Contoh membuat lowongan pekerjaan

Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan

17 views
Bagikan artikel ini

Membuat iklan lowongan pekerjaan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan recruitment karyawan. Lowongan pekerjaan ini kemudian dipasang di berbagai media cetak atau situs-situs pencarian kerja. Anda juga pasti sudah banyak menemukan contoh lowongan pekerjaan di berbagai media. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara dan contoh membuat lowongan pekerjaan yang baik.

Contoh membuat lowongan pekerjaan
Contoh membuat lowongan pekerjaan

Struktur yang Harus Ada pada Lowongan Pekerjaan dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan

Saat melihat berbagai contoh lowongan pekerjaan yang di pasang di berbagai media, Anda bisa menandai ada beberapa poin yang pasti ada di dalam lowongan tersebut. Meskipun isinya bervariasi, namun poin-poin tersebut adalah poin-poin yang pasti dan harus ada pada lowongan pekerjaan.

Untuk lebih memahami tentang lowongan pekerjaan, perhatikan cara dan contoh membuat lowongan pekerjaan berikut ini. Penjelasan berikut ini akan berfokus pada poin apa saja yang harus ada pada iklan lowongan pekerjaan. Dari penjelasan berikut bisa menjadi panduan bagi Anda jika ingin membuat iklan lowongan pekerjaan sendiri.

1. Judul Singkat Namun Tidak Clickbait

Judul adalah bagian paling awal dari lowongan pekerjaan yang pasti menarik perhatian pembacanya. Bagian ini harus ada dan dibuat dengan sesingkat dan seefektif mungkin. Namun, jangan membuat judul yang klikbait karena akan membingungkan calon pelamar.

Membuat judul yang baik dan to the point akan membantu dalam mendapatkan kandidat pelamar yang relevan dan tepat sasaran. Judul yang ambigu dan tidak jelas selain bisa membingungkan kandidat pelamar juga bisa menimbulkan ketidakpercayaan dari pembaca yang juga merupakan calon pelamar.

Karena itu dalam contoh membuat lowongan pekerjaan judul dibuat sesingkat dan seefektif mungkin agar tidak dianggap sebagai penipuan. Cara membuat judulnya, misal jika posisi yang dibutuhkan adalah sebagai manager, maka bisa langsung ditulis pada bagian judul dengan spesifik. Jika posisi yang dicari lebih dari 1, bisa ditulis secara umum.

Contoh membuat lowongan pekerjaan
Contoh membuat lowongan pekerjaan

2. Sertakan Informasi Perusahaan Secara Singkat

Poin berikutnya dalam contoh membuat lowongan pekerjaan yang tepat adalah dengan menyertakan informasi perusahaan secara singkat. Hal yang tidak banyak orang ketahui adalah lowongan pekerjaan ini bukan hanya iklan untuk mencari karyawan, namun juga iklan untuk perusahaan itu sendiri.

Karena itulah, menyertakan informasi perusahaan secara singkat pada lowongan pekerjaan juga perlu dilakukan. Dengan cara ini, kandidat atau calon pelamar bisa mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

Informasi singkat yang disertakan dalam contoh membuat lowongan pekerjaan ini antara lain adalah nama perusahaan, alamat, detail kontak, nomor telpon, sosial media (jika ada). Informasi singkat ini juga bisa menjadi sarana untuk mengenalkan perusahaan kepada masyarakat. Hal ini tentu menjadi nilai lebih, terutama untuk perusahaan yang masih baru berdiri.

3. Sebutkan Posisi yang Dibutuhkan dan Persyaratannya

Poin paling penting yang harus diperhatikan dalam contoh membuat lowongan pekerjaan adalah posisi yang dibutuhkan beserta persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengisi posisi tersebut. Dua poin inilah inti dari adanya iklan lowongan pekerjaan, yaitu untuk memberitahukan akan adanya lowongan kerja untuk mengisi posisi tertentu di suatu perusahaan.

Bagi para pencari kerja, bagian dari lowongan kerja yang pasti langsung menjadi perhatian saat membacanya adalah bagian posisi yang dibutuhkan ini, apakah sesuai dengan apa yang diinginkan atau tidak. Setelah itu, baru pencari kerja akan melihat bagian persyaratan dan kualifikasinya.

Selain memudahkan para kandidat pelamar untuk menemukan lowongan sesuai spesifikasinya, dengan membuat spesifik posisi yang diinginkan juga akan memudahkan pihak perusahaan dalam melakukan proses seleksi, apakah sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak.

Untuk bidang-bidang tertentu terkadang juga diminta untuk melampirkan portofolio sebagai persyaratan yang dibutuhkan. Cantumkan poin ini jika memang dibutuhkan, karena ini juga akan semakin memudahkan dalam proses seleksi.

Contoh membuat lowongan pekerjaan
Contoh membuat lowongan pekerjaan

4. Sebutkan Juga Gaji dan Benefit yang Diterima

Poin gaji dan benefit ini memang tidak selalu ada dalam contoh membuat lowongan pekerjaan. Namun, dengan menambahkan dua poin ini tentu akan meningkatkan daya tarik bagi kandidat pelamar untuk melamar posisi yang dibutuhkan tersebut.

Gaji yang dicantumkan memang tidak spesifik, biasanya dalam bentuk kisaran angka saja. Sementara untuk benefit adalah fasilitas tambahan yang disediakan oleh perusahaan, misalnya tunjangan, asuransi dan lain sebagainya. Poin ini bisa ditambahkan untuk membuat lowongan pekerjaan semakin menarik untuk kandidat pelamar.

5. Cantumkan Batas Akhir Pengiriman dan Bagaimana Mengirim Lamaran

Poin terakhir yang tidak boleh ketinggalan dalam contoh membuat lowongan pekerjaan adalah batas akhir atau tenggat pengiriman lamaran dan bagaimana mengirimnya. Batas akhir ini penting sebab bisa memberikan waktu bagi kandidat pelamar untuk mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

Sementara cara atau bagaimana lamaran tersebut dikirimkan bisa bervariasi tergantung perusahaan. Ada yang dikirimkan via surat elektronik ataupun dikirim dalam bentuk dokumen cetak. Ini jugalah alasan mengapa sebelumnya informasi singkat perusahaan sangat dibutuhkan.

Setelah mengetahui poin-poin apa saja yang penting dan harus dicantumkan dalam membuat lowongan pekerjaan, selanjutnya perhatikan beberapa contoh membuat lowongan pekerjaan berikut ini. Ini adalah beberapa contoh lowongan pekerjaan yang sering ditemui.

LOWONGAN PEKERJAAN

PT SAPHIRE BLUE

SEKRETARIS

Persyaratan:

  • Pendidikan minimal D3 semua jurusan (diutamakan jurusan sekretaris)
  • Usia maksimal 27 tahun
  • Berpengalaman dalam bidang sekretaris minimal 1 tahun
  • Berpenampilan menarik
  • Belum menikah
  • Interpersonal skill baik
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Dapat menjalankan Microsoft Office (Ms. Word dan Excel diutamakan) dan aplikasi pengelolaan jadwal
  • Teliti dan bekerja keras
  • Dapat bekerja secara individu maupun tim

Jika memenuhi persyaratan tersebut, siapkan berkas lamaran dengan melampirkan:

  • Surat lamaran
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Copy Ijazah dan transkrip nilai legaliser
  • Copy SKCK
  • Pas foto terbaru 4×6 4 lembar

Berkas lamaran dikirim ke alamat PT Saphire Blue di Jl. Kencana Indah No 285 Jakarta dengan tujuan bagian HRD.

Via email ke: saphireblue@gmail.com

Lamaran dikirim selambat-lambatnya tanggal 3 Maret 2021.

Contoh cara membuat lowongan pekerjaan 2:

CAPTUREMOMENTCOM

Lokasi: Ruko Permata Jingga Jl. Permata Jingga kav A No 18

Surabaya

021-474538

DIBUTUHKAN SEGERA

PHOTOGRAPHER DAN VIDEOGRAPHER

Subjek:

  • videographer (shooting & editing)
  • photographer (shooting & editing)

Requirement:

Menguasai kamera professional

Menguasai teknik pengambilan gambar dan video

Menguasai Adobe After Effect

Menguasai Adobe Photoshop

Bersedia bekerja di luar ruangan dan melakukan perjalanan jauh

Mampu bekerja secara individu maupun tim

Kirimkan lamaran dan CV beserta portofolio ke capturemoment@gmailcom

Paling lambat 2 Maret 2021

Contoh membuat lowongan pekerjaan
Contoh membuat lowongan pekerjaan

Penutup

Memasang iklan lowongan pekerjaan merupakan satu cara yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, agar tujuan tersebut tercapai, iklan lowongan yang dibuat pun harus tepat. Nah, penjelasan tentang contoh membuat lowongan pekerjaan di atas bisa menjadi panduan bagaimana membuat lowongan pekerjaan yang baik dan bisa menarik perhatian kandidat calon pelamar.