cara mengetahui bank dari nomor rekening

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening yang Mudah dan Praktis

Pada umumnya, seluruh bank di Indonesia akan menerbitkan nomor rekening dengan jumlah digit yang berbeda-beda, berkisar antara 10 hingga 16 digit. Terkadang, kita akan merasa kesulitan dalam mengingatnya terlebih ketika kita ingin melakukan transfer, sehingga penting untuk memahami cara mengetahui bank dari nomor rekening. Lantas, sebenarnya bagaimanakah cara yang tepat untuk mengetahui hal ini?

cara mengetahui bank dari nomor rekening
Cara mengetahui bank dari nomor rekening

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Sekarang ini, banyak yang ingin memahami cara mengetahui bank dari nomor rekening karena maraknya penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Agar terhindar dari kerugian tersebut, maka mari kita simak beberapa cara mengetahui bank dari nomor rekening seperti yang ada di bawah ini.

1. Cek Rekening Koran

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang pertama adalah dengan menggunakan rekening koran. Pada dasarnya, rekening koran merupakan suatu ringkasan mengenai transaksi keuangan yang ada di rekening Anda secara tertulis. Untuk menggunakan rekening koran ini tergantung dengan kebijakan yang ditentukan oleh pihak bank.

Anda dapat mengecek rekening koran dengan pergi ke kantor bank pada saat jam operasional. Terkadang ada beberapa bank yang bersedia memberikan informasi kepada nasabah secara rutin, akan tetapi ada pula bank yang hanya akan memberikan informasi setelah diminta oleh nasabah. Nanti pihak bank akan memberikan informasi yang memuat nomor rekening Anda dan biasanya berada di bagian atas.

Baca Juga :  Harga Asuransi Kendaraan dengan Premi Murah Agar Tidak Salah Pilih
cara mengetahui bank dari nomor rekening
Cara mengetahui bank dari nomor rekening

2. Cek Melalui ATM

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang selanjutnya adalah dengan mengecek melalui mesin ATM. Cara ini merupakan cara yang cukup tradisional, karena Anda harus datang ke mesin ATM yang terdekat sehingga bisa dilakukan apabila Anda memang tidak memiliki fasilitas internet banking atau mobile banking pada ponsel Anda.

Proses pengecekan melalui ATM pun juga hampir sama, Anda tinggal memasukkan kartu debit Anda ke mesin dan masukkan PIN yang tepat. Di halaman utama, klik Transfer dan masukkan nomor rekening tujuan yang memang ingin Anda cek dan masukkan nominal yang seadanya terlebih dahulu. Kemudian, nantinya layar mesin akan memberikan informasi mengenai nama pemilik rekening dan bank apa yang dia gunakan.

cara mengetahui bank dari nomor rekening
Cara mengetahui bank dari nomor rekening

3. Melalui Mobile Banking

Bisa dibilang, menggunakan mobile banking adalah cara mengetahui bank dari nomor rekening yang paling mudah dan praktis sebab Anda tidak perlu kemana-mana untuk mengetahuinya. Terdapat begitu banyak fasilitas yang tersedia di mobile banking, mulai dari transfer uang, cek mutasi rekening, dan lain sebagainya.

Cara untuk mengeceknya adalah Anda bisa mencoba menu Transfer tanpa harus mengirim saldo. Anda juga bisa melihat nomor rekening melalui bukti transfer yang nantinya ingin Anda kirimkan kepada calon penerima. Biasanya, bukti transaksi itu akan Anda terima dalam bentuk gambar yang berisi nomor rekening tujuan dan logo bank.

4. Melalui Internet Banking

Cara mengetahui bank dari nomor rekening melalui internet banking sebenarnya hampir mirip seperti menggunakan mobile banking. Pada internet banking juga sudah tersedia layanan yang akan sangat membantu Anda untuk menyaksikan nomor rekening dengan sangat mudah. Caranya yaitu cobalah memasuki menu Transfer terlebih dahulu.

Baca Juga :  Asuransi Kendaraan Tokio Marine yang Perlu Diketahui

Kemudian ketik nomor rekening tujuan yang ingin Anda kirim, dan nanti secara otomatis akan muncul jenis bank apa yang dipakai oleh pihak yang dituju itu. Pastikan Anda sudah melakukan proses aktivasi terlebih dahulu sehingga bisa menggunakan fitur yang tersedia di internet banking karena jika tidak maka layanan yang bisa Anda pakai pun akan sangat terbatas,

5. Tanyakan Langsung ke Pihak Pemilik Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang satu ini dapat menjadi alternatif lain ketika Anda memang kesulitan menerka nama bank yang mereka pakai. Anda bisa bertanya langsung kepada pihak yang memang ingin Anda kirimi saldo dan cara ini paling ampuh karena pastinya Anda tidak perlu memakan waktu terlalu lama untuk mengetahui nama banknya.

Banyak orang yang memutuskan untuk bertanya pada pihak pemilik rekening secara langsung karena mereka ingin menghindari biaya transaksi tambahan yang terkadang akan ditetapkan oleh pihak bank saat ingin melakukan transfer pada bank yang berbeda. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan apabila Anda memang sudah kenal dekat dengan pihak pemilik rekening tersebut dan bukan orang asing.

cara mengetahui bank dari nomor rekening
Cara mengetahui bank dari nomor rekening

6. Hubungi Call Center

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi pihak call center yang pasti sudah disediakan oleh setiap bank dan bisa kita hubungi kapan pun. Umumnya, layanan call center dipakai oleh nasabah ketika mengalami masalah tertentu seperti menanyakan informasi perbankan, melakukan pemblokiran kartu, bahkan menanyakan tentang nomor rekening bank.

7. Perhatikan Kode Bank

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap bank pasti akan memiliki kode yang berbeda-beda. Untuk itu, apabila Anda mengetahui deretan angka rekening itu maka pasti akan lebih mudah dalam melacak nomor banknya.

Baca Juga :  Peran Penting Penerjemah Tersumpah Dalam Legalisasi Dokumen

8. Hitung Jumlah Digit Nomor Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang terakhir adalah dengan menghitung jumlah digit yang tertera pada nomor tersebut. Anda dapat menghitungnya sendiri secara manual, lalu cocokkan jumlahnya dengan jenis rekening berikut:

· 16 Digit           : BTN

· 15 Digit           : BRI

· 13 Digit           : CIMB Niaga, Mandiri

· 10 Digit           : BCA, BNI, Bukopin, Muamalat, BSI, Maybank, BTN Syariah, Danamon, Sinarmas Syariah

cara mengetahui bank dari nomor rekening
Cara mengetahui bank dari nomor rekening

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Cara cek nomor rekening atas nama siapa?

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank
1. Kunjungi alamat situs cekrekening.id lewat ponsel atau PC
2. Setelah halaman situs terbuka, pilih menu “Periksa Rekening”
3. Masukkan nama bank atau penyedia layanan e-wallet, lalu masukkan nomornya
4. Konfirmasi captcha dan klik “Cek Sekarang”

14 digit nomor rekening bank apa?

Bank CINB Niaga : 14 digit. Bank CINB Syariah : 13 digit. Bank Muamalat : 10 digit.

Berapa no akun bank BRI?

Biasanya perbedaan nomor akun setiap bank ini bisa diketahui dari jumlah digitnya. Nah untuk nomor akun Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini adalah 15 digit.

Bagaimana cara melacak penipu lewat nomor rekening?

Buka laman ‘https://cekrekening.id/home’.
1. Pilih bagian Periksa Rekening
2. Pilih bank/e-wallet dan isi nomor rekening
3. Klik Cek Sekarang
4. Apabila terindikasi penipuan, segera klik Tambah Laporan
5. Isi kolom sebagai syarat laporan penipuan

Apakah bisa mengetahui identitas seseorang melalui nomor rekening?

Nah untuk mengecek identitas lewat no rekening bank, ada dua cara. Anda bisa mengeceknya secara online dengan menggunakan situs cekrekening.id atau datang langsung ke bank. Cekrekening.id adalah platform yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Penutup

Demikian cara mengetahui bank dari nomor rekening yang bisa Anda praktikkan sendiri ketika hendak mencari tahu nama bank dengan mudah. Tetaplah berhati-hati terlebih ketika Anda melakukan transaksi dengan orang asing yang tidak dikenal atau orang baru.