cara mengatur modal usaha kecil

11 Cara Mengatur Modal Usaha Kecil Yang Efektif Agar Bisnis Lancar

Memulai bisnis berskala kecil sebaiknya sudah mengetahui cara mengatur modal usaha kecil. Dengan demikian ilmu pengelolaan bisnis bermodal kecil bisa bermanfaat dan tidak merugi. Hal ini tentu bisa menjadi alternatif, ketika memutuskan untuk memulai bisnis dan baru memiliki modal yang kecil. Sehingga saat mendirikan bisnis skala kecil pun tetap dilakukan, tanpa harus melewati kegagalan ketika menjalankannya. Oleh sebab itu, seseorang harus benar-benar selektif dalam memilih jalan bisnisnya, jangan sampai malah merugi atau bisnis usaha gulung tikar.

Sebab kesuksesan dalam sebuah bisnis adalah dari cara mengatur modal usaha kecil. Untuk selanjutnya bisa berkembang menjadi usaha yang lebih besar dan didapatkan kesuksesan yang lebih. Cara pengelolaan modal dan bisnis pun dapat berjalan dengan lancar. Sehingga memanajemen dalam setiap pengeluaran, modal usaha tepat sasaran meskipun kecil dan mampu membesarkan bisnis di kemudian hari.

cara mengatur modal usaha kecil
Cara mengatur modal usaha kecil

Cara Mengatur Modal Usaha Kecil Dengan Baik

1. Pahami Usaha yang Dijalankan

Poin pertama adalah pelaku usaha memiliki ilmu tentang bisnis yang akan dijalankan. Karena sebagai pelaku usaha, seharusnya mempelajari seluk beluk atau detail daripada usaha yang akan dilakukan. Sehingga benar-benar mengetahui tentang cara menjalankan usaha, sehingga dengan modal usaha kecil pun tetap bisa menjalankan bisnis.

Baca Juga :  Cara Menentukan Modal Usaha Toko Kosmetik

2. Buat Perencanaan

Poin kedua adalah membuat perencanaan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan cara mengatur modal usaha kecil. Sehingga meskipun modalnya kecil, tetap bisa menjalankan bisnis. Perencanaan ini sangat penting, di mana merupakan peta sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia bisnis. Sehingga sangat kecil kemungkinan usaha mengalami kegagalan.

3. Membuat Catatan Keuangan

Poin ketiga adalah membuat catatan keuangan tentang apa saja yang telah dikeluarkan dan telah dibeli untuk melakukan usaha atau bisnis. Sehingga detail daripada biaya yang dikeluarkan dan untung yang didapatkan, bisa benar-benar diketahui. Selanjutnya catat juga poin-poin mana, yang membutuhkan dana lebih, juga yang perlu dikurangi. Hal ini menjadi sangat penting ketika Anda melakukan usaha dan dengan modal yang kecil.

Sebenarnya catatan keuangan tidak hanya tentang kas yang masuk dan keluar saja. Usahakan agar catatan disusun secara rapi dan teratur, mencakup waktu transaksi terjadi. Sehingga mudah dibaca dan dipahami.

4. Buat Anggaran Rutin

Setelah perencanaan, selanjutnya adalah mencatat keuangan untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan secara rutin. Kemudian buatlah anggaran secara rutin, misal anggaran bisa untuk mingguan atau bulanan, bahkan bisa di buat untuk setahun. Namun, akan lebih mudah ketika mudah, cara mengatur modal usaha kecil dengan membuat anggaran maksimal sebulan sekali. Sehingga bisa mengakumulasikan antara pemasukan dan pengeluaran.

Hal ini terkait anggaran tentang apa saja yang harus dibeli untuk memutar uang dengan cara mengatur modal usaha kecil tersebut. Sehingga tidak  perlu membeli barang, yang sekiranya kurang diperlukan.

5.  Gunakan Laba untuk Mengembangkan Bisnis

Setelah bisnis mulai berkembang, cobalah menyisihkan laba untuk memperbesar usaha yang Anda jalankan. Jangan laba hanya disimpan di bank atau malah digunakan untuk keperluan pribadi saja. Hal ini sangat penting ketika Anda memulai bisnis dengan modal yang kecil.

cara mengatur modal usaha kecil
Cara mengatur modal usaha kecil

 6.  Jangan Mencampur Uang

Cara mengatur modal usaha kecil adalah dengan tidak mencampur uang pribadi dengan uang hasil usaha atau bisnis. Hal ini bertujuan untuk menghindari dana bisnis digunakan untuk keperluan yang lain. Jangan sampai usaha yang telah Anda rintis atau jalankan gulung tikar, hanya karena tidak memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi.

Baca Juga :  Tidak Perlu Keluar Rumah, Bisnis Online yang Menjanjikan dan Terbukti Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Menghasilkan Cuan!

7. Jangan Menumpuk Barang

Cara mengatur modal usaha kecil adalah dengan tidak menumpuk barang banyak. Usahakan kulakan atau menyetok barang untuk bisnis sesuai kemampuan dan cepat habis. Dengan demikian konsumen bisa mendapatkan kepuasan, karena selalu memperoleh barang yang baru.

Perlu diketahui, bahwa selain cara mengatur modal usaha kecil ada hal penting adalah mental yang kuat dan tidak mudah menyerah. Apalagi berputus asa dalam menjalankan bisnis.

8. Manfaatkan yang Ada Dulu

Hal terpenting dalam menjalankan bisnis modal kecil adalah memanfaatkan barang yang ada untuk keperluan usaha. Jadi tidak perlu membeli alat baru, jika sudah punya alat lama.

9. Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial sangat berguna untuk promosi usaha dan pemasaran. Di mana konsumen saat ini lebih menyukai membeli online dalam bertransaksi. Mereka menilai dari segi kepraktisan pada penggunaan barang dan jasa.

10. Melibatkan Keluarga dalam Bisnis

Keluarga bisa dijadikan rekan kerja. Sehingga untuk biaya menggaji karyawan bisa diminamalisir atau bahkan bisa menjalin kerja sama dengan anggota keluarga. Hal ini untuk menghemat biaya operasional dan termasuk salah satu cara mengatur modal usaha kecil yang lain.

11. Menggunakan Bahan Baku Murah Tapi Berkualitas

Cara mengatur modal usaha kecil terakhir adalah termasuk menghemat biaya produksi. Sehingga bisnis dapat berjalan dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak lagi. Namun, perlu diketahui untuk tetap memperhatikan kualitas bahan baku, jangan sampai hanya karena ingin menekan biaya produksi malah membuat konsumen merasa kecewa.

Modal boleh kecil saat memulai usaha, tapi tetap profesional dan menjaga kepuasan konsumen adalah cara terbaik untuk mempertahankan bisnis yang telah susah payah Anda rintis. Modal memang sangat diperlukan untuk pembelian bahan baku, alat-alat atau perlengkapan usaha. Hal ini termasuk dalam kalkulasi capital expenses.

Baca Juga :  Syarat Memperoleh Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan
cara mengatur modal usaha kecil
Cara mengatur modal usaha kecil

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatur Modal Usaha Kecil

Bagaimana cara memutar modal usaha kecil?

Cara Memutar Uang Modal Usaha Agar Bisnis Bertahan
1. Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis
2. Memiliki Buku Kas yang Rinci
3. Menyisihkan Gaji Bulanan untuk Diri Sendiri
4. Memiliki Hasrat untuk Terus Berkembang
5. Menghindari Transaksi Utang Piutang
6. Hindari Menumpuk Stok Barang

Bagaimana cara mengatur uang hasil jualan?

Cara Mengatur Uang Hasil Jualan agar Bisnis Tidak Merugi
1. Buat Rencana Anggaran dan Patuhi
2. Pisahkan Uang Bisnis dan Pribadi
3. Bayar Tagihan Tepat Waktu
4. Lacak Pengeluaran
5. Investasikan Uang untuk Bisnis atau Simpan
6. Memiliki Cadangan Kas yang Konsisten

Bagaimana cara mengatur keuangan modal dan keuntungan?

4 Cara Memisahkan Uang Modal dan Keuntungan, Wajib Tahu
1. Membuat Dua Rekening. Rekening yang berbeda bisa membantu dalam memisahkan mana uang modal dan mana yang merupakan keuntungan dari kegiatan bisnis
2. Membuat Catatan dengan Rinci
3. Modal Usaha Bukan Untuk Kebutuhan Pribadi
4. Melakukan Evaluasi Secara Rutin

Bagaimana cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar?

7 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar, Mudah & Murah!
1. Review Perkembangan Bisnis Anda Selama Ini
2. Analisa Keunggulan dan Kelemahan Produk
3. Cari Tahu di Mana Letak Masalah Bisnis
4. Buat Solusi Pemecahan Masalah Segera
5. Analisa Kompetitor Saat Ini
6. Perbaiki Strategi Marketing Anda
7. Riset Target Pasar Baru

cara mengatur modal usaha kecil
Cara mengatur modal usaha kecil

Penutup

Demikian cara mengatur modal usaha kecil yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Sementara modal juga diperlukan untuk biaya operasional dalam menjalankan bisnis atau operational expenses. Di mana yang mencakup biaya operasional adalah seperti sewa gedung, menggaji karyawan, membayar tagihan listrik untuk bisnis. Sebisa mungkin tetaplah bijak dalam menggunakan modal yang telah dipersiapkan, agar bisnis bisa semakin besar dan berkembang dengan pesat. Semoga bermanfaat!