Investasi properti modal kecil

Cara Investasi Properti Modal Kecil dengan Mudah

32 views
Bagikan artikel ini

Siapa bilang investasi properti modal kecil tidak mungkin? Di zaman serba mudah ini, mencicipi keuntungan tidak perlu dengan modal yang banyak. Cukup dengan strategi dan ilmu yang memadai. Tentunya, harus juga dibarengi dengan modal. Namun, modal yang dikeluarkan tidak melulu besar nominalnya.

Termasuk menginvestasikan modal ke properti. Kalau berbicara tentang properti, anggapan yang sering kita temui pasti merujuk ke biaya awal yang banyak, dana renovasi yang seabrek. Kenyataannya, biaya awal properti bisa dimulai dengan nominal yang tidak begitu besar. Anda hanya perlu memahami tren pasar dan kemampuan membeli properti Anda.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui cara beserta tips investasi properti dengan modal yang kecil? Apabila Anda tertarik, Anda dapat melihat informasi di bawah ini dan membacanya sampai habis untuk memahami langkah investasi properti modal kecil dengan mudah.

Investasi properti modal kecil
Investasi properti modal kecil

Bekerjasama dalam Investasi Properti Modal Kecil

Melakukan investasi properti modal kecil bisa dimulai dengan bekerjasama dengan orang yang juga tertarik untuk berinvestasi properti modal kecil. Dengan tujuan yang sama, Anda bisa bergabung membentuk kekuatan untuk berbisnis lebih besar lagi. Lalu, bagaimana mencari partner yang cocok untuk berinvestasi properti dengan modal kecil?

Yang paling utama, usahakan Anda memang mengetahui latar belakang orang tersebut. Jangan mencoba berinvestasi properti dengan orang yang masih meragukan. Walaupun Anda merasa cocok, kemungkinan ditipu akan selalu ada. Sehingga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih orang yang sudah benar-benar Anda kenal.

Selanjutnya, orang tersebut haruslah memiliki tujuan dan keinginan yang sama dengan Anda. Jika Anda melakukan investasi properti untuk keuntungan jangka panjang, jangan sampai partner bekerjasama Anda ini hanya ingin berinvestasi properti untuk jangka pendek. Maka, yang Anda dapat hanyalah tenaga yang terbuang dan emosi yang terkuras.

Setelah mengetahui jika Anda dan orang yang Anda ajak kerjasama ini sudah saling mengenal baik dan memiliki kesamaan tujuan, Anda harus memastikan bahwa partner Anda mudah diajak komunikasi. Bayangkan jika mereka tidak mau mengutarakan apa yang akan terjadi. Bisnis Anda tidak akan berjalan lancar karena permasalahan internal yang menghambat.

Ketiga hal di atas ini memang bukanlah acuan pasti. Namun, untuk bisa membuat hubungan yang harmonis ke depannya, setidaknya Anda harus kenal dan percaya dengan partner Anda. Dengan begitu, hubungan tersebut menghasilkan bisnis yang menguntungkan.

Investasi properti modal kecil
Investasi properti modal kecil

Bergabung di Situs Crowdfunding

Masih ragu melakukan investasi properti modal kecil? Mungkin Anda bisa mencoba peruntungan dengan melakukan pengumpulan dana bersama di sebuah situs crowdfunding. Crowdfunding sendiri merupakan istilah lain mengumpulkan dana bersama. Di Indonesia, sistem seperti ini sama dengan patungan.

Akan ada beberapa orang yang memiliki modal. Modal tersebut kemudian dikumpulkan bersama untuk membeli sebuah properti. Anggaplah Anda ingin memiliki properti sebesar Rp 500.000.000. Dengan sistem crowdfunding, Anda dapat memasukkan 1% dari harga properti. Berarti, Anda hanya perlu menginvestasikan Rp 5.000.000 dari keseluruhan harga.

Karena didanai bersama, properti yang dimiliki juga properti milik bersama. Nantinya, keuntungan yang didapat akan dibagi sesuai dengan jumlah kepemilikan yang dimiliki. Misalnya, Anda menginvestasikan 10% dari harga properti. Jika properti tersebut disewa di angka Rp 50.000.000 satu bulan, maka Anda akan mendapat Rp 60.000.000 setahun.

Di Indonesia, situs crowdfunding sudah mulai dikenalkan. Walaupun agak riskan karena masalah kepercayaan, banyak orang yang tertarik dengan crowdfunding. Keuntungan dari investasi ini juga cukup lama. Sehingga, Anda harus bersabar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, atau balik modal.

Investasi properti modal kecil
Investasi properti modal kecil

Menjadi Agen Properti

Cara selanjutnya untuk investasi properti modal kecil yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi agen properti. Anda dapat merekomendasikan rumah yang cocok untuk disewakan atau dibeli pelanggan Anda. Setelah terjadi kesepakatan antara pelanggan dan Anda, Anda akan mendapat sejumlah keuntungan dari usaha Anda memasarkan properti.

Walaupun tidak secara langsung berinvestasi properti, setidaknya Anda memasarkan properti yang Anda ketahui. Dengan memasarkan properti tersebut, Anda mendapatkan keuntungan ketika properti berhasil dijual atau disewakan. Tentunya, Anda juga harus memiliki networking yang luas dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Sebagai informasi, orang-orang menyenangi rumah atau apartemen dengan berbagai macam tipe dan kondisi. Sehingga, untuk mengerucutkan keinginan pelanggan, Anda bisa bertanya terlebih dahulu rumah seperti apa yang mereka cari. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah menentukan rumah atau apartemen yang paling tepat untuk pelanggan Anda.

Investasi properti modal kecil
Investasi properti modal kecil

Menyewakan Properti

Apakah Anda memiliki rumah atau unit apartemen? Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi properti modal kecil, Anda bisa menyewakan properti yang Anda miliki. Perhatikan juga tren yang sedang berjalan saat itu. Contohnya, banyak anak muda yang tertarik untuk menyewa rumah atau apartemen sendiri dibanding tinggal dengan orang tuanya.

Maka, untuk mendapatkan perhatian pasar, Anda bisa menyesuaikan rumah atau apartemen Anda dengan selera anak muda. Jika Anda sudah memiliki modal namun belum membeli rumah atau apartemen, usahakan untuk mendapatkan properti dengan lokasi yang strategis. Dalam beberapa tahun ke depan, harganya akan terus menerus stabil.

Pendanaan Properti Lewat P2P Lending

Lewat P2P lending, Anda bisa menjadi investor properti dengan memberikan pinjaman sejumlah uang untuk melakukan DP rumah atau apartemen. Sama halnya seperti sistem P2P pada umumnya, kamu akan dipertemukan dengan mereka yang ingin menjadi peminjam dana yang sudah dikualifikasi oleh pihak P2P lending.

Harganya tidak mahal. Anda hanya cukup menyisihkan biaya mulai dari Rp 200.000 untuk menjadi investor properti lewat P2P lending. Namun, Anda harus memperhatikan apakah peminjam dana merupakan orang yang layak untuk dipinjam. Karena jika tidak jeli, uang yang diberikan bisa lenyap begitu saja.

Mendirikan Situs Sewa dan Beli Properti

Bagaimana bisa mendirikan situs sewa dan beli properti merupakan investasi properti modal kecil? Sudah jelas, dengan menjadi perantara di antara pihak yang melakukan transaksi, hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan keuntungan dari jasa mempertemukan. Jangan salah, mencari pembeli dan penjual yang tepat itu tidak mudah.

Banyak sekali kejadian dimana pihak penjual ternyata tidak memberikan informasi lebih mendetail tentang propertinya. Sehingga, hal tersebut menjadi masalah bagi pembeli properti. Maka dari itu, hadirnya situs sewa dan beli properti sekaligus menjadi pihak penengah untuk memastikan agar tidak ada penipuan.

Tips Investasi Properti Modal Kecil

  • Lakukan riset sebelum berinvestasi
  • Jangan mudah percaya pada siapapun
  • Perhitungkan biaya yang Anda miliki

Investasi properti memanglah kegiatan yang cukup berat. Anda harus memikirkan untung rugi saat berinvestasi properti dan perlu meningkatkan kewaspadaan agar Anda tidak ditipu oleh orang lain.

Investasi properti modal kecil
Investasi properti modal kecil

Penutup

Walaupun begitu, jika Anda memulainya dengan langkah yang baik, Anda akan mendapatkan hasil yang setimpal. Jangan pernah mencoba untuk berbohong atau memilih partner tanpa pertimbangan yang matang. Maka, investasi properti modal kecil Anda akan berjalan dengan lancar.