cara memulai investasi saham

Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Pada era digital seperti sekarang, investasi sangat diperlukan untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Bagi kamu yang masih pemula sangat penting untuk mempelajari cara memulai investasi saham. Tujuannya agar investasi dapat berkembang dan tidak mengalami penurunan. Apa itu investasi saham? Dan bagaimana cara investasi saham? Maka dari itu kamu perlu belajar dan mengetahuinya secara cermat mengenai saham dan perkembangan serta resiko yang muncul.

cara memulai investasi saham
Cara memulai investasi saham

Berikut Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

1. Belajar Saham

Cara memulai investasi saham yaitu sebaiknya kamu harus belajar terlebih dahulu. Ketahui dasar-dasar cara investasi saham, kelebihan, kekurangan, serta tips memilih investasi yang aman. Hal ini sangat penting supaya kamu dapat mengetahui investasi sebelum memulainya. Saat ini sudah banyak media sosial atau platform online yang dapat digunakan untuk belajar investasi bagi pemula.

Kamu juga dapat bertanya kepada orang yang lebih mengerti tentang cara investasi saham untuk pemula. Setelah mengetahui seluk beluknya tentu pengguna akan yakin bahwa investasi sangat penting untuk kehidupan di masa mendatang. Apalagi investasi saham menawarkan banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati. Jadi belajar investasi perlu dilakukan di sela-sela waktu luang untuk menambah ilmu.

2. Tentukan Tujuan

Investasi berguna untuk mempersiapkan dana pensiun, pendidikan, membeli rumah, kendaraan, dan masih banyak lagi. Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan investasi. Bagi kamu yang ingin investasi saham harus mengetahui cara memulai investasi saham terlebih dahulu yaitu harus menentukan terlebih dahulu tujuan jangka panjang yang hendak dicapai. Hal ini bermanfaat agar saat investasi kamu bisa mengatur aset yang dimiliki.

Biasanya sebelum memulai investasi, kamu dapat konsultasi mengenai tujuan tersebut. Jika tujuan sudah terencana dengan baik, maka pengguna akan lebih semangat untuk investasi. Apalagi investasi saham ini menghasilkan keuntungan yang bisa dinikmati jangka panjang. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menyiapkan dana yang diperlukan di masa mendatang yang sifatnya penting.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menghitung Persentase Kepemilikan Saham dengan Benar

3. Mengenali Perusahaan

Investasi saham tentu sangat berkaitan dengan kondisi perusahaan saat ini. Jika keuangan perusahaan dan sahamnya memungkinkan untuk investasi, maka kamu bisa mengalokasikannya. Akan tetapi jika kondisi perusahaan sedang buruk, kamu harus menaikkan keuntungannya terlebih dahulu dengan cara memulai investasi saham. Kamu juga harus teliti dan detail dalam memeriksanya.

Tak hanya itu saja, sebaiknya kamu harus memperhatikan faktor yang dapat membuat perusahaan menurun di masa yang akan datang. Kamu perlu membuat catatan target jangka pendek hingga jangka panjang serta resiko yang akan dialami. Hal ini berguna supaya investasi dapat berjalan dengan baik. Perusahaan juga diharapkan bisa berkembang dengan pesat dan keuangan stabil.

cara memulai investasi saham
Cara memulai investasi saham

4. Mengetahui Indeks Saham

Indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan pergerakan investasi saham. Perlu diketahui bahwa di Bursa Efek Indonesia mempunyai kurang lebih 35 indeks saham. Kamu perlu belajar dan mengetahui indeks tersebut agar tidak salah pilih dalam cara memulai investasi saham. Tujuan lainnya supaya kamu bisa mempelajari bagaimana naik turun profit dari investasi sesuai indeksnya.

Jika tidak paham mengenai indeks saham, maka investasi di masa mendatang tidak akan berjalan lancar. Apalagi setiap kenaikannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya nilai likuiditas. Kamu dapat bertanya kepada pihak yang lebih mengerti mengenai indeks. Selain itu kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk belajar indeks yang bermanfaat untuk mengukur sentimen pasar.

5. Kenali Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi sangat berpengaruh terhadap profit investasi. Biasanya saat kondisi ekonomi sedang turun, investor banyak yang tidak mau untuk melakukan investasi karena diyakini dapat membuat harga turun. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, dengan cara memulai investasi saham yang benar, kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua nilai investasi dapat berkurang.

Saat kondisi seperti itu kamu bisa melanjutkan investasi sampai menunggu laju ekonomi kembali normal. Kamu cukup melakukan cek secara berkala dan tidak perlu menambah jumlah dana investasi. Jika ekonomi sudah membaik maka bisa mengalokasikan dana lagi. Tips dan trik tersebut sangat perlu diketahui supaya investasi tetap berjalan dan tidak mengalami kerugian.

Baca Juga :  Pengertian Reksadana Saham, Keuntungan,Risiko dan Tips Agar Kamu Tak Rugi

6. Pilih Investasi

Saat ini sudah banyak perusahaan investasi yang bisa dipilih oleh semua orang. Tetapi kamu harus cermat dalam memilih partner kerja sama yang terpercaya agar investasi bisa berjalan lancar. Masing-masing sekuritas juga memiliki biaya yang berbeda dalam membeli dan menjual saham. Dalam cara memulai investasi saham tentu hal ini akan berpengaruh untuk bisnis kedepannya.

Kamu bisa memilih sekuritas yang memberikan pelayanan terbaik, harga tetap normal dan sesuai dengan jumlah saham. Jika track record sekuritas baik, maka pengguna akan senang karena saham bisa berkembang meskipun dalam kondisi ekonomi yang menurun. Kamu dapat bertanya mengenai rekomendasi sekuritas investasi kepada kerabat atau mencarinya di platform media sosial.

cara memulai investasi saham
Cara memulai investasi saham

7. Alokasikan Dana

Setelah mengetahui pentingnya cara memulai investasi saham, kamu dapat mengalokasikan dana secara berkala. Separuh dari saham yang dimiliki sebaiknya dialokasikan untuk investasi jangka panjang. Lalu sisanya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan di dalam perusahaan. Hal tersebut sangat berguna untuk kemajuan perusahaan agar keuangan dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Khusus bagi pemula bisa mengalokasikan dana sesuai kebutuhan dan nominalnya tidak harus langsung banyak. Kamu perlu belajar secara perlahan sebelum investasi supaya dapat melihat perkembangannya. Jika sudah melakukan investasi, kamu harus konsisten dalam mengalokasikannya. Sehingga keuntungannya dapat dinikmati dalam jangka panjang.

8. . Pantau Investasi

Investasi yang dilakukan secara rutin harus selalu dipantau untuk mengetahui perkembangannya. Kamu bisa melihat profit yang naik turun setiap bulannya. Jika investasi saham memberikan keuntungan yang baik dan selalu normal maka kamu dapat menambah dana. Akan tetapi jika dalam cara memulai investasi saham tidak memberikan keuntungan yang signifikan maka kamu harus cek lagi.

Pada perusahaan investasi biasanya akan menyediakan aplikasi untuk melihat profitnya. Jadi pengguna dapat membandingkan saham dengan harga acuan pasar yang dipakai. Kamu perlu mengamatinya secara berkala supaya tidak salah dalam mengalokasikan dana. Selain itu evaluasi ini juga berguna untuk mengembangkan saham yang telah diinvestasikan tersebut.

Baca Juga :  9 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Untuk Menambah Pendapatan

9. Mengetahui Resiko

Beberapa investasi biasanya memiliki keunggulan serta resiko masing-masing. Kamu harus cermat dalam menentukan investasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika resiko terlalu tinggi kamu dapat menggunakan layanan lain dalam investasi saham jangka panjang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memperhitungkan keuntungannya setara atau tidak dengan resiko yang akan dihadapi. Tentunya hal tersebut akan berdampak besar bagi perusahaan karena jika resiko semakin tinggi maka investasi akan turun. Jika dibiarkan lama kelamaan perusahaan akan bangkrut.

cara memulai investasi saham
Cara memulai investasi saham

Tanya Jawab Seputar Cara Memulai Investasi Saham

Langkah langkah memulai investasi saham?

Belajar Investasi Saham, Bagaimana Caranya?
1. Tentukan tujuan investasi. Belajar investasi saham harus tahu dulu tujuan investasi saham.
2. Periksa kondisi keuangan
3. Cari informasi investasi saham dari berbagai sumber
4. Pilih platform sekuritas terpercaya
5. Beli saham unggulan

Dimana tempat kita membeli saham?

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah tempat atau wadah bagi para pelaku saham untuk memperdagangkan atau memperjualbelikan setiap saham atau efek yang mereka miliki dan ingin beli.

Langkah langkah melakukan investasi sekuritas?

1. Pilih perusahaan sekuritas. Cara investasi saham dimulai dengan memilih perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN).
2. Sertakan dokumen yang disyaratkan
3. Setor dana ke RDN
4. Unduh aplikasi untuk beli saham
5. Transaksi saham
6. Settlement

Berapa modal awal untuk trading saham?

Modal membeli saham sangat ditentukan oleh tiga faktor, yaitu harga saham perusahaan yang akan dibeli, fee transaksi sekuritas, dan jumlah saham yang akan dibeli. Saat ini, seseorang bisa mulai membeli saham di BEI dengan modal sekitar Rp 100.000 untuk pemula.

Beli saham pake aplikasi apa?

Berikut daftar aplikasi online untuk investasi atau trading saham online di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK juga dijamin keamanannya:
1. Ajaib
2. Bareksa
3. BCA Best Mobile
4. Bibit
5. IpotFund
6. KoinWorks
7. LandX
8. OVO Invest

Penutup

Demikian beberapa tips cara memulai investasi saham pemula. Kamu perlu belajar langkah-langkahnya terlebih dahulu serta menentukan investasi yang aman. Sebaiknya kamu juga perlu konsultasi kepada pihak yang lebih paham tentang investasi. Sehingga diharapkan saham bisa berkembang dengan pesat dan perusahaan tidak mengalami kesulitan di masa mendatang.