cara gadai emas di pegadaian

Cara Gadai Emas Di Pegadaian Dengan Mudah

Banyak orang yang masih kebingungan mengenai cara gadai emas di pegadaian. Padahal cara gadai emas di pegadaian tidaklah sesulit yang dibayangkan. Oleh sebab itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai cara gadai emas di pegadaian.

cara gadai emas di pegadaian
Cara gadai emas di pegadaian

Cara Gadai Emas Di Pegadaian

Cara gadai emas di pegadaian sebenarnya cukup mudah. Namun ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa menggadaikan emas di pegadaian. Adapun tahapan yang harus Anda lakukan pada cara gadai emas di pegadaian adalah sebagai berikut:

1. Mendatangi Tempat Pegadaian Emas

Langkah pertama pada cara gadai emas di pegadaian adalah dengan mendatangi tempat pegadaian emas yang ada di dekat tempat tinggal Anda. Namun ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat pegadaian emas tersebut. Dengan mengetahui informasi tempat pegadaian secara detail akan mengurangi rasa kecewa jika ternyata tempat pegadaian tersebut tidak sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga Anda dapat pindah ke tempat pegadaian lainnya yang lebih sesuai dengan keinginan Anda.

2. Mempersiapkan Emas Dan Kelengkapan Lainnya

Banyak tempat pegadaian yang memberikan syarat untuk menyertakan surat pembelian dari emas yang Anda gadaikan. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan emas dan juga surat pembeliannya. Sekedar saran, simpanlah surat pembelian emas di tempat yang aman. Namun jika surat pembelian emas tersebut hilang, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda hanya perlu mencari tempat pegadaian emas yang tidak memberikan syarat untuk menyertakan surat pembeliannya.

Baca Juga :  Peluang Usaha Skincare di Indonesia : Ini Langkah Memulainya

3. Mengisi Formulir Pengajuan Permohonan Kredit

Saat Anda hendak menggadaikan emas yang Anda miliki, maka petugas pegadaian akan meminta Anda untuk terlebih dahulu mengisi formulir pengajuan permohonan kredit. Pada formulir tersebut berisi data diri Anda. Sehingga pastikan mengisinya dengan benar atau nanti permohonan kredit Anda akan ditolak. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir tersebut maka kembalikan pada petugas pegadaian.

4. Tunggu Petugas Mengecek Formulir Dan Dokumen Kelengkapan Anda

Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran pengajuan permohonan kredit, petugas akan mengecek formulir tersebut apakah sudah sesuai dengan data diri Anda atau belum. Selain itu petugas juga akan melakukan pengecekan terhadap dokumen Anda seperti surat pembelian emas. Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama, sehingga ada baiknya jika Anda menunggu proses pemeriksaan tersebut. Jika petugas menyatakan dokumen dan formulir tersebut sudah sesuai Anda hanya perlu melakukan tanda tangan di formulir tersebut. Dengan begitu Anda dapat melanjutkan tahap selanjutnya dari cara gadai emas di pegadaian.

cara gadai emas di pegadaian
Cara gadai emas di pegadaian

5. Tunggu Petugas Melakukan Penaksiran

Jika semua data dan formulir yang telah Anda ajukan tersebut lolos pengecekan, petugas akan melakukan penaksiran guna menentukan jumlah uang yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda merasa penaksiran yang mereka lakukan tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat melakukan negosiasi dengan petugas pegadaian. Namun apabila Anda tidak mencapai kesepakatan yang sesuai Anda dapat mencari tempat pegadaian emas yang lainnya.

6. Tunggu Pengajuan Anda Di Proses

Setelah petugas melakukan penaksiran dan Anda menyetujuinya, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu petugas melakukan proses pegadaian. Pada tahap ini juga Anda akan mendapatkan sejumlah uang. Umumnya petugas akan memberikan dua pilihan kepada Anda mengenai bagaimana uang itu akan Anda terima. Pertama dengan mendapatkan uang tunai langsung di tempat pegadaian tersebut atau uang ditransferkan ke rekening milik Anda.

Baca Juga :  Jual Pulsa Tanpa Modal Beserta Tips Suksesnya untuk Pemula

7. Tunggu Petugas Memberikan Surat Bukti Gadai

Setelah semua proses pegadaian telah dilakukan petugas akan memberikan Anda surat bukti gadai. Surat itu yang nantinya akan Anda gunakan untuk menebus emas yang Anda gadaikan tersebut. Surat bukti gadai ini sangat penting karena memiliki kekuatan hukum jika terjadi suatu permasalahan dikemudian hari. Maka dari itu Anda harus menyimpan surat bukti gadai dengan hati-hati dan pastikan jangan sampai hilang.

cara gadai emas di pegadaian
Cara gadai emas di pegadaian

Syarat Gadai Emas Di Pegadaian

Setelah mengetahui cara gadai emas di pegadaian tentunya Anda juga harus mengetahui syarat untuk menggadaikan emas di pegadaian. Sebenarnya syarat untuk menggadaikan emas di setiap tempat pegadaian berbeda-beda. Akan tetapi setidaknya ada beberapa hal penting yang seringkali menjadi persyaratan dalam menggadaikan emas. Adapun syarat untuk menggadaikan emas adalah sebagai berikut:

1. Tanda Pengenal

Tanda pengenal sering kali menjadi persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh orang yang hendak menggadaikan emas miliknya. Untuk tanda pengenal yang biasanya diminta adalah Kartu Tanda Penduduk. Akan tetapi jika memang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk karena suatu hal misalnya saja hilang, biasanya terdapat alternatif lain seperti KK ataupun SIM. Sebab KK dan SIM juga memuat informasi yang hampir sama dengan KTP.

2. Emas

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi saat hendak menggadaikan emas di pegadaian tentunya adalah mempersiapkan emas yang hendak digadaikan. Untuk jenis emasnya sendiri itu terserah Anda. Bisa berupa emas batangan ataupun emas yang berupa perhiasan

3. Surat Pembelian Emas

Sebagian dari tempat pegadaian emas seringkali memberikan persyaratan untuk menyertakan surat pembelian emas yang hendak digadaikan. Beberapa tempat pegadaian beralasan bahwa surat pembelian emas tersebut harus disertakan sebab menjadi bukti bahwa emas yang digadaikan merupakan barang pribadi dan buka barang curian.

Baca Juga :  Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

4. Formulir Pengajuan Gadai

Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah mengisi formulir pengajuan gadai. Untuk formulir ini Anda hanya perlu meminta ke petugas pegadaian, kemudian Anda hanya perlu mengisi formulir tersebut.

cara gadai emas di pegadaian
Cara gadai emas di pegadaian

Tanya Jawab Seputar Cara Gadai Emas Di Pegadaian

Berapa biaya Gadai emas di Pegadaian?

Nasabah juga perlu mengetahui rincian tarif dan biaya gadai emas di Pegadaian sebagai berikut: Pinjaman Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu tarif sewa modalnya sebesar 1%. Pinjaman lebih dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta tarif sewa modalnya sebesar 1,2%.

Apa syarat gadai emas di Pegadaian?

Syarat gadai emas di Pegadaian

Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Menyerahkan barang jaminan (emas batangan, mini gold atau emas perhiasan) Nasabah menandatangani Surat Bukti Gadai (SBG)

Berapa lama jangka waktu gadai emas di Pegadaian?

Di Pegadaian, dikenal istilah sewa modal pada gadai emas. Sewa modal dikenakan tiap periode 15 hari. Jangka waktu pinjaman untuk gadai adalah selama empat (4) bulan yang dapat diperpanjang berkali-kali maupun dilunasi sewaktu-waktu. Uang pinjaman bisa diberikan dalam bentuk tunai atau ditransfer ke nomor rekening bank.

Berapa minimal Jual emas di Pegadaian?

Ya, saldo emas dapat dijual kembali (buyback) minimal 1 gram dan maksimal 100 gram per hari/CIF. Anda dapat melakukan transaksi buyback melalui: Outlet Pegadaian; Aplikasi Pegadaian Digital.

Gadai emas apa bisa dicicil?

Bisa dilakukan dengan dicicil perbulan ataupun dengan hanya membayar biaya pemeliharaan saja (mu’nah). Fitur yang bisa dicicil tiap bulan dinamakan Produk ARRUM dengan jaminan emas. Untuk yang tidak harus mencicil dinamakan produk RAHN.

Penutup

Jadi itulah tadi informasi mengenai cara gadai emas di pegadaian dengan mudah. Semoga informasi mengenai cara gadai emas di pegadaian dengan mudah tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.