contoh financial planning pribadi

Contoh Financial Planning Pribadi yang Dapat Anda Terapkan dengan Mudah

Tahukah Anda tahu contoh financial planning pribadi yang tepat untuk kebutuhan finansial Anda? Memang, banyak orang menganggap bahwa financial planning adalah hal yang membosankan. Kerap kali banyak orang tidak peduli kondisi keuangan mereka, sampai terjadi kesalahan sehingga mereka tidak mampu membayar tagihan, atau membayar pendidikan anak.

Pentingnya perencanaan keuangan sangatlah besar dimana Anda tidak hanya memikirkan apa yang terjadi sekarang, tetapi juga apa yang mungkin terjadi dalam tahun-tahun berikutnya. Pada dasarnya, mencari contoh financial planning pribadi tidak sulit. Anda dapat melakukannya sendiri meskipun beberapa lembaga keuangan menawarkan jasa perencanaan keuangan dengan menyimak beberapa contoh financial planning pribadi yang akan diulas di paragraf berikutnya.

contoh financial planning pribadi
Contoh financial planning pribadi

Contoh Financial Planning Paling Realistis

Tak jarang, orang mengatur keuangan tidak sesuai dengan situasi finansial mereka saat ini. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Bersikaplah realistis tentang situasi keuangan Anda saat ini. Jika tidak, maka rencana apa pun yang Anda buat tidak akan berhasil.    

Salah satu contoh financial planning pribadi adalah melakukan perencanaan awal dengan membuat catatan uang masuk dan uang keluar di kolom excel atau Anda dapat membuatnya secara manual di buku akuntansi berukuran besar. Buat semua catatan untuk pengeluaran atau pemasukan sekecil apapun. Hal ini terkesan sepele, meski sebenarnya sangatlah berarti untuk menimbang pengeluaran apa yang tidak perlu.

Langkah kedua adalah dengan melihat perbandingan penghasilan dan pengeluaran. Hal ini perlu dilakukan sebelum Anda mengatur tujuan keuangan jangka panjang mereka seperti investasi, dana pendidikan, tabungan hari tua, dan sebagainya. Dengan melihat perbandingan antar pemasukan dan pengeluaran, maka Anda dapat mengatur bagaimana rencana jangka panjang sejak hari ini.

Baca Juga :  Tidak Hanya Asuransi Jiwa, Ternyata Asuransi Kendaraan Bermotor Juga Penting!

Mungkin, penghasilan Anda tidak terlalu besar saat ini. Karena itulah, pilihan utama adalah menghemat atau menambah penghasilan. Peminjaman dapat dilakukan apabila memang kebutuhan tersebut tidak dapat dihindarkan, meski pertimbangan ini juga harus sangat matang dimana pertimbangannya adalah suku bunga dan tenor pinjaman.  Lagi-lagi, buat perbandingan pemasukan dengan angsuran pembayaran yang nantinya akan dilakukan.

Financial planning sudah harus dilakukan oleh mereka yang sudah mendapatkan penghasilan. Dengan demikian, mereka sudah terbiasa untuk mengatur keuangan sejak dini. Tetapi, apabila saat ini Anda sudah berkeluarga dan sudah bekerja sejak lama, tentu financial planning tetap harus dilakukan. Salah satu contoh financial planning pribadi untuk para keluarga muda adalah dengan mengatur pengeluaran lebih bijaksana dibandingkan seperti yang mereka lakukan saat masih sendiri.

contoh financial planning pribadi
Contoh financial planning pribadi

Buat Perencanaan Keuangan Sekecil Apapun

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perencanaan. Jika memang Anda sudah menikah dan hendak melakukan perencanaan keuangan, maka Anda harus memiliki beberapa alokasi dana yang sangat urgent. Jika tidak, maka Anda akan mengalami banyak kesulitan saat harus mengeluarkan dana darurat.

Contoh financial planning pribadi yang paling krusial dan dapat dimulai dengan jumlah kecil untuk mereka yang baru berkeluarga adalah tabungan. Upayakan tabungan dimana dananya tidak mudah diambil kapanpun. Anda dapat memilih tabungan yang tidak harus memiliki ATM, atau deposito. Banyak pilihan tabungan yang dicairkan dengan jangka waktu tertentu.

Jika Anda baru memiliki bayi, jangan pernah remehkan pentingnya dana pendidikan. Hal ini mungkin sempat tidak terpikirkan karena Anda menganggap bahwa waktu bersekolah masih sangat lama. Perlu diingat bahwa biaya pendidikan selalu naik signifikan setiap tahun. Menyisihkan dana untuk tabungan pendidikan sangatlah bijaksana.

Baca Juga :  Cara Menabung Di ATM Mandiri Yang Harus Anda Ketahui!

Apabila kedua hal tersebut sudah dipenuhi, mungkin Anda masih ingin menyisihkan dana untuk investasi sebagai contoh financial planning pribadi. Dana investasi juga dapat dipilih dari yang terkecil seperti pembelian emas atau investasi reksa dana atau dalam jumlah yang lebih besar seperti tanah atau properti. Kini, banyak pilihan investasi yang tentunya tetap harus dipilih secara hati-hati.

Financial planning diperlukan dimana perencanaan akan berhasil dalam jangka panjang apabila Anda dapat memahami keadaan keuangan saat ini. Contoh financial planning pribadi terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri. Tetapi, Anda perlu memanfaatkan sumber daya keuangan mereka yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Tentu, tujuannya adalah untuk mencapai pengembalian atau return of investment yang lebih besar sesuai jangka waktu yang Anda tetap.

contoh financial planning pribadi
Contoh financial planning pribadi

Manfaatkan Pinjaman dengan Bijaksana

Tidak sedikit orang yang mungkin terpaksa mengambil pinjaman, baik KPR, kendaraan bermotor, kartu kredit atau kredit tanpa agunan. Mungkin Anda juga saat ini sedang memiliki beberapa tanggungan. Contoh financial planning pribadi yang terbaik dalam mengatasi pinjaman adalah dengan menjaga jangan sampai angsuran mengalahkan pendapatan.

Jumlah angsuran yang terlalu besar dan dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi keuangan masa depan. Karena itulah, diperlukan kebijaksanaan dalam mengambil pinjaman, dimana persentase bunga harus diperhatikan.

Saat menyusun financial planning, ingatlah untuk mempertimbangkan apa tujuan Anda di masa depan. Dengan demikian Anda dapat mulai merencanakannya hari ini. Contoh financial planning pribadi misalnya Anda ingin bisa menyekolahkan anak Anda ke perguruan tinggi atau ke luar negeri, atau rencana pensiun Anda nantinya.

Terkadang, banyak orang mempercayakan financial planning mereka kepada seorang profesional. Banyak penyedia jasa keuangan yang menyediakan konseling. Beberapa perusahaan financial advisor membantu klien membuat rencana keuangan sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

Baca Juga :  Faktor Rate Asuransi Kendaraan yang Penting Diketahui
contoh financial planning pribadi
Contoh financial planning pribadi

Tanya Jawab Seputar Contoh Financial Planning Pribadi

Bagaimana cara membuat perencanaan keuangan sendiri?

Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang
1. Hitung dan Catat Total Semua Pendapatan
2. Buat Anggaran Belanja Rutin
3. Tentukan Prioritas Keuangan
4. Catat Semua Pengeluaran Secara Detail
Siapkan Dana Darurat
6. Pastikan untuk Menjaga Rasio Hutang
7. Pisahkan Tabungan dan Dana Investasi
8. Sisihkan Dana Asuransi

Apa saja perencanaan keuangan pribadi?

Perencanaan Keuangan Pribadi: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya secara Sederhana
– Memberi gambaran dengan jelas mengenai kondisi keuanganmu saat ini: sehat atau tidak
– Membantu membuat alokasi prioritas
– Membangun dana darurat
– Tahu kebutuhan di masa depan
– Jadi motivasi

5 Langkah perencanaan keuangan?

5 Langkah Dalam Perencanaan Keuangan Perusahaan
1. Menentukan Tujuan Perusahaan
2. Menentukan Kegiatan Perusahaan
3. Mencari Sumber Pemasukan Dalam Perencanaan Keuangan Perusahaan
4. Contoh Perencanaan Keuangan Perusahaan Dalam Menentukan Pengeluaran
5. Mencatat Keuangan Perusahaan

Apa tugas financial planner?

Tugas Financial Planner
1. Mengenali Karakteristik dan Perencanaan Klien. Karakteristik seseorang akan sangat mempengaruhi keputusan-keputusan finansial maupun investasinya.
2. Mengkaji Keadaan Finansial Klien
3. Menata Persiapan Keuangan
4. Brainstorming Plan
5. Mewujudkan Perencanaan Keuangan
6. Melakukan Pengawasan

Kenapa perlu Financial Planning?

Tujuan dan Manfaat Financial Planning. Perencanaan keuangan bertujuan untuk membangun skala prioritas dalam hal keuangan. Dengan mengetahui prioritas keuangan, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan berapa banyak dana yang harus kamu keluarkan dan berapa banyak dana yang harus ditabung atau diinvestasikan.

Penutup

Intinya, dari semua contoh financial planning pribadi tersebut diatas, Anda dapat lebih hati-hati dalam menentukan pengeluaran, baik dalam bentuk investasi atau pembelanjaan rutin. Dengan demikian, Anda tidak terjebak dalam hutang dengan bunga besar dengan jangka waktu yang panjang.