenali

Merk menjadi sesuatu yang pastinya penting dalam usaha jenis apapun, tak terkecuali kuliner. Hal yang paling penting dalam penyusunan suatu brand adalah mudahnya para konsumen dalam mengingat baik nama, simbol, atau unsur apapun yang ada di dalamnya. Hal ini terbukti ampuh jika ingin membuat usaha yang dimiliki mudah dikenali masyarakat.

Membuat suatu simbol ataupun logo sekarang ini bisa dengan mudah dilakukan. Telah tersedia banyak sekali aplikasi ataupun laman di internet yang membantu para pelaku usaha dalam membuat logo. Cara pemasaran produk makanan ini juga harus sinkron dengan usaha yang dijalankan. Seperti misalnya dalam pembuatan logo, setidaknya harus membuat salah satu aspek atau bisa juga bahan dalam produk makanan yang dijual. Hal ini akan membuat orang mengenali produk Anda.

2. Produk yang selaras dengan cita rasa orang-orang

Bisa kita lihat bahwa banyak perusahaan besar yang berasal dari luar negeri, melakukan penyesuaian produknya ketika mendirikan cabang di Indonesia. Hal tersebut karena mereka menyadari bahwa cara pemasaran produk makanan memang harus mengenali dan menyesuaikan dengan lidah orang-orang yang ada di sekitar tempat usaha tersebut berdiri.

Hal tersebut harus dicontoh karena kita tidak bisa memaksa seorang konsumen untuk membeli sesuatu yang tidak biasa bagi mereka atau bahkan tidak mereka sukai. Walaupun mungkin produk kuliner Anda merupakan makanan khas luar negeri, namun cita rasanya harus diselaraskan dengan mayoritas lidah orang Indonesia yang menyukai banyaknya penggunaan bumbu dan rempah-rempah.

Cara pemasaran produk makanan
Cara pemasaran produk makanan

3. Penyajian yang menarik

Terkadang orang melihat sesuatu dari luarnya saja, termasuk dengan makanan. Bagaimana makanan tersebut disajikan kepada konsumen juga menjadi salah satu faktor mengapa mereka mau membeli kuliner yang Anda tawarkan. Cara pemasaran produk makanan juga perlu memperhatikan hal ini dan juga disesuaikan dengan target pelanggan yang dituju.

Jika pangsa pasar yang hendak diraih adalah kelas atas, maka bagaimana Anda menyajikan produk tersebut juga harus memberikan kesan mewah atau apapun yang memperlihatkan kesan elegan. Sementara itu, penyajian untuk kalangan umum hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan juga kerapian unsur-unsurnya.

4. Gambar produk kuliner

Cara pemasaran produk makanan juga perlu memperhatikan teknik pengambilan gambar yang nantinya akan ditunjukkan kepada konsumen. Baik promosi secara langsung ataupun digital, pastinya perlu gambar yang memperlihatkan secara sekilas menu yang nantinya akan dipesan oleh konsumen.

Pastinya sebagai pengusaha, Anda ingin agar tampilan visual tersebut dapat menarik perhatian calon pembeli. Oleh sebab itulah dalam proses pengambilan gambar, perlu diperhatikan sisi pengambilan foto produk. Selain itu, pencahayaan yang ada di dalam potret tersebut juga harus proporsional ke seluruh permukaan makanan, dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

Sering ditemui dalam beberapa gambar suatu produk terdapat aksesori-aksesori yang mempercantik tampilannya. Unsur ini juga bisa ditambahkan pada saat sesi pemotretan. Bentuk dan warna meja, latar belakang fotonya, hingga bentuk piring serta sendoknya terkadang juga menjadi penarik orang untuk melihat dan akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Cara pemasaran produk makanan
Cara pemasaran produk makanan

5. Membagikannya via sosial media

Pada jaman yang modern seperti sekarang ini, media sosial tidak lagi menjadi alternatif untuk berhubungan dengan orang-orang. Namun, bisa juga dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pelanggan dari produk yang Anda miliki. Ini merupakan cara pemasaran produk makanan yang cukup menjanjikan hasilnya.

Perlu diperhatikan beberapa faktor yang membuat langkah ini dapat bekerja maksimal untuk bisnis Anda. Pertama, buat akun tersendiri khusus untuk produk-produk dalam satu merk. Berikan nuansa yang mencerminkan brand tersebut. Misalnya jika dalam logo memiliki warna dominan kuning, maka usahakan seluruh  postingan ataupun story yang diunggah juga memiliki warna dominan yang sama.

Kedua, buat id akun yang sederhana sesuai merk atau nama produk. Anda juga dapat mengkombinasikan keduanya. Misalnya jika Anda berjualan salad dengan merk A. Maka bisa dibuatkan id dengan nama A_salad atau saladA. Kombinasi yang tepat bisa membuat pelanggan dengan mudah mencari akun tersebut.

Selanjutnya, buatlah program promosi yang akan menarik banyak orang agar setidak-tidaknya berniat untuk membuka akun dan melihat beberapa postingan yang sudah dibuat. Pemberian diskon atau bisa juga dalam bentuk giveaway yang sekarang ini marak dilakukan para pelaku bisnis, dapat menarik masyarakat.

Hal tersebut memang membutuhkan “beban” tambahan, namun setidaknya Anda telah membuat orang-orang melihat promosi-promosi digital dalam akun media sosial tersebut. Selain itu, bagi mereka yang beruntung juga bisa merasakan secara langsung hasil kuliner itu. Cara pemasaran produk makanan ini telah terbukti efektif untuk banyak bisnis kuliner.

Cara pemasaran produk makanan
Cara pemasaran produk makanan

6. Meng-endorse produk melalui influencer

Banyak artis ataupun orang-orang populer lainnya yang memiliki jumlah pengikut banyak pada akun media sosial mereka. Banyak diantara mereka yang menyediakan jasa untuk mempromosikan produk-produk lokal masyarakat. Hal ini lumrah disebut dengan endorse.

Melakukan hubungan bisnis tersebut bisa menjadi cara pemasaran produk makanan yang sangat ampuh. Tokoh-tokoh terkenal pasti memiliki penggemar yang beberapa diantaranya maniak dengan mereka. Selain itu, dengan jumlah pengikut yang besar akan memperlebar jangkauan produk tersebut. Lebih banyak orang mengetahui, maka akan semakin besar pula potensi pembeliannya.

7. Lakukan kerja sama dengan pihak lain

Bisnis tidak mampu bertahan lama ataupun berkembang pesat jika tidak mengadakan hubungan dengan pihak lain. Bagi bisnis makanan sendiri, bisa dilakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang menyediakan marketplace ataupun jasa pengantar.

Saat ini banyak pengembang ojek online yang menyertakan fitur pemesanan makanan di dalam aplikasinya. Mereka pastinya tidak menyediakan seluruh makanan dan restoran, namun hanya berperan sebagai pihak ketiga yang menyambungkan restoran dengan konsumennya. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara pemasaran produk makanan yang sangat efektif.

Tingginya mobilitas pengguna internet pada aplikasi seperti ojek online tersebut, membuat kemungkinan restoran dan juga makanan yang Anda jual diketahui oleh orang-orang. Tidak perlu repot-repot untuk melakukan promosi gencar-gencaran, cukup daftarkan saja tempat makan beserta semua konten dalam menu. Pelanggan yang akan dengan sendirinya mencari produk Anda.

Cara pemasaran produk makanan
Cara pemasaran produk makanan

Penutup

Itulah uraian mengenai cara pemasaran produk makanan yang terbukti ampuh untuk membuat bisnis kuliner Anda berkembang lebih besar lagi. Dalam berwirausaha, tidak hanya soal produk saja yang harus diperhatikan. Namun, bagaimana menawarkannya kepada masyarakat juga sangat vital untuk keberlangsungan bisnis.