Cara memulai bisnis untuk pelajar

Tips dan Cara Memulai Bisnis untuk Pelajar

57 views
Bagikan artikel ini

Pelajar pada umumnya mengisi waktu luang mereka dengan nongkrong atau hanya tidur saja. Daripada waktu luang terbuang sia-sia lebih baik coba memulai bisnis baru, agar masa muda anda juga bisa maksimal dan lebih berproduktif. Selain untuk menambah pengalaman dalam dunia bisnis, penghasilan yang didapat juga bisa menambah pemasukan uang saku. Mari kita simak beberapa cara memulai bisnis untuk pelajar dibawah ini.

Cara memulai bisnis untuk pelajar
Cara memulai bisnis untuk pelajar

Berikut Tips dan Cara Memulai Bisnis untuk Pelajar

1.Memahami Dunia Bisnis

Pertama-tama yang harus anda lakukan sebelum mengambil keputusan terjun ke dunia bisnis adalah memahami maksud dan tujuan bisnis itu sendiri. Hal ini penting, karena pemahaman akan dunia bisnis menjadi penentu kelancaran bisnis anda.

Ada banyak referensi yang dapat anda temukan, baik dari membaca buku atau bertanya kepada pelaku bisnis yang sudah berpengalaman. Jika anda berkesempatan berbincang dengan pebisnis yang sudah memiliki pengalaman, tanyakan saran dan tips agar kedepannya bisnis anda bisa lebih baik.

2. Siapkan Modal

Cara memulai bisnis untuk pelajar yang kedua adalah menyiapkan modal yang cukup untuk membuka bisnis pertama anda. Modal ini tidak harus anda siapkan dengan jumlah yang banyak, dengan jumlah sedikit saja anda bisa memulai bisnis.

Modal ini bisa didapatkan dengan cara menyisakan uang saku harian, sedikit demi sedikit nantinya akan terkumpul juga. Anda bisa menaruh uangnya pada tempat khusus, agar di kemudian hari tidak anda gunakan untuk keperluan yang lain.

3. Kuatkan Mental

Sebelum benar-benar akan mendalami dunia bisnis ini, kuatkan mental anda terlebih dahulu, ini penting bagi pebisnis baru. Mental baja dapat menjadi cara memulai bisnis untuk pelajar yang banyak menerima komentar-komentar pedas dari orang lain. Tetapi biarkanlah ucapan dari orang lain, anda hanya perlu menyaring mana yang termasuk kritik membangun dan mana yang caci makian.

Cara memulai bisnis untuk pelajar
Cara memulai bisnis untuk pelajar

4. Membicarakan dengan Orangtua

Izin dari orangtua sangat penting, sebelum anda melakukan suatu hal apapun itu. Tak terkecuali dengan bisnis yang akan anda bangun, mintalah izin terlebih dahulu dengan orangtua agar kedepannya mengalir keberkahan.

Setelah itu bicarakan bisnis baru anda bersama orangtua. Tanyakan saran kepada mereka, atau menanyakan bagaimana cara memulai bisnis untuk pelajar agar tidak berantakan. Orangtua tentunya dapat memberi saran yang baik, karena mereka lebih berpengalaman dan sudah pasti akan mendukung niat baik anda.

5. Pilih Ide Bisnis yang Tepat

Menentukan ide bisnis adalah langkah pertama anda memasuki dunia bisnis. Banyak jenis-jenis bisnis yang bisa anda pilih, mulai dari menyediakan jasa hingga bisa menjadi reseller suatu produk. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan keahlian atau sesuai dengan hobi, karena hal ini dapat menaikkan semangat dalam menjalankan bisnis anda.

Selain itu, ide bisnis yang sedang naik daun juga bisa anda pilih, karena bisnis akan memiliki banyak peminat. Namun perlu diingat, jangan memilih bisnis yang terlalu berat bagi anda yang masih menjadi seorang pelajar. Karena jika terlalu banyak meluangkan waktu untuk berbisnis, sekolah anda akan terganggu padahal itu menjadi kewajiban anda sebagai pelajar.

6. Perencanaan Bisnis

Lalu bagaimana cara memulai bisnis untuk pelajar agar terencana dengan baik? Pertama adalah lihat minat bisnis anda di pasaran, jika memiliki banyak peminat berarti anda sudah benar dalam memilih bisnis. Anda bisa mulai mengenalkan bisnis anda ke berbagai kalangan masyarakat, dan buatlah semenarik mungkin.

Namun, jika bisnis anda kurang diminati pembeli itu bukan berarti anda salah dalam memilih bisnis. Perencanaan pemasaran adalah kunci dari permasalahan ini, anda harus pintar-pintar dalam mengenalkan bisnis agar pembeli menjadi minat kepada bisnis anda. Buatlah sesuatu hal yang berbeda dalam mengenalkan bisnis, misal memberikan diskon atau hal lainnya yang dapat menarik minat pembeli.

Cara memulai bisnis untuk pelajar
Cara memulai bisnis untuk pelajar

7. Manajemen Waktu

Cara memulai bisnis untuk pelajar dengan membagi waktu kapan harus belajar dan kapan harus mengurusi bisnis itu penting. Jangan hanya fokus pada bisnis saja, jangan sampai sekolah di nomor duakan karena sudah terlena dengan penghasilan yang didapat. Sekolah tetap akan menjadi prioritas utama untuk anda sebagai pelajar, jangan sampai meninggalkanya begitu saja dan berfokus pada bisnis baru anda.

Buat jadwal harian agar dapat memaksimalkan waktu yang anda punya. Semisal pada jam pagi-siang anda fokus pada pelajaran dan sekolah, kemudian menjelang sore hingga malam sebelum tidur bisa digunakan sebagai waktu berbisnis. Agar lebih efektif, usahakan beri waktu istirahat dalam jadwal harian anda.

8. Manfaatkan Lingkungan

Gunakan lingkungan sekolah anda sebagai tempat berbisnis, agar cara memulai bisnis untuk pelajar seperti anda berhasil dan dapat berkembang. Teman sekolah bisa menjadi subjek anda dalam mengenalkan produk, atau bisa juga menitipkannya di kantin agar banyak siswa yang mengenal produk anda. Hal ini bisa menjadi strategi pemasaran bisnis anda, dimulai dari wilayah kecil yang kemudian akan terus berkembang.

Jika anda termasuk pelajar yang aktif di media sosial online, cara ini bisa dimanfaatkan. Anda tinggal mengunggah foto produk dari bisnis anda dan berikan caption menarik. Manfaatkan dengan baik berbagai media online maupun offline, agar bisnis anda dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Cara memulai bisnis untuk pelajar
Cara memulai bisnis untuk pelajar

9. Cari Pengalaman Jangan Uang

Memang benar bisnis itu memiliki penghasilan yang menjanjikan, namun jangan terlalu berharap lebih pada bisnis kecil-kecilan. Dibalik sebuah bisnis yang dapat berdiri dan terkenal ada usaha dan kerja keras yang menemani dari awal hingga akhir.

Tidak perlu malu saat bisnis anda hanya dapat menghasilkan sedikit pemasukan. Mungkin masih ada yang salah dengan cara memulai bisnis untuk pelajar seperti anda pada awal memulai usaha. Namun jangan salahkan diri anda sendiri, teruslah berusaha mencari solusi agar masalah dapat terpecahkan dan bisnis berjalan kembali.

Jadikan semua proses dalam membangun bisnis itu sebagai pengalaman yang berharga. Ubah lah pola pikir bahwa tidak setiap orang bisa memiliki pengalaman hebat seperti anda, bahkan sebagian dari mereka takut dulu sebelum mencoba. Anda termasuk orang yang hebat, karena berani gagal untuk mencapai kesuksesan.

10. Gandeng Teman/Sahabat sebagai Rekan Bisnis

Mengajak teman sebagai partner adalah cara memulai bisnis untuk pelajar sekolah yang tepat. Selain dapat mengembangkan bisnis, anda juga memberikan kesempatan pada teman untuk mengenal dunia bisnis. Dapat dua poin sekaligus bukan?

Tawarkan produk pada teman anda, beri harga lebih murah agar mereka dapat menjualnya lagi dengan mendapat untung. Lakukan strategi yang sama pada pembeli yang sudah menjadi langganan anda.

Cara memulai bisnis untuk pelajar
Cara memulai bisnis untuk pelajar

Penutup

Memulai bisnis baru memang banyak rintangan yang akan dihadapi. Dengan cara memulai bisnis untuk pelajar yang sudah anda baca, tentu akan membantu dalam proses berjalannya bisnis baru anda. Mulai sekarang jangan takut untuk berbisnis di masa muda, gunakan waktu luang anda secara efektif.