cara rekber shopee

Lebih Aman dan Praktis, Begini Cara Rekber Shopee Beserta Keuntungannya

Cara rekber Shopee sebenarnya belum dijelaskan secara rinci sehingga para pengguna masih kebingungan. Rekber sendiri merupakan istilah untuk rekening bersama yang ditawarkan oleh Shopee atau marketplace lain.

Marketplace, seperti Shopee mengadopsi konsep ini untuk melakukan layanan transaksi dengan lebih mudah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja rekening bersama dan keuntungan-keuntungannya, yuk simak pembahasan berikut.

cara rekber shopee
Cara rekber shopee

Bagaimana Cara Rekber Shopee?

Pada dasarnya, cara rekber Shopee telah banyak dipilih dan digunakan oleh penjual dan pembeli yang ingin melakukan transaksi online sehingga proses jual beli menjadi lebih aman. Seperti namanya, rekber Shopee adalah sistem rekening bersama yang disediakan marketplace untuk menjaga keamanan transaksi.

Serupa dengan rekening bersama pada umumnya, cara rekber Shopee memiliki konsep menyimpan uang di pihak ketiga sesuai persetujuan pihak pertama dan pihak kedua. Uang yang disimpan ini nantinya dapat cair jika disetujui oleh penyetor sesuai dengan kondisi maupun syarat tertentu.

Jika pembeli ingin berbelanja, maka bisa menggunakan rekber Shopee yang sudah menampung dana dan kemudian diserahkan kepada pihak penjual. Ketika produk yang dipesan pembeli sudah sampai di alamat tujuan, dana di rekber Shopee akan diteruskan ke akun penjual. Untuk cara kerja rekber, berikut penjelasannya.

Pembeli membayarkan pesanan

Ketika bertransaksi, tahap atau cara rekber Shopee pertama yang dilakukan oleh pembeli adalah memilih produk dan membayarkan pesanannya. Setelah itu, jumlah uang yang dibayar harus sesuai dengan nominal pesanan.

Baca Juga :  Sangat Mengejutkan! 7 Aplikasi Game Penghasil Uang Tanpa Menonton Iklan yang Wajib Kalian Ketahui

Perlu diingat bahwa jumlah uang yang perlu dibayarkan tidak boleh kurang maupun lebih. Hal ini bertujuan agar pesanan yang sudah dibuat di marketplace Shopee bisa segera diproses oleh sistem tanpa kendala atau hambatan lain.

Dana penjual ditampung oleh Rekber Shopee

Setelah memilih dan membayar produk, cara rekber Shopee selanjutnya, yaitu dana penjual akan ditampung oleh rekening bersama. Dengan begitu, uang dari pembeli yang sudah dibayarkan sebelumnya tidak langsung diteruskan kepada penjual.

Dalam hal ini, para penjual memiliki tanggung jawab untuk memproses pesanan pembeli. Meski uang yang dibayar oleh pembeli tidak langsung masuk ke dalam rekening, namun penjual tetap harus bertanggungjawab untuk mengelola pesanan, mulai dari proses pengemasan hingga pengiriman ke alamat tujuan.

Dana diteruskan kepada penjual

Ketika pembeli sudah menerima produk yang dipesan sebelumnya, maka harus mengonfirmasi dengan cara mengklik pesanan diterima. Cara rekber Shopee satu ini perlu dilakukan agar dana yang ditampung di rekening bersama bisa diteruskan ke akun rekening penjual.

Syarat pencairan dana atau uang memang harus berdasarkan dari konfirmasi yang dilakukan oleh pembeli. Apabila proses sudah selesai, penjual baru dapat mencairkan keuntungan dari hasil penjualan di marketplace, seperti Shopee.

cara rekber shopee
Cara rekber shopee

Beberapa Keuntungan Menggunakan Rekening Bersama

Saat penjual tidak mengirimkan produk atau barang, maka rekening bersama tersebut akan mengembalikan dana ke pembeli disertai dengan bukti bahwa pesanan gagal atau tidak diterima oleh pembeli.

Dengan adanya layanan rekening bersama di marketplace, tentu dapat memberikan rasa aman bagi pembeli maupun penjual dalam bertransaksi. Hal ini dikarenakan, para pembeli dan penjual bisa mendapatkan kepastian mengenai uang serta barang yang dipesan. Adapun beberapa keuntungan dari rekber, antara lain:

Baca Juga :  Cepat dan Mudah, Begini Cara Bayar Lazada Paylater Pakai DANA

Mencegah penipuan

Keuntungan pertama dari menerapkan cara rekber Shopee adalah mencegah terjadinya penipuan. Sebab, rekening bersama digunakan sebagai perantara dalam melakukan transaksi sehingga kedua belah pihak yang terlibat tidak mengalami kejahatan secara digital.

Seperti yang diketahui bersama, rekber merupakan pihak ketiga yang akan menampung dana pembeli dari penjual. Dengan begitu, pesanan harus diproses sesuai aturan terlebih dahulu sampai diterima oleh pembeli. Jika tidak dilakukan, maka dana tersebut sulit dicairkan oleh penjual.

Keamanan transaksi lebih terjamin

Selain mencegah penipuan, penerapan cara rekber Shopee juga akan menjamin keamanan pihak penjual maupun pembeli yang melakukan transaksi. Baik identitas pribadi serta informasi terkait privasi lainnya bisa terjaga dengan aman menggunakan sistem pihak ketiga.

Tak hanya itu, pembeli pun bisa terhindar dari oknum-oknum penjual yang nakal. Pasalnya, penjual tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dilakukan sebelum memproses pesanan.

Barang yang dibeli dijamin asli

Keuntungan menerapkan cara rekber Shopee selanjutnya adalah barang yang dibeli dijamin asli. Dengan adanya transaksi melalui rekening bersama di marketplace, pembeli tentu lebih percaya diri sebab penjual bisa menjamin keaslian produk.

Jika produk yang diterima oleh pembeli terbukti tidak sesuai dengan ekspektasi, maka penjual dapat menerima sanksi. Misalnya, produk yang sudah dipesan akan dikembalikan pada penjual atau transaksi dibatalkan sehingga uang dalam rekber dapat dikirim ke pembeli.

cara rekber shopee
Cara rekber shopee

Apakah Rekber Shopee Dijamin Aman?

Perlu diketahui, rekber berada di bawah pengelolaan Shopee sehingga dipastikan aman 100 persen dari penipuan. Fasilitas rekening bersama atau rekber sendiri termasuk fitur pembelian online yang paling terjamin keamanannya.

Hal ini dikarenakan, sistem rekber Shopee menjamin bahwa baik penjual maupun pembeli tidak mengalami kerugian. Seperti yang sudah disinggungkan sebelumnya, pembeli yang tidak puas dengan pesanan bisa mengajukan pengembalian dana.

Baca Juga :  Download dan Cara Menggunakan Aplikasi Notification Reader

Tak hanya itu, penjual yang tidak mengirimkan pesanan atau produk tidak sesuai permintaan pembeli, maka uang bisa dikembalikan. Tentunya, cara ini sangat diminati, terutama bagi pengguna yang selalu berhati-hati dalam bertransaksi secara online.

cara rekber shopee
Cara rekber shopee

Tanya Jawab Seputar Cara Rekber Shopee

Bagaimana cara menggunakan rekber?

Berikut ini prosedur untuk pulber dan rekber:
1. Penjual/pembeli menghubungi admin/moderator
2. Admin membuat ruang komunikasi dengan penjual dan pembeli
3. Proses transfer dari pembeli ke admin
4. Admin menyerahkan bukti transfer ke penjual
5. Penjual menyerahkan barang ke pembeli

Rekber lewat Shopee apakah aman?

Sedangkan sistem rekber Shopee bisa dijamin keamanannya 100% karena langsung dikelola oleh pihak Shopee. Selain transaksi online di Shopee yang terjamin keamanannya, rekber juga dapat membantu pembeli atau penjual terhindar dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Berapa fee rekber Shopee?

Bagaimana Cara Pakai Rekber Shopee untuk Penjual? Cara rekber Shopee akan mengenakan biaya admin Rp 10.000 untuk transaksi sebesar Rp 100.000 sampai Rp 500.000. Jika transaksi yang dilakukan sebesar Rp 501.000 sampai Rp 1.000.000 yang akan mengenakan Rp 20.000 dengan berlaku setiap kelipatannya.

Apa yang dimaksud via rekber Shopee?

Rekber Shopee merupakan rekening bersama yang disediakan oleh Shopee untuk menjembatani antara penjual dan pembeli yang bertransaksi di Shopee. Pada prinsipnya, pembeli mentransfer uang kepada Shopee untuk ditampung. Setelah pesanan dikirimkan oleh Shopee kepada pembeli, penjual baru akan menerima uang pembayaran.

Kapan penjual menerima uang dari Shopee?

Setelah menyelesaikan pesanan Anda, Anda dapat melihat dana penjualan di Saldo Penjual dalam waktu 1×24 jam setelah: Pembeli mengonfirmasi pesanan telah diterima. Masa Garansi Shopee berakhir.

Penutup

Demikian informasi terkait cara rekber Shopee dan beberapa keuntungan menggunakan fitur satu ini. Dengan pemberlakuan rekber di Shopee memang sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna untuk terus melakukan transaksi jual beli.